Mendongeng untuk Anak Usia Dini

Minggu, 03 Juli 2022

Mendongeng untuk anak usia dini sangat disarankan karena banyak manfaat yang akan diperoleh bagi perkembangan anak dengan meliputi beberapa aspek perkembangan yang dimiliki oleh anak. Apa saja aspek perkembangan pada anak yang bisa distimulasi lewat mendongeng? Yuk, kita cari.


mendongeng untuk anak


Mendongeng untuk Anak Usia Dini


Mendongeng adalah sebuah kebiasaan yang dilakukan lewat lisan dan sudah ada sejak zaman dahulu kala. Kegiatan ini perlu dilestarikan mengingat dampak gadget yang sudah menjamur belakangan ini menjadikan orangtua kadang abai dalam kegiatan mendongeng untuk anak.


Dengan adanya sarana komunikasi elektronik dan canggih di era ini, usahakan agar orangtua tetap mempertahankan budaya mendongeng untuk anak demi mempererat bonding atau ikatan antara anak dan orangtua. 


Ikatan yang kuat antara orangtua dan anak sangat bermanfaat dalam pembentukan rasa percaya diri pada anak. Papmam tentunya pingin, kan, memiliki putra-putri yang rasa percaya dirinya bagus. Anak yang memiliki rasa percaya diri tinggi diharapkan bisa menguasai pelajaran dengan mudah dan juga mengatasi mampu mengatasi problem yang dialami.


Kegiatan mendongeng sangat baik dilakukan sejak anak masih dalam usia dini, dalam artian masih dalam rentang kisaran usia 0-8 tahun, karena mendongeng untuk anak usia dini sangat bermanfaat dalam menstimulasi beberapa aspek perkembangan pada anak.



Pengertian Mendongeng


Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia mendongeng diartikan sebagai cerita yang tidak terjadi dalam dunia nyata. Namun mendongeng bisa diambil dari kisah nyata ataupun kisah cerita rakyat populer yang sudah terkenal di khalayak ramai.


Dongeng merupakan sebuah prosa yang dianggap tidak benar-benar terjadi atau bukan merupakan kisah nyata. Namun biasanya dongeng selaras dengan kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang dikemas sedemikian rua sehingga sifatnya menjadi sebuah hiburan.


Sebuah dongeng biasanya diawali dengan pada suatu hari, konon kabarnya, di suatu tempat nun jauh di sana, di suatu masa, dan lain sebagainya.


Jenis Cerita Dongeng untuk Anak


Cerita yang diambil sebagai bahan untuk mendongeng untuk anak usia dini usahakan cerita yang mengandung pesan moral dan disampaikan dengan gaya bahasa yang menarik sesuai dengan gaya dan cara yang papmam miliki masing-masing. Improvisasi boleh dilakukan bahkan sangat dianjurkan.disam


Mendongeng untuk anak usia dini tidak melulu mengambil cerita tentang manusia, namun juga bisa diambil dari cerita-cerita hewan, jenis sayuran atau buah-buahan. Seorang ahli dalam mendongen Anne dan Thomson menggolongkan doneng ke dalam 4 jenis, yaitu:


1. Dongeng yang berkisah diambil dari kehidupan para aneka binatang.

Dongeng ini disebut juga sebagai fabel. Sebagai contoh diantaranya yaitu papmam bisa mendongeng kepada ananda tentang dongeng kancil dan buaya, si kancil mencuri ketimun, dan lainnya.

2. Dongeng secara keumuman atau biasa

Dongeng jenis ini sudah banyak tersebar di kalangan masyarakat ceritanya. Beberapa contoh dongeng seperti ini diantaranya yaitu dongeng Malin Kundang, Putri Salju, Cerita Dayang Sumbi, dan lainnya yang mengandung cerita yang dilakoni oleh manusia.

3. Dongeng tentang Hal Lucu dan Anekdot

Dongeng jenis ini berisi tentang hal-hal lucu yang menghibur, yang memancing tawa orang yang mendengarnya.  Jenis dongeng ini bisa Papmam temui di beberapa majalah anak misalnya majalah Bobo dalam cerita si paman gembul.


4. Dongeng yang sudah ada formulanya atau berumus

Biasanya dongeng jenis ini ceritanya tidak ada akhir, sambung menyambung. Jenis dongeng lainnya dari  jenis donegng berumus ini adalah dongeng bertimbun banyak dan dongeng untuk mempermainkan orang. Dongeng ini strukturnya berbentuk pengulangan.

Papmam bisa menyuguhkan dongeng kepada ananda melalui buku-buku yang sudah tersedia di pasaran, atau bisa juga hasil dari percakapan yang didapatkan dan dikembangkan dengan gaya bahasa sendiri kepada anak.


Papmam juga bisa berkreasi sendiri dengan menciptakan dongeng-dongeng yang lahir dari imajinasi sendiri. Kuncinya adalah yang sesuai dengan perkembangan anak dan juga usia. sampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak.


Manfaat Mendongeng untuk Anak Usia Dini


Manfaat mendongeng untuk anak usia dini sangat banyak sekali diantaranya yang sudah disebutkan di awal, yaitu untuk memperkuat ikatan antara orangtua dan ananda.


mendongeng untuk anak


Aspek perkembangan pada anak seperti sosial emosional, aspek perkembangan agama dan moral serta aspek perkembangan bahasa pada anak bisa dikembangkan melalui kegiatan mendongeng. 


1. Mengembangkan Aspek Sosial Emosional

Dongeng yang variatif isi ceritanya bisa menambah pengetahuan anak, sosial dan emosional anak bisa dikembangkan melalui karakter tokoh yang ada dalam sebuah dongeng, untuk itu, diharapkan orangtua mampu menyampaikan dongeng dengan kesan dan cara yang baik kepada anak. 


2. Mengembangakan Aspek Moral dan Agama

Selain itu aspek perkembangan moral agama juga bisa distimulasi melalui kegiatan mendongeng. Papmam bisa mengangkat cerita tentang tokoh anak yang rajin dalam beribadah, dan mengajak anak untk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh sang tokoh. 

Mengangkat karakter baik dan mengunggulkannya sebagai perumpamaan bahwa anak harus mencontoh hal-hal baik dan mulia yang ditunjukkan dalam tokoh dalam dongeng. Mendongeng juga bisa dijadikan ajang untuk mengajak anak beribadah dan menghapal doa-doa pendek.

Carilah buku dongeng yang mengarahkan anak pada perilaku baik. Cari buku dongeng secara tematik sesuai dengan yang papmam ingin terapkan pada anak. Proses mendongeng juga bisa dijadikan sebagai sarana menanamkan nilai keagamaan pada anak.


3. Mengembangkan Aspek Bahasa

Proses mendongeng yang dilakukan orangtua secara langsung mengenalkan kepada anak tentang kosakata baru. Disadari atau tidak kosakata anak dan pengetahuan anak akan terus bertambah melalui kegiatan mendongeng.

Proses Papmam bercerita akan masuk ke dalam memori anak, dan biasanya ananda akan mengikuti dan mencoba mengucapkan kata-kata yang didengarnya. Dengan demikian proses perkembangan bahasa pada anak pun terjadi dan terus berlangsung.


Metode Mendongeng Untuk Anak Usia Dini


Metode mendongeng yang disampaikan kepada anak harus menarik dan interaktif, sehingga menimbulkan reaksi positif dari anak. Beberpa hal yang perlu para pendidik dan orangtua ketahui tentang cara atau metode mendongeng untuk anak adalah:

1. Perlihatkan Rasa Percaya Diri di hadapan Anak


Usahakan ketika sedang mendongeng orangtua atau pendidik terlihat percaya diri di depan anak, agar anak yakin terhadap dongeng yang disampaikan dan memberikan perhatiannya. 


2. Sampaikan dengan penuh Ekspresif

3. Sesuaikan dengan usia anak

4. Sampaikan dongeng yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Menggunakan media

6. Mengajak anak untuk berinteraktif

7. Memahami kondisi anak


So Sahabat Insnita usahakan jangan malas mendongeng, yaaa. Mendongeng untuk anak usia dini banyak manfaatnya, kan? Mendongeng juga bisa sebagai salah satu bukti sayang pada anak dan biar disayang anak, hehe. Salam pengasuhan.


2 komentar on "Mendongeng untuk Anak Usia Dini"
  1. Kayakmya zaman sekarang aku jarang sih nemuin orangtuanya yang melakukan ritual mendongeng anak sebelum tidur. Di keluargaku juga enggak ada sama sekali, tapi ternyata mendongeng punya banyak manfaat juga buat tumbuh kembang si anak. Selama ini aku mikirnha anak didongengkan supaya cepat tidur, wkwkwk.

    BalasHapus
  2. Sekarang kulihat banyak platform yang mengkampanyekan budaya membaca nyaring buat anak-anak ya. Salah satu manfaatnya supaya sejak dini sudah dibiasakan membaca, selain itu bisa menambah khazanah diksi, berbahasa, dan melatih fokus.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger