3 Tanda Orang Bahagia Menurut Islam. Wajib Dipahami!

Senin, 11 Juli 2022

Kesibukan yang datang setiap hari memang sudah sepatutnya kita syukuri. Seringkali kita dengar, istilah yang menyebutkan bahwa "masih mending lho dikasih cape, masih mending, lho. dikasih kesibukan, masih ada orang disekeliling kita yang pingin banget dikasih kesibukan, tapi belum berkesempatan." selalu bersyukur merupakan salah satu tanda orang bahagia.


tanda orang bahagia


Intinya memang harus mensyukiri segala hal yang datang dalam hidup kita. Susah senang tetap disyukuri. Dibalik susah pasti ada hikmah dan dibalik bahagia pun pasti ada hikmah yang harus kita ambil. karena sejatinya hidup ini adalah sebuah proses belajar.


Berusaha untuk tetap menerima apa yang datang termasuk juga yang pergi. Baik berupa kebahagiaan dan kesedihan, kehilangan dan kedatangan. 


Bahagia menerima kabar tentang kelahiran, kemenangan, kejayaan dan kesuksesan. Bisa menerima setiap kejadian yang menimpa, setiap kedatangan, kelahiran, kesetiaan, kecurangan, kehadiran buah hati, dan lainnya. Semua disikapi dengan lapang dada. yakin di dunia ini cuma persinggahan untuk menyiapkan bekal hidup di alam akhirat nanti.


Tanda Orang Bahagia Menurut Islam


Tanda orang bahagia yang sudah dijelaskan di atas adalah perwujudan dari hukum Islam. Apa saja tanda orang yang bahagia seperti yang diisyaratkan dalam Islam. Ada tiga tanda orang yang bahagia, diantaranya:


1. Selalu beristigfar


Selalu berlapang dada mengakui kesalahan yang diperbuat dengan cara beristigfar yaitu dengan melisankan lafadz 'Astagfirullahal adziim. Makin banyak istigfar yang diucapkan akan membawa dampak ketenangan pada jiwa seseorang. Untuk itu perbanyaklah istigfar. 


Istigfar termasuk ke dalam amalan yang ringan namun berat dalam timbangan. Sebagaimana yang sudah diisyaratkan oleh Allah dalam Al-Qur'an surat at-tahrim: 8 yang berisi bahwa Allahu memerintahkan hambanya untuk selalu bertaubat dengan taubatan nasuha atau juga diistihkan sebagai taubat yang semurni-murninya.


Banyak melakukan amalan khusus yang berpahala besar juga bisa menjadi sarana meringankan langkah dan akan menjadi wasilah agar kita selalu bahagia.


2. Menjadi Hamba yang selalu bersyukur


Sebagaimana tercantum dalam Al-Quran surat Ibrahim ayat 7, bahwasannya Allahu subhana wa ta'ala menasehati dan menjanjikan pada hambaNya. Jika kalian menjadi hamba yang bersyukur, maka akan Aku selalu tambahkan nikmatku.


3. Bersabar Ketika Mendapatkan Ujian


Kenapa dikatakan bahwa shobrun jamil yang artinya sabar itu indah. Karena buah dari kesabaran itu adalah kesabaran. Sabar dalam belajar, sabar dalam berjuang mencari pasangan, sabar ketika mendapatkan musibah.


Sabar membutuhkan perjuangan yang sangat panjang. Namun buah dari sabar itu akan indah pada waktunya. Bersabar memang tidak mudah. Tapi jika kita mampu menguasai diri dan perasaan kita untuk bisa bersabar, kebahagiaan telah menanti. jangan pernah khawatir, karena setiap perbuatan yang dilakukan oleh seorang hamba, tidak ada yang sia-sia. Akan ada ajr atau pahala yang akan didapatkan.


Hayu atuh kita berusaha untuk menjadi tiga golongan orang yang disebutkan di atas. Menjadi orang yang selalu mengedepankan untuk selalu  bertaubat, bersyukur dan bersabar, agar kita menjadi hamba yang berbahagia dan beruntung.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger