Apa itu Domain dan Cara Custom Domain Blogspot

Jumat, 15 Juli 2022

Memasang custom domain blog. Apa manfaatnya? Jawabannya, jelas ada manfaatnya bahkan  bisa dibilang  sangat penting bagi teman-teman yang ingin menjadi blogger profesional. Dalam artikel ini saya akan membahas  cara custom domain blogspot dan sedikit pengalaman ketika memasang custom domain pada blog ruang narasi dan inspirasi nita.


cara custom domain blogspot


Kenapa membahas hal-hal yang berkaitan dengan cara custom domain di blogspot? karena blog yang saya gunakan saat ini memakai CMS atau Content Management System blogspot. Biasanya ada sedikit perbedaan jika kita memasang custom domain dengan menggunakan CMS wordpress atau yang lainnya.


Selain itu juga materi blogspedia yang digawangi oleh Coach maritaningtyas, pada materi ke 7 ini membahas tentang cara memasang TLD pada blog. Dan bagi peserta Blogspedia coaching yang sudah memiliki TLD, diminta untuk menceritakan kembali pengalaman ketika memasang TLD pada blog. Langsung aja yuk kita masuk pada pembahasan selanjutnya, saya ceritakan bagaimana pengalaman saya tentang memasang TLD pada blog Ruang Narasi dan Inspirasi Nita.


Apa yang Dimaksud dengan Domain


Teman-teman yang baru di dunia blogging pasti akan bertanya-tanya tentang apa itu domain. Awalnya saya juga tidak paham ketika para blogger senior membicarakan perihal domain, custom domain atau subdomain. Saat itu bener-bener awam tentang istilah domain dan kawan-kawannya, untuk itu base on eksperience saya akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian domain.


Domain adalah nama alamat yang akan menunjukkan website kita. Jika hosting diperumpamakan sebagai rumah, maka domain adalah alamat rumah tersebut. Ada beberapa level domain yang perlu kita ketahui diantaranya yaitu: 


1. Top Level Domain (TLD)


TLD terletak pada bagian akhir dari nama domain, contohnya .net/.com/.org/.id/.edu/.my.id/. TLD sendiri dikelomokkan menjadi 4 kategori oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers atau disingkat ICANN, yang berdasarkan pada perbedaan tujuan, pemilik dan lokasi geografis website. 4 kategori tersebut diantaranya, yaitu:


Generic Top Level domain (gTLD)


Dari namanya generic top level domain sudah bisa diduga memiliki arti umum. Level domain ini yang paling umum digunakan oleh para user. Contoh gTLD adalah:


  • .com/.my.id yang digunakan untuk situs pribadi
  • .org untuk organisasi
  • .biz untuk bisnis
  • .tv untuk televisi
  • .blog untuk blog

 

dan masih banyak lagi yang lainnya, saking banyaknya saya tidak akan menyebutkan satu persatu di sini, teman-teman bisa mencari referensi sendiri. sebagai contoh generic top level domain adalah blog narasi dan inspirasi nita dengan alamat blog www.ins-nita.com.


Sponsored Top Level Domain (sTLD)


Top level domain jenis ini diperuntukkan untuk sebuah lembaga khusus yang penggunaannya juga dibatasi oleh sebuah lembaga yang berkaitan. contoh toplevel domain ini adalah  (.aero) yang diperuntukkan khusus bagi lembaga atau perusahaan penerbangan yang penggunaannya pun diatur oleh lembaga terkait, misalnya SITA sebagai sponsor dari .aero dan lain sebagainya, teman-teman juga bisa melengkapinya dengan referensi lain.


Country Code Top Level Domain (ccTLD)


Sesuai dengan namanya Top Level Domain jenis ini diperuntukan bagi negara, penggunaannya biasanya menggunakan kode negara seperti contohnya 


  • .id untuk Indonesia
  • .jp untuk Jepang
  • .nl untuk Belanda


Infrastructure Top Level Domain


Biasa disebut juga dengan ARPA (Adgress and Routing Parameter Area). Top Level Domain ini biasanya dgunakan khusus untuk mengelola jaringan infrastruktur.


2. Second Level Domain (SLD) 


Second Level Domain adalah nama domain yang kita daftarkan pada penyedia domain, misalnya ins-nita, cookeatta, traveleata dan lainnya.


3. Third Level Domain (Subdomain)


Third Level Domain atau sub domain yng dimaksud di sini adalah jika blog kita masih gratisan dan kita  ikut domain yang mensupport blog kita atau yang menjadi CMS (Content management System) yang kita pakai bagi blog.  Jika kita menggunakan blogspot maka alamat domain kita adalah www.insnita.blogspot.com, jadi ada tambahan "blogspotnya". Jika CMS kita wordpress maka akan ada tambahan www.insnita.wordpress.com.

 

Setelah teman-teman mengetahui jenis dan level domain sebagaimana yang telah dijelaskan di atas teman-teman pasti mulai memahami apa yang dimaksud domain. Sesuai dengan judul artikelini, selain mengenal tentang domainakan membahas bagaimana cara custom doamain di blogspot. Custom domain yang dimaksud adalah sama dengan Top Level Domain. Namun teman-teman pasti juga akan bertanya, apa manfaat memasang custom domain atau Top Level Domain? Sedikit akan saya jelaskan seuai dengan pengetahuan yang saya punya.


Manfaat Memasang Top Level Domain pada Blog


Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita memasang Top Level Doman pada blog kita, diantaranya, yaitu:


  1. Akan terlihat lebih profesional dan personal.
  2. Nama blog akan lebih singkat sehingga mudah diingat.
  3. Jika teman-teman ingin berkecimpung di dunia blogger lebih serius lagi, memasang Top Level Domain merupakan pilihan yang disarankan, karena rata-rata klien yang ingin mengajak kerjasama lebih memilih blog-blog yang memasang top level domain dibanding subdomain.


Cara Custom Domain Blogspot Sesuai Pengalaman Pribadi


Awal saya memutuskan memasang Top Level Domain adalah karena mendapat wawasan tentang manfaat memasang Top Level Domain pada blog. top Level Domain mulai terpasang sekitar akhir tahun lalu, karena ikut kelas blog dasar yang diigawangi PCW. Materinya selain tentang membuat blog bagi pemula ada juga tentang cara memasang TLD pada blog.


Saat itu saya menggunakan jasa sahabat hosting sebagai partner dalam urusan domain di blog Ruang Nasrasi dan Inspirasi nita ini. Pemakaian jasa Sahabat Hosting mengikuti arahan mentor blog dasar Mba karunia. Saat itu saya memasang domain .com sebagai pilihan nama TLD. Bisa pasang sendiri, namun jka ada yang tidak mengerti bisa tanya langsung kepada pemilik hosting atau kepada Mba Karunia sebagai mentor kelas blog dasar. 


Jika Sahabat Insnita berminat untuk memasang TLD melalui sahabat hosting bisa menghubungi admin yang tertera dalam web sahabat hosting di alamat https://sahabathosting.com/website. Adapun langkah-langkah cara pemasangannya bisa sahabat kulik di alamat https://sahabathosting.com/blog/cara-mengubah-blogspot-menjadi-domain-sendiri/. Jika terjadi kesulitan bisa hubungi admin yang selalu sigap siap sedia membantu konsumennya jika mengalami kesulitan. 


O, iya, owner dari Sahabat hosting adalah Endo Saputra dan biasa kami panggil dengan sebutan Uda, selalu siap membantu jika blog kita terkena trouble atau yang lainnya. Sejauh ini alhamdulillah aman dan nyaman bekerjasama dengan Sahabat Hosting. Alhamdulillah.


Tips Memasang TLD pada Blog


Jika teman-teman ingin memutuskan mengganti blognya dari sub domain menjadi TLD maka ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar teman-teman tidak menyesal kemudian. Beberapa tips memasang TLD pada blog, diantaranya, yaitu:


  1. Jangan tergiur dengan harga murah namun sumbernya tidak jelas siapa sebenarnya rekan penyedia TLD blog.
  2. Pilih penyedia domain yang memiliki website yang jelas dan menyediakan pelayanan konsumen yang sigap.
  3. Jika penyedia domain hanya menyediakan konsultasi hanya lewat Wahts App saja lebih baik jangan.
  4. Pilih Penyedia domain yang sudah memiliki izin usaha yang jelas. Lebih bagus lagi jika telah memiliki ISO.


Demikian sedikit tips dari saya tentang bagaimana cara memasang TLD agar aman dan tidak mengecewakan. Karena betapa banya juga teman-teman blogger yang coba-coba tergiur dengan biaya pasang yang murah, namun ternyata domain yang dibeli ketika dipasang tidak bekerja dan tidak bisa diaktivasi.


Tetap semangat ngeblog, dan yuk cepetan putuskan untuk memasang Top Level Domain pada blog mu, supaya mendapatkan banyak manfaat dari proses ngeblognya. Salam literasi, tetap semangat ngeblog.






3 komentar on "Apa itu Domain dan Cara Custom Domain Blogspot"
  1. Nah, baru kali ini aku ngeh soal CMS ini. Makasih mbak, penjelasannya singkat padat jelas dan mudah dipahami. Awalnya aku masih bingung tentang subdomain ini. Very nice 😘

    BalasHapus
  2. Banyak yaa mbaa manfaat memasang domain, jadi makin semangat blogging deh setelah blog TLD 😁

    BalasHapus
  3. Waaah, mantaab nih. Nambah referensi kalau sewaktu-waktu beli di sahabat hosting...

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger