Susun 4 Kuadran Aktivitas, Cara Menentukan Skala Prioritas

Jumat, 01 Juli 2022

Susun 4 kuadran aktivitas adalah cara menentukan skala prioritas, agar kamu bisa meraih kesuksesan. Begitulah kira-kira slogan yang banyak ditabur pada seminar-seminar motivasi. Begitu juga dalam webinar Institut Ibu Profesional kali ini yang dipandu oleh Widyaiswara Yayan Nurlian.


4 kuadran aktivitas


Ada 5 point yang dibahas dalam webinar dalam jelazah zona ke 4 di masa matrikulasi ini, yaitu Definisi karya produktif, mangapa harus berkarya, kriteria karya yang membahagiakan, bagaimana menyiapkan sebuah karya dan bagaimana berkarya di era digital.


Pembahasan kali ini sangat menarik. Lebih tepatnya setiap pembahasan di materi matrikulasi selalu menarik. Menyusun 4 kuadran aktivitas adalah teori tentang skala prioritas yang dirumuskan oleh steven Covey dalam bukunya "First Think First".


Steven R Covey dalam menentukan skala prioritas membaginya dalam 4 kuadran yang terdiri dari kuadran pertama untuk hal-hal yang prioritas dan mendesak, kuadran kedua untuk hal-hal yang  prioritas dan tidak mendesak, kuadran ketiga penggolongan untuk hal yang tidak prioritas tapi mendesak, dan kuadran ke 4 yaitu penggolongan kegiatan yang tidak prioritas dan tidak mendesak.


Susun 4 Kuadran Aktivitas Sebagai cara Menentukan Skala Prioritas


4 kuadran aktivitas yang diarahkan dalan materi zona 4 di jelazah zona kali ini juga mengajak para penjelajah untuk menentukan 4 kuadran  aktivitas menjadi 4 kelompok kegiatan, 4 kelompok kegiatan tersebut terbagi dalam kegiatan suka dan bisa, suka tapi belum bisa, bisa tapi tidak suka, tidak bisa dan tidak suka.


cara menentukan skala prioritas

Dalam kuadran aktivitas ini saya akan coba menentukan apa yang menjadi kegiatan yang sangat penting dan menjadi prioritas melalui hal-hal yang saya sukai dan membuat saya bahagia.

1. Kegiatan yang saya Suka dan Saya Bisa

Ada beberapa kegiatan yang saya suka namun juga sekaligus bisa, diantaranya yaitu memasak, membuat kue, traveling, mengajar, Mendesain baju, menulis, blogging.


2. Kegiatan yang Saya Suka tapi Belum Bisa


Beberapa kegiatan yang saya suka tapi belum bisa diantaranya adalah hair stylist, make up, decorating cake, membuat prakarya dari tanah liat.

3. Kegiatan yang Saya Bisa Tapi Tidak Suka


Beberapa kegiatan yang saya bisa tapi tidak suka diantaranya yaitu saya bisa menyetrika baju namun kurang suka dalam melakukannya, 


4. Kegiatan yang Tidak Bisa dan Tidak Suka


Ada beberapa kegiatan yang tidak bisa dan juga tidak suka diantaranya olahraga high impact, Berenang di laut, main sky, main basket dan masih banyak lagi saya kira hahah.

Aktivitas Membahagiakan yang Selalu Bersemangat dan Berbinar dalam Mengerjakannya


Aktivitas yang selalu semangat dalam mengerjakannya adalah Blogging, coong dan baking. ini adalah jenis aktivitas yang saya senangi. Begitu juga dengan traveling sambil kuliner icip-icip
makanan khas ketika melakukan traveling, ini sangat membuat saya berbinar dalam melakukannya.


Rencana Hasil karya Kreativitasku



karena kegiatan yang sedang saya geluti sekarang ini adalah dunia tulis menulis, saya ingin sekali menerbitkan buku solo hasil karya saya. Semoga bisa terlaksana.

usaha yang saya lakukan untuk mencapai ke arah sana adalah sedang terus berusaha belajar mencari ilmu di bidang kepenulisan.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger