Cara Mengatasi Redirect Di Blogspot

Senin, 11 Juli 2022

Cara mengatasi redirect di blogspot. Hmm,... bisa ikut kelas ini karena mendapatkan ajakan teman untuk ikut gabung. Siapakah dia? Yap tak lain dan tak bukan adalah Mba Nia, Selain teman beliau adalah Mentor kelas blog dasar yang pernah saya ikuti kelasnya.


Awalnya ngerasa serem aja gitu, berasa masuk ke dalam terowongan gelap tanpa lampu, tapi harus terus berjalan, karena mau ga mau kita harus keluar dari terowongan gelap itu menuju tempat terang dan bercahaya.


Mungkin keadaan saya ketika ikut kelas yang dimentori oleh Coach irwin ini, ya seperti ini, nih, perasaannya. Saya yang termasuk seorang pemula di dunia blogger bisa ikut kelas site audit ini, tuh, sesuatu banget ternyata rasanya. Ga nyangka bisa nyemplung ke kelas yang rerata diikuti oleh para blogger senior yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi dan padat. 


cara mengatasi redirect di blogspot



Namun yang namanya sudah masuk ke dalam suatu keadaan,  sudah selayaknya kita pantang menyerah dan bertekad untuk bisa mengatasi segala permasalahan di tempat tersebut. Termasuk dengan mengatasi kegalauan saya ketika menemui banyak error di blog saya dan mengatasi tantangan yang ada dalam kelas site audit ini.


Untungnya, alhamdulillah saya dianugerahi tim yang solid yang mau bahu membahu dalam menyelesaikan masalah dalam blog saya. Trimakasih Mba Hamim dan Mba Fadma, yang sudah mau bersabar mengarahkan serta memecahkan permasalahan error dalam blog bersama. Secara beliau berdua ini sudah senior dalam dunia blogging dibanding saya.


Khusus di postingan kali ini, saya akan membahas tentang masalah redirect error 3xx. Error 3xx ini terdiri dari error 301 dan 302. Penyebab error bisa macam-macam. Bisa dari gambar, bisa dari salah penulisan link, bisa dari settingan blog kita yang belum benar, atau ada inlink dan outlink yang error.


Mungkin teman-teman yang asing mendengar kata redirect akan bertanya-tanya dan tidak paham apa yang sedang saya bicarakan ini. Karena seyuyur-yuyurnya, saya juga bingung awalnya ketika harus menganalisa problem error blog yang muncul di blog saya setelah di crawl dengan Sreaming Frog. Sebuah software yang mampu mendeteksi problem error di blog kita.


Supaya teman-teman tidak bingung dalam memahami artikel ini, ada baiknya saya jelaskan dulu tentang pengertian redirect itu sendiri.


Apa yang Dimaksud Redirect?


Redirect berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti mengalihkan. Jika dihubungkan dengan permasalahan di blog,  redirect di dunia blogger memiliki arti, mengalihkan hal-hal error yang terjadi di blog menjadi benar kembali. penyebab error yang ada di blog bisa bermacam-macam, namun secara keumuman disebabkan oleh kesalahan dalam penulisan link, atau permalink artikel yang pertama diganti dengan permalink yang lain.


Langsung dapat gambaran, khan, teman-teman. Dalam menyisipkan link di sebuah artikel, kadang kita mengalami kesalahan dalam menyisipkan link. Link ini ditujukan sebagai petunjuk untuk mengarahkan pembaca mendapatkan informasi yang lebih lengkap dengan membaca artikel lain lewat link yang kita sisipkan di dalam postingan artikel. 


Khusus dalam postingan saya kali ini kita bahas tentang error 3xx dalam sebuah blog, agar memudahkan teman-teman untuk mendapatkan gambaran langsung tentang error 3xx ini, saya menyertai gambaran tentang error 301dan 302 di blog saya. Lalu apa yang dimaksud dengan error 301 dan 302 dalam blog? Yuk, kita cermati bersama.


Apa itu Kode 301 dan 302 dalam blog?



Kode 301 merupakan kode yang harus diredirect secara permanen, sedangkan kode 302 harus dilakukan redirect yang bersifat temporary. Keduanya memiliki arti bahwa link situs yang dikunjungi sudah berubah, atau ada kesalahan dalam penulisan kode HTML.


Saat kita ingin meningkatkan keamanan blog dengan mengubah kode HTTP ke HTPPS, maka terkadang akan timbul error 301 ini dan akan berpengaruh pada link yang ada dengan setingan yang digunakan sebelumnya. error 301bukan hanya berpengaruh pada akses ke blog kita saja namun juga berpengaruh pada search engine. 


Sedangkan problem redirect 302 nampak sama problem dan cara mengatasinya, yang menjadi titik perbedaannya adalah pada kode 302 terjadi redirect sementara kepada halaman lain, baik oleh kita pribadi maupun oleh sang pemilik artikel.


Di bagian akhir nanti akan saya coba ceritakan tentang pengalaman saya menghapus error 301 yang ada pada blog saya.



cara mengatasi redirect di blogspot


Jenis Kesalahan dalam Penyematan Link dan Cara Mengatasi redirect di Blogspot


Nah, dalam proses penyematan link ini kadang terjadi kesalahan di dalam struktur link yang mungkin tidak kita sadari. Kesalahan itu bisa bermacam-macam dan sangat banyak jenisnya. Namun dalam artikel ini, saya akan sharing tentang penyebab error yang terjadi khusus dalam blog saya, diantaranya, yaitu:


Pertama. Kesalahan menempatkan slice yang seharusnya tertera lambang // malah tertulis \\. Cara memperbaikinya yaitu dengan mengecheck problem yang dimaksud di software sreaming frog. lalu ganti dengan url perbaikannya.


Kedua. Kesalahan juga bisa ditimbulkan dari salah penempatan titik yang kadang tanpa disadari terketik berulang, harusnya hanya ada satu buah titik ini malah tertulis dua titik. Cara memperbaikinya dengan cara menghapus kode url yg salah.


Ketiga. Bisa juga problem error timbul karena adanya ketidak sesuaian settingan alamat URL kita. Jika settingan dari awal menggunakan HTTPS maka settingan kelanjutannya pun harus menggunakan kode yang sama, jika tertulis hanya HTTP, maka akan menimbulkan error juga dalam blog. Cara mengatasinya check link yang terdeteks problem ini melalui software Screaming Frog. Lalu rubah dari HTTP ke HTPPS.


Keempat. Link pada gambar dalam postingan artikel yang mengarah pada draft blogger bukan pada google. Ternyata ini bisa menyebabkan error pada blog. Untuk itu teman-teman bisa mencheck terlebih dahulu kelayakan gambar yang akan diposting, agar tidak terjadi error. Cara mengecheck, yaitu, simpan kursor di bawah gambar, lalu klik lambang backspace di keyboard. Nanti akan terlihat link gambar mengarah kemana jika mengarah ke draft blogger lebih baik matikan saja linknya.


Kelima. Error yang disebabkan penulisan alamat URL blog yang tidak tepat. Problem ini terdeteksi pada blog saya di bagian footer copy right. URL harusnya tertulis. www.ins-nita.com, namun yang tertera hanya ins-nita.com. So, bagaimana cara memperbaikinya? Masuk ke edit html template blog, di dashboard blog pada bagian thema. Setelah Kode imut itu muncul, simpan kursor di dalam bar kode hatml lalu klik CTRL F, maka akan muncul kolom search. Setelah itu ketik kata yang menjadi sumber problem. Berhubung di saya yang menjadi problem bagian copyright maka saya ketik kata copyright di mesin search html setelah itu klik enter, maka kita akan dibawa pada problem yang dimaksud.


Bagian ini jujur yang paling bikin deg-degan, karena ternyata harus edit HTML template blogspot kita. Alhamdulillah dengan dibimbing oleh Mba Fadma akhirnya saya bisa menyelesaikan permasalahan ini dengan mudah. Ternyata serem itu cuma dalam bayangan gaes. 


Pelajaran yang saya ambil, ga usah terlalu menyikapi secara berlebihan kepusingan dan kegalauan yang melanda. Karena sejatinya setiap persoalan itu akan punya jalan keluarnya. So relaks and cool.


Lalu kenapa kita bisa paham ada kesalahan atau ada error dalam blog kita? Biarlah Sreaming Frog yang bekerja untuk mendeteksi. Tugas kita hanya menganalisa permasalahan-permasalahan yang ada.


Ok, I know, si kodok yang bertugas mendeteksi kesalahan, kita ga usah repot-repot mencari kesana kemari dengan memeriksa semua artikel postingan yang sudah kita buat. Tapi gimana kita bisa tahu setelah si Screaming Frog atau biasa kami sebut Kodok ini telah menyelesaikan tugasnya.


Ok, Let me tell you, cara Mengatasi redirect di blogspot, yang sudah dideteksi oleh si kodok.


Cara Mengatasi Redirect Di Blogspot dengan Membaca Arahan Screaming Frog



cara mengatasi redirect di blogspot


Setelah kita mengetahui langkah cara mengatasi redirect di blogspot, sekarang kita cari tahu bagaiman sang kodok mengarahkan kita untuk mengetahui jebis-jenis eror yang kita temui. Begini ya caranya Sista:



1.  Buka Software Screaming Frog


Nah inilah kelebihan dalam mengikuti kelas Screaming Frog nya Coach Irwin. Software ini membutuhkan kode lisensi, dan hanya para peserta kelas site audit ini yang bisa menggunakannya. Software ini sebelumnya harus diinstal terlebih dahulu ke dalam pc atau laptop kita.

Setelah masuk ke Software Screaming Frog, ketik URL blog lalu klik enter. Nanti kita akan diarahkan pada dashboard kodok. Sang kodok ini akan meng-Crawl sejumlah error yang ada di blog yang alamatnya sudah diketik di kolom search.


2. Arahkan kursor ke list problem yang akan kita cari.


 Untuk kali ini kita akan mencari error 3xx yaitu error 301 dan 302. Lalu klik tulisan error 3xx lanjut enter, maka otomatis sang kodok akan meng-crawl sejumlah error yang dimaksud.


3. Sahabat Insnita bisa lihat ilustrasi gambar di atas untuk memperjelas pemahaman.


Langkah selanjutnya klik problem error yang mau dianalisa. Ilustrasi gambar di atas saya arahkan untuk mendeteksi permasalahan problem error di no 1. Klik lalu nanti akan ada petunjuk sejumlah error yang dimaksud.


So mudah kan yaa, mencari hasil deteksi kodok untuk problem error sebuah blog? Kita lanjut pada langkah-langkah untuk memperbaiki error yang kita temukan, yaa.


Langkah Cara Mengatasi Redirect Error 301 dan 302


Pada artikel ini saya ingin berbagi pengalaman dengan sahabat insnita tentang bagaimana saya mengatasi salah satu error 301, kita fokuskan pada satu permasalahan yang terjadi pada blog saya,ya. pada point pertama yang bertanda hijau pada gambar.


cara mengatasi redirect di blogspot


Nah, setelah solusi ditemukan kita lakukan analisa link yang bermasalah,  mengarah kemana linknya dan harus kemana memperbaikinya. Problem yang saya alami ini harus diperbaiki dari edit HTML templatenya. untuk itu masuk ke dashboard blog, cari tool template lalu masuk ke edit HTML dan klik, setelah itu nanti ditujukan ke kode HTML template, ketik CTRL F maka akan muncul search, ketik kata "copyright" di kolom search lalu enter, maka nanti akan diarahkan ke kode  permasalahan yang harus diperbaiki, lihat gambar di bawah ini ya...!


cara mengatasi redirect di blogspot


Nah, Sahabat Insnita demikianlah pengalaman saya tentang mengatasi redirect di blogspot khususnya problem error 301 yang terjadi pada blog saya dalam kelas audit yang dibimbing oleh Coach Irwin. Semoga teman-teman jadi punya gambaran yang lebih jelas yaa tentang error 301. Next semoga bisa saya bagikan lagi, pengalaman saya belajar di kelas site audit, di blog ini. Insyaallah.


Kuncinya adalah sabar dan sabar serta telaten dan teliti. Karena memang perlu waktu dan sedikit merasa lelah dalam menganalisa dan memperbaiki satu persatu. Menganalisa satu persatu dan memperbaiki error yang ada dalam blog memang membutuhkan konsentrasi dan waktu. Namun demi kebaikan kesehatan blog, perlu kiranya kita melakukan site audit, agar blog kita tetap sehat.

Agar tidak memakan waktu banyak dan lama, perlu kiranya jika sudah mengetahui ilmunya, usahakan untuk rajin crawl URL kita menggunakan sang kodok, yaaa, biar problemnya ga numpuk, dan sang kodok menjerit-jerit kencang, haha.  Semangat untuk terus belajar.


Manfaat Redirect Error Di Blog


Lantas kenapa sih kita harus mengatasi permasalahan error kode ini. Apa manfaatnya? Tentu saja sangat bermanfaat ya teman-teman. Dengan melakukan redirect link error pada blog kita, maka otomatis link-link yang bermasalah akan hilang, sehingga para pengunjung blog kita tidak dikecewakan dengan permalink yang tidak bisa diketemukan atau hilang.


Selain itu juga, blog kita akan semakin ringan serta mudah dikenali google, karena bersih dari berbagai macam error. Laju blog kita pun tidak tersendat dan ces pleng. Untuk itu melakukan redirect sangat diperlukan dan sangat bermanfaat.


Perlu diperhatikan sejak sekarang, agar terhindar dari  aneka problem error, mungkin ada baiknya kita lebih hati-hati jika membuat permalink, usahakan seminim mungkin typo, agar permalinknya bisa mengarah dengan baik dan benar.


***


Saya harap semoga teman-teman juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas ini, agar bisa mendeteksi problem error yang terjadi pada blog dan bisa belajar menemukan solusi cara mengatasi redirect di blog sahabat. Untuk sesama penguuna blogspot semoga ada gambaran, ya, dari artikel saya,  tentang cara mengatasi redirect di blogspot.


Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Salam ngeblog. Tetap semangat.



38 komentar on "Cara Mengatasi Redirect Di Blogspot"
  1. Alhamdulillah, akhirnya bisa 0 ya mba problem 3xx nya.. Yg jelas tetap konsisten untuk cek setiap saat ya, agar eror nya gak menumpuk nantinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terimakasih ya mba bimbingannya, sudah sabar sekali, semoga lolos sampai akhir, nih. Aamin. Barakallahu.

      Hapus
  2. Poin penting belajar site audit ini adalah belajar sabar ya. Dan lagi kita jadi tahu bahwa ngeblog rupanya gak cuma urusan menulis tapi jika bisa menyelesaikan teknis seperti adanya redirect jadi lebih mudah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget...banget....banget...secara harus ngadepin si imut lucu nan menggemaskan...trimakasih ya mba buat bimbingannya, bantu saya untuk nyebur seklaian dah tanggung basah, barakallahu.

      Hapus
  3. Sangat bermanfaat sekali, terimakasih share pengetahuannya πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 om syahrul, semoga bermanfaat, ya...

      Hapus
  4. MashaAllah ilmu yang bermanfaat sekalii

    BalasHapus
  5. WAIZ AL QADRI11 Juli 2022 21.40

    Alhamdulillah dr dulu nyari tau nih tapi baru Nemu makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yaa, ...kak, jadi bisa sama-sama belajar ...

      Hapus
  6. WAIZ AL QADRI11 Juli 2022 21.41

    Thanks for information

    BalasHapus
  7. alhamdulillah dapat ilmu baru lagi, terimakasih ya transfer ilmu dan pengetahuannya.. barokah.barokah.yaa..

    BalasHapus
  8. Wah akhirnya Nemu caranya,udah bertahun tahun saya mencari akhirnya dapat juga,terimakasih info dan sharing ilmunya. semoga berkah

    BalasHapus
  9. wa saya yang anak bawang ini bingung mbak Nita, blogku gimana ya, kok sepertinya rumit nih urusan perblogeran, terima konsul ga mbak? mau nanya-nanya

    BalasHapus
  10. Reza Liswara12 Juli 2022 17.13

    Berarti ini karena kesalahan kita sendiri ya mbak jatuhnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dari kita, atau outlink dari rekan dan klien kak.

      Hapus
  11. Kadang kurang hati-hati karena typo bikinlink bisa jadi salah satu sebab redirect juga ya? Setelah tahu site audit makin penasaran dengan isi-isinya

    BalasHapus
  12. Otakku beneran ga nyampeeee T—T ini kudu dibaca berulang-ulang dan mesti sambil dipraktekin sih biar paham banget. Btw, makasih Kak Nita udah kasih gambaran tentang per-xxx-an inii, xixi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kak, insyaallah nanti kita sama-sama belajar di ODOP Squad, kak, moga bisa lolos, yaa.

      Hapus
  13. Kompleks banget ini problemnya, Mba Nita. :D Alhamdulillah, kelar bersih-bersih, ya. Tim solid emang ngebantu banget, deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mba Nia, kompleks sekali ternyata, wkwk, sempet tegang sih sebenarnya...:D

      Hapus
  14. wiihh jadi tertarik pengen nyoba juga si kodok ini tapi harus ada lisensi yaa.. semoga suatu saat dpt kelasnya coach Irwin juga 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga dapat join di kelas selanjutnya, ya,mba, seru juga sebenarnya kalo sudah tau kunci-kuncinya.

      Hapus
  15. MasyaAllah trmkasih mba nita.. Ini penting banget utk dunia perblog-an
    Karena sering terjadi kadang bikin panik kalo ngalmin trus ga tau cara mulihinnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mba, pelan-pelan kita belajar seluk-beluk blog, ya, bismillah.

      Hapus
  16. Terima kasih kak sharingnya...dari nda tau apa2 jadi nambah ilmu nihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, ya, ka, semoga bisa ikut kelasnya juga, ya kelak

      Hapus
  17. ilmu baru nih mbak, mashaa Allah, q masih pelajari pelan-pelan nih mbak, makasih ya mbak sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama-sama, mbak, seluk-beluk dunia blogging ternyata memang banyak yang perlu kita pelajari, moga dapat berkesemoatan juga, ya, next.

      Hapus
  18. Menjadi blogger ternyata banyak tahapan yang harus dilalui, ya, sukses terus dan tetap semangat ngeblognya...

    BalasHapus
  19. Triimakasih, ka, iya betul, terutama dalam mengatasi error ini, kuncinya sabar...sabar dan telaten metani satu persatu.

    BalasHapus
  20. Permalink typo berarti kitanya salah mengisi permalink, Kak Nita? Atau ini bisa terjadi otomatis?

    BalasHapus
  21. Wah nambah ilmu nih, ternyata ada cara mengatasinya soalnya aku selalu cari caranya tapi nggak ketemu

    BalasHapus
  22. Sangat membantu sekali mba nita trmsh ilmunya

    BalasHapus
  23. Walah kak, baca postingan kakak aku jadi sadar ternyata masih banyak ilmu yang harus digali sih soal perblog-an ini.
    Nol bgt akuu, sampe baca pun masih pusingπŸ˜…πŸ€­ salut deh sama kak nita 😍

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger