Ranah 3 Warna Full Movie Penggugah Jiwa

Sabtu, 02 Juli 2022

Jika teman-teman penggemar novel karya Ahmad Fuadi, pasti tidak asing ketika mendengar kata 'Ranah 3 Warna'. Novel penggugah jiwa ini merupakan karya trilogi 'Negeri Lima Menara' yang sudah difilmkan juga, dan kini Ranah 3 Warna Full movie telah tayang di bioskop. Menghantarkan sambungan cerita dari Negeri Lima Menara.


ranah tiga warna full movie


Film garapan Guntur Soeharjanto yang diperankan oleh Arbani Yasiz sebagai Alif Fikri  atau sang tokoh pemeran utama,  Amanda Rawles sebagai Raisya dan Teuku Rasya Islamay Pasya sebagai Randai. Film ini diadaptasi dari novel best sellernya kang Ahmad fuadi.


Ahmad Fuadi merupakan salah satu penulis Novel favorit saya. Novel-novelnya ditulis dengan menggunakan bahasa yang sangat mudah dicerna, ringan dan renyah. Selain itu novel-novel Ahmad Fuadi merupakan karya yang di dalamnya banyak ibrah bagi para penikmatnya.


Dalam film Ranah Tiga Warna, saya menganggap film ini memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dari film terdahulunya, yaitu Negeri Lima Menara. Selain diperankan oleh artis yang memang terbilang sudah sering muncul di layar kaca. Film ini juga memiliki latar dan alur yang asyik untuk dinikmati serta kualitas gambar yang sangat bagus.


Ranah 3 Warna Full Movie Penggugah Jiwa


Film yang diawali dengan perjuangan Alif untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, kembali berjuang untuk bisa menembus kampus favorit yang diimpikan selama ini. Jurusan Hubungan Internasional merupakan impian sejak dia di pesantren dulu.


Cita-cita Alif ingin menjadi seorang jurnalis yang bisa merambah dunia internasional mencoba dia urai jejaknya satu persatu. Penuh perjuangan. Namun dia berusaha untuk tetap gigih, walau kadang terjerembab dalam rasa putus asa dan ingin menyerah.


Mantra kata Man Shobaro Zhafira yang mengandung arti barangsiapa yang sabar maka dia akan beruntung, menjadi pegangan kuat dan penghibur bagi dirinya dikala dia terpuruk. Kata-kata yang merupakan nasihat ulama yang dia dapatkan ketika dia menjadi santri di Pondok Madani.


Man Shobaro Zhafira: barangsiapa yang sabar maka dia akan beruntung. ~ Mahfudzat kata mutiara dan nasihat ulama~


Sepanjang film ini berlangsung, rasa haru dan linangan air mata mewarnai gejolak yang mewakili ekspresi hati. Sedih, haru, bahagia, bangga semua campur menjadi satu. Alur ceritanya benar-benar menggugah jiwa penontonnya. Film ini sangat menggugah jiwa. 


Merasakan Kehidupan Jadi Anak Bandung


Perjuangan Alif  tak sia-sia, dia bisa diterima di Universitas Padjajaran sesuai dengan impiannya. Alif pun berhasil menjejakkan kakinya di Bandung. Moment ketika membaca pengumuman hasil ujian yang dikabarkan melalui surat kabar, menimbulkan rasa haru. Hampir saja Alif tak menemukan namanya di jajaran peserta ujian, ternyata dia belum membuka satu lembar koran yang luput ayahnya lihat.


Bertemu dengan orang-orang baru dan lingkungan baru yang sangat dia impikan membuat Alif sangat semangat dalam menjalankannya. Randai sahabat sekampungnya yang sudah terlebih dahulu di terima di Institut Teknologi Bandung jurusan teknik Penerbangan, siap menampung Alif tinggal bersama satu kos dengannya.


Di scene awal Alif berpapasan dengan gadis cantik yang akhirnya belakangan dia tahu bahwa Raisya nama gadis itu adalah teman satu kampusnya di Universitas Padjajaran. Selayaknya dua insan yang bertemu, nampak di sorot mata keduanya memiliki rasa simpati.


Kehidupan di kampus Padjajaran mulai dia kenali, dan dia mulai menata kegiatan ekstra di kampusnya dengan mengikuti kegiatan kepenulisan. Dia merasa seperti menemukan sambungan jejak yang pernah terputus ketika masa dia menjadi santri. Dia menenggelamkan dirinya kembali di dunia kepenulisan melalui kegiatan majalah kampus yang bertitel "Tibbun". Sebagai sarana melambungkan impiannya yang hendak menjejakkan kaki di negara Paman Sam.


Penggemlengan demi penggemblengan dilakukan oleh sang pemimpin redaksi majalah kampus tersebut, sampai akhirnya Alif terbentuk menjadi seorang penulis yang karyanya bisa enak dibaca dan diakui sebagai karya tulis ilmiah yang berkualitas di kelasnya.


Raisya gadis yang pertama kali dia jumpa ketika awal menjejakkan kakinya di bandung, selau memberikan dukungan dan sudut pandang yang positif demi menyemangati Alif yang kadang mentalnya down, karena sebuah keadaan.


Telegram dari Kampung yang Membawa Kesedihan


Ketika tengah asyik menjalani kehidupan di bandung dan mulai menemui celahnya, tiba pada suatu waktu Alif mendapatkan telegram dan mengabarkan bahwa ayahanda tercintanya sedang terkapar sakit keras.


Alif pun langsung balik kampung untuk menjumpai ayah tercintanya. Dia melihat sang Ayah terbaring lemah, dan akhirnya menyaksikan kepergian sang ayah dengan hembusan nafas terakhir yang berada di pelukannya. 


Dia berhasil membimbing ayahnya membaca kalimat laa illaha illa Allahu. Ayahnya tlah mendidiknya sedari kecil, dengan pendidikan islami, untuk itu dia mampu membimbing ayah dengan meninggalkan jejak zikrullah di lisan terakhirnya.


Alif bimbang untuk kembali meneruskan kuliahnya, dan memutuskan ingin mengabdi pada keluarga mengurus bunda dan kedua adik perempuannya. namun sang ibu melarang Alif dan mendukung agar tetapkembali ke Bandung dan menyelesaikan kuliahnya. Akhirnya Alif pun kembali. Mengukir mimpinya.


Jika film negeri lima menara mengangkat kata Man Jadda wa Jadda yang artinya barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan menggapai keberhasilan, Man Shabara Zafira menjadi kata yang diangkat menjadi tema dalam film ini.


Ujian yang dia terima ketika dia berusaha untuk bisa mandiri dengan tidak menggantungkan biaya kuliahnya pada sang bunda, klaimat man shabara zafira jadi pemacu semangat di kala terpuruk. Dia harus bekerja part time di warung nasi padang, bahkan sampai menjadi pedagang kain.


Kelebihan dan Kekurangan Film


Ranah 3 Warna full movie yang telah ditunggu kehadirannya ini, saya rasa akan menjadi film yang banyak diminati. alur film yang cepat dan tidak bertele-tele, membuat film ini sangat menarik untuk ditonton. saya pribadi memiliki kesan yang sangat bagus untuk film ini. Sebuah karya anak bangsa yang perlu diapresiasi.


Jalan cerita film ini sangat menarik, pengambilan gambar pun sangat apik. Hanya saja saya meresa back sound atau soundtrack lagu yang dipakai agak kurang menggigit.kurang mengena dengan alur cerita ini yang begitu menggugah. Soundtrak lagunya terlalu pelan kurang memberikan gelora pada jiwa.


Jalan cerita secara keseluruhan sangat bagus dan menggugah hati setiap yang menonton. Mengena di jiwa. Pengalaman hidup tokoh Alif yang berpegang pada nasihat ulama, bekal yang dia dapat ketika menjadi santri di Pondok Madani, menimbulkan euforia bagi tokohnya dan juga yang menyaksikan. Untuk itu Ranah 3 Warna full movie layak dikatakan sebagai film penggugah jiwa.


Sahabat Insnita patut menyaksikan film ini, banyak sekali nilai yang bisa diambil dan dijadikan pelajaran terutama rasa semangat yang ditumbuhkan dari kata-kata Man Shabaro Zhafira, begitu menjadi mantra penyembuh yang luar biasa. Ranah 3 Warna full movie merupakan film yang RECOMENDED.


2 komentar on "Ranah 3 Warna Full Movie Penggugah Jiwa"
  1. Aku baru tau ada film ini, judulnya menarik banget sih. Dulu aku pernah nonton film lima menara dan sampai sekarang masih ku tonton ulang, otw nonton film ini. Dari cover filmnya udah menarik banget sih

    BalasHapus
  2. Film seperti ini yang harusnya banyak digemari dan ditonton oleh remaja, agar mendapat spirit dari setiap perjalan hidup para tokohnya.
    Jadi penasaran dengan film ini.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger