Tips Liburan Bersama Bayi

Selasa, 26 Juli 2022

Pingin jalan-jalan atau berpergian tapi bingung karena masih punya bayi? Apalagi baru pengalaman pertama punya bayi, banyak deg-degan dan banyak bingungnya.Stt ... ga usah bingung-bingung, yuk baca lanjut, ya artikel tips liburan bersama bayi agar tetap lancar aman dan terkendali.


Tips Liburan Bersama Bayi



Tips Liburan Bersama Bayi, Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Bepergian


Sebelum memutuskan melakukan perjalanan jauh ada hal-hal yang perlu diperhatikan pada bayi agar perjalanan yang kita lakukan nyaman untuk bayi dan juga untuk orangtuanya. Papmam perlu memeperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan...


1. Kondisi kesehatannya


Chek kondisi kesehatan bayi sebelum Papmam memutuskan untuk bepergian bersama bayi, baik untuk liburan ataupun kepentingan yang lainnya, terutama untuk perjalanan jarak jauh. Hal ini perlu diutamakan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Sesuaikan jarak pemeriksaan kesehatan bayi dengan jadwal keberangkatan.


Kunjungi dokter anak langganan keluarga yang sudah mengetahui riwayat kondisi bayi sebelumnya, agar Papmam tidak perlu lagi melakukan check up berlapis yang lainnya. Setelah kondisi bayi dinyatakan bagus, barulah Papmam dapat memutuskan untuk melanjutkan perjalanan.


2. Umur bayi


Umur bayi juga sangat menentukan untuk dijadikan pertimbangan apakah bayi bisa diajak perjalanan jauh atau belum. Tidak ada batas yang tetap dalam menetukan usia bayi, namun beberapa ahli anak menyatakan bahwa sebaiknya bayi yang berkisar antara 3 sampai 6 bulan baru bisa diajak bepergian jauh. Namun tetap mempertimbangkan kondisi bayi tentunya.


Bayi pada usia ini biasanya sudah mendapatkan imunisasi dasar lengkap, jadi sudah mendapatkan vaksin kekebalan tubuh yang akan membantunya menghadapi kuman yang banyak bertebaran di luar. pada usia ini sistem kekebalan tunuh bayi sudah terbentuk sempurna. Biasanya penyakit yang sering singgah saat bepergian yang diderita bayi adalah diare, masalah kulit, infeksi dan gangguan pernafasan


3. Alat Transportasi yang Digunakan


Alat transportasi yang digunakan juga menjadi bahan pertimbangan kenyamanan selama perjalanan bersama bayi. Jika Papmam menggunakan alat transportasi pribadi atur suhu dalam kendaraan sesuai dengan keadaan bayi agar bayi tetap merasa nyaman. Siapkan selimut dan baju hangat untuk melindungi bayi dari udara dalam kendaraan yang kelewat dingin.


Jika Papmam memilih moda pesawat untuk melakukan perjalanan, usahakan bayi dalam keadaan menelan atau menghisap ketika posisi take of maupun landing. Papmam bisa memeberikan ASI ataupun susu dalam botol juga bayi tidak mendapatkan ASI. Pada posisi lepas landas kemungkinan telinga bayi akan merasa sedikit nyeri, jadi hal ini harus diperhatikan.


4. Cari informasi tetang tempat yang dituju


Informasi yang lengkap tentang tempat yang akan dituju merupakan hal yang harus dipikirkan agar persiapan perlengkapan untuk bayi tidak ada yang terlewat. Jika tempat yang akan dituju merupakan termasuk tempat yang sulit mencari beberapa fasilitas yang dibutuhkan bayi, maka ada baiknya Papmam sudah mempersiapkannya terlebih dahulu dari rumah barang-barang penting yang diperlukan bayi selama dalam perjalanan dan liburan.


5. Menyesuaikan dengan Jadwal Bayi


Usahakan untuk menyesuaikan dengan jadwal bayi. Jadwal makannya, jadwal tidurnya dan minum susunya. Untuk itu disarankan agar bepergian secara mandiri karena waktunya bisa diatur sesuai kebutuhan kita dan bayi, secara fleksibel.


Beda halnya jika papmam bepergian menggunakan tour and travel, waktu akan menyesuaikan dengan peserta tour dan tidak fleksibel. Ini akan menyebabkan bayi terganggu jam rutinitasnya dan merasa tidak nyaman.


Tips Liburan Bersama Bayi Perlengkapan Yang Harus Dipersiapkan


Ada beberapa perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan sebagai bekal dalam perjalanan dan selama liburan agar bayi tetap merasa nyaman dan aman. papmam harus mempersiapkannya jauh-jauh hari agar tidak ada yang tertinggal.


Pengalaman saya ketika bepergian bersama si kecil saya menyediakan tas khusu yang isinya sudah dipersipkan dengan barang-barang yang tidak digunakan untuk sehari-hari samaibatas keberangkatan. misalnya saya sudah menyimpan, jaket, topi, sepatu baju-baju yang hendak dibawa kedalam tas travel. Untuk itu ketika kita ingat kita list dan langsung dipersiapkan dimasukkan ke dalam tas khusus perlengkapan bayi. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah:


1. Pakaian


Siapkan pakaian yang menyesuaikan dengan kondisi tempat tujuan atau liburan. Jika kita berlibur ke tempat yang dingin jangan lupa untuk membawa banyak kaos kaki serta jaket, topi dan baju hangat serta selimut. 


Sebaliknya jika bepergian ke tempat berhawa panas, siapkan pakaian bayi yang berbahan lembut serta menyerap keringat agar bayi tidak merasa kepanasan dan tetap nyaman. Namun tetap persiapkan juga jaket serta selimut untuk jaga-jaga jika cuaca berubah.


2.  Perlengkapan Makan Minum


Bawalah alat makan dan minum bayi secukupnya dan usahakan membawa tampat makan dan minum yang biasa digunakan oleh bayi, agar bayi tetap merasa nyaman menjalani ritual makan minumya. Biasanya ada bayi yang sudah merasakan nyaman dan tidak mau menggunakan perlengkapan makan atau minum yang lain, hanya ingin menggunakan yang biasa dia pakai.


3. Makanan dan Minuman


Selain perlengkapan makan minum, Papmam juga harus membawa makanan dan minuman kesukaan bayi, agar ketika bayi merasa lapar kita sudah sipa memberikan makanna dan minuman yang biasa dia terima. Perut bayi kenyang maka bayi akan merasa nyaman.


4. Obat-obatan dan Perlengkapan Sanitasi


Obat-obatan adalah barang yang sangat diperlukan bagi bayi ketika melakukan perjalanan, sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, Papmam sudah menyediakan pertolongna pertamma pada bayi. obat-obatan yang harus disediakan diantaranya, paracetamol, alat kompres semacam bye-bye pever, minyak telon, minya angin, tissue basah, salep, kapas, tissue kering, cotton bud dan lainnya.


5. Mainan Kesuakaan Bayi


The last but not least. Hal terakhir tapi tak kalah penting yang harus diperhatikan adalah membawa barang maianan kesukaan bayi. Agar bayi merasa bahagia dan tenang kita bisa membekalinya dengan mainan kesukaan yang biasa dia mainkan sehari-hari, agar hatinya tetap riang gembira  dan tidak kehilangan hal-hal yang digemari selama dalam perjalanan.


Mainan yang dibawa usahakan bukan mainan yang ukurannya besar, namun mainan yang handy dan mudah digenggam oleh anak. bisa boneka karet, mobilan karet atau alat gigit, yang sangat disenangi bayi. Biasanya bayi senang dengan benda-banda yang bisa digigit. Pehatikan ke higienisan dan bahan yang digunakan untuk mainan bayi, agar aman bagi bayi.


***


Demikian beberapa tips liburan bersama bayi yang bisa insnita rangkumkan untuk Papmam sahabat insnita, semoga bermanfaat. Selamat berliburan dan traveling bersama bayi tercinta. Salam Pengasuhan. Happy Parenting and traveling.

2 komentar on "Tips Liburan Bersama Bayi"
  1. Meski belum punya bayi. Saran-saran diatas boleh disimpan untuk dipraktikkan nanti.

    BalasHapus
  2. Walaupun aku belum menikah dan punya bayi tapi tips-tips diatas sangat bermanfaat sekali, ternyata banyak sekali ya yang harus dipersiapkan sebelum liburan bersama bayi.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger