3 Fungsi Canva, Blogger Wajib Tahu dan Wajib Bisa. Penting!

Sabtu, 09 Juli 2022
Canva merupakan salah satu tool aplikasi yang menyediakan aneka template dengan berbagai macam ukuran dilengkapi dengan element-element lucu. Adapun fungsi canva, blogger wajib tahu dan wajib bisa. Canva bisa digunakan untuk membuat desain grafis untuk berbagai kepentingan dan keperluan, baik untuk bisnis, pendidikan dan lainnya.

Canva bagi saya dan Ruang Narasi dan Inspirasi Nita sangatlah penting. Canva merupakan organ dari blogg yang bisa menghidupkan penampilan blog menjadi lebih bagus dan berwarna, serta menarik. Blog tanpa canva bagaikan sayur tanpa garam.

Jika tak ada waktu banyak saya pun terkadang belum sempat untuk mencantumkan infografis dari postingan artikel blog Ruang Narasi dan Inspirasi Nita, penampilan blog terasa tak berwarna dan tak menarik.


fungsi canva

 

Fungsi Canva bagi Blogger


Bisa dipastikan Canva bagi blogger sangat memiliki kedudukan yang pentig. Fungsi canva bagi bloger ada beberapa poin yang satu sama lainnya saling mendukung. Beberapa fungsi Canva bagi blogger diantaranya, yaitu:

1. Membuat Header Image untuk Blog


Header berfungsi sangat urgent bagi sebuah blog. Untuk itu dia harus disetting sesuai dengan kaidah SEO, karena header bisa dikatakan sebagai mercusuar dari blog kita. Penunjuk arah agar google mengenal blog kita.

Untuk memperindah tampilan header image serahkan pada Canva untuk membantu mendesain header image ini. Tambahkan element-element yang menunjang yang bisa mencerminkan garis besar dari isi blog kita, atau niche dari blog kita.

Tampilan header image yang ciamik akan membantu personal branding untuk kita dan blog kita. Untuk itu Canva bisa membantu tampilan header image kita menjadi lebih eye catching dan informatif.

Header image blog bisa dikatakan juga sebagai mahkota dari blog kita. Mahkota berfungsi untuk menambah menarik penampilan dari seseorang. Sudah menjadi fitrah dari seorang manusia yang senang memandang yang indah-indah dan menyejukkan pandangan. So, percantiklah blog kita dengan mendesainnya lewat aplikasi Canva.

2. Membuat Banner untuk Blog


Begitu pun Banner blog bisa didesain melalui aplikasi Canva. Bikin desain banner blog yang menarik untuk memperindah tampilan blog kita, karena tentunya kita pingin para pengunjung kita betah berlama-lama berselancar di blog kita.

Banner blog yang sesuai dengan warna dasar dari blog kita bisa bikin nyaman mata yang memandang. Sekaligus juga bisa kita niatkan untuk memuliakan tamu yang datang dan singgah di blog kita. Bukankah memuliakan tamu adalah hukumnya wajib dalam Islam. Eeeaaa….luas dan dalam banget, yak….!

3. Membuat Infografis untuk Blog


Nah fungsi yang satu ini juga tak kalah penting dibanding dengan dua fungsi sebelumnya. Artikel yang kita posting akan terasa tidak lengkap jika tidak kita suguhkan dengan gambar-gambar yang mendukung.

Gambar pendukung atau familiar kita sebut sebagai infografis, dapat memberikan arahan dan petunjuk agar lebih bisa dimengerti oleh para pembaca blog kita. Google juga akan senang dengan blog yang informatif. kalo mbah google sudah merestui, blog  akan cepat menghasilkan cuan, hehe.

Artikel yang dilengkapi dengan gambar info grafis akan memudahkan para pembaca memahami tulisan kita. Diharapkan dengan banyak gambar penunjang dalam sebuah artikel, para pengunjung blog kita akan betah berlama-lama.


fungsi canva



Canva I’M In Love


Sebagai seorang blogger ketika sudah mengetahui fungsi dari Canva yang sangat urgent bagi perkembangan blog, tentunya membuat saya bertekad untuk belajar Canva lebih intens lagi. Semakin tahu dan ngulik fitur-fitur yang ada di Canva, semakin jatuh cinta. Pokoknya canva i'm in love.


Pengalaman Bikin Desain Grafis Di Canva


Meski sebelumnya saya sudah familiar dengan tools yang ada dalam aplikasi Canva. Namun ketika Blogspedia Coaching memberikan materi tambahan tentang Canva, saya tetap merasa mendapatkan pemahaman dan pengetahuan baru dari pemahaman sebelumnya. Maklum, saya belajar desain di Canva hasil dari autodidak, jadi memahami Canva hanya dengan pemahaman saya yang minim dan pake ilmu tebak-tebak, hehe.

Sebenarnya sudah sejak lama saya suka sekali mendesain di canva, dari sebelum saya memiliki blog. Saya menggunakan Canva untuk keperluan bikin thumbnail di youtube chanel insnitaa dan juga untuk keperluan presentasi pembelajaran.

begitu sukanya saya mendesain di Canva, sampai terkadang saya lupa waktu. Gambar-gambar element yang ditawarkan dalam aplikasi canva bikin kita ketagihan untuk menelusuri lebih dalam dan lam lagi, klak-klik klak klik, setiap gambar mencoba ditelusuri. Bikin candu!

Karena kebiasaan saya mendesain kepeluan sosial media dan pembelajaran, saya merasa beruntung sekali, karena ketika ngeblog yang membutuhkan desain infografis lewat Canva, saya tidak terlalu gagap dengan tools yang satu ini. Minimalnya punya basik yang bisa dikembangkan melalui pelatihan lanjutan. Alhamdulillah Blogspedia coaching yang digawangi oleh Coach marita memberikan materi canva sebagai suplemen tambahan dalam materi blogging. Materi Canva disampaikan oleh Coach tamu Mba Hamimeha, yang memang terkenal keren dan ciamik desain-desain Canvanya.

Bertambahnya pengetahuan tentang Canva bikin saya makin terus jatuh cinta lagi dan lagi dengan Canva. Ini ga lebay. canva membantu saya mengembangkan imajinasi saya dengan mudah.

Keyword yang Biasa Digunakan


Tersedianya fitur element yang lucu-lucu dan bikin gemoy, mempermudah kita menuangkan ide lewat canva. Asal kita bisa mengetikkan kata kunci yang sesuai sasaran, maka kita akan mendapatkan gambar element yang kita inginkan dan menjadi penunjang yang tepat untuk infografis artikel kita.

Saya senang sekali dengan gambar-gambar kartun wanita berhijab yang lucu-lucu dan menarik, untuk itu saya sering menggunakan keyword Hijab Woman untuk mendapatkan element wanita berhijab yag lucu-lucu.

Seklain itu juga saya sangat senang menggunakan tanaman-tanaman hias untuk mempercantik desain, untuk itu saya gunakan keyword, plant, three atau grass biar terlihat segar selainitu juga saya senang sekali menggunakan keyword buku, dan kids muslim.

Begitulah gambaran pengalaman saya dalam mendesain Canva, tean-teman bisa coba juga mengulik Canva dengan memasukkan element-element lucu yang biasa saya gunakan dengan bantuan keyword yang biasa saya pakai. Selamat mencoba yaa.

Berkreasi dengan Canva


Ketika kita akan berkreasi menggunakan aplikasi canva, kenali fitur-fitur yang ada di Canva. Saya rasa semua orang akan mudah menggunakan Canva. Navigasi aplikasi ini sangat mudah dikenali, sehingga fungsi Canva secara maksimal bisa akita dapatkan.

Alhamdulillah saya juga bisa berhasil memahami Canva secara autodidak walaupun hanya alakadarnya. Jadi jika teman-teman akan membuat desain grafis atau flyer untuk sebuah event, bisa dicoba utak atik sendiri yaa…berikut sedikit saya jelaskan, nih fitur-fitur yang ada di dalam Canva untuk pembaca Ruang Narasi dan Inspirasi Nita.

1. Top Bar

Di top bar kita akan menemukan menu menu tentang cerate account, berbagai jenis template darimulai untuk mendesain desktop wall paper, graph, membuat calendar, book cover, aneka logo, photo collage, mind ma, zoom virtual background, dan masih banyak lagi. Dari penjabaran menu top bar saja sudah kebayang, ya, betapa menariknya berkreativitas lewat Canva.

2. Main Bar

Pada menu main bar merupakan penjabaran dari menu left bar, yang berisi aneka tempale, fiture custom size, yaitu fitur utuk memilih ukuran yang kita inginkan, karena Canva memberikan aneka ukuran tempalte yang amat beragam.

3. Left Bar

Pada menu left bar ada menu semua historis desain-desain yang pernah kita buat, tools untuk menshare hasil karya kita. nama tim yang mendesain bareng menggunakan Canva, karena Canva bisa ditambahkan oleh partner presentasi atau diskusi kita, dengan mengirimkan gambar Canva yang sudah dilebgkapi dengan linknya.

Tak ada yang Sempurna, Apa Kelebihan dan Kekurangan Canva?



fungsi canva



Setelah kita mengetahui fungsi Canva dan kelebihan Canva yang sangat banyak dan luas penggunaannya, perlu kiranya, kita juga mengetahui kekurangan dari aplikasi Canva ini. Terkadang bagi sebagian orang yang tinggal di daerah terpencil akan mengalami kesulitan dalam mengakses aplikasi ini. Saya biasa menggunakan wife dari IndiHome yang akses internetnya stabil.

Kenapa? karena Jika Sahabat Insnita ingin menggunakan aplikasi ini yang harus diperhatikan adalah harus menyediakan paket internet dengan daya akses cepat dan stabil. Jaringannya harus kuat, karena jika lambat maka akses fitur-fitur pada canva akan sulit dibuka.

Dan yang perlu juga diingat, Canva tidak bisa digunakan secara offline serta cukup menguras kuota internet. Gambar-gambar yang kita akses di Canva memerlukan kuota. So, jika teman-teman ingin menggunakan aplikasi Canva perhatikan hal ini, yaa. Selamat mengisi kuota bagi yang sedang kosong kuotanya. Selamat berkreasi, dijamin sahabat akan ketagihan ingin menggunakannya lagi dan lagi.










6 komentar on "3 Fungsi Canva, Blogger Wajib Tahu dan Wajib Bisa. Penting!"
  1. Kalo internetnya g stabil suka ngadat padahal dah dateline hehehe

    BalasHapus
  2. masyaallah tabarakallah mba nita selalu bisa ngemas dengan bahasa yang apik dan mudah di pahami.. makasih mba.. 3 manfaat canva untuk bloger mantap banget.

    BalasHapus
  3. Canva ini smang fungsional parah sih, Kakk. Desain mobils friendly bangst. Grafiknya banyak yang free dan bagus-bagus,heuheu.

    BalasHapus
  4. saat tahu adanya canva ini langsung berbunga-bunga. Pasalnya penggunaan nggak ribet sudah bisa mendesign bebas dengan hasil yang nggak kalah keren dengan aplikasi lain. By handphone pulak

    BalasHapus
  5. Reza Liswara10 Juli 2022 23.48

    Wah canva ternyata sebagus itu ya, aku sempat kepikiran mau pake tapi ragu apakah sempat digunakan sebagai setorang harian karena cukup repot untuk membuat semua elemen yang dijelaskan di atas. Apakah itu memungkinkan mbak?

    BalasHapus
  6. Canva itu emang keren banget sih, bisa segalanya gitu. Jujur aku juga suka sama canva, bye the way tulisan kakak ini bermanfaat banget sih

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger