Kelas Blog Dasar PCW Kelas Blog From Zero To Hero

Kamis, 25 November 2021

Kelas Blog Dasar yang digawangi PCW ini terbilang sangat luar biasa, maka dari itu disebut Kelas blog from zero to hero? Kelas ini benar-benar mengenalkan cara pembuatan blog dari awal sampai menjadikan blog kita menjadi blog TLD atau Top Level Domain, alias blog berbayar.  Mentornya Mba Nia membimbing penuh kesabaran dan menerangkan dengan jelas step by step langkah pembuatannya. 


tips ngeblog


Manusia dalam usahanya untuk berubah diperlukan daya lecut yang lumayan menggugah untuk bergerak dari posisi mager alias malas gerak ke posisi bager alias banyak gerak. Entah itu yang bergerak berkaitan dengan daya pikir, daya rasa atau daya fisiknya. 

Tiga kekuatan ini lah yang menjadikan manusia menjadi manusia bermakna. Tidak hanya menjadi seonggok daging bernyawa, yang tak ada andilnya. Tentunya tiga kekuatan ini merupakan turunan dari kekuatan utama yaitu agungnya Allah sang pencipta. Hihi ….dalem banget ya pembukaannya.

Yo wis lanjut beralih ke urusan ngeblog nih ya… sesuai judulnya kelas blog dasar PCW, kelas blog from zero to hero. Bukanlah ucapan kaleng-kaleng jika kita mengatakan bahwa untuk menjadi manusia yang banyak bermanfaat maka bersahabatlah dengan dunia maya! Lho kok bisa? Tentu bisa, itu jawabannya. 

Bagaimana caranya? Gini ya …, fasilitas sosmed aka sosial media yang tersedia dan sangat beragam bentuknya itu bisa kita jadikan ajang sharing about everything. Benar-benar tentang segalanya lho! Dari mulai aktivitas kehidupan sehari-hari sampai ke event bergengsi. Sesuatu yang menurut Sebagian orang adalah hal yang sangat biasa belum tentu untuk sebagian yang lainnya. Bisa jadi itu adalah hal yang luar biasa. Untuk itu, hal yang kita ceritakan di media, pasti akan ada manfaatnya. 

Platform untuk berbagi ini sangat beragam, dan salah satunya “ngeblog”. Saya sendiri sebagai pengguna beberapa medsos, walau terbilang tak terlalu aktif, mencoba berbagi hal-hal sederhana agar bisa juga dinikmati oleh teman-teman yang singgah di account medsos saya. 

Saat ini saya berusaha untuk memanfaatkan fasilitas ngeblog alias menjadi bloger secara maksimal. Beberapa medsos sudah saya coba, dan akhirnya saya lebih jatuh hati pada platform “Ngeblog” ini.

Sebenarnya beberapa tahun yang lalu saya sudah memiliki sebuah Blog yang saya isi dengan resep masakan dan kegiatan sehari-hari anak-anak ketika tinggal di Jepang. Namun karena waktu itu berjalan sendiri tanpa komunitas, jadi blognya tak berkembang alias jalan di tempat. Tidak ada pemicu yang terarah dan akhirnya ditinggalkan. 

Mulai tergugah lagi ketika proses pembelajaran di masa pandemi menggunakan media online. Terlintas dalam pikiran untuk memberdayakan blog sebagai ajang sharing materi pada mahasiswa. Namun ya itu tadi “MAGER”. Padahal saat itu sudah sempat ikut pelatihan pertama untuk buat blog, namun apa daya, saat itu lagi cinta-cinta nya sama platform youtube dan belum mau move on.

Eits…tapi jangan salah, ada manfaat lain yang saya dapatkan dalam pelatihan “ngeblog” pertama saya, yaitu ketemu sama si eneng yang notabene memang seorang penulis sekaligus pemilik blog ciamik RJSP alias Rekam Jejak Sang Pemimpi, silahkan sista kunjungi blognya yang sarat dengan info-info dunia literasi di alamat Rekam Jejak Sang Pemimpi.

Dari pertemuan pertama itulah akhirnya kami punya kesempatan duduk di kelas-kelas pelatihan berbarengan. Namun karena si eneng Karunia ini seorang pembelajar yang aktif, ilmu beliaunya berkembang sangat cepat. Ilmu “ngeblognya” bener-bener beliau manfaatkan untuk berbagi ilmu dan menyalurkan hobinya. 

Sesuai dengan slogan blognya “Menulis adalah Laksana Terapi” Yup,…. bener banget memang begitu adanya. Menulis itu benar-benar terapi buat jiwa. Menulis itu tempat curhat yang tidak pernah akan protes dengan segala curhatan-curhatan kita apapun bentuknya, … hihi.

Sampai pada akhirnya kemampuan “ngeblog” nya, mampu mendampingi kami di kelasnya yang bertajuk “kelas Blog Dasar” yang digawangi oleh Perkasa Creative Writing.


kelas blog 2021


Judulnya sih blog dasar tapi materinya daging banget, bahkan pesertanya digiring untuk langsung memiliki domain. Luaaar biasa! Kereen syekali kalo menurut saya. Kenapa kami para peserta langsung tertarik untuk membeli domain? Karena sang tutor, Nona Karunia Sambas, membuka wawasan kami dengan menjabarkan apa saja keuntungan memiliki blog yang sudah berdomain. 

Sista pingin tau salah satu keuntunganya? Menggiurkan banget ini sih! Tau kan yaa? Iyaaap betul, Ngeblog bisa jadi ladang untuk menghasilkan cuan ternyata. Bener kaaan pasti kalo sudah nyangkut masalah cuan, bikin jadi semangat, hehe… iya apa iya…? Syaratnya, blognya harus aktif diisi dengan postingan yang menarik dan sudah berdomain. 

Yuk buruan deh ngeblog. Kalo sudah tau gini, ga menutup kemungkinan kan, melalui “ngeblog” bisa menuntun kita From Zero to Hero. Cheers…semangat… Saya sih berharap banget Mba Nia bakal buka kelas ini untuk batch 2 nya. Semoga yaa…! Supaya sista yang berminat untuk ikut ngeblog, bisa memiliki kesempatan juga mengikuti kelas blog dasar ini. Salam literasi.
14 komentar on "Kelas Blog Dasar PCW Kelas Blog From Zero To Hero"
  1. from zero to hero
    ternyata ngeblog itu seru-seru sedap ya mbak wkwkwk
    yuk mbak semangat berbagi mellaui karya tulis
    ditunggu karya-karya selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeet mbaa, ... Seru2 sedap dan bikin berkeringaat...hihi..moga tetap semangaat yaa ...

      Hapus
  2. Bener-bener seru kelasnya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serubbanget mba,... Bikin dahi berkerenyit terus, efek mikirr...hihi

      Hapus
  3. Berbagi pengalaman dan ilmu yang sangat bermanfaat ya mba, khususnya bagi pemula. semoga dapat menjadi inspirasi bagi yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...aamiin ... Semoga kita bisa ssling melengkapi satu sama lain ya mbaa

      Hapus
  4. Bener kata mb Nita blog dasar yang memang materinya daging banget ya. Makin buat semangat kita menyalurkan apapun yang tentunya manfaat. Dan ini blog nya mb Nita sudah keren ya banyak memberi manfaat pada orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllahu, semoga kita bisa ssling terus menyemangati, ya mbaa ...

      Hapus
  5. Balasan
    1. masyaAllahu tabarakallahu, ...masih terus ngulik mba

      Hapus
  6. Keren, Mbak. Jadi makin semangat ngeblog..

    BalasHapus
  7. ini sih namanya paket komplit ya. gimana ngaak? kelasnya aja oke, isinya apa lagi di tambah mentornya yang kece abis. semua peserta jadi tambah semangat. semoga sukses ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, ... betul mba,...semoga kita bisa terus saling support.

      Hapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger