Optimasi Blog Melalui Site Audit Performa Blog Makin Naik. Insnita Bagaimana dengan Blogmu?

Senin, 11 April 2022

Jika ditanya kenapa, sih, pingin ngeblog? Jawabannya tidak sesimpel hanya untuk sekedar healing. Alasan kenapa setiap individu ngeblog makin beragam sejak mengetahui bahwa nge-blog di era canggih ini bukan hanya sebagai tempat wadah curhat dan berbagi, ada lagi selain itu, bahkan  kaitannya dengan urusan menyambung hidup dan mensejahterakan diri dan umat, hehe. Tau, dong, ya, apa itu.


Nampaknya  jika ingin masuk pada tujuan yang terakhir, haruslah sedikit serius menangani blognya, harus ada perhatian yang ekstra demi meningkatkan performa blog, karena bagaimana klien akan menyimpan kepercayaan pada sebuah blog yang dibiarkan tak tertata baik penampakan luar maupun dalam. Sang Blogger harus siap tempur, dan memasukkan urusan blog dalam salah satu list prioritas kegiatannya. Site Audit!! Nah, ini yang harus menjadi salah satu perhatian.


kelas blog


Ilmu Site Audit alias Blog Audit


Blog yang memiliki performa bagus membutuhkan sentuhan yang telaten dari pemiliknya. Salah satu yang harus diperhatikan adalah melakukan site audit. Site audit atau website audit adalah audit merupakan pemeriksaan kesesuaian informasi, jika pada bidang web site artinya melakukan pemeriksaan pada setiap permasalahan yang berkaitan dengan blog. Perbaikan sebuah laporan perlu dipertimbangakan segala aspek pendukungnya. Sama halnya dengan blog. 

Blog memiliki banyak aturan yang harus kita ikuti, ada kaidah SEO dalam penulisan artikel blog agar bisa terbaca google, permasalahan ini merupakan pembahasan utama dalam site audit atau web site audit. Melalui audit kita bisa memaksimalkan potensi blog kita.

Template blog, jenis tulisan, ukuran tulisan, pengaturan gambar, atau pop up untuk iklan-iklan, harus dipehatikan agar para pengunjung blog kita merasa nyaman berada berlama-lamu untuk berselancar di blog. Inilah beberapa hal yang menjadi perhatian dalam ilmu site audit selain pengaturan SEO dalam blog.


Perlukah Blogger Paham SEO?


Sebelum berbicara SEO lebih panjang lagi perlu kita kenali apa itu SEO? Search Engine Optimization merupakan kepanjangan dari SEO. Seorang blogger yang mengharapkan blognya menjadi sumber penghasilan atau seengganya blognya ingin dikenal luas dan bisa dijangkau oleh banyak kalangan dari berbagai tempat, artikelnya bisa cepat ditemukan oleh mesin pencari google, auto harus paham ilmu SEO.

Menerapkan ilmu SEO dapat membantu mempercepat artikel kita masuk #one di google, jika masuk page one memudahkan orang lain untuk cepat mendapatkan artikel kita. untuk itu seorang blogger hendaknya disarankan belajar tentang ilmu SEO.

Dilansir dari niaga hoster, artikel bisa nangkring di page awal google merupakan bagian kulitnya saja dari manfaat SEO. Lebih dalamnya lagi SEO juga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic dari blog kita. Performa blog kita pun akan meningkat.


Sejauh Mana Saya Memahami SEO


Pemahaman saya dalam masalah SEO masih jauuuuh di bawah standar paham, karena dalam dunia blog saya masih terhitung newbie. Namun sedikit demi sedikit saya coba memahami dan langsung mengaplikasikan ilmu yang saya dapat. Saya mencoba menerapkannya dalam setiap artikel yang saya buat, mempernaiki struktur artikel, meletakkan keyword.

Beberapa langkah SEO yang sudah saya terapkan dalam artikel blog saya diantaranya adalah  memasukkan kata kunci yang sudah kita cari di tool aplikasi keyword, dan menuliskannya pada bagian depan, tengah, dan bawah dari badan artikel kita. Menulis sekurang-kurangnya 300 sampai dengan 500 kata. menulis keterangan artikel dalam meta description box, memeriksa URL jangan sampai terputus penggalan katanya.

Mengatur URL dengan memasukkan kata kunci dari artikel adalah sebuah step yang harus dilakukan dalam penulisan artikel blog, sebagai salah satu usaha agar artikel kita mudah terindeks di Google Search Engine hal ini pun saya lakukan. Sebatas ini saja ilmu tentang SEO yang saya punya.  Mengutip istilah yang Imam Ghazali kasih dalam mencari ilmu dan berusaha untuk menerapkannya. Sepertinya perlu banting otak lagi untuk mencari ilmu lagi SEO lebih dalam lagi. Nah, SEO ini juga merupakan salah satu bagian dari ilmu site audit untuk optimalkan performa blog.


Keinginan untuk Belajar Site Audit


Apakah saya ingin memerdalam ilmu site audit? jawabannya tentu saja harus, mau bahkan wajib. ini saya persembahkan sebagai wujud cinta pada blog saya yang sudah saya anggap seperti anak sendiri. Layaknya seorang ibu, harus memahami ilmu parenting jika ingin menghasilkan anak yang berkualitas unggul.

Begitupun jika ingin merawat blog, saya harus membekali diri saya dengan ilmu blogging yang cukup, agar saya tak melakukan kesalahan yang bisa menimbulkan dampak cedera atau bahkan sakit pada blog saya.

Saya ingin blog saya memiliki performa yang tinggi dan sehat terus, bertumbuh dan berkembang dengan optimal melalui usaha saya yang maksimal, mempersembahkan apa yang saya milki sesuai dengan kemampuan saya. Untuk itu keinginan saya untuk belajar ilmu site audit menjadi prioritas saya. untuk itu jika datang kesempatan itu tidak akan saya buang sia-sia. Semoga diberi kesempatan dan diberi kekuatan serta kesehatan untuk tetap cinta dengan ilmu, apapun itu bentuknya, apalagi jika dampaknya membawa pada kemaslahatan. Buaknkah sebaik-baik manusia adalah yang paling memberikan manfaat bagi sesama.


ilmu site audit



Berkenalan dengan Blog dan Bagaimana Memulainya?


Saya sendiri awalnya tidak paham kalo efek samping ngeblog adalah menghasilkan cuan. Dulu saya hanya berpikir tentang bagaimana caranya agar apa yang kita punya, baik ilmu, keahlian serta aktivitas kita yang sekiranya bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi orang lain, memilki wadah untuk bisa dibagikan. Saya pribadi memilih platform ini karena saya berpikir, bahwa platform blog  memiliki banyak fasilitas pendukung seperti misalnya fasilitas menulis di draft bisa sepanjang apapun, bisa upload gambar sepuasnya, bisa upload video sepuasnya, bisa bercerita sesuai dengan pengelompokan kategori. Pokoknya, suka sama blogging, titik. Hasrat narsis bisa terpuaskan lewat platform ini. hehe.


Kenal dunia blog sebenarnya diawali dengan keisengan berselancar di dunia maya. Kalo ditanya, gimana, sih awalnya bisa kenal dengan blog? Kita mulai cerita, ya!!


Sekitar tahun 2010, saya harus pergi ke negeri Oshin untuk menemani pak suami yang harus melanjutkan studinya. Hebat amat bisa pergi ke negara Oshin, banyak uang, ya? Tidak...!! Bukan karena banyak uang, tapi dipinjami uang sama pemerintah untuk mengambil ilmu di negeri sakura sana, dan bayarannya adalah mengabdi pada negeri dengan tenaga dan pikiran, kalo bisa seumur hidup, hehe. Hutang yang bayarannya terpanjang namun juga mulia, kalo menurut saya.


Nah, karena kesepian dalam keterasingan, akhirnya saya menyibukkan diri untuk mengisi waktu luang saya dengan searching di dunia maya. Kala itu tahun 2010 Jepang sudah memiliki akses internet yang super cepat. Ini yang bikin kita betah berlama-lama berinteraksi dengan dunia maya. Jam waktu luang yang termasuk lumayan banyak, karena jangkauan kerja rumah tangga yang cukup kecil, karena kami tinggal di apartemen yang kecil, jadi pekerjaan rumah tidak terlalu menyita waktu saya. 


Ngeblog di platform Wordpress  pada saat itu saya pilih, dengan alasan mudah diikuti dan punya template yang lucu serta bervariatif dibanding blogger. Tentunya tanpa didasari pengetahuan yang lain, bahwa platform Wordpress harus merogoh kantong agak dalam jika ingin berdomain sendiri. Benar-benar cupu. Cuma modal nekat dan sok tau aja. Modal nekat dan sok tau itu akhirnya menelurkan blog yang beralamat di www.naismacreation.wordpress.com. Berisi tentang resep masakan dan cerita sedikit tentang tanah sakura. Berjalan sendiri tanpa komunitas, jaadi ga ada perkembangan pengetahuan tentang dunia blog. senulis-nulisnya, sejadi-jadinya. 


kegiatan produktif


Sempet tidak aktif lagi ketika harus pulang ke Indonesia karena study suami sudah beres di tahun 2013. Antara sibuk dan juga males susah nemuin benang merahnya, haha. Sayangnya ketika keinginan itu muncul, ada kendala lupa password, jadi terpaksa ga lanjut. Padahal saat itu saya intip blog saya sudah banyak sekali yang singgah bahkan saya banyak menemukan resep-resep yang saya tulis di blog milik orang lain, bahkan banyak juga menggunakan foto-foto makanan saya, walau saya akui itu foto ga bagus2 amat. tapi biarlah jika memang bermanfaat kenapa tidak. Pengunjung blog pun sudah lemayan banyak, bahkan sempat ada iklan yang dipasang di beranda blog. Sampai sekarang saya juga ga ngerti kenapa bisa begitu. Karena pengetahuan blog saya belum sejauh itu.


Pada akhirnya datang masa pandemi, mengharuskan kita seluruh manusia untuk menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah. Kembali saya bisa memiliki waktu yang luang untuk berselancar di dunia maya. Akhirnya hasrat blogging yang sudah hampir punah itu diusik kembali ketika melihat penawaran kelas ngeblogdari salah satu blogger yang belakangan saya ketahui memang sudah masuk senior dalam dunia blogging.


Sedikit tertarik akhirnya sayapun ikut. Hanya ikut, dan sesekali ngintip kelas, karena masih di rayapi dengan kesenangan pada hal lain. waktu berlalu satu tahun, dan tetap dengan keasyikan di platform lain, sampai akhirnya saya terusik ketika membaca artikel tentang "Raup Cuan dengan Menjadi Blogger", saya agak terkejut juga, sih, dan bergumam dalam hati, bisa juga ya blog menghasilkan uang.


Profesi saya sebagai pengajar membutuhkan kreatifitas dalam menyampaikan bahan-bahan ajar, ini yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk lebih memilih menggunakan platform blog sebagai salah satu pilihan untuk mengantarkan bahan pelajaran kepada para peserta didik. Apalagi ternyata ada tambahannya, nih, bisa menghasilkan cuan, jadi tambah semangat, kan?!Hehe.


Kelas yang sebelumnya tak cukup menggerakkan hati, akhirnya kuputuskan ikut lagi di Kelas blog dasar lainnya. kelas blog yang langsung mengarahkan untuk memiliki domain dan mengarahkan kita untuk benar-benar concern di dunia blogging. Kelas blog ini langsung mengarahkan pada job-job yang sudah bisa diikuti oleh blog pemula macam kami.


Alhamdulillah 'ala kulli hal, setelah ikut kelas ini, berasa dibuka wawasan dunia blogging, bikin jatuh cinta, dan semakin terus bertambah cintanya pada dunia ini. Blog, bagi saya seperti anak sendiri yang patut saya rawat dan saya jaga, lecet sedikit, sakit sedikit saya bakal bukan kepalang sedihnya, kepikiran sampe ga bisa tidur, dan berusaha cari solusi, agar blog ini tetap sehat, dan menjaganya untuk tetap sehat.


blogger asyik



Cara Menjaga Konsistensi Menulis


Dunia blog kini sudah sangat menjadi bagian besar dari waktu yang saya miliki, teman hari-hari yang selalu menemani. Satu hari pun sepertinya, belum pernah tidak menengoknya. Bahkan dalam keadaan letih pun, saya selalu berusaha sebisa mungkin menengoknya, terus memperhatikan perkembangannya, memperbaiki yang kurang, belajar terus mengenal fitur-fiturnya, dan terus berupaya menulis walau belum bisa setiap hari publish tulisan di blog, karena untuk saat ini saya utamakan menulis bahan ajar, yang waktu penulisannya tidak cukup bisa sebentar karena harus didukung oleh referensi yang cukup.


Setelah jatuh cinta pada dunia blogging, cinta itu berusaha saya rawat agar tetap baik kualitasnya. Kualitas blog bisa naik dengan cara menulis rutin, kalo menurut para suhu blog, minimal seminggu sekali harus ada tulisan yang publish di blog. Bahkan kalo mampu diharapkan seminggu empat kali publish tulisan di blog bikin performa blog kita makin kece. Saya bertekad bisa menulis setiap harinya, bisa publish rutin untuk menaikkan performa blog. Usaha yang saya lakukan mungkin bisa juga diikuti oleh teman-teman, diantaranya yaitu:


  1. Niat. Ini adalah hal pertama yang harus ditanam dalam jiwa. Kuatkan niat, rancang niat yang benar-benar bisa menjadi cambuk untuk kita terus bergerak berkarya lewat tulisan. Biasanya kalo niat yang berlandaskan azas kebermanfaatan bisa bikin melanggengkan tekad.
  2. Menulis apapun yang ada dalam pikiran, dengan spontan langsung menuliskannya. di mana saja, bisa ditulis di kertas dulu, baru dituliskan kembali di laptop.
  3. Menangkap ide dari kegiatan yang kita lakukan, bisa dari jalan-jalan, aktivitas keseharian, kejadian yang menimpa teman, tetangga atau orang sekeliling, kejadian yang sedang viral, atau kejadian yang bisa menarik perhatian orang atau informasi umum yang diperlukan.
  4. Mengikuti challenge menulis yang dilakukan komunitas. Dari sini kita tak akan pernah kehabisan ide dalam menuangkan tulisan.


Selamat mencoba, saya pun sedang belajar berusaha konsisten untuk menulis. Belajar menangkap ide dari kejadian sekitar. Belajar bisa menuangkannya dalam bentuk tulisan.


Dunia Blogger dalam Pandangan Saya


Sebagai seorang yang baru di dunia blog, melalui pengetahuan yang saya dapatkan sejak berkenalan dengan blog, sampai akhirnya saya bisa merasakan kebermanfaatannya bagi diri saya sendiri baik dari sisi materi maupun immateri. sedikit-sedikit saya sudah merasakan manisnya ngeblog dari sisi materi, kalo dari immateri sudah tak terkira jumlahnya. 


Blog di mata saya adalah sarana berbagi multi dimensi, prospeknya sangat menjanjikan. Serius dalam dunia blog adalah bukan mengejar sesuatu yang tidak memberikan harapan apapun, seperti halnya mengejar para jiwa-jiwa Pemberi harapan Palsu, haha.


Blog bisa dijadikan pegangan sebagai wasilah mencari nafkah, menciptakan kesejahteraan bagi diri keluarga dan khalayak banyak. Bayangkan berapa banyak para pengusaha yang tertolong dalam promosi produknya karena kehadiran seorang blogger?


Nasib Blog Ketika Harus Bersanding dengan Youtube


Dunia blogg bagi saya memiliki masa depan yang cukup bagus, walau dunia youtube merambah ke berbagai segmen. Blogg memiliki peminatnya sendiri yang tak kalah banyak. Tidak semua orang senang dengan berita yang disuguhkan lewat video, walau memang jika disampaikan lewat video akan memperjelas berita yang disuguhkan.


Banyak juga orang yang lebih senang membaca. Dengan membaca bisa langsung menemukan apa yang kita cari, dengan selirikan mata kita bisa menemukan berita yang kita inginkan. Beda dengan video mungkin agak membutuhkan waktu lama untuk mencari info yang kita maksud.


Dengan cara membaca kita juga bisa seksama mengulang-ngulang info yang ingin kita pahami lebih dalam, tidak perlu melakukan rewin yang terkadang butuh effort lebih untuk melakukannya. 


Nah, kesimpulannya, saya merasa yakin, dunia blog masih memiliki peminat di hati para pemirsanya. Begitu pula dengan saya, terkadang ada info yang lebih nyaman didapatkan berupa tulisan, ada juga info yang lebih enak didapat dari video, jadi sesuai dengan genre dan kebutuhannya.


peranan blogger


Peranan Blogger di Indonesia


Peranan seorang blogger di Indonesia bahkan mungkin di belahan dunia manapun tidaklah jauh berbeda. Peran blogger sangatlah penting sebagai sarana promosi, juga sebagai sarana penyampai ilmu dan info. Tulisan di blog yang bentuknya beragam, dari mulai artikel, cerpen, puisi, tutorial bahkan juga bisa disisipi vidio penjelas, bisa sangat bermanfaat di berbagai sektor.


Sektor pendidikan butuh seorang blogger, karena melalui tulisan di blog bisa memperluas wawasan para siswanya, bagi seorang pengajar juga bisa dijadikan sarana penyammpai materi dan juga mendapatkan materi. Di sektor kesehatan juga demikian, sektor ekonomi pun butuh seorang blogger sebagai penyampai informasi.


Blogger memberi andil penting di segala bidang, pertanian, pendidikan, kesehatan, pariwisata, dunia kuliner, dunia industri kecil,dunia bisnis, dan masih banyak lagi yang lainnya bidang makro dan minor sangat membutuhkan peran blogger sebagagai sarana sosialisai. Semoga blogger tetap berjaya, dan lebih diperhatikan lagi keberadaannya baik oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta.


Niche Blog Inspirasi Nita


Berhubung blogger dibutuhkan di segala bidang, sepertinya harus ada spesifikasi yang diambil para blogger untuk mengisi blognya dengan artikel-artikel yang berkualitas. Untuk itu pastikan apa yang diisi di blog kita adalah hal-hal yang berlatar belakang dengan bidang yang kita kuasai.  Seperti halnya Ins[irasi Nita, sebagai admin di sini saya memilih niche blog saya di "education, parenting dan life style"


Blog inspirasi Nita diisi dengan hal-hal yang saya mampu untuk menuliskannya. Latar pendidikan saya yang merupakan seorang pendidik, membuat saya memutuskan niche blog saya diisi dengan masalah-masalah dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam anak usia dini.saya berusaha menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan ke Islaman dan anak usia dini. 


Bicara tentang anak usia dini, pasti tak lepas dari ilmu parenting, untuk itu saya menambahkan label parenting sebagai penyempurna artikel pendidikan yang disuguhkan dalam blog. Menu anak, ide bekal, dan kajian nutrisi juga saya coba kaji demi mewujudkan one stop service bagi para orang tua dan guru yang ingin menambah wawasan tentang Pendidikan Islam Anak USia Dini (PIAUD). Tulisan yang didasarkan pada kemampuan, akan membuat makna tulisan tersebut lebih hidup dan lebih mengena bagi para pembacanya.


Bagaimana Langkah Inspirasi Nita Untuk menaikkan Traffik Blog


Untuk menaikkan traffik blog saya berusaha untuk meletakkan kaidah SEO di setiap artikel yang akan saya posting. Walaupun ilmu SEO saya masih terbilang sangat minim, namun saya selalu coba terapkan dengan pemahaman saya yang tidak banyak ini. Setelah menerapkan kaidah SEO, saya share di beberapa media sosial yang saya punya. Menyuguhkan artikel2 yang berkualitas juga merupakan prioritas yang saya lakukan agar pembaca inspirasi Nita tidak merasa membuang waktu ketika membaca artikel yang saya tuliskan.

Selain itu usaha saya menaikkan traffik blog saya dengan mengangkat tema-tema yang banyak dicari oleh kebanyakan orang, misal dengan menuliskan tips dan trik yang saya kategorikan dalam berbagi tips ini, lumayan berhasil. Cara membuktikannya saya lakukan lewat share di media dan mengevaluasi pembaca lewat google analitik.

Setelah mengupayakan dari sisi teknis, saya mengupayakan traffik dari sisi aesthetic. Saya memilih template yang enak dipandang mata, tulisan imut yang juga mengesankan pembaca, serta ukuran tulisan yang pas, tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar, back ground putih juga saya pilih untuk menetralkan penampilan blog, agar blog saya serasi komposisi warnanya, sehingga membuat orang yang memandangnya merasa nyaman. Singkatnya blog saya bisa menjadi qurrata 'ayun bagi setiap yang memandang. MasyaAllahu tabarakallahu sungguh cita-cita yang mulia, hallah. Ciyuus, lho!! Ini jadi salah satu usaha saya memanjakan para pengunjung blog Inspirasi Nita.


Apa yang Inspirasi Nita Lakukan Sebelum Posting Tulisan


Ada beberapa langkah yang saya lakukan sebelum mem-publish tulisan ke dalam blog agar tulisan saya bisa menjangkau banyak pembaca di seluruh penjuru dunia, agar google tetap berbaik hati pada saya dan mau bersahabat dengan saya, diantaranya adalah:


  1. Menulis dengan gaya bahasa yang mudah diterima segala lapisan, dari yang berpendidikan tinggi sampai dengan yang berpendidikan biasa.
  2. Mengecek ejaan dan tata bahasa, apakah sudah sesuai dengan kaidah penulisan yang baik atau belum. 
  3. Menyelaraskan judul dengan URL artikel, dan memeriksa URL agar jangan terjadi penggalan kata yang tidak sesuai.
  4. Mengisi meta description box sesuai dengan kata kunci yang didapat dan ditambahkan dengan kalimat penunjang yang sesuai dengan isi artikel.
  5. Menyelaraskan Heading, sub heading.
  6. Mengatur jarak gambar dengan tulisan dan jarak antar tulisan secara harmonis, rapih dan nyaman dibaca. 
  7. Mengatur warna-warna tulisan yang akan diberi highlite, agar artikel memiliki point of view yang cepat ditangkapoleh pembaca.
  8. Melengkapi gambar-gambar yang sesuai dengan isi pembahasan dalam artikel. DEngan ini diharapkan pembaca agar betah berlama-lama dalam blog.
  9. Mengaitkan internal link artikel yang akan di-posting dengan beberapa artikel yang terkait.
  10. memasukkan dalam kategori yang sesuai yang telah ditentukan.
  11. Setelah publish, lakukan inspeksi URL agar artikel mudah dijajaki oleh google.


Hmm,...banyak, ya, langkah-langkahnya. Kesimpulannya, jadi blogger itu memang harus telaten. Harus benar-benar memiliki kedalaman cinta terhadap blog. Kepedulian yang tinggi terhadap kesehatan blog. Memiliki keperdulian kepada pengunjung blog. Pengunjung blog itu layaknya tamu yang harus dimuliakan dan dibuat nyaman ketika bertamu di rumah kita. Tamu itu adalah raja. Tamu merupakan wasilah untuk mendapatkan pahala yang dijanjikan Allah jalla wa 'ala. Hihi...maaf, ya bukan ngerasa sok agamis, cuma katanya, sih gitu.


Bagaimana jika Tulisan dalam inspirasi Nita dicopas Oleh orang lain


Setelah melalui tahapan berlapis sebelum mengunggah tulisan ke blog, tertatih memperdalami ilmu blog yang sampai saat ini masih merasa sedikit sekali dimengerti, bagaimana perasaan kita jika kita mengetahui bahwa tulisan kita diambil oleh pihak yang membutuhkan? Pendapat saya tentang ini, selagi itu untuk keperluan selain komersil, saya akan mengikhlaskan, mungkin itu adalah ladang pahala bagi saya. Dan itu guna sebuah artikel ditulis, bisa dimanfaatkan untuk tujuan baik. Apalagi jika hasil copas dari blog kita dicantumkan sumber referensinya.


Namun jika di diambil untuk kepentingan komersil atau ada unsur kejahatan publikasi pastinya kesal dan jengkel. Minimal harus Izin dulu, lah ya, kepada sang empunya blog. Menurut pemahaman saya, orang yang melakukan Copas dari blog kita untuk dipasang di blognya juga akan mengalami kerugian, selain akan terdeteksi plagiat, dia juga akan mendapatkan sangsi sosial jika ketahuan oleh para teman seprofesi lainya.


Jika sudah terlalu merugikan dan sang Copaser mengklaim bahwa tulisan itu milik dia, karena ada juga beberapa blogger yang mengisi blognya hasil copy paste dari blog orang lain, mungkin saya akan melakukan tindakan mengunci blog agar tidak bisa di-copy paste. Nah untuk yang terakhir ini harus belajar dulu, nih ilmunya. 


Apa yang perlu diperbaiki pada Blog Inspirasi Nita


Jika ditanya apa yang perlu diperbaiki pada blog inspirasi Nita, tentu saja banyak. Pengetahuan saya yang masih minim, dalam dunia blogging, membuat tatanan dalam blog saya belum di audit dengan sangat baik.

Berbagai indikator yang mengarah pada kesehatan website belum banyak saya ketahui, untuk itu pasti banyak kiranya SEO teknis yang belum saya terapkan dalam blog Inspirasi Nita. Yang perlu diingat dalam membangun sebuah blog, bukan hanya diperlukan keinginan yang kuat namun juga ilmu yang berkaitan dengan blogging itu sendiri harus kita kuasai, sehinggga tidak ada kesalahan dalam penerapan teknis pada kontent maupun SEO blog.

Kesalahan dan ketidak tahuan kita pada site audit akan menyebabkan blog kita sakit dan cidera, misalnya, karena ketidak tahuan saya dalam aturan menerapkan internal link dan eksternal link. menjadikan performa blog saya menjadi turun dan tidak bagus. untuk itu betapa inginnya saya belajar dan mendapatkan ilmu site audit, demi menjaga performa blog dan menjadikan blog saya tetap sehat.


site audit



Kenapa Inspirasi Nita Harus Mengikuti Kelas Site Audit?


Site audit yang sangat diperlukan dalam mengatur struktur blog membuat saya sangat berantusias dalam mengikuti kelas ini. Ilmu-ilmu yang dibahas dalam site audit sangat saya butuhkan demi membangun sebuah blog yang sehat, sehingga dengan begini saya merasa yakin untuk menyusun blog saya menjadi blog yang memiliki msa depan dengan traffik tinggi.


Proses site audit yang akan mengatur kinerja blog dan menjadikan blog kita memiliki performa yang bagus. Site audit yang konon katanya akan menganalisis kerja frame work blog serta infrastruktur website kita akan memberi dampakpada pengunjung yangpadat pada sebuah blog, dengan alasan ini saya berpikir sangat penting seorang blog menguasai ilmu ini. Menadikan Inspirasi Nita sebagai blog yang berkualitas dan memilki traffik tinggi adalah impian saya dan pasti juga impian para blogger semua.


Mengatur struktur blog, bukan hanya pada tampilan luar tapi sesungguhnya yang terpenting dalam menaikkan traffik blog adalah perbaikan struktur bagian dalam sebuah blog. Ketika ada tawaran untuk mengikuti kelas site audit yang ditawarkan oleh teman saya sekaligus mentor keceh saya, tanpa pikir panjang saya terima tawaran ini dengan sangat riang gembira dan rasa haru yang tak terkira. Semoga Allah memuluskan jalan ini, memberikan kesempatan pada saya untuk bisa ikut andil dalam kelas blog yang akan diadakan dalam waktu dekat, sehingga saya bisa merasakan manisnya menyelam dalam samudera salah satu ilmunyaAllah, yaitu blogging. I hope the dream will come true. Aamin. Semangat ngeblog Sahabat Insnita. Semangat mencari berkah, salam literasi.

2 komentar on "Optimasi Blog Melalui Site Audit Performa Blog Makin Naik. Insnita Bagaimana dengan Blogmu?"
  1. semangat belajar mba nita patut diacungi jempol
    aku belajar site audit juga waktu ikutan kelas blogger tahun lalu kalau ga salah. Jadi pelan-pelan belajar dari sana dan memang ada hasilnya kalau bener-bener dipraktekkin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mba Ainun, bener sekali,mba, performa blog kita konon akan membaik ya, kalo kita prakyikan ilmu site audit. terimakasih sudah singgah , mba, semoga kita tetap semangaaat, yaaa :1

      Hapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger