Durasi Film Keluarga Cemara 2, Alurnya Pas Jadi Tontonan keluarga

Kamis, 30 Juni 2022

Film garapan Ismail Basbeth ini tayang untuk sesion Keluarga Cemara 2. Dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman, Nirina Jubir,  Adhisty Zara, Widuri Puteri dan Niloufer Bahalwan ini diadaptasi dari karya Arswendo Atmowiloto. Durasi film keluarga cemara 2 sangat pas dijadikan sebagai tontonan untuk keluarga. Tidak terlalu panjang dan juga tak singkat.


durasi film keluarga cemara 2


Film ini sebenarnya dia angkat dari serial TV dengan judul yang sama mengisi program acara TVRI. Kala itu program TV belum menjamur seperti sekarang ini.


Jaman saya unyu-unyu dulu, kehadiran serial keluarga Cemara merupakan tontonan yang tak pernah luput dan terlewat dari daftar tontonan favorit.


Selalu bahagia ketika hari jam tayang tiba. Maklum tontonan hiburan kala itu belum sefariativ sekarang. So tontonan keluarga Cemara udah berasa top banget kala itu. But, kala itu kami merasa cukup dengan hiburan sedemian sajah pun.


Durasi Film Keluarga Cemara 2


Durasi film Keluarga Cemara sepanjang 1 jam 50 menit ini cukup pas untuk menjadi tontonan keluarga. tidak terlalu lama atau pun terlalu pendek. Anak-anak yang masih dalam usia dini 6-8 tahun masih bisa diajak kompromi untuk tetap duduk tenang di tempatnya.


Ketambah film Keluarga Cemara yang berkisar tentang cerita anak-anak, pas sekali dijadikan tontonan untuk semua anggota keluarga.

Keluarga Cemara dengan kekhasan keluarga yang sangat sederhana, hidup saling saling menyayangi dan saling mendukung. Berawal dari keluarga yang serba kecukupan awalnya.


Keluarga ini harus berusaha survive ketika problem keuangan datang melanda. Anak-anak yang semula tumbuh dalam keadaan yang serba kecukupan, harus merelakan kehidupan nyaman ke kehidupan yang sederhana.


Abah sang kepala keluarga yang berusaha tak elak dari tanggungjawabnya sebagai seorang kepala rumahtangga terus berputar otak agar roda rumahtangga kesejahteraan keluarganya terus berputar dengan seimbang.


Abah berusaha mencari alternatif pekerjaan. Tak perduli pekerjaan ini tak sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengalamannya. Abah tetap berusaha sekuat tenaga menyesuaikan keadaan.


Versi serial TV kala itu, seorang abah yang tadinya adalah pengusaha sukses, berkarya dari belakang meja, harus banting ken yamanan menjadi tukang becak. Pekerjaan yang pastinya berat bagi dirinya.  Berawal kerja dengan mengoptimalkan otak kini harus mengandalkan otot. Berat. Namun rasa tanggungjawabnya mengalahkan keadaan apapun.


Alur Cerita Keluarga Cemara Sesi dua Keadaan Ekonomi Sedikit Membaik


Di sesi dua kali ini Film Keluarga Cemara dua kembali mengangkat cerita tentang keharmonisan keluarga kecil yang hidup penuh kesederhanaan. Konflik datang pada seputar anak yang mulai bertumbah menjadi dewasa.


film keluarga cemara 2


Ketidaknyamanan seorang kakak, Euis,terhadap adiknya Ara, karena Euis merasa sudah besar dan butuh privacy. Akhirnya Euis meminta untuk pisah kamar dengan Ara dan memilih ingin tidur sendiri dan memiliki ruangan.


Ara sang adik merasa kecewa, karena begitu mengidolakan sosok kakaknya sementara kakaknya merasa tak nyaman atas kehadiran dirinya. Ada semburat kecewa dalam diri Ara. Konflik yang biasa terjadi dalam sebuah keluarga.


Diangkat dalam cerita Keluarga Cemara 2 dan dituturkan dengan sangat apik oleh sang sutradara. Para pemain yang aktingnya sudah teruji juga bisa membawakannya dengan sangat bagus, terutama sosok emak dan abah yang diperankan oleh Ringgo dan Nirina Zubir, peghayatan perannya sangat pas.


Kebijaksanaan emak dan Abah dalam menghadapi polah anaknya yang sedang mencari pencarian jati diri bisa dijadikan contoh bagi kita para orangtua yang sedang menghadapi problem yang sama dengan buah hatinya. Pendidikan anak sejak dini sangat penting diterapkan dalam sebuah keluarga.


Kekompakan kedua orangtua dalam bekerjasama bertanggungjawab bahu-membahu menyelesaikan konflik kejiwaan pada anak ditunjukkan dalam film ini dengan sosok dua orantua yang bijak dan begitu memahami jiwa anak.


Ketika pasangan yang satu terpeleset dalam cara menyikapi keadaan pasangan yang lainnya pun memberikan masukan dengan terkesan tidak menggurui dan disampaikan dengan kalimat yang pantas. Bisa dijadikan contoh, nih, untuk para orangtua yang masih suka meledak-ledak dalam menghadapi polah tongkah anak yang kadang menjengkelkan.


Latar Film Keluarga cemara Dua


Latar suasana pedesaan yang begitu asri membuat saya secara pribadi benar-benar nyaman menyaksikan tontonan ini, seperti memanjakan pemandangan mata dan benar-benar menyejukkan hati. Seperti ada kedamaian dan rindu dengan suasana perkampungan yang asri, hijau, serta sejuk.


film keluarga cemara

Kunjunagn Ara ke kampung badak untuk mencari keluarga anak ayam yang kehilangan induknya menyuguhkan pertunjukkan suasana alam yang benar-benar dirindu. Argghh,...pikiran yang lagi kalutpun ketika nonton film ini bisa jadi obat penenang keknya.


Air sungai yang mengalir, bebatuan, sawah yang hijau, tatanan rumah-rumah pedesaan yang sangat asri, hutan, pegunungan dan perbukitan, kebun teh, menjadi perpaduan pemandangan yang begitu sempurna.


Kelebihan dan Kekurangan Film


Kelebihan film ini sangat bagus ditonton oleh keluarga dan segala usia. Alur cerita yang berisi kaidah dan nilai, sangat baik dijadikan contoh. Tontonan seperti ini yang harus diperbanyak dalam dunia perfilman Indonesia.


Film yang mencontohkan keharmonisan keluarga, bagaimana dua keluarga harus saling bersikap terhadap anggota keluarga lainnya serta bermuamalah dengan sesama ini memiliki tempat di berbagai lapisan.


Namun karena alur cerita yang terlalu slow dan terkesan datar serta konfliknya juga kurang menantang, maka mungkin untuk sebagian orang film ini kurang mengesankan dan cenderung membosankan. Untuk penyuka film santai dan tak menegangkan ini bisa dijadikan tontonan.


Buat saya pribadi suka sama film yang beginian, bikin adem aja di hati. Ketambah lagi Durasi Film Keluarga cemara 2 yang waktunya pas pas sekali dijadikan tontonan selingan buat refresh cari ide di setoran One Day One Pos, hehe. Selamat nonton temans. Salam damai.

11 komentar on "Durasi Film Keluarga Cemara 2, Alurnya Pas Jadi Tontonan keluarga"
  1. nah ini tontonan yang mempunyai nilai mendidik, biar ga horor2 terus tontonannya.. :)

    BalasHapus
  2. Jadi pengen nyanyi low inget film ini tuh,, hihihi,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo nyanyi bareng...Aq klo soal film" indonesia pasti nga terdepan...nga bisa up to date

      Hapus
  3. Film epik ini ya.mba...selalu suka sejak dari serial TV dulu

    BalasHapus
  4. Dulu film ini jadi film favorit saya. Mengimpikan punya keluarga spt dinfilm ini sederhana tapi sangat bahagia.. Mksh mba nita Mengingatkan kembali

    BalasHapus
  5. Wah aku malah belum pernah sama sekali nonton keluarga cemara. Cuma tau dr cerita orang². Sepertinya bagus sih

    BalasHapus
  6. Wah toss dl kt mb...penggemar film keluarga cemara di jamannya,hehe...emg ceritanya tuh seputaran keluarga&keseharian bgt ya mb,jd mudah diterima&diambil hikmahny

    BalasHapus
  7. jadi penasarab sama full ceritanya...

    BalasHapus
  8. film ini masih jadi favorit saya sejak masih dalam bentuk mini seri bertahun2 silam

    BalasHapus
  9. Wah udah ada bagian kedua ajah ni filmnya. Dulu aku pernah nonton film ini tapi lupa kapan, rasanya udah lama banget cuma kek nggak terlalu lama, wkwkwk.

    BalasHapus
  10. Aku udah nonton yang pertama dan ity sangat berkesan buat aku. Pernah baca novelnya juga di Ipusnas terus iseng-iseng cari serial jadulnya di YouTube eh ternyata ada, sama-sama punya isi dan cerita yang menyentuh dan ada manfaat yang bisa diambil.

    Mau nonton yang kedua, mungkin bakal nunggu tayang di platform streaming aja, xixi.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger