Cara Menjadi Bloger Pemula

Senin, 28 Maret 2022

Akhir-akhir ini saya lagi keranjngan banget sama nge-Blog. Asyik ternyata, menulis yang tadinya hanya sebagai salah satu healing bagi saya, sekarang bisa jadi sarana sharing. Gemesnya lagi blog bisa juga dijadikan sebagai penghasil cuan alias uang. Sambil menyelam minum air, fungsi sebagai manusia  sebagai makhluk individu, makhluk sosial dan makhluk ekonomi di muka bumi ini terjabani dengan cara asyik.


Senang rasanya jika memiliki wadah curhat dalam bentuk tulisan dan ternyata bisa bermanfaat juga buat sesama. Baru-baru ini saya lagi punya keasyikan baru yang bikin hari-hari saya lebih bermakna. Apa tuh?


 Ngeblog!!


Yap, Sista! Tulisan saya kali ini tentang bagaimana cara menjadi blogger pemula. Langkah pertama saya akan memberikan tutorial bagaimana membuat akun blog melalui platform blogger.com. Sebagai jawaban rasa keingintahuan Sista tentang dunia blogg


Cara Jadi blogger pemula


Tidak ingin hanya saya saja yang bisa merasakan kebermanfaatan ini, bahagia sekali rasanya jika bisa membagikannya kepada Sista semua. Bagaimana sih cara menjadi blogger? dalam tulisan saya kali ini saya ingin berbagi step-step tentang cara menjadi blogger pemula. Kita mulai dari bagaimana cara membuat blog. 


Alasan Memilih Platform Blogger untuk Bloger Pemula


Platform untuk ngeblog ada beberapa yang saya ketahui, namun dalam tulisan ini saya ingin membagikan kepada Sista semua tentang cara membuat blog di blogger atau blogspot.  Bagi yang baru saja berkenalan dengan dunia blogging saya pikir alangkah baiknya sebagai awalan menggunakan platform blogger atau blog dengan domain blogspot.com.


Ada beberapa alasan yang menguatkan untuk menggunakan platform blogger diantaranya blogger lebih mudah dijelajahi tools-nya karena tampilan dalam blog yang sederhana. Alasan lainnya dengan menggunakan platform blogger kita tak perlu membeli hosting karena blogger merupakan salah satu produk google yang tersambung dengan Gmail. Google memberikan space gratis sebesar 15 GB yang bisa kita gunakan untuk menyimpan file dalam aneka platform yang disediakan.


JIka kita berencana untuk membuat blog yang nantinya akan kita isi dengan banyak foto ada baiknya jika kita siapkan Gmail yang masih kosong atau kita bikin akun Gmail baru sebagai penghubung ke blogger. Jadi kita punya space yang leluasa berkapasitas 15 GB.


Cara Membuat Blog di Blogger


Setelah kita memiliki akun gmail, kita beralih ke search engine untuk mencari blogger.com. Tulis kata blogger lalu klik search atau cari, maka akan muncul halaman seperti pada gambar di bawah ini, klik Blogger.com!


blogger


Setelah meng-klik blogger.com, maka Sista akan masuk pada halaman web blogger, seperti gambar di bawah ini. Langkah selanjutnya klik bar berwarna orange yang bertuliskan create your blog.

web blogger


Setelah mengklik bar create your blog maka akan muncul halaman seperti di bawah ini. Sista diminta untuk memilih akun yang akan digunakan untuk tersambung ke blogspot. Klik salah satu akun yang diinginkan, jika sista mempunyai lebih dari satu akun.




Setelah Sista memilih akun yang akan digunakan, maka akan muncul halaman seperti di bawah ini. Tetapkan nama blog yang akan digunakan misalnya "tuangbicara" domain yang disediakan yaitu blogspot.com. Pilih nama yang unik untuk nama blog Sista, agar tidak banyak yang memiliki, jika nama yang Sista pilih sudah ada yang memiliki, maka google tidak bisa lanjut ke proses selanjutnya. kalo bisa penggunaan nama blog jangan terlalu panjang usahakan maksimal dua suku kata.




Setelah menentukan nama blog dan bisa diterima google, ada tahap selanjutnya yang tidak sempat ter-SS , yaitu bar titel untuk blog, maaf ya Sista. Pada step ini Sita bisa mengisi dengan personal bog branding misal dengan kalimat "meraih Asa Mengejar Mimpi". setelah selesai, makaaaa,...taraaaa, blog-nya sudah jadiiii. Sista bisa mulai menulis. Selamat, yaaa.


tampilan blog baru


Nah...ini tampilan dalam blogger. Untuk memulai menulis klik new post, maka akan masuk ke dalam draft untuk menulis. banyak tools yang disediakan yang bisa sista eksplore fungsinya satu persatu. Bagi saya ini kegiatan yang sungguh menyenangkan dan penuh tantangan., karena kita bakal menemukan banyak hal-hal baru, yang bikin kita amaze alias terperangah, haha. Setelah menulis kategorikan tulisan Sista dalam labels. Klik tombol dengan lambang panah bertuliskan manage/kelola.

dashboard blogger



Sista bisa mengisi blog dengan tulisan yang sesuai dengan minat sista, bisa dalam bentuk curhatan atau tulisan ilmiah sekalipun. Untuk tulisan ilmiah lebih bagus menyertakan sumber tulisan yang dijadikan rujukan,  sebagai penguat.

Sekedar sharing ketika pertama saya ngeblog dulu, saya kotak-katik sendiri daleman blog, yang memang sangat tidak familiar, karena benar-benar baru di dunia blogging. Tapi dengan modal nekat klak-klik sana sini akhirnya alhamdulillah bisa sedikit demi sedikit menghias blog jadi agak enak dilihat. Tentunya dengan diselingi sibuk tanya sana sini juga. Tanya kepada para suhu blog di komunitas yang saya ikuti.

Selain kutak-katik sendiri, saya juga ikut kelas blog untuk pemula dan akhirnya terciptalah blog ins-nita.com. Sista juga bisa ikut kelas blog dan beberapa komunitas blog yang bisa membantu Sista untuk memperdalam ilmu blogging. Salah satu komunitas blog yang saya ikuti adalah blogspedia, IIDN, dan blogger PCW. Pengalaman saya ikut kelas blog awal bersama PCW, langsung dituntun untuk memiliki blog TLD, atau Top Level Domain,  yaitu blog dengan berdomain com, id, net, org dan lainnya.

Bagiku nge-Blog itu serrru abiies! Terkadang juga diiringi dengan dag dig dug ser, hehe. Ngeri-ngeri syedap pokoknya. Bikin penasaran dan jadi semangt untuk terus belajar. Selain itu juga menjadi blogger bikin kita jadi tambah teman dan juga wawasan. Hari-hari diisi dengan hal-hal positif. Saya juga membeli buku ngeblog dari nol yang ditulis oleh tim IIDN alias Ibu-Ibu Doyan Nulis, demi mendukung saya menjadi blogger pemula yang tahan banting. Ups, ciyuuus.

Selamat, yaa, sudah punya tempat curhat digital yang bisa dinikmati juga oleh semua orang. Semoga apa yang kita usahakan bisa menjadi bekal amal baik kita untuk kehidupan akhirat kelak. Jika belum berhasil, terus coba laagiii. Bagi Sista yang ingin menjadikan blognya sebagai sumber cuan, bisa juga, lhoo. Asal mau banyak belajar dan rajin menulis, cita-cita untuk bisa menjadi produktif bukan lah hal yang mustahil. Sooo...semangat blogging Sista.



3 komentar on "Cara Menjadi Bloger Pemula"
  1. Yeay. Kerasa banget aura semangatnya, nih. Semoga dikuatkan dan menguatkan di jalan ngeblog yang terkadang terjal ini, Mba 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah,...semangat menggebu-gebu, kejar tayang,...hihi...thankyou Mba Nia buat bimbingannya...:1

      Hapus
  2. Wah.. keren artikelnya.. inspiratif bgt & bisa menjadi motivasi bagi para newbie..

    Smoga blog ini juga semakin berkembang yaa

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke inspirasi nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diatara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger