9 Keutamaan Bulan Dzulhijjah dan Amalannya, Wajib Tahu!

Rabu, 29 Juni 2022

Semarak nuansa Idul adha sudah mulai terasa, sepanjang jalan raya utama, para penjaja hewan kurban sudah mulai marak berjajar memenuhi sisi jalan. Tenda-tenda pun telah ramai dipersiapkan. Sepertinya kita harus mulai memperlajari lagi keutamaan bulan dzulhijjah dan amalannya, agar tidak kehilangan pahala.


keutamaan bulan dzulhijjah dan amalannya


Searching internet dan tanya-tanya ke kawan atau orang yang lebih mengetahui, itu menjadi kebiasaan saya ketika hendak memastikan dan mencari tahu tentang suatu hukum. Entah itu berkaitan dengan agama atau pun yang lainnya.


Referensi itu penting, bahkan bukan hanya dari satu sumber saja, melainkan dari banyak sumber agar informasi yang didapat bisa saling menguatkan satu sama lain.


Lebaran Iedul Adha kali ini berharap untuk tidak ketinggalan moment beribadah dari keutamaan menjalankan hal yang disyariatkan oleh agama, sejak awal memasuki bulan dzulhijjah ini. Karena tau, lah, ya, kadang perempuan banyak halangannya.


Yuk,ah kita intip kebahagiaan apa saja yang akan kita peroleh di bulan dzulhijjah yang hampir kita masuki.


Keutamaan Bulan Dzulhijjah dan Amalannya


Sebelum kita beranjak pada keutamaan bulan dzulhijjah dan amalannya, perlu kiranya kita mengetahui apa makna dari dzulhijjah itu sendiri. Dzulhijjah berasal dari bahasa Arab dan memiliki arti orang yang sedang melaksanakan ibadah haji.


Bulan dzulhijjah yang memiliki arti orang yang sedang menunaikan ibadah haji menjadikan para umat Islam melakukan ibadah haji di bulan ini.


keutamaan bulan dzulhijjah dan amalannya


Dalam buku saku karya Muhammad Abduh Tuasikal dijelaskan bahwa ada enam keutamaan bulan dzulhijjah dan amalannya, dan dari referensi lain saya melengkapi menjadi 9 amalan.Apa saja? Mari kita kupas satu persatu, yuk!


1. Puasa Sunnah


Pada bulan ini diutamakan ketika memasuki bulan dzulhijjah kita berpuasa dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 9 dzulhijjah. Puasa merupakan amalan yang besar pahalanya untuk itu sangat baik jika kita memperbanyak puasa di bulan yang suci ini.


Dalil Keutamaan puasa Dzulhijjah


keutamaan bulan dzulhijjah dan amalannya


Cara Melakukan Puasa Dzulhijjah


Adapun cara melakukan puasa dzulhijjah adalah boleh melakukan dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 9 dzulhijjah, namun boleh juga melakukannya dengan cara memilih hari yang diinginkan. 


Hal yang harus diperhatikan adalah tidak meninggalkan puasa arafah karena ini adalah hal yang utama yaitu puasa di tanggal 9 dzulhijjah. Hal ini diutamakan bagi orang yang tidak sedang berhaji. Sebagaimana sabda Rasulullahu salallahu 'alaihi wa salam dari jalan Abu Qatadah Radhiyallahu 'anhu.


puasa hari arah


Niat puasa Arafah bisa dicukupkan hanya niat di dalam hati saja. Karena maksud dari niat adalah keinginan untuk melaksanakan sebuah amalan.


Bolehkah Berpuasa Orang yang Masih Memiliki Hutang Puasa?


Lalu bagaimana dengan orang yang masih meiliki hutang puasa ramadhan? Apakh boleh melakukan puasa sunnah lainnya termasuk puasa dzulhijjah?


Terdapat banyak fatwa tentang hal ini, dan ulama berselisih untuk menentukan hukum mengerjakan puasa sunnah sebelum membayar puasa wajib.


Syeikh Utsaimin mengatakan bahwa boleh melakukan puasa sunnah sebelum mengqadha puasa wajib selagi waktunya masih lapang dengan mengambil qiyas dari Qur'an Surat al-Baqarah ayat 185. Dalam ayat ini diisyaratkan bagi orang yang memiliki hutang puasa bisa mengqadha di lain hari dalam artian tidak harus berturut-turut.


Hal ini mengisyaratkan bahwa puasa sunnah boleh didahulukan dari pada puasa qadha. (Syarh Al-mumthi, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, 6:448)


2. Takbir dan dzikir


Amalan sholih lainnya adalah bertakbir, bertahlil, bertahmid beristigfar dan memperbanyak do'a. Ketika kita sedng bertakbir disunnahkan untuk mengeraskan suara kita di manapun berada, baik di masjid, di rumah, di pasar, diperjalanan dan di mana saja.


Syeikh Abdullah tuasikal menerangkan bahwa takbir terdiridari dua macam, yaitu:


Takbir Mutlaq


Takbir mutlaq artinya tidak dikaitkan pada waktu dan jumlah tertentu, artinya bisa dilakukan di manapun dan bagi kaum laki-lakidiwajibkan untuk mengeraskan suaranya.


Takbir Muqayyad 


Dikaitkan dengan waktu tertentu, artinya dilakukan setelah shalat wajib berjama'ah. Bagi orang yang berhaji, takbir muqayyad dilakukan mulai saat shalat dzuhur hari Nahr atau tanggal 10 dzulhijjah hingga hari tasyrik yang terakhir. 


Bagi orang yang tidak berhaji dilakukan mulai dari shalat subuh di hari Arafah yaitu pada tanggal 9 dzulhijjah, hingga waktu ashar hingga hari tasyrik.


3. Menunaikan Haji dan Umrah


Bagi yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan ibadah Haji dan Umrah, kiranya mampu melaksanakan amalan ini, gar dapat mendapatkan keutamaan amalan di bulan dzulhijjah

4. Memperbanyak amalan Sholih


Amal-amal sholih yang bisa kita lakukan sebagai keutamaan amalan di bulan dzulhijjah adalah segala bentuk amalan kebaikan, seperti memperbanyak shalat sunnah, memperbnayak shodaqah. Mengajak orang lain berbuat baik dan mencegah kemungkaran.

Amalan tersebut di atas jika diperbanyak melakukannya di bulan dzulhijjah akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Bahkan Allah memberikan keutamaan amalan-amalan lainnya menjadi berlipat ganda.

5. Berqurban


Bagi yang memiliki kemampuan untuk berqurban, bersegeralah memenuhi panggilan ibadah ini, karena ibadah qurban memiliki banyak keutamaan 

Berqurban merupakan cerminan dari ibrah peristiwa Nabi Ibrahim yang diminta oleh Allah ta'ala untuk menyembelih putranya Nabi Ismail sebagai wujud tunduk dan patuh terhaadap perintah Tuhannya. Peristiwa ini diisyaratkan dalam hadits Bukhari-Muslim bahwasannya Nabi Muhammad sallallahu 'alaihi wa salam bersabda:

keutamaan bulan dzulhijjah dan amalannya

6. Bertaubat


Setiap manusia tak luput dari segala kesalahan. Ada saja hal di luar kendali kita yang merupakan khilaf atas kesalahan yang dilakukan baik sadar maupun di luar pengetahuan atau tidak sadar. Memasuki bulan dzulhijjah ini baiknya kita memeprbanyak taubat, dengan taubatan nashuhah.


Merefleksi diri atas kekhilafan yang sudah kita perbuat. Gantikan dengan amalan baik yang akan mendapatkan pahala berlipat, demi mendapatkan kemuliaan di sisi Allah jalla wa 'ala.


7. Dilarang Memotong Kuku dan Rambut Bagi yang hendak Berqurban


Bagi orang-orang yang memiliki niat untuk berqurban di hari raya Iedul Adha, hendaknya menahan dirinya dari memotong rambut, memotong kuku, serta mencabut-bulu-bulu yang ada di tubuhnya. Hal ini sesuai dengan yang sudah diperintahkan oleh Allah aza wa jalla. sesuai dengan hadits Nabi 


Amalan bulan dzulhijjah


8. Melaksanakan Shalat Iedul Adha dan Mendengarkan Khutbahnya


Ketika tiba hari raya Iedul Adha, hendaknya kita segenap Muslimin dan Muslimat melaksanakan Shalat hari raya di tanah lapang. Banyak melakukan amalan-amalan sholih dan meninggalkan segaa macam perbuatan maksiat.


Lakukan sunnah berpuasa terlebih dahulu dari setelah subuh samapi selesai melakukan Shalat Ied. Hal ini merupakan keutamaan dalam menjalankan ibadah di saat IedulAdha.


9. Memperbanyak Dzikir dan Doa Di Hari Tasyrik


Hendaknya kita banyak melakukan zikir dan doa di hari tasyrik. salah satu amalan yang baik dilakukan adalah takbir dari shubuh di hari arafah hingga hari tasyrikn berakhir. Untuk itu jangan sia-siakan hal ini, ya Sahabat Insnita.

Amalan doa di hari tasyrik ini sebenarnya ringan dikerjakan tapi berpahala besar, dan keutamaan ini hanya kita dapatkan satu tahun sekali saja.

 Allah ta'ala banyak sekali memberikan poin-poin sebagai reward yang Dia berikan kepada para hambanya, tinggal kembali ke diri kita masing-masing, apakah mau bergegas mengambil poin-poin itu sebagai bekal menuju hari akhir?


Isi Amalan Bulan Dzulhijjah dengan Doa Terbaik Di Hari Arafah


Doa terbaik yang dibacakan pada hari arafah adalah sebagai bacaan doa wukuf di Arafah bagi para jamaah yang sedang menjalankan ibadah haji. Lalu apakah ini juga berlaku bagi orang yang tidakmelaksanakan ibadah haji?

Syeikh Tausikal dalam bukunya Amalan Awal Dzulhijjah hingga hari tasyrik menjelaskan bahwa amalan bulan dzulhijjah keutamaannya bukan hanya dipruntukkan bagi orang yang sedang melakukan ibadah haji saja, namun bagi semua orang yang ingin mengambilkesematan emas yang diberikan oleh Allah ini. 

Hari Arafah adalah hari istimewa yang dihadiahi Allah ta'ala untuk para hambanya. Keistimewaan dan keutamaan hari arafah tersurat dalam hadits dari jalan Ummina Aisyah dan dari Amr abu Syuaib. 


doa di hari arafah


Adapun doa yang diperbanyak yang harus dilakukan sebagai pengisi amalan bulan dzulhijjah adalah seperti yang termaktub dari hadits yang berasal dari Amr bin Syu'aib.


doa di hari tasyrik


Syeikh Abdullah Tausikal menambahkan, bahwasannya doa tersebut di atas bukan satu-satunya doa yang harus dipanjatkan pada saat hari arafah, namun saja lebih diperbanyak dan dikombinasikan dengan doa-doa lainnya yang tentunya juga sangat baik dan berpahala.


***

Demikianlah keutamaan bulan dzulhijjah dan amalannya. Semoga kita diberi kekuatan untuk terus mampu melaksanakan titahNya, agar kita mendapatkan kesempatan menjadi hamba yang beruntung. Semangat beribadah. Selamat menjalankan ibadah di bulan dzulhijjah. Salam ukhuwah.


11 komentar on "9 Keutamaan Bulan Dzulhijjah dan Amalannya, Wajib Tahu!"
  1. MasyaaAllah..banyak ilmunya membaca artikel ini. Luar biasa sekali keutamaan bulan dzulhijjah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, dengan menulis saya juga jadi mengumpulkan referensi:1

      Hapus
  2. Selamat menjalankan ibadah bulan dzulhijjah, ya, Kak ...

    BalasHapus
  3. Wahh terima kasih udah mengingattkan, Kak! Tadi sempet bingung mau bayar utang puasa lebih dulu atau puasa sunnah, sekarang udah tercerahkan! Makasih, Kak! Selamat menunaikan ibadah bulan Dzulhijjah, Kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, selamat menjalankan ibadah bulan julhijjah:1

      Hapus
  4. Menarik sekali pembahasannya sampe lupa sekarang mau ganti bulan lagi. Sebenarnya yang dibingungin itu adalah waktu idul adha satu dunia itu berbeda kan ya, nah sebenarnya tidak masalah kah? kalau berbeda kan jadinya waktu puasanya berbeda dalam artian bisa jadi sebenarnya ada penanggalan yang sama sehingga karena beda tanggal jadinya ada yang puasa di hari tasrik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, puasa di hari iedul adha hukumnya haram, tapi dalam perkara ini, mungkin kita ikuti saja keputusan pada yang lebih paham ilmunya, karena sebagai orang awam ketika kita mengambil keputusan dengan mengikuti pendapat yang sdh berdasarkan ilmu, ketika salah pun tetap ada pahalanya di sisi Allah. Sejatinya Allah tidak akan memberikan beban di luar kemampuan hambaNya. wallahu 'alam, begitu ya Nak Reza ..

      Hapus
  5. Memang benar kak semaraknya idul adha sudah mulai dirasakan dibeberapa daerah

    BalasHapus
  6. Kak Nitaa <3 terima kasih remindernya untuk tetap gas ibadah terbaik di salah satu bulan haram ini. Semoga dimudahkan ya, insya Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 kak Tasya, Aamiin...aamiin :1

      Hapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger