Manfaat SEO On Page Bagi Blog, Yuk kepoin!

Selasa, 21 Juni 2022
Optimasi SEO on page pada artikel blog yang akan kita unggah sangat penting dilakukan. Dengan melakuakan optimasi SEO, maka manfaat SEO On page akan segera berdampak pada blog kita. 

Bagaimana agar manfaat SEO On Page bisa kita dapatkan? Teman-teman perlu menerapkan teknik optimasi SEO on page pada artikel yang akan diposting pada sebuah blog. 

Optimasi SEO on page dalam dunia blogging sangat diperlukan, jika artikel kita ingin dikenal Google dan masuk ke daftar penelusuran yang banyak dicari orang. Bukankah memang menjadi cita-cita jika artikel kita ingin banyak menjangkau banyak pembaca?

Untuk itu Lakukan optimasi SEO on page, maka kita akan mendapatkan manfaat SEO on page untuk optimasi blog.

Manfaat SEO On Page



Si Mbah Google kepinginnya dan kesenangannya itu kadang sulit ditebak. Namun ada beberapa kaidah dan aturan yang sudah dirumuskan oleh para ahli SEO agar artikel kita bisa dikenali dan disayang si mbah. 

Yuk Mengenal SEO On Page!


Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang kaidah penerapan SEO pada artikel, ada baiknya kita kenali dulu, apa makna dari SEO. 

Apa Itu SEO


SEO yang memiliki kepanjangan Search Engine Optimal, adalah salah satu teknik yang diterapkan dalam pembuatan artikel untuk blog. Tujuan diterapkannya kaidah SEO dalam artikel agar memiliki page view organik, alias page view yang dihasilkan dari para netizen yang mencari artikel yang dibutuhkan melalui mesin pencarian.

Walaupun beberapa mesin pencarian saat ini sudah variatif jenisnya, namun sepertinya Google masih menjadi bintang untuk pemakaian mesin pencarian terfavorit. Sangat perlu kiranya jika kita tahu apa yang disukai Google dalam penulisan sebuah artikel biar bisa mezeng di page mereka. Untuk itu, yuk, kita mengenal SEO on page!

SEO dibagi menjadi dua jenis, yaitu SEO on page dan SEO of page. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang mengenal SEO on Page. Sedangkan SEO of page, bisa kita bahas di lain waktu, ya.

SEO On Page


SEO on page pada sebuah blog jika diibaratkan seorang wanita adalah wanita yang memiliki kecantikan yang dibangun dari dalam, atau lebih dikenal dengan istilah inner beauty. Untuk itu SEO on page ini sangat berkaitan dengan kualitas dari dalam blog kita.

SEO on page  jika dibaratkan sebuah bangunan merupakan pondasinya, jika pondasinya rapuh maka bangunan pun akan mudah hancur. 

Kaitannya dengan blog,  SEO on page adalah elemen-elemen yang berkaitan langsung dengan blog kita, yaitu meliputi kualitas konten, struktur konten serta internal link. 

Diibaratkan dalam satu keluarga, internal link merupakan personil dalam keluarga yang harus saling berkaitan satu sama lain  agar tercipta rasa kekeluargaan, cinta dan kasih sayang yang kuat.

Mba Marita berpesan untuk memperhatikan kualitas content dari blog kita agar disayang Mbah Google. Tulislah artikel-artikel yang bisa memberikan informasi bagi pembaca. Coach keren ini bilang, jangan membuat tulisan seperti bungkus Chicki, bungkusnya besar isinya sedikit, hehe.

Sebelum menulis artikel, cari tau apa yang disenangi Google, lakukan riset keyword, dan jangan bikin judul yang aneh-aneh, yaitu dengan memberikan judul  yang tidak sesuai dengan isi artikel. Kalo kata orang Jawa bilang, oJo neko-neko, lurus-lurus sajah!

Manfaat SEO On Page pada Artikel Blog


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa jika ingin artikel kita mezeng di page one Google. Perlu kiranya kita mencari tau, apa saja teknik SEO yang harus kita terapkan pada artikel yang kita tulis. 

Jika artikel kita belum bisa masuk page one minimalnya masuk dalam list page 1, 2 atau 3. Artikel yang bisa terindeks pada halaman pencarian dapat meningkatkan page view blog dan performa blog. 

Maksudnya apa, sih artikel masuk page one Google? Saya lampirkan sekedar contoh tentang artikel yang masuk list page one itu seperti apa? Teman-teman bisa perhatikan gambar di bawah ini:
  

artikel page one


Bisa teman-teman perhatikan, dengan kata kunci Mentor Kelas Blog Dasar, blog ins-nita.com bisa mezeng di page one-nya Mbah Google, alhamdulillah. Artikel yang saya tulis dengan optimasi SEO on page ini menyematkan kata kunci tersebut.

Kata kunci yang disematkan  adalah challenge yang diberikan oleh mentor kelas blog dasar Mbak Karunia, pada periode 14 Juni 2022 lalu, di kelas blog dasar PCW (Perkasa Creative Writing).

Kok bisa? Alhamdulillah ini semua berkat menerapkan kaidah SEO yang saya dapatkan dalam kelas Blogspedia coaching yang dimentori oleh Mbak Maritaningtyas. Dalam kelas ini saya diajarkan teknik SEO dasar dalam pembuatan artikel di blog. Bahkan materi ini sudah diberikan ketika masih di awal-awal pertemuan.

O, iya, bisa dilihat juga pada posisi kedua page one untuk kata kunci yang sama, rekan saya yang sama-sama belajar di Blogspedia Coaching dan juga satu almamater di kelas blog dasar PCW juga masuk di list page one Google. MasyaAllahu tabarakallahu.

Saat ini Blogspedia Coaching sudah memasuki materi yang keenam. Pada Materi Ke 6 kali ini, materi tentang SEO lebih diperdalam lagi, materi ini merupakan tantangan buat saya. 

Penerapan SEO dalam artikel memerlukan pemikiran yang tangkas dan cekatan, bagi saya hal ini bagaikan bermain teka-teki, Ada tantangan alias challenge di dalamnya yang bikin kita deg-degan. Penasaran! Setelah kita menulis artikel dengan melakukan optimasi SEO, kira-kira masuk di page one, gak, ya?! Atau seengganya masuk ke beberapa page di awal ga, ya😉

Buat saya adanya ilmu mengenal SEO on page ini bikin ngeblog makin berwarna dan makin menarik, tidak monoton. Secara kabarnya Mbah Google ini uniq dalam mengenali artikel kita. 

Untuk itu penerapan SEO ini merupakan hal yang Tricky, alias sedikit rumit karena harus pandai bermain kata dan menempatkan keyword. Namun jika kita ingin mendapatkan banyak manfaat SEO on page, jangan patah semangat untuk mempraktikannya. Go...go.. save SEO, haha. 

Untuk mencari tahu manfaat SEO on page, maka kita harus mengenal SEO on page, bagaimana tekniknya dan apa saja yang harus dioptimasi. Kuy apa saja hal yang harus kita lakukan agar mendapatkan manfaat SEO on page, simak terus pembahasan tentang SEO on page pada artikel ini, ya.

Apa saja Kaidah SEO On Page


Mau tau bagaimana cara menerapkan SEO on page?  Harus pingin tau, dong! Secara ilmu ini wajib buat para blogger, jika ingin mendapatkan banyak manfaat SEO on page yang diterapkan.

Beruntung sekali saya bisa tersaring dalam kelas Blogspedia Coaching yang dimentori oleh Mba Maritaningtyas, Materinya runut dan dikaji secara mendalam. Satu materi bisa dibahas ke dalam  beberapa poin sesi.

Termasuk juga dalam teknik optimasi SEO on page, berulang masalah ini diangkat pembahasannya. Walau awalnya cuma pengenalan dan menyinggung sedikit saja, namun secara bertahap kami diberikan kata kunci penyambung yang runut agar penerapan SEO pada artikel blog ini bisa maksimal.

manfaat SEO on page




Menurut Coach Marita ada 13+ tekhnik dasar mengenal SEO on page yang harus di terapkan dalam artikel. Hal ini tertulis juga dalam blogspedia.my.id salah satu blog yang beliau asuh sebagai pelengkap materi yang harus kami pelajari.

Teknik dasar mengenal SEO on page menurut petuah Coach Marita diantaranya harus melakukan optimasi terhadap hal-hal berikut:

1. Judul


Jika membuat artikel perhatikan judul yang kita gunakan. Dalam optimasi SEO on page ada kaidah yang harus diterapkan dalam penentuan judul, diantaranya yaitu:

Sematkan key word dalam judul. 


Ketika kita menulis artikel, sebelumnya harus melakukan riset keyword terlebih dahulu agar artikel kita mudah dikenali oleh Google. Nah, hasil riset keyword yang kita dapatkan harus kita letakkan dalam judul, seperti contoh artikel saya yang memiliki kata kunci atau keyword Mentor Kelas Blog Dasar. Keyword ini saya letakkan dalam judul artikelnya yaitu " Mentor Kelas Blog Dasar, Berdayakan Blog Hasilkan Cuan".

Jumlah Karakter dalam Judul


Perhatikan jumlah karakter dalam judul, usahakan jangan lebih dari 55 karakter. Kenapa? Karena jika melebihi jumlah ini maka judul kita akan terpotong dalam tampilan di page google. Hal ini yang menjadikan artikel kita tidak SEO friendly.

2. Permalink


Apa itu permalink? Permalink merupakan link URL artikel blog. Selain judul, permalink juga memiliki kaidah yang harus diperhatikan sebagai upaya optimasi SEO on page. Karakter permalink tidak boleh melebihi 75. Penghitungan ini dimulai dari huruf  "H" pada kata https pada alamat URL artikel kita dan seterusnya. 

permalink di dashboard blog


3. Deskripsi


Mengisi kolom meta deskripsi yang tersedia di bagian kanan dashboard merupakan salah satu acara untuk optimasi SEO on page. Usahakan kolom deskripsi ini jangan pernah luput untuk diisi. Isi dengan memasukkan  kata kunci artikel kita, dan susunan katanya tidak lebih dari 150 karakter.

kolom meta deskripsi


4. Paragraf Pertama


Selain itu untuk optimasi SEO on page,  perlu juga meletakkan keyword  pada paragraf pertama artikel. Letakkan dengan cara luwes dan tidak kaku agar tulisan terkesan mengalir. Ini perlu kepiawaian teman-teman dalam memilih padu padan kata yang pas agar menciptakan kalimat yang enak dibaca.


5. Tinggalkan Cara Lama dalam Menuliskan Keyword


Apa yang dimaksud tinggalkan cara lama? Saya pribadi berhubung masuk ke dalam jajaran blogger baru, jadi sebenarnya tidak terlalu paham, bagaimana teknik optimasi SEO on page jadul alias jaman dahulu.

Namun Coach Marita memberikan sedikit bocoran untuk hal ini. Konon optimasi SEO jaman dulu di awal tahun 2000 an,  dilakukan dengan teknik menebalkan atau memiringkan dan menggaris bawahi kata-kata yang masuk dalam jajaran LSI keyword.

6. Jumlah kata


Penentuan jumlah kata yang tepat dan harus berapa banyak batas minimalnya dalam penulisan sebuah artikel terdapat perbedaan di kalangan para mastah SEO. 

Ada yang menyebutkan minimal 300 kata, 500 kata, 800 kata, bahkan kesimpulan di dekade akhir bahwa makin banyak jumlah kata yang ditulis dalam sebuah artikel blog maka Google akan makin sayang., alias makin suka dan senang.

7. Optimalkan Paragraf


Optimalkan paragraf di sini maksudnya, jangan bertele-tele dalam menyusun kata. dan dalam tiap paragraf usahakan hanya memuat dua kalimat panjang dan 3 kalimat pendek.

Hal ini ditujukan agar isi paragraf tidak terlalu padat dan mobile friendly. Paragraf yang terlalu banyak berisi kalimat bikin jenuh pembaca.

8. Paragraf terakhir


Letakkan keyword pada paragraf terakhir. Hal ini juga merupakan salah satu cara optimasi SEO on page. Lakukan dengan peletakkan kata dengan kalimat yang enak dibaca dan tidak terkesan kaku.

9. Penyusunan Heading


Heading dalam sebuah artikel harus runut penyusunannya. Heading adalah judul dalam sebuah artikel. Di dalam penulisan artikel blog ada ketentuan  judul yang kita buat masuk ke dalam heading berapa? Aturan heading pun penempatannya harus runut, tidak boleh acak.

heading dalam artikel



Saya akan coba jelaskan satu persatu tentang macam-macam heading, semoga bisa membantu. Sahabat Insnita silahkan perhatikan gambar di atas tentang letak heading, di situ tertera urutan judul dari mulai Mayor heading sampai minor heading. 


Heading 1 (H1)

Merupakan heading paling atas atau paling awal. Heading ini merupakan judul utama. atau biasanya tertera dengan nama mayor heading dalam dashboard blog. Diletakkan di bar title yang ada di dashboard.

Heading 2 (H2)


Heading 2 merupakan judul yang ada dalam badan artikel. peletakkannya harus setelah heading satu atau mayor heading. tidak boleh diletakkan setelah Heading 3 ataupun heading 4.

Heading 3 (H3)


Heading 3 merupakan bagian dari sub judul atau anak judul yang ada dalam artikel. Peletakannya pun harus berurutan. Heading 3 diletakkan setelah heading 2 (H2). Begitu seterusnya sampai dengan heading 4 atau minor heading

10. Melakukan Optimasi Gambar


Melakukan optimasi gambar, gimana caranya? Caranya yaitu dengan memberi nama pada alt dan title gambar yang kita akan unggah ke dalam artikel blog. Cara pemberian nama yaitu dengan menggunakan LSI keyword yang sudah kita dapatkan melalui riset keyword.

optimasi gambar


Klik gambar lalu akan muncul tanda roda, kemudian klik tanda roda maka akan muncul bar seperti di atas, isi dengan LSI keyword.

11. Link pada Artikel


Agar blog kita bisa sehat terus, usahakan untuk mencantumkan link yang saling terhubung pada setiap artikel yang dipublish dalam blog kita. Ada dua jenis link yang harus disematkan, yaitu internal link dan eksternal link.

Internal link adalah link yang disematkan dalam artikel dan terhubung dengan link artikel yang ada dalam blog kita sendiri.

Eksternal link adalah link yang dihubungkan dengan link yang berasal dari luar blog kita. Usahakan untuk setiap 1 eksternal link yang disematkan dalam artikel kita, imbangi dengan 3 internal link, agar blog kita tetap sehat, dan makin disayang Google.


12. Gunakan LSI Keyword


LSI (Latent Semantic Indexing) keyword, merupakan keyword dan anak turunan keyword, atau hal yang terkait dengan keyword utama. Bisa juga diartikan sebagai padanan kata. Contoh, misal keyword utamanya "Resep Prol Tape" maka padanan katanya prol tape kukus, prol tape panggang, prol tape keju, prol tape dua telur dan seterusnya.

Nah, LSI keyword ini harus disebar di dalam artikel yang kita tulis, begitupula dengan keyword utama. Untuk itu buatlah riset keyword dengan cara mencari long tail keyword, atau kata kunci yang panjang yang terdiri minimal 3 kata agar hasil yang didapatkan lebih spesifik.

Hasil riset keyword yang lebih spesifik memudahkan kita mendapatkan keyword yang pas untuk artikel kita. Cara mengembangkan artikelnya pun akan lebih luwes.


13. Lakukan Share di Medsos


Agar artikel kita bisa terjangkau oleh banyak lapisan, lakukan share artikel lewat media sosial yang kita punya, bisa lewat FB, IG, twitter, dan lainnya.

14. Inspeksi URL  


Setelah semuanya aturan optimasi SEO on page diterapkan, maka artikel kita siap dipublish. Setelah dipublish jangan lupa untuk melakukan inspeksi URL melalui GSC alias Google Search Counsole, agar artikel kita bisa segera terindeks atau terlacak oleh Si Mbah Google.


Beberapa cara di atas merupakan optimasi SEO on page dalam artikel blog. Jika kita sudah menerapkan hal di atas, semoga kita bisa mendapatkan manfaat SEO on page bagi blog kita. Yang penting usaha dulu, hasil mengikuti. 

Terkesan pada kata penutup yang ditulis Mba Marita pada akhir artikel yang ditulisnya tentang Tips SEO on page:


dalil tentang berusaha

Makjleb, yaa, kata penutupnya. Seperti lecutan bagi kita untuk terus mau belajar. Muslim tidak boleh lemah dan mudah menyerah. So,...ayo semangaat nge-SEO...!!!

Sahabat insnita sudah mulai ada gambaran, kan, tentang optimasi SEO on page ini? yuk, kita  praktikan dalam penulisan artikel blog selanjutnya. Saya juga mau mulai belajar mempraktikannya dari sekarang, nih.

Semoga Si Mbah segera mengenali artikel kita dan kita bisa segera merasakan manfaat SEO on page yang sudah kita coba terapkan.  Bismillah. Happy blogging. Salam literasi.



Referensi:

https://www.blogspedia.my.id/tips-seo-on-page/

https://www.blogspedia.my.id/pengertian-jenis-dan-cara-belajar-SEO/

https://www.blogspedia.my.id/cara-optimasi-seo-pada-gambar/

PDF Blogspedia Coaching Batch 3



17 komentar on "Manfaat SEO On Page Bagi Blog, Yuk kepoin!"
  1. Waah mba Nita enakeun bahasnyaa.. Jadi demen baca blognya. Makin semangat yaa buat materi menulis artikel yg SEO friendly di Blogspedia Coaching hihi

    BalasHapus
  2. wahh.. banyak banget ilmunya. jadi pengen ikut blogspedia mbak..

    BalasHapus
  3. Bagus banget mbak tulisannya. Enak dibacanya bikin paham. Jadi ada gambaran sekarang. Bismillah bisaaaaa

    BalasHapus
  4. Waah keren banget mbak bisa muncul di halaman pertama, peringkat nomer satu lagi! Kudu banyak belajar dari mbak nita nih aku kayanknya :" Padahal sebelum-sebelumnya aku males belajar SEO ini, banyak banget ya printilannya. Tapi karena manfaat banget buat kehidupan blogku, aku sekarang mulai serius belajar. Dan langsung merasa duh PR banget ini memperbaiki artikel-artikel lama yang belum SEO friendly...

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikelku semua harus remedial, Al. harus diperbaiki total

      Hapus
  5. gambarnya manis2, lucu. detail juga penjelasannya

    BalasHapus
  6. MasyaAllah keren, Mbak Nita, sudah bisa page-one di Google. Riset keyword ini pe-er banget buat saya. Seperti yang disebutkan di atas, kadang keywordnya kurang lurus-lurus saja. Hehehe.. Terima kasih informasinya, Mbak Nita.

    BalasHapus
  7. Tulisannya enak dibaca mbak...keren udh di page one artikelny👍 pasti udh mahir ini unt penerapan SEO nya...harus srg2 belajar dr mb nita nih aku

    BalasHapus
  8. Wah keren mbak tulisannya bisa masuk page one. Aku masih belajar banyak nih tentang seo ini. Belum luwes

    BalasHapus
  9. Masyaallah tabarakallah, keren tulisan Teh Nita sudah ada yang mejeng di Page One. Semoga segera nular. 💜

    BalasHapus
  10. Masya Allah, udah kayak ikut kelas Blogspedia bacanya, Kak. Sebetulnya masih ada yang masih mengganjal di hati, menyematkan internal dan eksternal link ke artikel agar disayang google itu gunanya macam back link kah?

    BalasHapus
  11. wah keren banget mba Nita bisa masuk page one, saya harus banyak-banyak belajar lagi ini. artikelnya juga lengkap banget

    BalasHapus
  12. Ini, sih, super lengkap dan bisa jadi bekal buat belajar SEO lebih dalam lagi nsnti. Makasih banyak, Kak! Btw, selamat artikelnya terpajang di page one-nya Mbak Google! 🍦✨

    BalasHapus
  13. Kak Nita memang the best. Selalu mau belajar tanpa henti. Masya Allah keren banget kak. Bisa page one. Semoga bisa nular nanti

    BalasHapus
  14. Keren banget ya kak Nita. Pengen banget bener-bener menerapkan SEO on Page ini

    BalasHapus
  15. Tulisan ini bermanfaat banget sih buat aku yang baru mengenal blog

    BalasHapus
  16. Mencerahkan kembali ilmu yang didapat.. Smg bisa praktek

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger