Kegiatan Bermain Seni Musik dan Suara pada Anak Usia Dini

Rabu, 09 Maret 2022

Materi Dini Kegiatan Bermain Seni Musik dan Suara pada Anak Usia ini disampaikan pada perkuliahan pertemuan ketiga mata kuliah Pendidikan suara dan seni anak pada Program Studi Strata Satu Pendidikan Islam Anak Usia Dini semester IV Sekolah Tinggi Agama Islam Latansa Mashira, Rangkasbitung, Lebak, Banten.

 

Pendahuluan

 

Kegiatan bermain merupakan hal yang sangat disenangi oleh anak. Kebutuhan dasar anak, pekerjaan anak dan sebagai media stimulasi bagi anak untuk mengembangkan segala aspek pertumbuhan dan perkembangan yang ada pada anak. Para pendidik sebagai fasilitator harus jeli mencermati setiap kondisi anak yang berbeda dan unik, sehingga bisa menyediakan fasilitas alat bermain yang tepat bagi anak.

Pembahasan kali ini kita fokuskan pada konsep bermain seni musik dan suara pada anak. Apa saja permainan yang mampu menstimulasi kemampuan seni musik dan suara anak? Tidak perlu alat musik yang mewah atau rumit, kita bisa mengajak anak untuk mengeksplor alat dan bahan yang biasa kita temui dengan mudah di sekeliling kita.

 



 

Pembahasan


Alat dan Bahan untuk Bermain Seni musik dan suara untuk Anak

 

Alat dan bahan yang bisa digunakan untuk bermain Bersama anak dalam rangka mengenalkan seni terbagi menjadi dua, diantaranya adalah:


1. Alat musik yang terbuat dari bahan-bahan yang tersedia di alam, misalnya ranting pohon, daun-daun kering, kacang-kacangan, batu-batuan, pasir, kulit binatang dan lain sebagainya.

2. Alat musik dan suara yang diproduksi oleh pabrik, misalnya bisa alat musik seperti piano, gitar, okulele, rebana dan sebagainya. Bisa juga alat-alat yang biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya sendok, garpu, piring, gelas, panci, mangkuk, galon, botol, kaleng dan lain sebagainya.


Hal yang Perlu Diperhatikan ketika Bermain Seni Musik dan Suara Bersama Anak

 

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika para orang tua dan pendidik mengajak anak bermain seni musik dan suara agar suasana bermain berjalan lancer, nyaman, dan menyenangkan, diantaranya yaitu:


1. Pilih tempat yang luas, bisa di dalam ruangan atau di luar ruangan, agar anak bisa dengan bebas bergerak dan bebas mengeksplor alat dan bahan yang digunakan.

2. Pilih alat dan bahan yang aman untuk anak, jika menggunakan alat dan bahan keperluan sehari-hari, usahakan yang terbuat dari kaleng atau plastik agar tak riskan pecah dan menimbulkan bahaya pada anak. Selain elemen yang digunakan perhatikan juga ukurannya. Usahakan alat yang digunakan memudahkan untuk anak dalam penggunaannya, dalam artian mudah dipegang dan dijangkau oleh anak, sehingga dalam proses bermain anak merasakan kegembiraan dan kenyamanan.

3. Para pendidik dan orang tua usahakan memberikan kebebasan pada anak untuk berkreasi menciptakan suara atau gerak yang mereka inginkan, selagi itu tidak membahayakan bagi mereka.

4. Menciptakan suasana yang nyaman, santai, bahagia dan riang gembira bagi anak. Suasana yang riang gembira akan memudahkan anak untuk beradaptasi pada permainan yang sedang mereka lakukan.


Kegiatan Bermain Musik dan Suara yang Bisa dilakukan Bersama Anak

 

Banyak sekali kegiatan bermain seni musik dan suara yang bisa disuguhkan untuk anak. Guru bisa mengembangkan daya kreativitasnya untuk menstimulasi motorik anak. Beberapa kegiatan tersebut diantaranya, yaitu:


1. Bermain seni musik dan suara dengan berperan ala-ala grup orchestra atau grup band. Permainannya bisa dikondisikan sebagai berikut: sediakan alat sumber suara bisa alat buatan pabrik atau alat yang tersedia di alam. Biarkan masing-masing anak memegang alat sumber bunyi dan membunyikan Bersama-sama dengan temannya atau bisa juga bergantian. Awasi oleh pendidik atau orang tua atau bisa juga berposisisebagai pemimpin orchestra. Usahakan guru ikut serta dalam permainan ini. Bisa bergantian anak-anak yang tampil dan guru yang memberi aba-aba atau sebaliknya. Bisa juga guru atau orang tua yang memainkan alat musik dan anak-anak yang bernyanyi.


2. Bermain petak musik. Alatnya bisa menggunakan kursi atau membuat lingkaran atau semacam tempat berpijak. Bisa disesuaikan dengan alat dan bahan yang tersedia. Setelah itu bunyikan permainan musik bisa dengan menyetel lagu dari tape dan sejenisnya atau guru yang mengiringi dengan alat musik yang tersedia. Hentikan musik lalu perintahkan anak untuk duduk di kursi bisa masuk ke dalam pijakan atau lingkaran. Bisa dengan aneka gerak yang disenangi anak, misal memegang Pundak temannya atau meletakkan tangan di pinggang. Permainan ini bisa dikembangkan sesuai dengan daya kreativitas anak dan guru atau orang tua.


3. Menari mengikuti suara musik


4. Bermain musik alat tradisional dengan diiringi lagu tradisional. Kegiatan yang ingin dilakukan bisa disesuaikan dengan daya kreativitas anak dan guru atau orang tua.







Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Bermain Seni Musik dan Suara Bersama Anak


Ada hal-hal yang harus diperhatikan saat bermain seni dan suara Bersama anak agar kegiatan bermain tetap berjalan kondusif, nyaman dan menyenangkan untuk anak dan juga guru atau orang tua. Usahakan agar melakukan dan menanamkan  hal-hal positif selama kegiatan bermain. Hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya yaitu:


1. Hendaknya para pendidik dan orang tua ikut serta dalam kegiatan bermain seni dan suara Bersama anak.


2. Membuat kesepakatan aturan dalam permainan.


3. Memberikan pujian terhadap hal yang dilakukan oleh anak.


4. Tidak boleh mencela apa yang sudah anak lakukan.


5. Mainkan alat musik atau alat bunyi-bunyian dengan nada, timbre, melodi, harmonidan dinamik yang beraneka ragam.


6. Ajak anak untuk menilai gerakan yang dia lakukan atau gerakan-gerakan yang dilakukan oleh guru dan orangtuanya atau temannya.


7. Usahakan anak mengenal berbagai macam alat musik dan lagu-lagu baik lagu anak-anak maupun lagu-lagu tradisional.



Kesimpulan


Bermain seni musik dan suara pada anak usia dini sangat dianjurkan sebagai stimulasi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Memperkenalkan permainan seni musik dan suara pada anak tidak hanya menggunakan bahan dan alat yang formal namun bisa menggunakan alat seadanya yang biasa kita temui di lingkungan kita, mulai alat dan bahan yang didapatkan dari alam maupun alat dan bahan buatan manusia atau pabrik.


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika bermain musik dan suara bersama anak agar tercipta situasi yang kondusif, menyenangkan dan nyaman, diantaranya adalah pemilihan alat dan bahan yang nyaman dan sesuai dengan kondisi anak serta tempat yang luas yang memungkinkan anak untuk bergerak bebas. Usahakan dalam proses bermain seni musik dan suara bersama anak selalu menanamkan dan mengenalkan hal-hal positif dan berkesan untuk anak.


Banyak sekali kegiatan yang bisa diciptakan dalam bermain seni musik dan suara bersama anak. dalam kegiatan permainan ini hendaknya guru atau orang tua ikut serta mengawasi dan terlibat dalam permainan agar anak mendapatkan bimbungan dan arahan yang jelas.




Referensi


Hasbi, Muhammad dan Dona Paramita. Bermain Musik dan Gerak. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta, 2020.

 

Pekerti, Widia dkk. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka, 2018.

 

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep dasar Pendidikan anak Usia Dini. Jakarta: Indeks, 2013.

 

 


7 komentar on "Kegiatan Bermain Seni Musik dan Suara pada Anak Usia Dini"
  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
    NAMA : SALUMIZA
    NPM : 20231014

    Pada pertemuan ke-3 ini tentang kegiatan bermain seni musik dan suara pada anak usia dini.

    Kegiatan bermain merupakan suatu hal yang paling di sukai atau di senangi oleh anak-anak, karena memang dunia nya anak-anak yaitu bermain.
    Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat bermain seni musik dan suara bersama anak-anak yaitu :
    1. Memilih tempat yang luas, agar anak bisa leluasa untuk memainkan musik dan suaranya
    2. Memilih alat dan bahan yang aman untuk anak, agar anak-anak yang memainkan alat musiknya tidak terluka
    3. Memberikan kebebasan pada anak-anak untuk berkreasi
    4. Harus menciptakan suasana yang nyaman, santai, bahagia serta gembira bagi anak.
    Ketika melakukan kegiatan bermain seni musik dan suara sebaiknya anak-anak harus di dampingi oleh orang tua atau gurunya.

    BalasHapus
  2. Siti Atikah (20231004)
    Bermain adalah hal yang sangat penting bagi anak, karena dengan bermain mereka akan merasa senang dan bahagia.
    Salah satu bermain untuk anak usia dini yaitu bermain seni musik dan suara.karena dgn seni semuanya akan terasa penuh warna.
    Hal-hal yg harus d,perhatikan dlm bermain seni musik dan suara bersama anak diantaranya:
    - Pemilihan alat dan bahan yg nyaman dan sesuai dgn kondisi anak serta tempat yg luas yg memungkinkan anak utk bergerak bebas.
    - Usahakan dalam proses bermain seni musik dan suara bersama,anak selalu menanamkan dan mengenalkan hal- hal positif dan berkesan untuk anak.

    BalasHapus
  3. bismillahirrahmanirrahim
    assalamualaikum wr. wb.
    Nama : Siti Nurdayanah
    Npm : 20231002

    review saya pada materi pada pertemuan ke 3 ini yaitu mengajarkan dan mengenalkan anak pada berbagai seni musik dan suara bisa dilakukan dengan bermain sambil belajar mereka bebas mengekspresikan diri mereka selama itu baik dan aman bagi mereka.
    ada banyak alat dan bahan yang bisa digunakan, yang terbagi menjadi 2 yaitu :
    1. Alat musik yang terbuat dari bahan-bahan yang tersedia di alam, misalnya ranting pohon, daun-daun kering, kacang-kacangan, batu-batuan, pasir, kulit binatang dan lain sebagainya.

    2. Alat musik dan suara yang diproduksi oleh pabrik, misalnya bisa alat musik seperti piano, gitar, okulele, rebana dan sebagainya. Bisa juga alat-alat yang biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya sendok, garpu, piring, gelas, panci, mangkuk, galon, botol, kaleng dan lain sebagainya.

    sekian review dari saya

    wassalamu'alaikum wr. wb

    BalasHapus
  4. Masliah ilahiyah

    Alat musik di bagi menjadi 2 bagian yang pertama dari bahan alam dan ke dua yang di padukan dengan buatan pabrik,ada beberapa yang harus di perhatikan agar anak tertarik untuk blajar musik,pilihlah tempat yang luas,alat musik yg aman buat anak anak,berikam kebebasan pada anak ,tempat yang nyaman .
    Berikan aturan yang konsisten agar anak paham dan mau di siplin dengan aturan ,dan aturan itu di buat atas kesepakatan bersama ,dan buat senyaman mungkin agar anak terus menerus tertarik dengan dunia musik.


    Terimakasih

    BalasHapus
  5. Mutia Sapira (20231005)

    Pada materi ke-3 adalah tentang mengenalkan seni musik dan suara pada anak usia dini dengan cara bermain tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anak menjadi kondusif yaitu bersabar, sebagai guru jangan terlalu perfeksionis, memilih tempat yang sesuai dan luas serta memilih alat musik dan bahan harus yang aman untuk digunakan oleh anak bisa dari lingkungan sekitar atau langsung mainan dari pabrik.

    Seni mengenalkan musik dan suara tidak hanya guru yang memperkenalkan tetapi sebagai orang tua juga harus terlibat dan mengawasi dalam proses ini

    BalasHapus
  6. Bismillahirrahmaanirrahiim..

    Siti Salwa
    20231006

    Review Materi tentang Kegiatan bermain seni musik dan suara pada anak usia dini.

    Dalam kehidupan ini, setiap orang atau setiap insan pasti tidak akan mungkin tidak menyukai seni. Seni apapun dalam kehidupannya yang menjadikan hidupnya lebih menyenangkan. Apalagi bagi anak anak yang masih dibawah umur yang sebagai pemula harus mendapatkan pendidikan yang pas di era umurnya tersebut.

    Ada banyak macam seni yang kita ketahui adanya. Disini ada alat dan bahan yang dapat digunakan dalam seni :
    1. Alat musik yang terbuat dari bahan-bahan yang tersedia di alam.

    2. Alat musik dan suara yang diproduksi oleh pabrik.

    Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika sedanh belajar mengenai seni dan musik bersama anak :
    1. Hendaknya para pendidik dan orang tua ikut serta dalam kegiatan bermain seni dan suara Bersama anak.


    2. Membuat kesepakatan aturan dalam permainan.


    3. Memberikan pujian terhadap hal yang dilakukan oleh anak.


    4. Tidak boleh mencela apa yang sudah anak lakukan.


    5. Mainkan alat musik atau alat bunyi-bunyian dengan nada, timbre, melodi, harmonidan dinamik yang beraneka ragam.


    6. Ajak anak untuk menilai gerakan yang dia lakukan atau gerakan-gerakan yang dilakukan oleh guru dan orangtuanya atau temannya.


    7. Usahakan anak mengenal berbagai macam alat musik dan lagu-lagu baik lagu anak-anak maupun lagu-lagu tradisional.


    Mungkin cukup sekian.

    Terimakasih🥰🙏🏻

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum
    Nama:Mitha Muftalia
    Nmp:20231011

    review pertemua ke 3 ini yaitu
    Ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika para orang tua dan pendidik mengajak anak bermain seni musik dan suara agar suasana bermain berjalan lancer, nyaman, dan menyenangkan, diantaranya yaitu:



    1. Pilih tempat yang luas, bisa di dalam ruangan atau di luar ruangan, agar anak bisa dengan bebas bergerak dan bebas mengeksplor alat dan bahan yang digunakan.

    2. Pilih alat dan bahan yang aman untuk anak, jika menggunakan alat dan bahan keperluan sehari-hari, usahakan yang terbuat dari kaleng atau plastik agar tak riskan pecah dan menimbulkan bahaya pada anak. Selain elemen yang digunakan perhatikan juga ukurannya. Usahakan alat yang digunakan memudahkan untuk anak dalam penggunaannya, dalam artian mudah dipegang dan dijangkau oleh anak, sehingga dalam proses bermain anak merasakan kegembiraan dan kenyamanan.

    3. Para pendidik dan orang tua usahakan memberikan kebebasan pada anak untuk berkreasi menciptakan suara atau gerak yang mereka inginkan, selagi itu tidak membahayakan bagi mereka.

    4. Menciptakan suasana yang nyaman, santai, bahagia dan riang gembira bagi anak. Suasana yang riang gembira akan memudahkan anak untuk beradaptasi pada permainan yang sedang mereka lakukan.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke inspirasi nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diatara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger