6 Fakta Unik yang Dimiliki Indonesia

Selasa, 29 Maret 2022
Indonesia tanah air beta, pusaka abadi nan jaya, Indonesia sejak dulu kala, tetap dipuja-puja bangsa. Indonesia tempat kelahiran yang selalu dibanggakan dan diridukan. Bagi saya Indonesia adalah tempat ternyaman, tempat kembali pulang yang tak mungkin tergantikan, kecuali negeri akhirat, hehe. Diberi kesempatan oleh yang Maha Ghani untuk bisa menjejakkan kaki di wilayah bumi  lain selain Indonesia, membuatku tak surut untuk tetap mencintai Indonesia sebagai tanah air beta. Semoga Allah tetap memelihara Indonesiaku. Pusaka abadi nan jaya.


fakta unik indonesia



Dalam rangka membuktikan rasa cinta pada Indonesia, saya mencoba mengumpulkan kelebihan-kelebihan Indonesia dari banyak negara lain di dunia ini. Banyak sekali hal unik yang dimiliki Indonesia yang belum banyak kita ketahui.  Sebagai negara maritim dan kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau. Mulai pulau-pulau yang besar sampai pulau-pulau yang kecil. Bukan hanya banyak, tetapi indah dan molek.

Setiap pulau ditempati orang-orang yang memiliki keunikan tersendiri, karena didukung pula dengan kondisi lahan dengan keunikan masing-masing. Karena warna-warni yang beraneka Indonesia memiliki slogan "Bhineka tunggal Ika" yang artinya berbeda-beda tetapi satu jua. Walau berbeda Bangsa Indonesia bertekad untuk tetap bersatu saling bahu membahu.

Kenali dulu, yuk Indonesia Kita!


Sekilas kita kenali kondisi geografis Indonesia, biar rasa sayang kita semakin bertambah dalam. sehingga rasa memiliki kita terhadap bangsa ini semaki kuat melekat. Semoga kita semua bertekad menjaga Indonesia selayaknya kita menjaga dan menyayangi diri kita sendiri, atau bahkan lebih.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang berada di Benua Asia Tenggara, dilalui garis khatulistiwa, terletak di antara benua Asia dan Australia, dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Ukuran panjang wilayahnya dari timur ke barat sekitar 3. 200 mil( 5. 100 kilometer), dari utara ke selatan sekitar 1. 100 mil( 1. 800 kilometer). Perbatasan negara bagian darat dengan Malaysia di sebelah utara Pulau Borneo / Kalimantan, Papua Nugini di tengah Pulau Nugini, serta Negeri Timor Leste di tengah Pulau Timor.


(Wilayah Indonesia ditunjukkan oleh gambar berwarna merah)



Sumber: www.gramedia.com


Indonesia memiliki berbagai suku, bahasa dan agama, wilayah paling barat yaitu Sabang di tanah Aceh hingga wilayah paling timur yaitu Merauke di tanah Papua. Berdasarkan rumpun bangsa (ras), Bangsa Indonesia diduga berasal dari ras Mongoloid Selatan/Austronesia dan Melanesia, jumlah penduduk terbesarnya adalah ras Austronesia, terutama di Indonesia bagian barat. Suku Jawa adalah suku terbesar, prosentase jumlahnya sekitar 42% dari total penduduk Indonesia.


 Jelajahi 6 Fakta Unik yang Dimiliki   Indonesia !!


Keragaman pulau, suku, budaya, dan agama, membuat Indonesia memiliki banyak keunikan yang tidak dimiliki negara lainnya. Diantara beberapa keunikannya adalah:

1. Negara kepulauan terbanyak di dunia. Undang-Undang no 6 Tahun 1996 tentang Perairan Indonesia menyebutkan bahwa Indonesia memiliki pulau besar dan kecil sebanyak 17.508 buah. Dalam perjalanan panjangnya ada empat pulau yang terlepas dari kedaulatan Indonesia yaitu Pulau Sipadan, Ligitan, Yako dan Pulau Kambing.

2. Hutan bakau terbesar di dunia. Indonesia memiliki hutan bakau (mangrove) seluas 3,36 juta hektare, merupakan yang terluas di dunia. 20% mangrove dunia ada di Indonesia.

3. Wilayahnya berada di ring of fire (cincin api dunia). Posisi Indonesia berada di wilayah lingkaran cincin api pasifik yang menjadi pertemuan tiga lempeng tektonik dunia, yaitu Lempeng Indo-Austalia, Lempeng Eurasia dan Lempek Pasifik. Letak geografis Indonesia yang seperti itu menyebabkan bencana alam berupa gempa bumi, letusan gunung berapi hingga tsunami menjadi lebih berpeluang.

4. Memiliki bunga langka (bunga bangkai) di dunia
. Amorphophallus titanum adalah satu dari beberapa jenis bunga bangkai yang sangat besar jika sedang mekar dan langka. Bunga ini hanya dapat ditemukan di hutan hujan tropis Pulau Sumatera.

5. Memiliki sisa hewan purba terbanyak di dunia. Hewan purba yang masih hidup yaitu komodo. Binatang ini menempati sebuah pulau yang berada di wilayah NTT (Nusa Tenggara Timur), kawasan Indonesia timur.

6. Suku bangsa terbanyak di dunia. Sensus penduduk Badan Pusat Statistik tahun 2010 menyebutkan bahwa Indonesia ternyata memiliki sekitar 1.340 suku bangsa. Merupakan jumlah suku bangsa yang paling banyak berdomisili dalam suatu negara.


Selain itu indonesia pun memiliki jumlah populasi penduduk terbesar nomor empat di dunia, setelah China, India, dan Amerika Serikat. Pemeluk Islam terbanyak di dunia, disamping beberapa pemeluk agama lainnya yang hidup berdampingan, rukun dan damai. Memiliki bahasa daerah, dan budaya terbanyak di dunia. Fakta Amazing lainnya Indonesia pemilik garis pantai terpanjang di dunia.

Keanekaragaman budaya menjadikan Indonesia kaya akan hasil pangan, kreasi tangan, bahasa yang beragam, kekayaan alam yang berlimpah, dan masih banyak lagi keindahan Indonesia yang tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata. Pemandangan yang eksotis, reka budaya yang menarik, membuat Indonesia benar-benar layak dicintai.

MasyaAllahu Tabarakallahu, beruntungnya kita memiliki dia. banyak sekali kelebihan Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain di dunia ini. Wahai Indonesiaku, berdamailah terus dengan kami. Wahai Rabbku yang maha kuat, jagalah Indonesiaku. We love you for ever. Ciyus ini mah ga lebay. luv...luv...luv so..much...Indonesiakuh. Salam cinta tanah air.



Referensi


Pengaruh Letak Geografis Indonesia dan Dampaknya. gramedia.com

Kondisi Geografis Indonesia : Letak, Kondisi Daratan, Sistem Drainase, Cuaca, Keadaan Penduduk dan Persebaran Flora Fauna (seputarpengetahuan.co.id)

Nadia Faradiba, 2022, Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya (kompas.com)

Fakta Unik Indonesia Yang Harus Kamu Tahu! - Best Seller Gramedia

KKP | Kementerian Kelautan dan Perikanan.

KLHK: Indonesia Punya Luas Mangrove Terbesar di Dunia | Lingkungan (gatra.com)

Indonesia di Lingkaran Api Pasifik | Indonesia Baik

Macam-Macam Bunga Bangkai di Indonesia (foresteract.com)

8 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia - Nasional Katadata.co.id

Terbanyak di Dunia, Indonesia Miliki 1340 Suku Etnis (suarapemerintah.id)

World Population Clock: 7.9 Billion People (2022) - Worldometer (worldometers.info)

Data Populasi Penduduk Muslim 2020: Indonesia Terbesar di Dunia - IBTimes.ID

12 Fakta Unik Indonesia Yang Mendunia - IlmuGeografi.com

3 komentar on "6 Fakta Unik yang Dimiliki Indonesia"
  1. Bunga bangkai ini pas viral dulu auto bikin mupeng mau lihat langsung, Mba. Tapi belum kesampaian. Lihatnya dari televisi aja udah senang. Padahal masih di Sumatera, tapi ya mungkin nanti ada rezekinya, ya.

    BalasHapus
  2. Salam cinta tanah air, baca tulisannya jadi ikut bangga sebagai warga negara Indonesia. Sekoga Indonesia tetap jaya. Terimakasih postingannya

    BalasHapus
  3. jadi inget pelajaran IPS dulu dan pelajaran tentang INdonesia. Pengin keliling ke daerah daerah

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke inspirasi nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diatara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger