14 Tips Menguatkan Cinta dalam Hubungan Suami Istri

Kamis, 31 Maret 2022

Merawat cinta adalah keniscayaan dalam sebuah hubungan. Baik dalam hubungan kekeluargaan, hubungan pertemanan, hubungan kerjasama dan hubungan lainnya yang melibatkan dua pihak atau lebih. Harus ada tenggang rasa dan toleransi yang diciptakan dan dijaga, demi sebuah kelanggengan. Hubungan yang diwarnai dengan cinta dan saling pengertian akan terasa lebih bermakna dan memberikan arti satu sama lain.


Utamanya dalam hubungan suami istri. Hubungan ini sangat rentan dihinggapi persoalan yang menyebabkan kerenggangan diantara keduanya, bahkan seringkali berakhir tragis di meja pengadilan. Untuk itu kedua pasangan perlu mengerti hak dan kewajiban masing-masing, agar hal-hal yang menyebabkan benturan  bisa diminimalisir.


tips menguatkan cinta suami istri



Islam mengatur tatanan hidup manusia dalam segala aspek, termasuk dengan pernikahan. Sebelum seseorang memasuki gerbang pernikahan, Islam mengisyaratkan tentang kriteria memilih pasangan yang baik, agar membawa dampak baik bagi kehidupan pernikahannya kelak. Sebenarnya orang tua kita dari sejak dahulu sudah menanamkan kaidah dalam mencari pasangan, yaitu harus diperhatikan bibit, bobot dan bebetnya. Begitu pula Islam memberikan rambu-rambu dalam memilih pasangan, dengan memperhatikan dan mempertimbangkan perkara nasab, paras, serta agamanya. Hal ini bertujuan untuk melanggengkan ikatan perkawinan dan rasa cinta diantara keduanya.


kiat melanggengkan hubungan suami istri



14 Tips Menguatkan Cinta dalam Hubungan Suami Istri


Lamanya usia pernikahan terkadang menyelipkan rasa bosan pada masing-masing pasangan. Apalagi jika pernikahan sudah berjalan dalam hitungan belasan tahun. Empat belas tahun, usia yang cukup matang bagi umur sebuah pernikahan,  Untuk merayakan  empat belas tahun bersama, perlu kiranya mengadakan evaluasi dalam hubungan perkawinan. untuk melakukan evaluasi. Ada banyak tips yang bisa diterapkan dan disesuaikan pada keadaan perkawinan seseorang. saya berhasil menghimpun 14 T usaha yang dilakukan untuk menguatkan cinta masing-masing pasangan sudah maksimal atau belum. Perlu dikaji ulang 14 Tips menguatkan cinta dalam hubungan suami istri, pemaparannya bisa Sista lihat berikut ini:


1. Ciptakan komunikasi yang baik 

Mengkomunikasikan segala permasalahan dalam keluarga dengan pikiran yang tenang dan dan hati yang dingin merupakan sebuah keharusan jika hubungan pernikahan ingin langgeng. Dalam setiap permasalahan yang melibatkan keluarga harus dibicarakan dampaknya, apakah baik atau tidak bagi kelangsungan kepentingan setiap anggota keluarga.


2. Gunakan Panggilan Sayang yang Disukai Pasangan

Penggunaan panggilan kesayangan untuk pasangan dapat menguatkan perasaan cinta. panggilan kesayangan yang disenangi pasangan membuat perasaan keduanya menjadi tersanjung karena memiliki posisi istimewa dibandingkan orang lain. Panggilan sayang juga bisa dikomunikasikan terlebih dahulu dengan pasangan.


3. Tidak Perlu Anti pada Kata Bertengkar

Pertengkaran terkadang merupakan solusi untuk keluar dari sebuah masalah. Untuk itu setiap pasangan jangan terlalu anti pada sebuah pertengkaran. Berselisih pendapat terkadang membuat kita mampu memahami keinginan pasangan terhadap hubungan yang dibina.


4. Jadwalkan Waktu Khusus Hanya Berdua

Untuk menguatkan cinta, harus disediakan waktu khusus untuk berdua saja tanpa kehadiran pihak ketiga, keempat, kelima dan seterusnya. Dengan menciptakan waktu berdua saja memiliki artian memberikan ruang satu sama lain untuk bisa mengungkapkan apa yang menjadi keinginannya.


5. Ketahui Hal yang disukai dan Tidak Disukai pasangan 

Penting kiranya setiap pasangan mengetahui apa yang tidak disukai dan apa yang disukai pasangannya. Hal ini bermanfaat bagi penjagaan hati keduanya. Perilaku yang menimbulkan ketidak sukaan, jika terlalu sering dilakukan, akan menimbulkan kebencian dan melemahkan cinta.


6. Melontarkan Rayuan dan Kata-Kata yang Baik pada Pasangan

Ini penting dilakukan agar masing-masing pasangan tetap bisa menjaga gairah cintanya. Kata rayuan yang penuh kelembuatan dapat meluluhkan hati, bahkan yang sedang marah sekalipun.


7. Berikan Waktu Me Time bagi Setiap Pasangan 

Masing-masing individu memiliki privacy atau kegiatan yang sekiranya tidak perlu diketahui orang lain tidak terkecuali terhadap pasangannya sendiri, untuk menghindari dampak yang buruk pada hubungan. Ini sah-sah saja sejauh bukan merupakan perselingkuhan atau penghianatan. Misalnya sebagai contoh dalam Kasus merawat diri dengan pergi ke salon, tidak melulu harus bersama pasangan, bisa juga dilakukan bersama teman. Menjaga pertemanan yang sudah terjalin sejak belum menikah merupakan hal yang penting agar terhindar dari rasa jenuh. Pikiran akan tetap bahagia bila diisi dengan hal-hal yang menyenangkan. Pertemanan yang sehat bisa merefresh kepenatan akibat rutinitas yang berlangsung tanpa fariasi.


8. Menjadikan Kegiatan Seks Sebagai sarana Penghilang Penat

Kegiatan seks merupakan masalah yang vital dalam hubungan suami istri, terutama untuk suami, untuk itu seorang istri hendaknya tanggap akan hasrat suami dalam permasalahan yang satu ini. Begitupun suami, kiranya harus mengerti ritme biologis sang istri. Saling mengerti dan peka dalam permasalahn ini, diharapkan akan membawa kelanggengan dan menguatkan cinta diantaranya keduanya.


9. Menghargai Pendapat Pasangan

Setiap orang pasti memiliki pola pikir yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Diharapkan setiap pasangan dapat memaklumi dan mengerti,  menghargai setiap perbedaan pendapat yang dimiliki oleh pasangannya. Sehingga antara suami dan istri bisa saling menselaraskan setiap perbedaan.


10. Mengerjakan Pekerjaan Berbarengan

Hal ini adalah perkara yang agung, karena Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa salampun melakukannya. Saling meringankan dalam beban dan tugasnya masing-masing merupakan salah satu cara untuk menguatkan ikatan cinta. Seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa salam, beliau selalu membantu pekerjaan istrinya dan mengurus keperluannya sendiri, seperti menambal bajunya yang terkoyak, memperbaiki sendalnya dan lainnya. 


11. Menerima Segala Kekurangan dan kelebihan Pasangan

Kebiasaan yang dibawa dari sejak lahir dan dari sejak kecil, terkadang menjadi tidak terbiasa bagi masing-masing pasangan. Di sinilah pentingnya legowo dimiliki. agar hubungan suami istri tetap bisa berjalan secara selaras. Tanamkan dalam diri, bahwa setiap manusia memiliki tabiat yang berbeda satu sama lain. Selagi tabiatnya masih bisa ditolelir dan bukan menjurus pada perkara maksiat, latihlah hati kita untuk bisa ringan menerimanya.


12. Jadikan Keluarga Sebagai Prioritas Utama

Apapun status kita di lingkungan dan masyarakat. Seberat apapun pekerjaan kita. Sesibuk apapun kita dengan segudang kesibukan, jadikan keluarga sebagai prioritas utama.


13. Menjaga Penampilan Di Depan Pasangan

Penampilan yang selalu rapih dan wangi serta wajah yang selalu ceria, membuat adem setiap orang yang memandang. Untuk itu rawatlah penampilan dengan baik, tampil rapih di depan pasangan merupakan sebuah keharusan. Hal ini sangat bermanfaat dalam merawat cinta agar terus terjaga dan melekat.


14. Saling Memberikan Hadiah dan Surprise

Pemberian hadiah dapat menimbulkan kebahagiaan bagi yang menerimanya. Meski sebuah hal-hal kecil, akan berdampak bagi yang menerimanya. Tidak perlu mahal, asal diberikan dengan penuh cinta dan dipoles dengan sedikit rayuan, pasti akan menciptakan hati yang berbunga-bunga.


Jika ke 14 tips di atas sudah dijalankan dengan penuh kesadaran tinggi oleh setiap pasangan, maka insyaallah di setiap pertambahan umur perkawinan, hubungan suami istri akan semakin erat dan makin ketergantungan satu sama lain. 14 tips di atas bisa dilakukan evaluasi di setiap wedding anniversary dengan mengkaji dan mengkomunikasikan mana yang kurang dan mana yang perlu ditambah.


Setiap usaha tidak akan menghianati hasil. InsyaAllah jika konsisten menjalankan kaidah yang seharusnya dilakukan, kekuatan cinta akan terus tumbuh dalam jiwa setiap pasangan. Makin lama perasaan sayang akan semakin kuat, perasaan saling membutuhkan juga akan semakin tertanam, sehingga satu sama lain dari pasangan akan merasa enggan berpisah, karena sudah merasa nyaman dengan pasangannya. Baiklah Sista,...sayangi pasangan anda sebelum disayangi oleh pasangan lain. hehe.  Salam cinta.



Referensi


https://almanhaj.or.id/2622-kiat-kiat-mempererat-cinta-suami-isteri.html

https://www.alodokter.com/cara-menjaga-kemesraan-suami-istri-yang-patut-dicoba

https://www.orami.co.id/magazine/hubungan-suami-istri-yang-baik

https://www.popmama.com/life/relationship/jemima/cara-mudah-untuk-melanggengkan-pernikahan-dengan-pasangan/3

https://www.kompasiana.com/pakcah/54f353717455139f2b6c70fd/upaya-menumbuhkan-cinta-dan-kasih-sayang-suami-istri

26 komentar on "14 Tips Menguatkan Cinta dalam Hubungan Suami Istri"
  1. yang penting harus ada komunikasi yang terjalin. Kadang sesekali perlu saling mengalah juga untuk tetap terjaga hubungan yang harmonis

    BalasHapus
  2. terkadang saling mengalah diperlukan juga untuk menjaga hubungan tetap harmonis

    BalasHapus
  3. Makasih kak tipsnya, membantu sekali

    BalasHapus
  4. Mashaa Allah, udah paket komplit ini. Tetapi gak semudah teori ya mbak, banyak sekarang ini pasangan yang hanya mementingkan materi daripada hati, thank bgt mbak sharingnya, jadi penyemangat saya ini.

    BalasHapus
  5. Wuih tipsnya keren banget sih kk. Bisa diterapkan nih

    BalasHapus
  6. Keterbukaan dan komunikasi assertive, penting sekali. Kebanyakan masalah muncul karena komunikasi yang kurang baik.

    BalasHapus
  7. Cinta tanpa kepekaan dalam komunikasi itu omong kosong. Tipsnya lengkap dan artikelnya menarik. Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Cinta tanpa kepekaan dalam komunikasi itu omong kosong. Tipsnya lengkap dan artikelnya menarik. Terima kasih.

    BalasHapus
  9. Cinta tanpa kepekaan dalam komunikasi itu omong kosong. Tipsnya lengkap dan artikelnya menarik. Terima kasih.

    BalasHapus
  10. Saling mengucapkan terima kasih sering sering juga bisa menghangatkan hubungan supaya tetap harmonis❤️❤️❤️

    BalasHapus
  11. Tips yang sangat berguna bagi pasangan suami istri. Hanya saja, Kadang-kadang kita alpa mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, soal seks yang rutin bisa menghilangkan penat. Hanya saja kecapean membuat kita sering tidak bergairah dan itu membuat keharmonisan dalam rumah tangga sedikit terganggu.

    BalasHapus
  12. MasyaAllah... Makasih tips nya mbak. Alhamdulillah, 10 tahun menikah. Banyak hal terjadi, tpi kami buktikan ttp kuat utk melalui smuanya brsama

    BalasHapus
  13. Waah tipsnya mantap, lengkap sekali ya. Semoga bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Makasih kak tipsnya, bermanfaat bagi para pasangan suami istri

    BalasHapus
  14. Salah satu yang paling challenge itu komunikasi. Besar di lingkunga keluarga yang beda dan beda persepsi dalam banyak hal, jadi kalau meluruskan hal perlu time yang sama-sama tenang. Tapi kalau diusahakan semua pasti bisa dikomunikasikan dengan baik. 😉

    BalasHapus
  15. tipsnya ngena banget mbak, sepakat deh. pernikahan diperjuangakan kedua belah pihak bukan salah satu pihak saja ya mbak, salig menumbuhkan rasa cinta, tidak hanya berjalan apa adanya saja
    thanks for sharing mbak

    BalasHapus
  16. Walaupun masih berstatus belum menikah, setidaknya tulisan ini sudah menggambarkan hal yang akan terjadi dalam berumah tangga.

    BalasHapus
  17. Terima kasih ilmunya kak, semoga nanti saya bisa mendapat jodoh yang terbaik dan bisa menjalani kehidupan rumah tangga dengan baik dan berhasil..

    BalasHapus
  18. Menjalin hubungan pernikahan agar selalu harmonis untuk seumur hidup itu memang kompleks dan butuh effort. Nggak bisa disepelekan begitu saja. Terima kasih atas tips2-nya. Pernikahan yang harmonis akan membentuk keluarga yang juga harmonis dan akan melahirkan generasi yang kuat jasmani dan rohani. Hubungan pernikahan yang kokoh adalah dasar dari suatu masyarakat yang bermoral. Semoga setiap perkawinan bisa selalu bertumbuh dan dikuatkan.

    BalasHapus
  19. Thanks ka sudah sharing. Semoga aku bisa menerapkan hal ini ketika nanti sudah mendapatkan jodoh, Aamiin.

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah saya sangat bersyukur bisa kesini.. dan mendapatkan manfaat.. Saya kalau ribut dengan istri apabila belum baikkan belum bisa tidur

    BalasHapus
  21. waduhh.. tips menarik sih, terlebih sya sedang merencanakan pernikahan dalam beberapa bulan ke depan, hehehe..

    terimakasih telah berbagi informasinya.. silahkan mampir ke blog saya tegaraya.com

    BalasHapus
  22. Semoga sakinah mawaddah wa rohmah buat semua yang sudah menikah dan yang akan menikah.
    Mbak Nita semangat ya buat ngingetin lewat postingan2 gini. Apalagi sekarang banyak banget yang gak mikir panjang buat bercerai gara-gara tidak saling mengerti dan egois.

    BalasHapus
  23. Halo.. sya kembali lagi utk memberi komentar.. hehee

    Artikel kaya gini cocok nih buat yg udah berumah tangga, smoga sya yg bentar lg mau ke pelaminan bakal terinspirasi ya.. hehee.. makasih

    BalasHapus
  24. Di simpen dulu. Siapa tau besok pas udah nikah informasinya bisa diterapkan hehe

    BalasHapus
  25. Komunikasi itu yang paling penting. Karena yang udah-udah runyam jadi salah paham tanpa komunikasi yang bener. hehehehe :h :h :h

    BalasHapus
  26. Yippi. Bintangin, ah. Untuk bahan belajar berharga di masa depan. Sering-sering kasih tip beginian, Mba Nita.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke inspirasi nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diatara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger