Kata Penyemangat Untuk Diri

Kamis, 31 Maret 2022
Hidup aman dan nyaman dalam berbagai situasi dan kondisi adalah dambaan setiap orang, namun faktanya tidak banyak orang yang dapat memperoleh keamanan dan kenyamanan secara maksimal dalam kehidupannya. Diantara penyebabnya adalah keterbatasan mengenai pengenalan dan pemahaman terhadap dirinya sendiri, dan minimnya kata-kata bijak dan kata-kata penyemangat yang dapat memotivasi dirinya. kata-kata bijak atau kata penyemangat untuk diri bila benar-benar diresapi bisa menjadi salah satu kunci untuk menciptakan kebahagiaan. Karena Diri kita begitu berharga.

Pengenalan dan pemahaman terhadap diri sendiri itu biasa disebut konsep diri. Berasal dari bahasa Inggris yaitu self concept. Konsep diri adalah pemahaman terhadap kelebihan dan kekurangan diri sendiri dalam aspek aspek fisik, kognitif (kemampuan berpikir), afektif (kemampuan merasakan / sesuatu yang berhubungan dengan sikap, watak, perilaku, minat, emosi, dan nilai seseorang), serta psikomotor (kemampuan untuk melakukan sesuatu).


kata motivasi untuk diri


Pengertian Konsep Diri Menurut Para Ahli


Rini berpendapat Konsep diri adalah suatu keyakinan, pandangan, atau penilaian seseorang terhadap dirinya. Burns Pudjijogyanti menguraikan bahwa konsep diri adalah keterkaitan sikap dan keyakinan seseorang terhadap dirinya sendiri. Menurut James F. Calhoun konsep diri adalah gambaran mental seseorang mengenai pengetahuan, pengharapan, dan penilaian terhadap diri sendiri.

Jalaludin Rahmat menguraikan, konsep diri adalah pandangan dan perasaan seseorang yang bersifat psikologis, sosial dan psikis,  berupa gambaran deskriptif, dan juga penilaian terhadap dirinya sendiri. Sedangkan Mulyana menuturkan konsep diri adalah pandangan seseorang mengenai dirinya sendiri, yang sumber informasinya bisa berasal dari orang lain.



Komponen dalam Konsep Diri


Ada beberapa komponen yang menyertai konsep diri pada keadaan diri seseorang, kesemanya ini sangat berpengaruh pada kondisi fisik dan psikis seseorang. Komponen konsep diri tersebut diantaranya yaitu:

1. Citra tubuh / Gambaran diri.  Pandangan seseorang terhadap tubuhnya, baik meliputi: penampilannya, potensinya, ukurannya, dan bentuk tubuhnya.

2. Ideal diri.  Perilaku seseorang yang diharapkan menjadi sesuatu yang ideal, sesuai, atau cocok bagi dirinya.

3. Harga diri. Penilaian seseorang tentang dirinya sendiri mengenai posisi dan level yang dimilikinya.

4. Peran Perilaku.  Seseorang yang disesuaikan dengan tugas yang sedang dijalankannya.

5. Identitas diri.  Pemahaman terhadap keadaan dirinya sendiri secara menyeluruh.


Jenis Konsep Diri


Ada dua jenis konsep diri yaitu  Konsep diri positif dan konsep diri negatif. Konsep diri positif dimiliki seseorang yang berkeyakinan bahwa dirinya mampu mencari solusi atas berbagai masalah, setara dengan orang lain, layak menerima pujian, dapat memperbaiki kelemahan yang ada pada dirinya, dapat menjadi lebih baik, dan memahami dan menghargai perbedaan.

Sedangkan pada konsep diri negatif dimiliki oleh seseorang yang merasa dirinya tidak pantas menerima kritikan dari orang lain, harus mendapat pujian atas semua perbuatannya, dicurigai dan dipandang negatif oleh orang lain, pantas untuk mengkritik siapa saja meski dengan cara yang ekstrim, dan memiliki hambatan dalam bergaul dengan orang lain.


Kata bijak untuk diri sendiri



Kata-Kata Penyemangat Untuk Diri Sendiri


Untuk memiliki konsep diri yang positif, maka diperlukan beberapa situasi dan kondisi yang mendukung hal tersebut, diantaranya adalah motivasi. Motivasi yang paling mudah dan murah adalah berupa ucapan, atau ungkapan yang dapat dicari dan dikumpulkan sesuai dengan yang dibutuhkannya. Sista bisa mengungkapkan kata-kata ini, sebagi penyemangat dan kata-kata bijak yang ditujukan pada driri sendiri.


1. Bercerminlah ! maka akan kau temukan seseorang yang dapat mengubah hidupmu.

2. Siapapun tidak dapat merendahkanmu, kecuali jika kamu yang menyetujuinya.

3. Ujian itu bukan untuk melemahkanmu, tetapi untuk menguatkanmu.

4. Jika ingin sukses, maka fokuslah pada tujuan, dan atasi semua rintangan.

5. Jangan turun di tengah jalan! Turunlah ketika sampai di tujuan.

6. Mulailah melangkah, karena tidak ada orang yang mengangkat kakimu untuk melangkah.

7. Jika keindahan yang kau miliki tidak dihargai orang, maka tetaplah berkarya, karena matahari pun tampak indah dipagi hari ketika banyak orang masih tertidur. John Lennon.

8. Mulailah dengan menghargai diri sendiri, supaya orang lain pun dapat menghargaimu.

9. Rahasia sukses adalah bekerja keras, karena keringatmu adalah bahan bakar untuk meraih sukses.

10. Kita tidak bisa mengendalikan tiupan angin, tapi layar pada kapal itu bisa kita sesuaikan arahnya.



Penutup



Manusia butuh motivasi yang bisa membuat dirinya semangat dalam menjalankan rutinitas hidupnya. Sebuah kata-kata bijak yang disampaikan untuk diri sendiri mampu menjadi penyulut semangat dalam dirinya. Teori konsep diri yang telah dijabarkan menjadi penguat pernyataan ini. Untuk itu hargailah dirimu, maka kamu akan dihargai oleh orang lain. Semangaaat!!

16 komentar on "Kata Penyemangat Untuk Diri"
  1. Seperti memberikan suntikan hal baik untuk diri sendiri agar kita pun bisa mendapatkan hal yang baik gitu ya, Kak.

    BalasHapus
  2. Bener juga, kita memang terkadang butuh motivasi diri untuk tetap semangat. Soalnya kadang suka merasa kalah sendiri sebelum berperang. Jadi harus lebih pandai menyemangati diri sendiri nih. Makasih atas artikel inspirasinya yang superb

    BalasHapus
  3. Wah dapat positif word nih di artikel ini, sungguh setelah baca semua kata-kata penyemangat justru saya lebih bersyukur dengan apa yang ada sekarang. Ayo semangat!

    BalasHapus
  4. Afirmasi seperti ini penting banget buat diri sendiri, kalau bukan kita yang puk puk diri sendiri, siapa lagi kan?

    BalasHapus
  5. Kata kata positif untuk diri sendiri bisa jadi penyemangat hidup yang lebih baik ya mbak. Bisa ngilangin stress

    BalasHapus
  6. Kata-katanya begitu memotivasi. Keren. Misalnya yang ini:

    Siapapun tidak dapat merendahkanmu, kecuali jika kamu yang menyetujuinya.

    Wah. Jadi santai sekarang mau orang bilang apa..

    BalasHapus
  7. Memotivasi diri sendiri adalah salah satu cara juga buat makin bahagia ya, kak. Kata-kata motivasi yang diucapkan ke diri sendiri tentu bisa mujarab untuk menyemangati diri sendiri.

    BalasHapus
  8. Suka ini mbak Nita : Jika keindahan yang kau miliki tidak dihargai orang, maka tetaplah berkarya, karena matahari pun tampak indah dipagi hari ketika banyak orang masih tertidur.
    mengingatkan untuk sellau berkarya, selalu berbuat baik, abaikan kata-kata orang, apalagi kata-kata yang negatif

    BalasHapus
  9. Betul memiliki kata penyemangat akan bermanfaat secara keseharia , terima kasih motivasi artikel

    BalasHapus
  10. konsep diri positif ini menurut saya mesti terus menerus ditanamkan terhadap diri sendiri. Afirmasi positif dengan kkalimat penyemangat untuk diri juga bagus untuk sering dilakukan

    BalasHapus
  11. makasih buat inspirasi kata penyemangatnya kak, jujur kalo lagi capek dan down banget jadi suka stress sendiri. makanya akhir2 ini aq mulai merubah mindset untuk lebih mencintai diri sendiri dulu, karena diri sendiri juga butuh dihargai

    BalasHapus
  12. Saya suka mencari motivasi di media sosial kalau suka ngedrop gitu suasana hati. memang hati manusia itu diliputi suasana tak menentu ya kak. Dan memang berpikiran positif merupakan kunci utama dalam hidup

    BalasHapus
  13. konsep diri ini memang penting. proses mengenali diri sendiri. jangan sampai anak memiliki konsep diri yang negatif atau buruk. jangan hanya fokus pada kekurangannya saja tetapi juga pada kelebihannya juga. ok, tetap putus asa jangan semangat! (he he... just kidding)

    BalasHapus
  14. Sepakat dengan qoutenya om john

    Jika keindahan yang kau miliki tidak dihargai orang, maka tetaplah berkarya, karena matahari pun tampak indah dipagi hari ketika banyak orang masih tertidur. John Lennon.

    Tetap semangat berkarya
    ..

    BalasHapus
  15. Terkadang diri ini memang butuh kata-kata motivasi agar bisa terus semangat menjalani hari. Btw, makasih insight barunya kak

    BalasHapus
  16. Kumpulan kata-kata penyemangatnya bagus-bagus bgt mbak. Bisa jadi motivasi buat saya nih

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger