Pengetahuan Dasar Musik Untuk Guru TK

Rabu, 23 Maret 2022
Materi Pengetahuan Dasar Musik untuk Guru TK  merupakan materi kelima pada Mata Kuliah Pendidikan Seni Musik dan Suara Anak Usia Dini. Pengetahuan dasar bermusik pada anak diberikan setelah kita mengetahui kemampuan dasar musik pada anak, agar lebih mudah dan menyenangkan dalam penerapannya.


Pengetahuan dasar musik



Pendahuluan: Pengetahuan Dasar Musik untuk Guru TK


Pengetahuan dasar musik perlu dikuasai oleh para pendidik di taman kanak-kanak, karena erat kaitannya dengan kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan pada tingkat satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan di taman kanak-kanak biasanya diisi dengan nuansa permainan musik dan nyanyian. 

Untuk itu pengetahuan dasar dalam seni musik  sangat diperlukan para pendidik agar mampu memilih secara tepat jenis musik dan lagu untuk anak dan mampu mengajarkannya dengan benar. Hal ini sejalan dengan usaha menumbuh kembangkan rasa keindahan, musikalitas, kepekaan dan rasa sosial pada anak secara tepat.

Jika kita mampu memahami pengetahuan dasar musik dengan baik, maka kita akan memiliki kemampuan untuk memahami karya musik. Pengetahuan ilmu seni musik untuk guru TK diperuntukkan sebagai bekal pengetahuan untuk memahami jenis musik dan lagu yang tepat yang pantas disuguhkan untuk anak usia dini, selain itu apresiasi kita terhadap musik juga akan lebih baik, jika kita mengetahui ilmu dasar tentang musik.

Pengetahuan dasar musik ini merupakan bekal ilmu yang perlu kita pegang sebagai pendidik agar kita bisa memiliki keterampilan bermusik seperti bernyanyi dan memainkan alat musik untuk kemudian diperkenalkan pada anak.

Pengetahuan dasar musik untuk para pendidik anak usia dini bukan bertujuan untuk membentuk guru sebagai composer yang ahli dalam bermusik, namun sebatas memberikan bekal dasar bermusik untuk guru agar mampu memahami keindahan suatu musik sehinggga sedikitnya mengerti mana musik yang pas untuk diperkenalkan pada anak. 

Selain itu kemampuan dasar musik yang dimiliki oleh para guru taman kanak-kanak akan bermanfaat dalam pemilihan metode dan model yang tepat dalam menerapkan pendidikan seni musik untuk anak.
Hal ini diutamakan agar anak bisa berkembang secara optimal melalui segala aspek kemampuan yang dimiliki anak dalam hal ini kemampuan seni.

Pembahasan: Pengertian Musik


Sebelum kita beranjak lebih jauh pada teori bagian-bagian dari musik, perlu kiranya kita mengetahui makna dari musik itu sendiri. Menurut Josep Machlis dalam Pekerti (2018: 5.14) musik merupakan bahasa emosi yang memiliki tata bahasa, ilmu kalimat dan retorika yang hampir sama sifatnya seperti bahasa pada umumnya. Namun bahasa pada musik akan terasa maknanya jika sudah diiringi bunyi atau nada yang disusun secara harmonis.

Fungsi musik


Fungsi musik dalam kehidupan diibaratkan garam di dalam sayur, yaitu sebagai penyedap. Musik dapat digunakan pada kegiatan yang resmi maupun yang santai. Musik merupakan penyemangat dan mampu memberikan atmosfer yang menyegarkan di segala situasi. 

Musik bahkan dijadikan sebagai ciri negara. Setiap bangsa memilki lagu kebangsaan. Musik bisa digunakan sebagai sarana relaksasi, bahkan penelitian terakhir musik digunakan sebagai media penyembuhan. Perlu kiranya kita memanfaatkan musik untuk hal-hal positif dan singkirkan yang mendorong pada hal negatif.


Musik untuk Anak Usia Dini


Musik pada anak memilki fungsi sebagai pembangun rasa musikalitas dan unsur keindahan pada jiwa anak. Musik juga dapat mengembangkan kepribadian dan kecerdasan anak. 

Untuk itu perlu penyuguhan dan pemilihan musik yang tepat. Musik yang tepat untuk anak adalah yang mampu dijangkau oleh anak, sesuai dengan pertumbuhan serta perkembangan anak dan juga memiliki tujuan untuk mendidik.

Agar para guru mampu  memahami ilmu seni musik secara aplikatif, maka saya mengulas ilmu dasar tentang seni musik disertai dengan contoh salah satu lagu anak yang sudah sangat familiar di telinga kita semua, yaitu lagu “Tik-Tik Bunyi Hujan”. Silahkan coba dipraktekan dan pelajari peletakkan nada rendah dan nada tinggi dari lagu tersebut. Bisa teman-teman buka video berikut:




Unsur-Unsur dalam Musik


Agar musik memiliki alunan keindahan ketika diperdengarkan, maka diperlukan unsur yang selaras dalam menciptakan karya seni musik. Unsur-unsur di dalam musik diantaranya yaitu:

Pitch


Nada rendah dan nada tinggi dalam sebuah lagu dinamakan Pitch. Tinggi rendahnya pitch dipengaruhi oleh cepat atau lambatnya getaran sebuah nada. Dengan mengetahui pitch pada sebuah lagu, pendidik atau orang tua akan mengerti mana lagu yang mampu dinyanyikan oleh anak dan mana yang tidak.

Lagu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan dirasakan sulit oleh sebagian besar anak. Untuk itu hindari pemilihan lagu yang tidak disenangi anak dan dirasakan sulit jika dinyanyikan oleh anak.

Durasi


Panjang atau pendeknya nada ketika menyayikan syair dalam sebuah lagu dinamakan durasi. Coba teman-teman perhatikan mana nada yang panjang dan mana nada yang pendek dalam lagu Tik-Tik Bunyi Hujan, atau bisa juga teman-teman amati lagu yang lainnya.

not lagu tik bunyi hujan


Intensitas atau Dinamis

 
Kuat atau kerasnya dan lemah atau lembutnya nada dinamakan intensitas. Intensitas biasanya dipresentasikan dengan tanda-tanda dinamis untuk menunjukkan keras lembutnya sebuah lagu. Namun dalam lagu-lagu anak TK tidak dijumpai tanda dinamis. Namun untuk menambah wawasan musik saya sertakan keterangan tentang tanda-tanda dinamis.


tanda dinamis

Arti Tanda Dinamika


  • P = Piano artinya lembut
  • PP = Pianissimo artinya sangat lembut
  • PPP = Pianisissimo artinya sangat-sangat lembut 
  • mp = Mezzo Piano artinya setengah lembut
  • f = forte artinya keras atau kuat
  • ff = fortissimo artinya sangat keras atau kuat
  • fff =fortisissimo artinya sangat-sangat keras atau kuat
  • mf = mezzo forte artinya setengah keras atau agak kuat

Proses perubahannya dinamakan  crescendo (< ) dari lembut ke keras dan decrescendo ( > ) dari keras ke lembut. Untuk lebih jelasnya bisa disaksikan video berikut ini:







Timbre


Timbre adalah asal sifat bunyi. Apakah suara instrument musik yang kita dengar berasal dari suara manusia atau suara alat musik sesungguhnya. Melalui suara yang kita analisis kita mampu membedakan warna nada yang dihasilkan. Perbedaan warna nada ini disebabkan oleh jenis atau kualitas bahan instrument atau jenis suara, ukuran, bentuk dan cara memainkan alat musik untuk menghasilkan sebuah suara.

Unsur Ritme dalam Musik


Ritme merupakan unsur musik yang berkaitan dengan gerak dan waktu yang bersumber dari gerak tubuh manusia dan pergerakan alam. Ritme yang dijumpai dari pergerakan alam misalnya, pergantian siang dan malam, perubahan bulan sabit menjadi bulan purnama dan Kembali menjadi bulan sabit, serta pertumbuhan dan perkembangan manusia dari sejak lahir sampai dewasa.

Ritme dengan bentuk yang sederhana sekalipun mampu memberikan efek pada jiwa. Ritme yang diulang disebut juga dengan detak jantung musik. Ketukan musik menandakan ada sesuatu yang hidup mengalami perubahan, pergerakan dan mengalir. 

Selanjutnya kita bahas unsur apa saja yang ada dalam ritme, diantaranya yaitu: 

Beat 


Beat biasa disebut juga sebagai pulsa Agak sulit menerangkan apa itu beat, namun jika digambarkan kurang lebih seperti ini.

ketika kita mendengarkan musik, kita rasakan dari alunan musik dan masuk mengikuti irama musik sambil menghentakkan kaki atau menggoyangkan badan, kecepatan hentakkan kaki atau goyangan badan mengikuti cepat lambatnya alunan musik, inilah yang dinamakan beat.

Meter/Birama 


Birama merupakan permainan ketukan dalam sebuah lagu yang biasanya ditandai dengan 3 model birama, yaitu birama 2/4, 3/4, dan 4/4. Coba aplikasikan melaui lagu “Tik-Tik Bunyi Hujan yang memiliki birama 2/4.

Silahkan teman-teman coba aplikasikan! Beat diaplikasikan dengan petikan jari, birama dengan tepuk tangan dan notasi lagu diganti dengan ucapan “la la la”, dalam lagu "Tik-Tik Bunyi Hujan" lakukan dengan kecepatan/tempo yang lambat terlebih dahulu.

Unsur Melodi dalam Musik


Melodi merupakan serangkaian nada yang menyenangkan yang mengandung pitch dan durasi. Dalam sebuah nada disertai suatu pola yang berkesinambungan yang memiliki arah dan bentuk, memiliki awal dan akhir. Ada beberapa properti dalam sebuah melodi diantaranya yaitu:

Gerak maju 


Sebuah lagu disusun dari nada yang terus maju bergerak dari awal hingga akhir yang disebabkan karena adanya interval (jarak antara nada dengan nada). Seperti halnya lagu “Tik-Tik Bunyi Hujan” akan mengalir mengikuti susunan nada yang telah disusun oleh sang penciptanya.

Wilayah Nada


Wilayah nada merupakan melodi yang terkumpul dari susunan nada-nada yang dipilih. Seperti halnya dalam lagu anak-anak memiliki wilayah nada yang tidak terlalu luas seperti halnya dalam lagu dewasa. Contoh: lagu “Tik-Tik Bunyi Hujan” mempunyai wilayah nada dari do rendah ke do tinggi, hanya 1 oktaf.

Ukuran 


Ukuran pada lagu anak-anak tidak terlalu Panjang, pendek-pendek. Biasanya memiliki tidak lebih dari enam birama. Lagu anak-anak memiliki ukuran melodi yang pendek.

Tempo dan Ritme


Tempo dan ritme memberikan warna dalam sebuah melodi. Tempo dan ritme merupakan tingkat kecepatan atau lambatnya beat dimainkan. Tempo secara garis besar dibagi menjadi dua kelompok yaitu tempo lambat dan tempo cepat.


tempo dan ritme
Sumber: Kibrispdr.org


Kontur


Kontur merupakan pergerakan melodi yang ditunjukkan dengan naik dan turun yang disebabkan oleh tinggi rendahnya pitch.

Unsur-Unsur Harmoni dalam Musik


Elemen musik dikatakan memiliki harmoni jika terdapat dua atau tiga suara yang dibunyikan secara bersama-sama. Biasanya jika anak-anak yang menyanyikan sebuah lagu tidak ada unsur harmoni di dalamnya. Beda jika guru mengarahkan sekelompok anak pertama menyanyikan sebuah lagu misal “Tik-Tik Bunyi Hujan” dengan nada (sol sol sol fa mi re mi fa sol) suara kelompok dua (sol sol sol fa mi re mi sol mi) Suara kelompok tiga (sol sol sol fa mi re mi fa re).

Unsur harmoni juga akan muncul jika sebuah lagu diiringi dengan instrument musik yang lengkap seperti gitar, piano, perkusi, biola dan lainnya. Unsur harmoni terbentuk karena akor dan interval menyertai lagu yang sedang dinyanyikan. Berikut kita bahas tentang unsur yang membentuk harmoni padalagu anak-anak.

Tangga nada


Serangkaian nada yang disertai dengan interval tertentu sehingga menghasilkan bunyi nada do re mi fa sol la si do atau sebaliknya do si la sol fa mi re do. Ditulis dalam bentuk notasi balok maupun notasi angka. 

Notasi balok ditulis dalam para nada sedangkan notasi angka hanya ditulis seperti biasa berupa rangkaian angka yang dilambangkan dengan menggunakan angka 1 sampai dengan tujuh. Berikut jenis not balok serta nilai ketuknya.


Not balok



Dalam mengenalkan tangga nada dengan notasi balok pada anak, para guru bisa memodifikasi dengan menambahkan kata pada rangkaian huruf di depannya. Misal D=donat E=enak F=fanta G=gulali B=Bakso dan seterusnya, penambahan kata bisa disesuaikan dengan karakteristik anak. Bila anak suka buah, bisa diganti dengan nama buah-buahan.

 Di dalam tangga nada ada beberapa tanda, diantaranya yaitu:

Tanda kunci


Tanda kunci ditandai dengan huruf diantaranya kunci G, kunci F dan kunci C dan seterusnya.

Tanda Mula


Tanda mula juga mengandung arti tanda kres, tanda mol dan tanda pugar. Tanda kres atau sharp adalah tanda kromatis yang berfungsi untuk meninggikan not setelahnya sebesar setengah nada, misalnya tanda kress di not C berubah menjadi Cis. 

Tanda mol atau tanda flat terletak di depan not dan berfungsi merendahkan setengah nada. Tanda pugar atau disebut juga tanda natural berfungsi untuk mengembalikan nada yang ditinggikan atau direndahkan ke posisi semula.


Tanda mulaSumber: Kompas.com


Tanda Birama


Tanda birama ditandai dengan simbol 2/4 dua perempat, ¾ tiga perempat, 4/4 empat perempat, dan 6/8 enam perdelapan.

Sebagai contoh birama 2 /4 cara membacanya atau memiliki arti 2 bagian atas artinya memiliki 2 jumlah ketukan dalam satu bar dan angka 4 pada bagian bawah diartikan ada dua nada not yang nilai pernotnya adalah 1/4 dalam satu bar.

Para Nada


Paranada merupakan not balok ditempatkan terdiri dari lima baris horizontal yang memiliki jarak yang sama dan terdiri dari empat spasi. Penempatan not balok bisa di spasi atau di garis paranada.

para nada
Foto: www.serbaserbi.blogspot.com

Para nadaSumber foto: agunge.com

Interval


Istilah dalam musik yang menunjukkan jarak antara dua nada disebut sebagai interval. Sebagai contoh interval nada sol ke nada si atau nada g ke nada f. di bawah ini contoh beberapa interval dalam satu oktaf.


Akor


Akor tercipta karena ada penggabungan tiga nada atau lebih sehingga menciptan keharmonisan dalam bunyi. Biasanya untuk lagu anak taman kanak-kanak yang sederhana diiringi oleh akor C Mayor, G-Mayor dan F-Mayor atau D-Mayor.


Kesimpulan


Musik memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia diantaranya untuk membangkitkan semangat dalam beraktifitas. Dalam pembuatan syair pada musik memerlukan tata bahasa yang baik, walaupun kesan bahasa dalam musik bersifat absurd.

Musik dibentuk dari bunyi, melodi, ritme dan ekspresi. ketinggian atau rendahnya bunyi dinamakan pitch, panjang atau pendek nada disebut durasi dan kuat atau lemahnya nada disebut intensitas. Ritmis dan Melodi juga sebagai elemen penyusun dalam musik, menjadikan musik terdengar bagus dan enak dinikmati.

Materi pengetahuan dasar musik perlu dipahami oleh para guru TK. Dengan memahami pengetahuan dasar musik sebagai guru kita bisa mamahami bagaimana lagu yang tepat yang bisa dikenalkan pada anak. Melalui pemahaman dasar musik guru akan mampu memilih model lagu yang tepat untuk anak-anak karena memahami karakteristik musik yang pas untuk anak.
















6 komentar on "Pengetahuan Dasar Musik Untuk Guru TK"
  1. assalamualaikum wr. wb.
    Nama : Siti Nurdayanah
    Npm : 20231002

    sebagai seorang guru PAUD kita harus memahami terlebih dahulu dasar-dasar dalam musik.
    yaitu tentang unsur-unsur dalam musik, unsur ritme, unsur melodi dan unsur-unsur harmoni yang ada dalam seni bermusik karena itu bekal dasar untuk mengajarkan kepada anak-anak, jika kita tidak mengetahui dasarnya kita akan kebingungan mengajarkan kepada anak tentang musik.

    BalasHapus
  2. Nama : Siti Atikah 20231004

    Alhamdulillah pertemuan ke-5 ini kita mendapatkan tambahan ilmu lagi ttg" Pengetahuan Dasar Musik untuk Guru TK" .

    Merupakan bekal ilmu yg perlu kita egang sbgai pendidik agar kita bisa memiliki keterampilan bermusik seperti, bernyanyi dan memainkan alat musik utk kemudian di perkenalkan pada anak.
    Menurut Josep Machlis dalam pekerti, musik merupakan bahasa emosi yg memiliki tata bahasa, ilmu kalimat, dan retorika yg hampir sama sifatnya seperti bahasa.
    Unsur2 dalam musik:
    1. Pitch
    2. Durasi
    3. Intensitas
    4. Timbre.

    Terimakasih.

    BalasHapus
  3. Mutia Sapira (20231005)

    Sebagai pendidik PAUD pengetahuan dasar musik perlu dikuasai, karena erat kaitannya dengan kegiatan pembelajaran yang sebagian besarnya diisi dengan permainan musik dan nyanyian.

    Musik sesuatu hal yang menyenangkan selain menyenangkan musik juga bisa menggali kecerdasan anak, membangun sara musikalitas dan unsur keindahan jiwa anak.

    Musik tak lepas dari unsur melodi (gerak maju, wilayah nada, ukuran, tempo, kontur dan ritme), unsur harmoni (tangga nada, interval, akor), unsur ritme (beat, birama), pitch, durasi, intensitas dan timbre.

    Semoga kita sebagai pendidik bisa menguasai pengetahuan dasar ini agar memahami karakteristik musik untuk anak atau memilihkan lagu yang tepat untuk anak. Aamiin

    BalasHapus
  4. Siti Atikah 20231004

    Sebagai seorang pendidik kita harus mengetahui pengetahuan dasar musik agar kita memiliki keterampilen bermusik seperti bernyanyi dan memainkan alat musik kemudian di perkenalkan pada anak.
    Fungsi musik sebagai halnya ,ibarat garam di dalam sayur,yaitu sebagai penyedap.
    musik sbgai penyemangat dan mampu memberikan atmosfer di sgala siuasi. Musik memiliki manfaat dalam kehidupan manusia diantaranya utk membangkitkan semangat dalam beraktifitas.Dan mencerdaskan otak anak,serta byak memberi pengaruh positif utk tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum..
    Mitha Muftalia 20231011
    review materi pada hari ini yaitu
    Pengetahuan dasar musik ini merupakan bekal ilmu yang perlu kita pegang sebagai pendidik agar kita bisa memiliki keterampilan bermusik seperti bernyanyi dan memainkan alat musik untuk kemudian diperkenalkan pada anak. Pengetahuan dasar musik untuk para pendidik anak usia dini bukan bertujuan untuk membentuk guru sebagai composer yang ahli dalam bermusik, namun sebatas memberikan bekal dasar bermusik untuk guru agar mampu memahami keindahan suatu musik sehinggga sedikitnya mengerti mana musik yang pas untuk diperkenalkan pada anak.
    Fungsi musik seperti halnya ibarat garam di dalam sayur, yaitu sebagai penyedap. Musik dapat digunakan pada kegiatan yang resmi maupun yang santai. Musik merupakan penyemangat dan mampu memberikan atmosfer di segala situasi.

    BalasHapus
  6. assalamualaikum wr wb
    Nama : Siti Nurdayanah
    Npm : 20231002
    Review saya pada matahari kali ini yaitu karakteristik musik pada anak usia dini diajarkan sesuai dengan kemampuan anak mulai dari suara, batas jangkauan nada, pernapasan anak dan lain sebagainya. jangan memaksakan anak agar mengikuti alunan musik yang belum anak mampu melakukannya ajar dari lagu-lagu sederhana dan nada yang sederhana juga.

    terima kasih..

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger