Kegiatan Bermain Seni Musik dan Suara pada Anak Usia Dini

Rabu, 09 Maret 2022

Kegiatan Bermain musik dan suara pada anak dilakukan dengan riang gembira dan menyenangkan. Selain itu harus mempertimbangkan kemampuan anak yang berbeda dengan anak lainnya.


Hal prinsip lainnya adalah harus disesuaikan dengan kemampuan dasar yang dimiliki anak, jangan melakukan paksaan ketika anak telah memberikan isyarat tidak minat terhadapa sebuah permainan.


Kegiatan Bermain Musik dan Suara pada Anak USia Dini

Kegiatan bermain merupakan hal yang sangat disenangi oleh anak, selain itu bermain merupakan Kebutuhan dasar bagi anak dan juga pekerjaan anak.


Bermain juga merupakan media stimulasi bagi anak untuk mengembangkan aspek pertumbuhan dan perkembangan yang ada pada anak. Para pendidik sebagai fasilitator harus jeli mencermati setiap kondisi anak yang berbeda dan unik, sehingga bisa menyediakan fasilitas alat bermain yang tepat bagi anak.


Pembahasan kali ini kita fokuskan pada konsep bermain seni musik dan suara pada anak. Apa saja permainan yang mampu menstimulasi kemampuan seni musik dan suara anak? Tidak perlu alat musik yang mewah atau rumit, kita bisa mengajak anak untuk mengeksplor alat dan bahan yang biasa kita temui dengan mudah di sekeliling kita.

 


Alat dan Bahan untuk Bermain Seni musik dan suara untuk Anak
 

Alat dan bahan yang bisa digunakan untuk bermain Bersama anak dalam rangka mengenalkan seni terbagi menjadi dua, yaitu:


1. Alat musik Alam


Alat musik alam adalah alat musik yang terbuat dari bahan-bahan yang tersedia di alam, misalnya ranting pohon, daun-daun kering, kacang-kacangan, batu-batuan, pasir, kulit binatang dan lain sebagainya.


2. Alat musik Buatan


Alat musik buatan maksudnya adalah alat musik dan alat-alat yang menimbulkan suara buatan pabrik atau buatan manusia, misalnya bisa alat musik seperti piano, gitar, okulele, rebana dan sebagainya. 


Bisa juga alat-alat yang biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari yang dapat mengeluarkan suara dan menciptakan suara yang berbeda-beda, misalnya sendok, garpu, piring, gelas, panci, mangkuk, galon, botol, kaleng dan lain sebagainya.

Hal yang Perlu Diperhatikan ketika Bermain Seni Musik dan Suara Bersama Anak


Ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika para orang tua dan pendidik mengajak anak bermain seni musik dan suara agar suasana bermain berjalan lancar, nyaman, dan menyenangkan, diantaranya yaitu:


1. Pemilihan tempat 


Pilih tempat yang luas. Bisa di dalam ruangan atau di luar ruangan. Tujuannya adalah agar anak bisa bebas bergerak dan bebas mengeksplor alat dan bahan yang digunakan untuk bermain, dalam hal ini bermain musik.



2. Pemilihan Alat dan Bahan


Pilih alat dan bahan yang aman untuk anak, jika menggunakan alat dan bahan keperluan sehari-hari, usahakan yang terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah, seperti kaleng, karet, plastik agar tidak membahayakan anak.


Selain elemen/bahan yang digunakan, perhatikan juga ukurannya. Usahakan alat yang digunakan memudahkan untuk anak dalam penggunaannya, dalam artian mudah dipegang dan dijangkau oleh anak, sehingga dalam proses bermain anak merasakan kegembiraan dan kenyamanan, serta tidak merasa kesulitan


3. Membebaskan Anak Berkreasi


Para pendidik dan orang tua usahakan memberikan kebebasan pada anak untuk berkreasi menciptakan suara atau gerak yang mereka inginkan. Selagi itu tidak membahayakan bagi mereka usahakan orang tua atau guru tidak terlalu memberikan batasan dalam permainan musik pada anak.

 

4. Membuat Suasana Aman


Guru dan orang tua harus menciptakan suasana yang aman, nyaman, santai, bahagia dan riang gembira bagi anak. Suasana riang gembira akan memudahkan anak untuk beradaptasi pada permainan yang sedang mereka lakukan, meski permainan tersebut baru saja mereka kenali, dan belum dikuasai.

Kegiatan Bermain Musik dan Suara yang Bisa dilakukan Bersama Anak

 

Banyak sekali kegiatan bermain seni musik dan suara yang bisa disuguhkan untuk anak. Guru bisa mengembangkan daya kreativitasnya untuk menstimulasi motorik anak. Beberapa kegiatan tersebut diantaranya, yaitu:


1. Bermain dengan Berperan Ala Grup Orchestra atau Grup Band. 


Permainannya bisa dikondisikan dan diterapkan dengan cara sebagai berikut:

Sediakan alat sumber suara. Bisa alat buatan pabrik atau alat yang tersedia di alam. Biarkan masing-masing anak memegang alat sumber bunyi dan membunyikan Bersama-sama dengan temannya atau bisa juga bergantian.


Awasi oleh pendidik atau orang tua. Guru dan orang tua bisa juga mengambil peran sebagai pemimpin orchestra. Usahakan guru ikut serta dalam permainan ini.


Bisa bergantian anak-anak yang tampil dan guru yang memberi aba-aba atau sebaliknya. Bisa juga guru atau orang tua yang memainkan alat musik dan anak-anak yang bernyanyi.


2. Bermain petak musik.


Cara memainkannya sebagai bberikut:

  • Sediakan alatnya terlebih dahulu. Bisasa menggunakan kursi atau membuat lingkaran semacam tempat berpijak. Bisa disesuaikan dengan alat dan bahan yang tersedia.
  • Setelah itu bunyikan permainan musik. Cara membunyikannya bisa dengan menyetel lagu dari tape dan sejenisnya atau guru yang mengiringi dengan alat musik yang tersedia. 
  • Hentikan musik lalu perintahkan anak untuk duduk di kursi, anak bisa masuk ke dalam pijakan atau lingkaran. Bisa dengan aneka gerak yang disenangi anak, misal memegang Pundak temannya atau meletakkan tangan di pinggang.


Permainan ini bisa dikembangkan sesuai dengan daya kreativitas anak dan guru atau orang tua.


3. Menari mengikuti suara musik


Setel musik yang riang gembira dan nada yang disesuaikan untuk anak, lalu minta anak untuk mengikuti iramanya.

4. Bermain musik alat tradisional dengan diiringi lagu tradisional. 


Kegiatan yang ingin dilakukan bisa disesuaikan dengan daya kreativitas anak dan guru, bisa juga dilakukan oleh orang tua di rumah sebagai sumber inspirasi ketika bermain dengan anaknya.



Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Bermain Seni Musik dan Suara Bersama Anak


Ada hal-hal yang harus diperhatikan saat bermain seni dan suara Bersama anak agar kegiatan bermain tetap berjalan kondusif, nyaman dan menyenangkan untuk anak dan guru juga para orang tua. 


Usahakan agar melakukan dan menanamkan  hal-hal positif selama kegiatan bermain dengan memperhatikan enam aspek perkembangan pada anak.. Hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya yaitu:


  1. Hendaknya para pendidik dan orang tua ikut serta dalam kegiatan bermain seni dan suara Bersama anak.
  2. Membuat kesepakatan aturan dalam permainan.
  3. Memberikan pujian terhadap hal yang dilakukan oleh anak.
  4. Tidak boleh mencela apa yang sudah anak lakukan.
  5.  Mainkan alat musik atau alat bunyi-bunyian dengan nada, timbre, melodi, harmonidan dinamik yang beraneka ragam.
  6. Ajak anak untuk menilai gerakan yang dia lakukan atau gerakan-gerakan yang dilakukan oleh guru dan orang tuanya atau temannya.
  7. Usahakan anak mengenal berbagai macam alat musik dan lagu-lagu baik lagu anak-anak maupun lagu-lagu tradisional.

Kesimpulan


Bermain seni musik dan suara pada anak usia dini sangat dianjurkan, sebagai stimulasi yang diberikan kepada anak untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Memperkenalkan permainan seni musik dan suara pada anak tidak hanya menggunakan bahan dan alat yang formal namun bisa menggunakan alat seadanya yang biasa kita temui di lingkungan kita. Bisa menggunakan alat dan bahan yang didapatkan dari alam maupun buatan manusia atau pabrik.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika bermain musik dan suara bersama anak agar tercipta situasi yang kondusif, menyenangkan dan nyaman, diantaranya adalah pemilihan alat dan bahan yang aman dan disesuai dengan kondisi anak.


Selain itu sediakan tempat yang luas agar anak bisa bergerak bebas. Usahakan dalam proses bermain seni musik dan suara bersama anak selalu menanamkan dan mengenalkan hal-hal positif dan berkesan untuk anak dengan mempertimbangkan 6 aspek perkembangan anak.


Banyak sekali kegiatan yang bisa diciptakan dalam bermain seni musik dan suara bersama anak. Hendaknya guru atau orang tua ikut serta mengawasi dan terlibat dalam permainan agar anak mendapatkan bimbingan dan arahan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. 




Referensi


Hasbi, Muhammad dan Dona Paramita. Bermain Musik dan Gerak. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta, 2020.

 

Pekerti, Widia dkk. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka, 2018.

 

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep dasar Pendidikan anak Usia Dini. Jakarta: Indeks, 2013.

 

 


7 komentar on "Kegiatan Bermain Seni Musik dan Suara pada Anak Usia Dini"
  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
    NAMA : SALUMIZA
    NPM : 20231014

    Pada pertemuan ke-3 ini tentang kegiatan bermain seni musik dan suara pada anak usia dini.

    Kegiatan bermain merupakan suatu hal yang paling di sukai atau di senangi oleh anak-anak, karena memang dunia nya anak-anak yaitu bermain.
    Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat bermain seni musik dan suara bersama anak-anak yaitu :
    1. Memilih tempat yang luas, agar anak bisa leluasa untuk memainkan musik dan suaranya
    2. Memilih alat dan bahan yang aman untuk anak, agar anak-anak yang memainkan alat musiknya tidak terluka
    3. Memberikan kebebasan pada anak-anak untuk berkreasi
    4. Harus menciptakan suasana yang nyaman, santai, bahagia serta gembira bagi anak.
    Ketika melakukan kegiatan bermain seni musik dan suara sebaiknya anak-anak harus di dampingi oleh orang tua atau gurunya.

    BalasHapus
  2. Siti Atikah (20231004)
    Bermain adalah hal yang sangat penting bagi anak, karena dengan bermain mereka akan merasa senang dan bahagia.
    Salah satu bermain untuk anak usia dini yaitu bermain seni musik dan suara.karena dgn seni semuanya akan terasa penuh warna.
    Hal-hal yg harus d,perhatikan dlm bermain seni musik dan suara bersama anak diantaranya:
    - Pemilihan alat dan bahan yg nyaman dan sesuai dgn kondisi anak serta tempat yg luas yg memungkinkan anak utk bergerak bebas.
    - Usahakan dalam proses bermain seni musik dan suara bersama,anak selalu menanamkan dan mengenalkan hal- hal positif dan berkesan untuk anak.

    BalasHapus
  3. bismillahirrahmanirrahim
    assalamualaikum wr. wb.
    Nama : Siti Nurdayanah
    Npm : 20231002

    review saya pada materi pada pertemuan ke 3 ini yaitu mengajarkan dan mengenalkan anak pada berbagai seni musik dan suara bisa dilakukan dengan bermain sambil belajar mereka bebas mengekspresikan diri mereka selama itu baik dan aman bagi mereka.
    ada banyak alat dan bahan yang bisa digunakan, yang terbagi menjadi 2 yaitu :
    1. Alat musik yang terbuat dari bahan-bahan yang tersedia di alam, misalnya ranting pohon, daun-daun kering, kacang-kacangan, batu-batuan, pasir, kulit binatang dan lain sebagainya.

    2. Alat musik dan suara yang diproduksi oleh pabrik, misalnya bisa alat musik seperti piano, gitar, okulele, rebana dan sebagainya. Bisa juga alat-alat yang biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya sendok, garpu, piring, gelas, panci, mangkuk, galon, botol, kaleng dan lain sebagainya.

    sekian review dari saya

    wassalamu'alaikum wr. wb

    BalasHapus
  4. Masliah ilahiyah

    Alat musik di bagi menjadi 2 bagian yang pertama dari bahan alam dan ke dua yang di padukan dengan buatan pabrik,ada beberapa yang harus di perhatikan agar anak tertarik untuk blajar musik,pilihlah tempat yang luas,alat musik yg aman buat anak anak,berikam kebebasan pada anak ,tempat yang nyaman .
    Berikan aturan yang konsisten agar anak paham dan mau di siplin dengan aturan ,dan aturan itu di buat atas kesepakatan bersama ,dan buat senyaman mungkin agar anak terus menerus tertarik dengan dunia musik.


    Terimakasih

    BalasHapus
  5. Mutia Sapira (20231005)

    Pada materi ke-3 adalah tentang mengenalkan seni musik dan suara pada anak usia dini dengan cara bermain tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anak menjadi kondusif yaitu bersabar, sebagai guru jangan terlalu perfeksionis, memilih tempat yang sesuai dan luas serta memilih alat musik dan bahan harus yang aman untuk digunakan oleh anak bisa dari lingkungan sekitar atau langsung mainan dari pabrik.

    Seni mengenalkan musik dan suara tidak hanya guru yang memperkenalkan tetapi sebagai orang tua juga harus terlibat dan mengawasi dalam proses ini

    BalasHapus
  6. Bismillahirrahmaanirrahiim..

    Siti Salwa
    20231006

    Review Materi tentang Kegiatan bermain seni musik dan suara pada anak usia dini.

    Dalam kehidupan ini, setiap orang atau setiap insan pasti tidak akan mungkin tidak menyukai seni. Seni apapun dalam kehidupannya yang menjadikan hidupnya lebih menyenangkan. Apalagi bagi anak anak yang masih dibawah umur yang sebagai pemula harus mendapatkan pendidikan yang pas di era umurnya tersebut.

    Ada banyak macam seni yang kita ketahui adanya. Disini ada alat dan bahan yang dapat digunakan dalam seni :
    1. Alat musik yang terbuat dari bahan-bahan yang tersedia di alam.

    2. Alat musik dan suara yang diproduksi oleh pabrik.

    Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika sedanh belajar mengenai seni dan musik bersama anak :
    1. Hendaknya para pendidik dan orang tua ikut serta dalam kegiatan bermain seni dan suara Bersama anak.


    2. Membuat kesepakatan aturan dalam permainan.


    3. Memberikan pujian terhadap hal yang dilakukan oleh anak.


    4. Tidak boleh mencela apa yang sudah anak lakukan.


    5. Mainkan alat musik atau alat bunyi-bunyian dengan nada, timbre, melodi, harmonidan dinamik yang beraneka ragam.


    6. Ajak anak untuk menilai gerakan yang dia lakukan atau gerakan-gerakan yang dilakukan oleh guru dan orangtuanya atau temannya.


    7. Usahakan anak mengenal berbagai macam alat musik dan lagu-lagu baik lagu anak-anak maupun lagu-lagu tradisional.


    Mungkin cukup sekian.

    Terimakasih🥰🙏🏻

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum
    Nama:Mitha Muftalia
    Nmp:20231011

    review pertemua ke 3 ini yaitu
    Ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika para orang tua dan pendidik mengajak anak bermain seni musik dan suara agar suasana bermain berjalan lancer, nyaman, dan menyenangkan, diantaranya yaitu:



    1. Pilih tempat yang luas, bisa di dalam ruangan atau di luar ruangan, agar anak bisa dengan bebas bergerak dan bebas mengeksplor alat dan bahan yang digunakan.

    2. Pilih alat dan bahan yang aman untuk anak, jika menggunakan alat dan bahan keperluan sehari-hari, usahakan yang terbuat dari kaleng atau plastik agar tak riskan pecah dan menimbulkan bahaya pada anak. Selain elemen yang digunakan perhatikan juga ukurannya. Usahakan alat yang digunakan memudahkan untuk anak dalam penggunaannya, dalam artian mudah dipegang dan dijangkau oleh anak, sehingga dalam proses bermain anak merasakan kegembiraan dan kenyamanan.

    3. Para pendidik dan orang tua usahakan memberikan kebebasan pada anak untuk berkreasi menciptakan suara atau gerak yang mereka inginkan, selagi itu tidak membahayakan bagi mereka.

    4. Menciptakan suasana yang nyaman, santai, bahagia dan riang gembira bagi anak. Suasana yang riang gembira akan memudahkan anak untuk beradaptasi pada permainan yang sedang mereka lakukan.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger