7 Cara Hidup Sehat dan Awet Muda

Kamis, 31 Maret 2022

Hidup sehat adalah impian setiap orang, baik sehat jasmani maupun sehat rohani. Ada beberapa cara untuk mewujudkan impian itu, baik cara yang berbiaya tinggi, ataupun cara yang berbiaya rendah. Keingininan yang tinggi dan cara meraihnya yang cukup beragam itu, ternyata tidak dapat dilakukan dengan baik oleh kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan daya juang, atau kemampuan berusahanya yang cenderung rendah.


Cara Hidup sehat agar awet muda


Selain hidup sehat, ada hal lain yang juga menjadi harapan manusia pada umumnya, yaitu hidup dalam keadaan awet muda. Untuk dapat mewujudkan keinginan tersebut, ada banyak orang yang rela mengeluarkan biaya dan anggaran yang cukup tinggi. Hal ini tentu saja bukan merupakan masalah besar bagi orang yang hidupnya serba berkecukupan. Akan tetapi bagi orang yang hidupnya kurang beruntung dalam bidang ekonomi, tentu saja akan merasa berkeberatan dalam meraih keinginannya untuk hidup awet muda.


Hidup sehat membuat sesorang dapat lebih mudah melakukan berbagai aktifitasnya, secara fisik maupun nonfisik, di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Kondisi ini akan membuatnya dapat menikmati hidup dengan rasa senang dan gembira. Apalagi jika ditambah dengan kondisi tubuh yang awet muda, tentunya akan menambah kebanggaan dan rasa senang dalam hidupnya.

Untuk meringankan masalah dalam rangka mewujudkan keinginan manusia pada umumnya itu, yakni hidup sehat dan awet muda, maka tulisan ini akan menyajikan tulisan mengenai kedua hal tersebut secara sederhana dan mudah dilakukan, bahkan tanpa memerlukan biaya yang tinggi.

Ada beberapa hal yang paling dominan dalam mempengaruhi kemungkinan untuk dapat hidup sehat dan awet muda. Diantaranya yang dapat penulis identifikasi adalah: pola makan, pola minum, pola pikir, pola rasa, pola gerak, pola tidur, dan pola istirahat.

Cara hidup sehat agar awet muda



7 Cara Hidup Sehat dan Awet Muda

Berikut ini ada beberapa hal sederhana dan mudah yang dapat dilakukan siapa saja dalam rangka meraih kedua impian tersebut yaitu hidup sehat dan awet muda. Orang sehat itu biasanya juga awet muda. Untuk itu hanya diperlukan sedikit usaha dan rutinitas yang berkesinambungan.

1.   Pola makan.

Pola makan itu memiliki beberapa poin yang harus diperhatikan. Pertama waktu makan, kedua porsi makanan, ketiga cara makan, dan keempat jenis makanan. Untuk poin pertama yaitu waktu makan, maka dianjurkan untuk makan ketika perut sudah merasa lapar, dan berhenti sebelum perut merasa kekenyangan. Poin kedua adalah porsi makan, yaitu makan secukupnya saja, tidak perlu berlebih-lebihan. Tidak perlu menahan lapar yang berkepanjangan, tetapi juga jangan makan dalam porsi yang berlebihan. Poin ketiga adalah cara makan. Cara makan yang baik adalah tidak perlu terburu-buru, hitungannya adalah sekitar 15 kali mengunyah jika makanannya lunak, 32 kali hingga 40 kali mengunyah kurang lebihnya jika makanan itu cukup alot atau keras. Poin keempat adalah jenis makanan. Sebaiknya dipilih makanan yang memenuhi kecukupan gizi supaya berefek positif bagi tubuh, dan makanan yang berserat supaya  mudah untuk dicerna.

2.    Pola minum

Jenis minuman yang berpengaruh sangat baik adalah air bening, atau air jernih. Masyarakat umum biasa menyebutnya air putih. Sebaiknya menghindari rutinitas tinggi minuman yang mengandung zat pewarna, pengawet, dan terutama yang beralkohol. Kecuali yang direkomendasikan menurut kesehatan.

3.    Pola pikir

Cara berpikir seseorang dalam waktu tertentu dapat mempengaruhi kesehatannya secara signifikan. Berpikir itu wajib, karena yang membedakan manusia dengan hewan adalah pada kemampuannya untuk berpikir. Akan tetapi berpikir itu harus disesuaikan dengan kondisi dan kapasitasnya. Sebaiknya berpikir pada porsi dan proporsinya saja. Misalnya, seorang rakyat biasa tidak perlu baginya untuk memikirkan cara yang efektik memajukan dan memakmurkan bangsa dan negara. Baginya itu cukup hanya berpikir untuk mensejahterakan keluarganya saja.

4.    Pola rasa

Merasa hal yang cenderung negatif bagi seseorang adalah hal yang biasa, misalnya merasa sedih, kecewa, marah, dan lain sebagainya. Akan tetapi hal itu akan berpengaruh pada kesehatan jika eskalasinya / kadarnya semakin meningkat atau bertambah, apalagi jika dalam waktu yang berkepankangan. Karena itu kemampuan untuk mengontrol dan mengendalikan perasaan yang cenderung negatif sangat diperlukan. Hal itu bisa dilakukan dengan cara menyalurkan hobi, atau berkomunikasi dengan orang tertentu yang terpercaya.

5.    Pola gerak

Membiasakan tubuh untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu pada waktu tertentu secara rutin dan berkesinambungan akan dapat memberikan pengaruh positif bagi kesehatan. Gerakan-gerakan tubuh tertentu itu biasa juga disebut olah raga. Olah raga yang baik bagi seseorang itu harus disesuaikan dengan kondisi dan waktu. Misalnya berlari pagi bagi yang berusia muda itu baik, akan tetapi bagi yang sudah berusia lebih tua tentu sebaiknya berjalan kaki saja.

6.    Pola tidur

Malam adalah waktu terbaik untuk tidur. Dan akan menjadi semakin baik jika tidurnya itu berdurasi sekitar 7-9 jam per malam. Angka ini tentu saja bervariasi antara yang berusia muda dan yang lebih tua. Bagi yang berusia lebih tua sebaiknya jumlah jam tidur berdurasi lebih panjang.

7.    Pola istirahat

Ada banyak orang yang bekerja terlalu rajin, sehingga cenderung mengabaikan waktu istirahatnya. Hal ini tentu saja dapat berakibat kurang baik bagi kesehatannya. Karena itu diperlukan istirahat sejenak untuk melepaskan kepenatan dan kelelahan akibat bekerja. Secara umum waktu istirahat dapat dilakukan setelah 4 jam bekerja sebagaimana biasa diberlakukan bagi para pekerja. Namun secara mandiri dan spesifik dapat juga dilakukan dalam waktu-waktu tertentu yang sesuai dengan kondisi, akan tetapi bagi para pekerja tentu saja waktu sesaat yang dimaksud itu cukup 1 atau 2 menit saja.


Demikianlah 7 cara hidup sehat dan awet muda yang berhasil Insnita cermati dan himpun untuk Sista semua, semoga bisa bermanfaat dan bisa sedikit demi sedikit memperbaiki pola hidup kita, yang mungkin ada yang masih berantakan dan perlu diperbaiki, sebenarnya ini merupakan reminder bagi diri sendiri, yang juga masih agak semaunya dalam mengatur pola hidup. Salam sehat Sista.



Referensi



7 Cara Sederhana Agar Hidup Sehat dan Awet Muda, Yuk Buktikan! - mhomecare.co.id 


10 Cara Hidup Sehat dan Awet Muda yang Sederhana | Mudah Dilakukan! - evermos.com)


9 Rahasia Cara Hidup Sehat dan Awet Muda secara Alami - Cermati.com 


9+ Cara Hidup Sehat dan Awet Muda yang Mudah dan Ampuh! - zakiawida.com


Berbagai Cara Awet Muda yang Mudah untuk Dilakukan - Alodokter 


Cara Sederhana Agar Selalu Sehat dan Awet Muda (kompas.com)


11 Rahasia Cara Hidup Sehat Dan Awet Muda Yang Jarang Orang Tahu | Sumbersehat.com 


Lakukan 36 Cara Awet Muda Ini Agar Kamu Tidak Tampak Tua - seruni.id

 

8 Panduan Gaya Hidup yang Membuat Anda Awet Muda - Hello Sehat 


Minuman Sehat - HaloSehat 


Biar Hidup Bahagia, Lakukan 5 Tips untuk Menjaga Pikiran Tetap Sehat - idntimes.com


11 Cara Meningkatkan Motivasi Olahraga - Hello Sehat 


Durasi dan Waktu Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan HonestDocs 


Tips Mengatur Waktu Supaya Tetap Produktif dan Kesehatan Terjaga - bcalife.co.id 

 

 

 

 

 

 

 

 

18 komentar on "7 Cara Hidup Sehat dan Awet Muda"
  1. Wah iya bener, demi awet muda biasanya ibu ibu suka bayar mahal di skincare tapi kadang lupa gak benerin pola makan. Memang harusnya kita prevent dari dalam dan luar supaya hasilnya oke.

    BalasHapus
  2. Reminder buat saya ini. Selama pandemi pola pikirnya agak berantakan, overthinking tentang segala hal terutama pada sekolah anak yang sebentar lagi kuliah ..duh, padahal pengin sehat dan awet muda nih. Memang ya mengatur pola hidup demi kesehatan jiwa raga banyak manfaatnya

    BalasHapus
  3. hehehe, sy termasuk kategori yang mempunyai pola gerak dan pola istirahat yang kurang baik nih mbak, memang sudah seharusnya sy merubah pola hidup, terima kasih remindernya

    BalasHapus
  4. Pola tidur ini yang masih susah banget buat saya dijaganya. Belum bisa tidur pada jam seharusnya secara konsisten.
    Kalau makan, yah biasa saja sih meski emang gak memenuhi nutrisi yang seharusnya... Tapi mau bagaimana, semampunya cuma itu hehehe

    BalasHapus
  5. Pola pikir dan rasa sangat berpengaruh ternyata ya pada kesehatan diri. Jadi teringat dengan isu kesehatan mental yang akhir-akhir ini makin sering didengar. Semoga kita semua (terutama saya hehehe) bisa menemukan cara untuk terus menata dengan baik ke-7 hal di atas..

    BalasHapus
  6. Wah iya, sebenarnya KLO mau hidup sehat dan awet muda itu caranya gampang ya mbak
    Emang harus menerapkan lifestyle juga ya

    BalasHapus
  7. Tips simpel dan murah untuk sehat, tinggal komitmen kuat untuk disiplin melaksanakan ya mbak

    BalasHapus
  8. Sejak pandemi, pola tidur dan pola geraknya kacau banget. Terima kasih untuk pengingatnya, kak. Bertahap mau ikutin ah tipsnya biar awet muda

    BalasHapus
  9. Benar banget bahwa cara hidup sehat bisa merefleksikan diri menjadi sehat dan cantik dari dalam. Thank sharing nya

    BalasHapus
  10. Pola pikir dan pola rasa ini nih yang kurang bisa diimplementasikan dengan baik huhu, padahal itu salah satu faktor yang sering bikin kita stres sampai berujung ke kesehaatan ya kak

    BalasHapus
  11. Pola gerak nih yang aku masih belum bisa atur alias mageran hehe

    BalasHapus
  12. mau hidup sehat dan awet muda emg mudah yaa tinggal pengaplikasian dan konsisten nih heehehhe

    BalasHapus
  13. Pas dibaca manggut-manggut mbak, pas diterapin huaaa cemberut mbak, kok, susah ya buat konsisten.

    BalasHapus
  14. Setuju banget dengan ketujuh cara itu, Mbak. Terutama pola makan dan apa yang dimakan. Kalau kata Coach fitness saya tuh perbanyak serat dan protein. Jangan lupa olahraga dan tidur yang cukup. Dan yang penting konsisten menjalaninya.

    BalasHapus
  15. yang paling susah banget dilakukan untuk aku sih olahraga ya.. masih suka mager maunya diem diem aja duduk duduk aja. padahal cuma perlu gerak dikit-dikit sudah termasuk olahraga. terimakasih infonya ya kak

    BalasHapus
  16. Kebiasaan kita sehari-hari memang sangat mempengaruhi kesehatan. Kaum begadang nih, terutama pekerja digital, memang paling rawan kekurangan waktu tidur dan istirahat. Kerjanya kadang dari pagi sampai pagi lagi.

    BalasHapus
  17. Setuju banget kak. Kebiasaan sehari-hari memang harus diatur sedini mungkin ya, agar bisa hidup sehat dan awet muda..

    BalasHapus
  18. Aaaa, bagus banget tips hidup sehat dan awet muda-nya, semua memang tentang pola hidup ya. Aku sendiri yang masih minim itu menghindari begadang, karena ide-ide biasanya bermunculan saat badan santai, yaitu malam hari baru lebih produktif, hiks.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke inspirasi nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diatara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger