Kue Legendaris Indonesia Sebagai Inspirasi MPASI

Kamis, 31 Maret 2022

Banyaknya aneka kue legendaris khas Indonesia, membuat saya pingin menikmati semua keunikan rasanya. Beda hari beda tema kudapan. Rasanya yang berfariatif dari mulai yang bergendre asin sampai yang bergendre gurih membuat lidah kita banyak berkenalan dengan ragam rasa.


Kalo dilihat masa dewasa saya yang termasuk pemakan segala, dalam artian menyukai segala jenis makanan, baik yang asin mauoun yang manis, konon katanya bertolak belakang dengan masa kecil saya yang tergolong pemilih dalam soal makanan. Ini ga mau, itu ga suka,  pokonya banyak alasandengan alasan yang rasanya eneg lah, atau rasanya hambar lah, heheh, agak menyebalkan memang. Cenderung perfectionis. Hehe...


Tapi sepertinya orang tua saya punya cara unik untuk mengenalkan aneka makanan kepada si kecil yang pemilih ini. Konon mereka menyertakan makanan anti  saya ke dalam makanan kesukaan saya. Misalnya dengan memasukkan sayuran seperti wortel ke dalam bolu, maka terciptalah bolu wortel, bahkan terkadang ibu saya memfariasikannya dengan tambahan lain seperti  nanas plus kacang, atau apel kombinasi kismis dan lainnya. Atau misalnya lagi, susu yang ditambah dengan air perasan wortel, bisa juga puding yang dimasak dengan tambahan aneka jus sayuran dan buah.  Amaze juga, sih, sama ibuku yang punya banyak ide kreatif dalam memfariasikan menu untuk anak-anaknya. Sehingga tumbuhlah sosok saya yang sekarang ini, dari seorang picky eater menjadi all eater,...haha.


Nah berangkat dari cerita-cerita legendarisnya sayah, kali ini saya ingin membagikan ide resep makanan legendaris Indonesia yang bisa dinikmati oleh orang dewasa juga bisa dijadikan MPASI (makanan pendamping air susu ibu) untuk anak. Taraaa,...bisa ditebak apakah itu?  


Yap, betul!! Bubur Sumsum atau bisa diistilahkan juga puding beras. Bubur sumsum ini bisa dijadikan bahan dasar olahan MPASI untuk anak.


resep bubur sumsum lumer di mulut



Bubur sumsum merupakan makanan legendaris Indonesia yang ramah rasa bagi semua kalangan. Berbahan dasar tepung beras yang secara umum, aman dikonsumsi berbagai jenjang usia.Teksturnya yang lembut menjadi alasan makanan ini mudah dicerna oleh lambung si kecil yang masih dalam tahap latihan menerima aneka jenis makanan.


Bubur susm-sum bukan hanya baik dikonsumsi anak, namun juga merupakan panganan tradisional yang bisa memberikan kenikmatan hakiki bagi para penikmatnya, tentunya juga bagi orang dewasa. Saya termasuk ke dalam golongan pencinta bubur sumsum, dan ini merupakan salah satu makanan tradional favorit saya. Gimana dengan Sista? Apa Kue tradional legendaris yang paling disukai?


Jika Sista menyukai bubur sumsum dan susah menemukannya di daerah tempat tinggal. Bisa dicoba,  racikan resep bubr sumsum ala insnita. Dijamin ketagihan dan bakal bikin lagi dan lagi, hehe. Berikut ini resepnya, ya Sist....!!


resep bubur sumsum lumer



Resep Bubur Sumsum



Bahan:


300 ml santan kental (saya bikin dari 1 bungkus kecil santan instan 65 ml ditambah air 235 ml)

450 ml air

40 gr tepung beras/ 4 sdm cembung

20 gr tepung tapioka

2 lembar daun pandan

1 sdt sdt garam


Cara:


Campur jadi satu semua bahan ke dalam panci, aduk hingga rata.

Jerang di atas kompor menggunakan api sedang cenderung kecil, sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan mengeluarkan letupan kecil.

Sudah matang. Angkaat.

Sajikan dengan sirup gula



Resep Sirup Gula



Bahan:


150  gr  gula aren

50  gr gula pasir.

2 lembar daun pandan

500 ml air


Cara:


Masukkan semua bahan ke dalam panci, jerang di atas kompor  sambil diaduk hingga rata.

Biarkan mendidih dan sedikit mengental. Jadi deh. siap digunakan sebagai pelengkap makan bubur sumsum.



Resepnya simpel kan? Cara buatnya juga sangat mudah dan tidak memerlukan waktu lama. Sista bisa menikmatinya dalam keadaan hangat ataupun dingin. Dua-duanya sama-sama enak. Tekstur bubur sumsum ini sangat lumer dimulut dan lembut. Rugi kalo ga coba dibuat.


 Bila hendak disuguhkan kepada si kecil,  lengkapi dengan tambahan granola, biji selasih yang sudah direndam, cincangan halus aneka kacang-kacangan dan sebagainya sebagai sumber tambahan protein. Variasi menu ini bisa dicoba ketika anak memasuki usia 8 bulan. MUlai sedikit sdikit, disesuaikan dengan kemampuan pertumbuhan anak.


Bisa disuguhkan dalam versi asin dengan tambahan protein hewani dan versi manis dengan tambahan aneka buah serta kacang-kacangan. Untuk bayi umur 6 bulan yang baru belajar mengenal tekstur makanan, bubur sumsum ini juga bisa dicoba tanpa tambahan variasi bahan yang lain. 

Selamat mencoba. Salam kuliner.


18 komentar on "Kue Legendaris Indonesia Sebagai Inspirasi MPASI "
  1. Nikmatnyaa..
    Aku suka banget sama bubur sumsum. Dulu anakku aku bikinin juga nih.... Tapi kalah cepet sama Ibunya, hehehe... Sungguhan nikmat apalagi dinikmati saat hangat.

    BalasHapus
  2. Berbuka puasa dengan bubur sumsum dingin cocok banget nih. Lumer di mulut, manisnya bikin hilang dahaga. Terimakasih resepnya. Harus dicoba juga nih, jangan bisanya beli terus kaya saya hehehe

    BalasHapus
  3. Wah, bubur sumsum bisa juga untuk mpasi.. dulu gak kepikiran banget untuk mpasi pakai bubur sumsum..hahaa, semoga segera punya baby lagi deh biar bisa ngerasain mpasi lagi..hihii,,

    BalasHapus
  4. Bener bangett ini menu legend yang wajibb dicoba sih. Anakku juga dulu kenalan sama bubur dimsum mulai umur 8 bulanan heheh awalnya ga doyan tapi lama2 nagih

    BalasHapus
  5. Kalau bubur sumsum mah ngga cuma anak balita, orang tua dan lansia juga suka wkwkkw. Apalagi bikinnya mudah yah, pokoknya pake gula asli biar ngga serik hehe.

    BalasHapus
  6. Wah iya, dulu saat anak anak MPASI aku juga buatin bubur sumsum dan puding beras ini mbak
    Sehat dan enak, anak anak suka

    BalasHapus
  7. Ih, kami sekeluarga juga suka bubur sumsum. Enak😋

    BalasHapus
  8. bubur sum-sum ini favorit sy dan anak-anak mbak, enak, lembut, sebetulnya buatnya mudah tapi butuh trik agar tidak menggumpal ya

    BalasHapus
  9. Mbak trims banget, resepnya pas banget nih Aku sedang pengen maem bubur sumsum, ntar sore bikin ah

    BalasHapus
  10. Ini favorit anakku dulu buat snack MPASI. Selain mudah, bahannya juga mudah didapat

    BalasHapus
  11. Ibuku pernah cerita, waktu kecil mpasi akupun salah satunya pakai bubur sumsum. Gampang ngolahnya dan bisa dicampur dengan protein juga kalau ingin versi asin.

    BalasHapus
  12. Bayiku kok nggak doyan ya sama bubur ini. Dilepeh lepeh

    BalasHapus
  13. Bubur sumsum ini sampai tua saya masih doyan mba haha terpaksanya sekrang di kalimantan tidak ada yang buat kadang kalau pengen ya bikin sendiri, meski rasanya kalah banget sama penjual bubur di jawa.

    BalasHapus
  14. Duh, enak-enak. Bukaan cuma bayi, dewasa juga suka

    BalasHapus
  15. Wah kesukaan saya nih bubur sumsum cara buatnya emang mudah ya dan nutrisinya tinggi. Oya baru tau saya kalau bisa untuk MPASI

    BalasHapus
  16. bubur sumsum kesukaan saya banget
    dari kecil suka beli
    apalagi klu makannya pas hangat
    hmmm..enaak banget
    gurih dan manis gulanya itu nagih

    BalasHapus
  17. Bubur sumsum ini menu MPASI pertama yang bisa kumasak saat baru punya anak 1. Hehe anakku sering banget makan bubur sumsum dimasakin neneknya.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger