Ide Bisnis Unik dan Kreatif

Jumat, 25 Maret 2022
Ide bisnis kreatif dan unik yang dijalankan anak-anak gadisku ini berawal dari mencoba-coba membuat kreasi tangan yang didapatkan dari tutorial youtube. aku sendiri sebagai ibunya tidak banyak ikut campur tangan dan membantu dalam kegiatan bisnis kecil-kecilan mereka. Mudah-mudahan hal ini menjadi modal pendidikan yang berkesan sampai mereka tua.

Sampai pada suatu hari aku kedatangan paket yang isinya bikin penasaran, karena anak-anak sama sekali tidak bilang dan juga minta uang untuk membeli barang tersebut. Cerita sikit, ya plends.



ide bisnis kreatif


"Paket ... paket ...", terdengar suara teriakan dari luar. 


Aku berusaha mencari sumber suara babang kurir dari balik jendela kamar. Ya,... dari balik jendela kamar, tempat aku menghabiskan sebagian besar hariku. Maklum lah ya emak blogger, kerjaannya banyak di depan layar, jadi aku pilih kamar tidurku sekaligus menjadi  ruang kerjaku. Praktis!! Itulah yang menjadi alasan utama. Ketika penat datang, dan pinggang sudah mulai cekot-cekot, ada sang kasur yang siap menampung bobot tubuhku yang saat ini sudah lumayan berat. hehe...


Bergegas aku tarik hijab yang tergantung di kapstok dan langsung kukenakan. Segera aku menghampiri babang paket. 


"Dengan kediaman Sheeraz?" Si Babang bertanya. Di tangannya ada sebuah kardus dengan ukuran sedang. aku mencoba mengingat, namanya memang asing, tapi kok kaya pernah dengar.Untung otakku ini bisa cepat menangkap, soalnya kadang-kadang suka rada lemot. Haha. Ya,..teringat kalo nama itu nama pena anak sulungku.


"Betul, Pa, trimakasih", jeprat jepret sebentar mengikuti permintaan babang kurir, langsung balik badan masuk ke dalam, pingin segera menyampaikan paket ini pada si empunya, rada penasaran, juga sama isinya.


Aku hampiri kamar si gadis. "Ada paket, nih, Teh, belanja apalagi, sih?". pertanyaannya rada menyelidik. Si teteh menimpali.


"Ini, lho, Mi, Teteh sama Ade mau jualan gelang handmade yang bisa custom inisial atau nama sendiri".


Sembari menerangkan Si Teteh unboxing paket dusnya. Perlahan, karena memang dusnya bener-bener dililit solasiban rapih. jadi perlu sedikit sabar dan hati-hati agar isi dalam dusnya tidak terkoyak. Ketika berhasil dibuka ternyata paketnya berisi sepaket peralatan kerajinan tangan untuk membuat gelang.


ide jualan kreatif


Segulung tali kur dan mute huruf menyembul dari balik kardus yang bagiannya telah terobek. 


"Wah...hebat amat Teteh sama Ade mau jualan, emang bisa bikinnya?"


"Bisa, udah liat tutorialnya di youtube, gampang kok" Seloroh Si Ade menimpali.


"Iya, Mi, gampang kok, ada gunting, korek api, sama lilin, kan, Mi?"


"Coba liat saja di kotak prakarya!"Aku menimpali


Mulailah kedua anak gadis ini bergerak, Si Adek membuka bungkus  plastik dan mengeluarkan isinya. Mencoba memisahkan bagian-bagian huruf yang sejenis ke dalam kantong-kantong yang berbeda, tujuannya agar memudahkan pencarian huruf yang akan digunakan, dalam pembuatan gelang nantinya.


Si Kakak mencoba mempraktikan tutorial pembuatan gelang dari tali kur yang didapat dari youtube. awalnya merasa kesulitan karena belum mengetahui teknik yang tepat. Tapi selang berapa lama aku perhatikan mereka sudah berhasil membuat beberapa gelang, dengan beberapa huruf inisial dari teman-teman mereka.


Alhamdulillah, dua anak gadisku ini bisa saling bahu membahu saling mendukung walaupun masih bisnis kecil-kecilan, minimal melatih jiwa wirausaha mereka sedari kecil. Si adek jadi seksi pembukuan dan distribusi,  Si Teteh jadi bendahara dan seksi produksi.


Sistem pendistribusian mereka lakukan melalui foto koleksi hand work mereka yang dipasang di status whatsapp atau di instagram story dan di instgram feed. Ternyata cukup bekerja, beberapa teman tertarik dan memesan gelang hasil karya anak-anak gadis ini, bahkan reorder, karena ingin memilki gelang sejenis berinisial nama sambungnya, atau dengan nama utuh dan juga nama belakang. Masyaallahu tabarakallahu, laris manis tanjung kimpul, dagangan laris duit ngumpul.


Anak-anak sebenarnya tidak terlalu aku arahkan secara serius untuk belajar berwirausaha, sesekali saja kadang aku berujar kepada mereka agar bisa berupaya menjadi hamba yang produktif agar mereka kelak menjadi insan yang memiliki kemerdekaan finansial, bahkan bisa banyak memberi kepada orang lain. filosofilama yang sudah sangat familiar aku perkenalkan pada mereka bahwa tangan di atas lebih baik daripadatangan di bawah. Ssaling menghormati kepada yang lebih tua dan menghargai kepada yang muda adalah konsep pendidikan karakter yang aku tanamkan kepada mereka secara terus menerus dari sejak dini.


Masih ada lagi  bisnis mereka yang lain, yaitu berjualan Sheet Mask,  dan sotong hasil buatan mereka sendiri. Terhitung lumayan juga hasilnya. Mereka mencoba melirik pangsa pasar kaum ABG alias anak baru gede yang cenderung penasaran terhadap produk baru, apalagi jika berkisar dalam produk skin care, pasti langsung jatuh hati dibuatnya. tak ayal juga berbisnis makanan, makanan juga produk yang terus menerus dikonsumsi, untuk itu bisnis pangan ini cenderung terus maju ke depan jarang sekali jika sudah memiliki pasar akan berhenti total, karena setelah seseorang jatuh cinta terhadap rasa dan tekstur dari suatu makanan, maka akan terus menerus candu untuk memakannya lagi dan lagi. Reorder lagi, deh jadinya.


seperti kata pepatah, buah jatuh tak akan jauh dari pohonnya. Keinginan mereka untuk berwirausaha bisa jadi juga terinspirasi dari ibunya yang juga memiliki usaha kecil-kecilan dalam bidang fashion dengan brand sendiri. Walau belum terlalu berkembang, tapi sudah cukup lumayan mensupport keuangan keluarga. Ikhtiyarku untuk menerapkan metode pendidikan yang digadang oleh pakar pendidikan Islam Syeikh Nashih Ulwan yaitu agar kita para orang tua dalam upaya membentuk karakter anak diperlukan metode mendidik dengan kebiasaan, mendidik dengan keteladanan, mendidik dengan nasihat, dan mendidik dengan pengawasan, sedikitnya telah menampakkan hasil yang melegakan. MasyaAllahu Tabarakallahu.


referensi baju muslimah casual
Template by Canva dimodifikasi oleh ins-nita.com


Atas segala apa yang diusahakan berharap semoga ke depannya bisa lebih maju dengan menemukan jalan kemudahan dan kenyamanan. Aamiin.


Salah satu ide bisnis kreatif di atas semoga bisa dijadikan referensi buat teman insnita, siapa tau berjodoh dan bisa jadi salah satu income yang mensupport keuangan keluarga, atau kalo mau semuanya dicoba juga boleh. Selamat berkarya dan mengupayakan segala lelahnya menjadi Lillah. 

2 komentar on "Ide Bisnis Unik dan Kreatif"
  1. Bagus mbak bisa dicontoh nih. Wiraswasta muda

    BalasHapus
  2. wah....keren ini mbak, mengajarkan anak kreatif ya, bisa menambah ekonomo kluarga nih. thanks mbak sharing nya, perfecto!! 😊

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke inspirasi nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diatara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger