User Persona dan Emphaty Maps Blog Insnita

Sabtu, 11 Juni 2022

User persona dan emphaty maps dari blog Inspirasi Nita. Kurang lebih enam bulan sudah saya mengasuh blog Inspirasi Nita. Blog yang ditujukan sebagai sarana pelepas daya imajinasi dan kreasi. Senang rasanya melihat dia bertumbuh dan berkembang. Dari semula belum memilki jangkauan pembaca, sampai akhirnya, banyak yang sudi singgah. 


user persona


Siapa saja yang singgah? Kebanyakan, sih, teman-teman di WA grup atau di komunitas Blog Walking  (BW). Setelah saya amati user persona dari blog Inspirasi Nita adalah Kebanyakan teman-teman seumuran yang juga butuh suplemen bacaan menghibur sekaligus mendidik.


Setidaknya yang sering singgah adalah Dyah, Maya, Wince, Nadia, Karunia. Kelima wanita pembaca blogku ini adalah rerata blogger yang memiliki daya juang tinggi dan begitu mengasihi blognya. Sama seperti saya, mengasihi blog seperti anak sendiri. Satu kelas di kelas blog dasar PCW.


Sebutan Sayang untuk para User Persona


Sebutlah para user persona blog saya ini sebagai Mba Dyanania. Aku pilih nama ini sebagai penggambaran dari para user personaku yang memang seorang wanita dan memiliki umur yang rata-rata sama. Selain itu nama ini juga terdengar sangat cantik dan mudah juga dalam menyebutkannya.


Dyah, Maya, Wince dan Nadia adalah wanita yang telah memiliki anak dan juga sudah menikah, sedangkan Karunia adalah seorang lajang yang memiliki semangat dalam dunia blogging dan tulis menulis yang luar biasa. Dan keempat wanita temanku lainnya juga seorang pemilik daya juang tinggi dan memiliki kesenangan pada dunia blogging dan dan tulis menulis.


Bahkan Mba Wince dan Mba Nadia terlibat dalam project penulisan buku antologi anak muslim hebat bersama saya, dan sebentar lagi insyaAllah akan terbit. Kami bertiga adalah ibu pembelajar yang ingin merdeka dalam belajar dan senang berkomunitas.


Mengenal Lebih Dekat dengan Mba Dyanania


Mba Dyanania berasal dari berlainan pulau, alasan ini yang membuat aku merasa bahwa bhineka tunggal ika itu sangat bermakna sekali artinya. Berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Kami berasal dari tempat yang berbeda-beda, tetapi kami memiliki rasa yang satu dan tujuan yang sama, yaitu menjadi seorang blogger dan penulis. 


Disamping tentunya memiliki kesamaan yang tersurat di dalam sumpah pemuda, yaitu berbangsa, berbahasa dan bertanah air satu yaitu Indonesia, hehe. Saya coba deskripsikan sosok Mba Dyanania ini satu persatu.


1. Dyah


Mba Dyah ini memiliki nama lengkap Dyah Kusuma Utari, tinggal di Jawa timur. Memiliki dua putri dan satu putra. Nah jumlah anak Mba dyah dengan saya sama, jenis kelaminnya juga sama. Dua putri dan satu putra. 


Mba Dyah adalah seorang wanita matang yang usianya konon sudah memasuki dunia jelita, alias jelang lima puluh tahun, sama halnya seperti saya. Berlatar pendidikan teknik kimia dari sebuah kampus ternama di Surabaya, Universitas Airlangga.


Kegiatan Mba Dyah sehari-hari merupakan seorang karyawan dari sebuah perusahaan swasta yang mengurus kualitas suatu product. Ibu tiga anak yang berasal dari sidoarjo ini bekerja di daerah Surabaya.


Kegiatan lainnya selain menjadi karyawan swasta juga seorang blogger dan penulis. Blognya bisa teman-teman kunjungi di alamat www.dyahkusumautari.com. Mba dyah ini ini juga banya terlibat di komunitas membaca dan menulis. saat ini sedang terlibat project menulis buku antologi aktivitas anak bersama saya yang insyaallah diterbitkan oleh penerbit Elexkidz. 


2. Maya


Pemilik nama lengkap Maya fasindah ini adalah seorang guru SMKS Kasih Maitreya Selat Panjang. seorang sarjana pendidikan jurusan sastra dan bahasa Indonesia. Memiliki tiga orang anak dua perempuan dan satu laki-laki.


Sama seperti saya Mba Maya juga seorang blogger, jika teman-teman ingin mengetahui tulisan-tulisannya bisa dikunjungi di www.mayafasinda.com. Selain seorang blogger Maya fasindah juga seorang penulis novel, dan beberapa novelnya sudah terbit dan banyak diminati pembaca.


Kegiatan lainnya juga sebagai tutor di dunia kepenulisan, yang sering diundang untuk mengisi pelatihan menulis di berbagai daerah.


3. Wince


Mba wince ini seorang tenaga kesehatan yang berlatar belakang pendidikan tentang kesehatan. bekerja di salah satu Rumah Sakit di Bengkulu dan berstatus sebagai seorang Aparatur Sipil Negara. Mba Wince ini juga merupakan teman seperjuangan di Institut Ibu Profesional.


Mba Wince ini juga seorang Blogger yang bisa diintip tulisan-tulisannya di www.diarywinrie.com. Pemilik nama lengkap Wince Susmira ini juga senang dengan dunia bisnis. Saat ini mengelola online shop yang menawarkan produk seprai dan baju anak. Teman-teman bisa intip juga produk jualan mba Wince di IG @winceolshop.


4. Nadia


Pemilik nama lengkap Nadia Rosalin ini berdomisili di Medan, Sedang menggarap buku antologi anak muslim bersama saya. Mba Nadia adalah seorang guru pecinta anak yang memiliki cita-cita membuka taman pengasuhan anak yang berbasis metode Montessori.


Mba Nadia merupakan teman satu angkatan di ibu profesional batch 10 yang saat ini sedang masuk masa matrikulasi. Bukan hanya itu sejak awal kami selalu satu kelompok belajar di Institut ibu Profesional.


5. Karunia


Mbak Karunia adalah mojang asal Medan berstatus lajang namun memiliki perhatian terhadap dunia kepenulisan yang berfokus pada anak-anak. Beliau memiliki nama lengkap karunia Sylviany Sambas, salah satu coach saya dalam ilmu blogging.


Buku hasil karyanya sudah sangat banyak bahkan sudah menembus penerbit gramedia. Selain menulis dan ngeblog Mba Nia, begitu sapaan akrabnya, merupakan ASN (Aparatur Sipil Negara di salah satu Rumah Sakit Di daerah Medan. Beliau adalah seorang Bidan.


Jika teman-teman ingin mengintip blognya bisa kunjungi di www.karuniasambas.com. Blognya sudah memiliki DA di atas 50, sebuah pencapaian yang sangat amazing.


user persona


Minat User Persona Blog Ruang Narasi dan Inspirasi Nita


Dari deskripsi personal yang saya gambarkan di atas, para user persona blog saya adalah orang-orang pekerja keras dan para pemilik prestasi di dunia kepenulisan. Kelimanya memiliki ketertarikan pada dunia parenting, blogging dan kepenulisan.


Para wanita yang senang berkarya dan meraih cita. Para pekerja keras dan merupakan muslimah yang baik. Memiliki prinsip agama yang bagus, dan seorang yang taat dalam beragama. Keempatnya menggunakan kerudung.


Mba Wince dan Mba Nadia serta Mba Karunia, senang menggunakan gamis dan berkerudung lebar, sedangkan Mba Dyah dan Mba Maya terlihat simpel dan menggunakan pakaian Muslim bergaya ringan. Mba Dyah ini mengenakan kacamata yang cukup tebal, dan seorang yang energik.


Mba Dyanania ini ingin hidupnya diisi dengan hal-hal bermanfaat dan memberikan kontribusi yang berarti untuk masyarakat luas. Kelimanya merupakan orang-orang yang memiliki karya-karya kepenulisan yang sudah banyak terbit.


Mba dyanania ini memiliki prinsip hidup sederhana, dan mengalokasikan dana yang mereka punya untuk hal-hal yang berguna. Trrgolong orang-orang yang memiliki perhitunagn yang matang terhadap penghasilan dan pengeluaran.


Dalam segi ekonomi mereka adalah orang-orang yang sudah matang finansial dan merdeka finansial. Arrange penghasilan mereka bisa diperkirakan sudah di atas 10.000.000, perbulannya.


Untuk segala cita-cita yang diinginkan semoga tercapai, ya, Mba Dyanania. Peluk jauh dan salam ukhuwah, meski kita saling berjauhan namun sangat dekat di hati. Karena kita selalu berbincang walau hanya lewat grup. 


Emphaty Maps  Mba Dyanania


Mba Dyanania ini adalah seorang yang mencintai gaya hidup seimbang. Tulisan-tulisan tentang mental healty sudah banyak bertebaran dalam blog mereka. Penyuka keteraturan dalam hidup dan perilaku hidup yang lurus-lurus saja inilah yang kutangkap dalam gaya hidup Mba Dyanania.


Pergi mengabdi di tempat kerja, bermain bersama teman, bersilaturahmi ke keluarga dekat dan jauh, melakukan me time bersama keluarga, belajar bareng anak mengisi hari-hari Mba Dyanania. Itulah gambaran keteraturan hidup yang bisa kutangkap dari para sosok user personaku.


Namun tentunya mereka adalah manusia yang juga disinggahi jenuh, atau merasa lelah terhadap ritme kerja yang akhir-akhir ini menyita banyak perhatian. Terutama keempat dari temanku ini sedang sama-sama berjuang mengikuti tantangan ODOP (one day one post) yang membutuhkan perhatian ekstra. 


Ikut kegiatan ODOP dan Blogspedia Coaching menghabiskan sebagian besar waktu kami terfokuskan di sini. Hayuuukkk mba Dyana tetap semangat kita untuk dapat tiket masuk The Cupuers Blogspedia dan sebagai ODOPERS. Yeaay cemungud kita. Semoga tabah sampai akhir dan bisa lolos, aamiin.


Keuntungan Insnita Mengetahui User Persona dan Emphaty Maps


Melihat ketertarikan mereka mengunjungi blog insnita membuat saya berpikir untuk membuat postinbgan yang sesuai dengan minat Mba Dyanania. 


Deskripsi persona dan emphaty maps yang berhasil saya susun mengahsilkan kesimpulan bahwa Mba Dyanania menyenangi bacaaan-bacaan seputar parenting, kesehatan, mental healthy, serta motivasi juga berbagi menu masakan saya rasa ya buat hiburan. O iya resensi juga tentunya, baik film maupun buku.


Saya berencana untuk memperbanyak postingan kisaran yang saya sebutkan di atas. Dengan begini semoga para user persona saya kembali mengunjungi ruang nasrasi dan inspirasi Nita secara intens dan konsisten.


Kembali mengunjungi karena membutuhkan bacaan yang mereka butuhkan dan memang mereka sedang cari. Semoga dengan begini performa blog insnita menjadi tambah naik dan bertambah pengunjung.


Postingan-postingan yang saya fokuskan pada kebutuhan para user performa semoga bisa membuat blog saya mempunyai ciri khas dalam setiap labels yang saya tentukan. Bismillah semoga ini langkah awal menuju hal yang besar dan dicita-citakan. Semoga Allah kabulkan dan Allah ridhoi. Selamat Bloggiiing, gengs, semoga blog kita makin besar, yaaa Mba Dyanania. Salam blogging. Salamliterasi.











3 komentar on "User Persona dan Emphaty Maps Blog Insnita"
  1. Merinding baca namaku dan mba nadia disebut.. InsyaAllah siap menjadi bagian dari Dyanania..

    BalasHapus
  2. mbak Dyanania semangat belajarnya tinggi ya, terinspirasi dari narablog yang kece badai ini

    BalasHapus
  3. Lucky you to have them, Kak Nitaa! Semoga, someday, aku punya teman-taman seperjuangan seperti Kakak.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger