Komunitas Blogger IIDN Membuka Cakrawala Dunia Blogging

Rabu, 26 Januari 2022
Berpartisipasi dalam sebuah komunitas bagi saya merupakan sebuah keharusan jika ingin serius dalam suatu bidang yang sedang diminati. Seperti saat ini, saya sedang sangat memiliki minat dalam dunia blogging, untuk itu saya mengikuti sebuah komunitas blogger yang menunjang minat saya.

Bukankah suatu kebahagiaan jika hal yang sedang kita minati ternyata memiliki wadah yang bisa kita jadikan pijakan untuk mengembangkan pengetahuan kita tentang hal tersebut. Iya atau iya? Pastinya, sih iya, dunk!

Komunitas Blogger IIDN


Di tengah keinginan kuat untuk bisa ngeblog serius, saya bertemu dengan komunitas blogger IIDN alias Ibu-Ibu Doyan Nulis, yang memiliki program kelas ngeblog dari Nol. Tanpa disia-siakan akhirnya saya pun ikut gabung dalam kelas yang dibuka gratis untuk umum ini. 

 Adalah sebuah kebetulan yang sangat didamba bisa menemukan komunitas ngeblog dari Nol IIDN, sebagai sarana membuka cakrawala dalam dunia blogging, dan satu lagi kelebihannya, gratis pulak, hihi.

Dengan adanya komunitas diharapkan akan membantu para anggotanya untuk bisa upgrade banyak pengetahuan. Adanya kesamaan minat pada setiap anggota akan mengarahkan pada tujuan yang ingin sama-sama dicapai.

Saling membantu dan mendukung diantara anggota akan memacu semangat untuk tetap konsisten pada tujuan awal. Menilik asal kata dari komunitas yang berasal dari bahasa latin "communitas" memiliki arti etimologi "kesamaan". 

Beranjak dari pengertian ini, visi dari sebuah komunitas mengumpulkan kita dalam satu wadah yang memiliki kesamaan pandangan, kesamaan minat dan mungkin juga kesamaan cita-cita.


komunitas blogger


Bergabung dengan Komunitas Ngeblog dari Nol IIDN


Bergabung ke dalam komunitas "Ngeblog dari Nol IIDN" membuat saya menjadi bertambah mengerti seluk beluk dunia blogging. Perlahan namun pasti pertanyaan tentang dunia blogging yang ada di benak saya terurai satu persatu.

Saya pun mengimbanginya dengan mengikuti kelas blog dasar, agar memiliki referensi yang tidak hanya satu, dan kemampuan blogging saya cepat berkembang. 

Bantuan dan dukungan komunitas yang digawangi oleh Ibu-Ibu Doyan Nulis atau sering dikenal IIDN ini sangat berarti dalam mengembangkan pengetahuan saya tentang dunia blogging. Saya lebih paham lagi tentang dashboar blog, dan cara membuat blog.

Komunitas yang dijalin dalam sebuah whats app grup ini dibina secara langsung oleh tiga mentor kece dan keren Mba Widyanti Yuliandari sebagai ketua IIDN saat ini beserta Mba Alfa Kurnia dan Mba Nunu Amir., yang ketiganya merupakan wanita-wanita visioner, yang tak kenal lelah membangun aura positif dalam komunitas ini.

Terharu sebenarnya ketika dipertemukan dengan komunitas ini. Teringat saat itu, dalam risau gelisah ketika rasa ingin tahu yang sangat besar alias kepo tentang khobar-khobar menakjubkan dalam dunia blogging ini singgah dalam pikiran saya, komunitas ini hadir sebagai obat penenang.

Jujurly kalau ada sesuatu yang mengganjal dalam pikiran dan hati, seringnya bikin penasaran ingin segera menuntaskan segala kegundahan. Sampai-sampai saking penisirinnya, sampai berharap dan meminta sama Allah, Ya Allah yang maha mengetahui tolong tunjukkan, donk, secercah sinar yang akan menyingkap rasa kepenasaran yang membuncah tentang dunia blogging ini! haha...serius banget, yaak.

Tapi beneran, loh ini, jika kita serius dalam satu hal, apalagi sampai meminta, itu pasti adaaaaa aja jalan yang membukakan. Nah, ini tuh kerasa banget sama saya, Sist. bertemu dengan aneka komunitas itu saya rasa bukan hanya sebuah kebetulan, tapi rancangan dari Allah ta'ala untuk setiap hambanya yang benar-benar menginginkan.

Keberuntungan berpihak pada saya. Alhamdulillah do'a saya terjawab. Allah yang maha baik banget menuntun saya untuk bertemu dengan hal yang dibutuhkan. Serius ini ga lebay gaes...!! Ini Real!! Its my dream Sista, and your's too I think, hehe.

untuk setiap keajaiban dan keberuntungan yang didapatkan, mengingatkan saya pada sebuah Hadits yang dinukil dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dalam kitab Riyadhus shalihin, bahwasannya Rasulullahu salallahu 'alaihi wa sallam bersabda, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

Aku sesuai persangkaan hamba-Ku, Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam kesendirian Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam sebuah kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik dari kumpulan itu (kumpulan malaikat). - Mutafaqun Alaihi -

Dari siapa saya tau tentang informasi ini? Dari seorang teman dan juga merupakan mentor kelas blog dasar. Dia adalah seorang blogger yang sudah mencapai banyak prestasi dalam banyak bidang, siapakah dia? lagi-lagi Mba karunia Sylviany Sambas, bu bidan cantik nan baik hati inilah yang mempertemukan saya dengan komunitas Blogg dari Nol IIDN. 

Beliau adalah sahabat maya saya, kami sering satu kelas dalam pelatihan-pelatihan online. Banyak jalan menuju Roma, sebenernya sudah sejak tahun 2020 saya follow IG ibu-ibu doyan nulis, tapi ayal info ini terlewat. Namun berkat info dari bu bidan cantik, nasib baik berpihak dan saya memiliki kesempatan untuk ikut komunitas ini. Horray, dunk, ya. Girang banget pastinya!

Sosial Media Tidak Melulu Membawa Dampak Negatif


Flash back tentang bagaimana awal komunitas ini memulai sharing dan caring-nya dalam dunia blogging, yaitu dengan membuka zoominar. Topik bahasannya tentang tutorial cara ngeblog dari nol, bagaimana membuat blog lewat platform blogger alias blogspot. 

Pembahasan yang disampaikan lewat Zoominar, menjadikan tutorial membuat blog menjadi lebih mudah dicerna karena bisa melihat secara langsung tutor dan tutorialnya.

Setelah para anggota komunitas berhasil membuat blog, kami tetap mendapat pendampingan melalui WAG yang sampai sekarang masih terus berlangsung. Pengetahuan-pengetahuan dalam dunia blogging terus menjadi perbincangan di dalamnya, dan para pembina selalu siap dan sigap menjawab pertanyaan-pertanyaan dari anggota.

Selain program sharing dan caring, ada juga program blog walking atau familiar dengan istilah BW. Konon katanya cara ini bisa menaikkan traffic blogg kita. BW adalah kegiatan saling mengunjungi blog, membaca blogpost dan memberikan komentar positif yang membangun. 

BW diadakan setiap pekan dengan maksimal 25 list yang boleh diikut sertakan. kebayang, kan, ya? padahal anggota komunitas terdiri dari ratusan, lho! Dengan begini para peserta harus sigap dan tanggap agar bisa ikut BW yang akan berjalan. 

kalo aku sih masih pada tahap, ada yang baca tulisan kita aja udah syeneng banget, syukur-syukur jika tulisan kita bisa membawa manfaat buat yang baca. Adapun efek positif dari program BW yang lainnya merupakan bonus, biar bisa semangat terus untuk ngeblog.

MasyaAllahu tabarakallahu. Semoga Allah selalu membimbing kita dalam kebaikan, dan memberikan kita semua curahan rahmat-Nya.

Semakin Mencintai Dunia blogging Berkat Komunitas Blogger


Semakin hari semakin tenggelam dalam hobby baru yaitu nge-blog. Berkat adanya komunitas yang berjalan di dunia maya, saya semakin cinta terhadap dunia blogging. Semoga semangat ngeblog bisa tetap terpelihara. 

Dari sosial media saya bisa menemukan jati diri saya. Karena bersosial media, saya menemukan banyak aktivitas yang membawa saya menemukan dunia baru, dunia kecintaan saya. Asal kita bisa bijak menggunakannya, sosial media sangat bisa didayagunakan pada hal yang berdampak positif. 

Proses saya menemukan komunitas blogger karena kecintaan saya dalam dunia blogging, menjadi bukti bahwa sosial media tidak melulu membawa dampak negatif. Isn't right??


Buku Ngeblog dari Nol IIDN Merupakan Pelepas Dahaga


Untuk melengkapi pengetahuan saya dalam dunia blogging. Komunitas blogger  IIDN menerbitkan buku tentang ngeblog dari nol. Buku ini sebagai buku pendamping yang memberikan banyak panduan tentang seluk beluk ilmu blogging.

Bak mendapat air di tengah dahaga, tanpa pikir panjang, buku ini saya jadikan bahan rujukan tambahan untuk membuka cakrawala dunia blogging. Berasa lengkap sudah terjawab doa-doa pengharapan panjang tentang dunia blogging ini...hehe.

Sesuai tag line buku ini yaitu panduan lengkap belajar blogging untuk pemula. Pass banget jadinya, buat aku yang masih unyu-unyu. Eits untu-unyu dalam dunia perblogging-an maksudnya, ya!! Bukan di dunia per-umuran, hehe.

banyak hal yang dituturkan dalam buku ini. bahasanya ngalir, enak dibaca dan mudah dicerna. kajiannya lengkap diperuntukkan untuk para pemula. Buku ini menuntun kita untuk bisa membuat blog di dua platform yaitu blogspot dan wordpress.

Dalam buku ngeblog dari Nol ini juga dijelaskan tentang manfaat ngeblog. Ketika saya baca lembar-demi lembar, ternyata banyak, lho, manfaatnya, bahkan bisa untuk menghasilkan cuan! Baru paham saya kalo blog bisa menghasilkan cuan.

Dalam buku ini diceritakan juga pengalaman ngeblog para penulisnya yaitu Mba Widyanti Yuliandari, Mba Alfa Kurnia dan Mba Nunu Amir, dari awal mula mereka membangun blog sampai akhirnya blog yang dibangun dengan cinta dan jerih payah menjadi besar. 

Besar dalam artian traffic sudah padat dan menghasilkan cuan yang cukup lumayan. Ngiler, kan...? Ngiler juga ya..?! Sekali lagi masyaAllahu tabarakallahu. Yuk...ikut jejak mereka, para wanita hebat ini!


Buku ngeblog dari nol IIDN


Kesan dan Pesan Para Penulis Buku Ngeblog dari Nol


Tiga penulis kece buku ini, yaitu Mba Wid, Mba Alf dan Mba Nunu, memiliki keunikan sendiri dalam memandang blog yang digunakan sebagai wadah untuk menulis. Dengan berbagai alasan blogging melatarbelakangi ketiganya untuk menekuni dan mencintai dunia ini.

Bagi Mba widyanti Yuliandari kegiatan blogging merupakan jalan panjang yang berliku, menanjak, curam, tetapi pada akhirnya adalah merupakan hal yang melegakan. Mba Widyanti merasa bahwa perjalanan ngeblognya yang tersaruk maruk, dikarenakan beliau pada awalnya belum mengenal komunitas blogger. So beliau berpesan pada kita agar berkomunitas lah! Supaya perjalanan kita lebih cepat mengarah ke tujuan.

Bagi Mba alfa Kurnia, Blogging merupakan media curhat yang akan membuka dunia baru dan beliau berujar bahwa blogging sebagai wadah untuk meluapkan emosi negatif supaya bisa tetap waras. Pesannya yang bisa kita jadikan pegangan, bahwa passion adalah hal yang harus dimiliki ketika kita mulai nge-blog agar kita bisa menjadi blogger profesional yang tahan banting.

Success is not the key to happines. Happiness is the key to success. If you love what are you doing, you will be susscessful. Artinya kurang lebih bahwa kesuksesan bukan kunci untuk meraih kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci untuk menggapai kesuksesan. Jika kamu mencintai apa yang kamu lakukan, maka kamu akan berbahagia. - Albert Scheweitzer -


Mba Nunu Amir mengistilahkan blogging sebagai media pembuka pintu untuk berkomunitas, karena menurutnya dengan berkomunitas selalu saja ada pemicu untuk nulis dan bertahan untuk tetap berjaya di blogg.

Bergabung dengan teman-teman komunitas yang memiliki aura positif akan membawa aura positif juga bagi kita. So...keep blogging, diungkapkan pada akhir ceritanya, sebagai pemacu kita untuk tetap semangat ngeblog.

If you want to continually grow your blog, you need to learn to blog on a consistent basis. Artinya kurang lebih bahwa jika kamu ingin melanjutkan membangun blog mu, kamu harus belajar nge-blog secara konsisten. - Neil Patel -
Buku ini benar-benar dibutuhkan para blogger pemula seperti saya ini dan mungkin juga Sista yang minat untuk membangun blog. 

O, iya, buku ini juga disertai bonus blogg planner. Blog planner ini  berguna untuk merancang tulisan yang akan dipublish di blog kita. postingan jadi bisa lebih tersusun dan terencana.Soo langsung aja, buat para peminat nge blog, untuk segera memiliki bukunya, dijamin ga akan beruntung. Salam Blogging. Salam literasi.









REFERENSI

Yuliandari, Widyanti, dkk. Ngeblog dari Nol: Panduan Lengkap Belajar Blogging untuk Pemula. Wonderland publisher, 2021, 181 hal.

https://www.saturadar.com/2021/03/Pengertian-Komunitas.html












19 komentar on "Komunitas Blogger IIDN Membuka Cakrawala Dunia Blogging"
  1. Terima kasih sharingnya, Mbak. Pingin juga blog yang mulai dari nol ini, nantinya bisa berkembang baik.Tos saling semangat.. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos...Mba Octa, semoga kita bisa terus saling menyemangati,..ya..

      Hapus
  2. Semangat Mba.. saya pun ikut wag ngeblog dari 0. Supportif banget grupnya.. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba, alhamdulillah, ya...ada partner berkembang dan bertumbuh.

      Hapus
  3. Ih bener banget lo mbak, disaat sudah buntu mau bertanya sama siapa soal ngeblog, tiba-tiba dapat info kelas Ngeblog dari Nol. Serasa Oase di padang pasir yaaa gaksiiii

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah aku ikut grupnya juga Mbak. Semangat menebar manfaat melalui tulisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama semangat kita, ya mbaak...

      Hapus
  5. MasyaAllah Mba Nita. Saya terharu baca ulasan Mba Nita, nih. InsyaAllah silaturahmi kita sampai surga, ya, Mba. Saya hanya perantara keinginan Mba Nita. Menurut saya, sama banget dengan Mba Nita, bahwa komunitas blogging itu menjadi salah satu alasan saya untuk terus bertumbuh. Kerasa banget bedanya sama blogging saat otodidak dahulu. Semoga kita makin dikuatkan di jalan blogging yang terkadang curam ini, ya, Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mba Nia, dengan berkomunitas kita bisa saling mengisi dan mengingatkan dan juga menjalin tali silaturahmi. semoga silaturahmi kita terjalin sampai ke surga, ya mba,aamiin...peluk dari jaauuuh:1

      Hapus
  6. IIDN makin melebarkan sayap yaa.. Alhamdulillah saya juga pernah ikut kelasnya. Keren nih ibu ibu makin produktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, mba,...kalo sudah pernah berarti senior, donk,...sharing ilmu nya ditunggu, ya, mbak...

      Hapus
  7. dunia blogging emangw bikin penasaran ya mba, makin dikulik eh makin banyak yg gak tau hehe

    BalasHapus
  8. Senengnya kalau bisa masuk komunitas adalah kita bisa belajar bersama. Apalagi kalau diajarinnya mulai dari nol. Benar-benar bagus banget

    BalasHapus
  9. aku kelewat nih event Ngeblog dari Nol IIDN nya, bukunya belum aku punya, huhuhu. sebagai member IIDN emang aku kurang aktif nih, padahal event dan supportnya banyak banget ya. kembali bergerilya nih

    BalasHapus
  10. Bener banget mbak, komunitas itu penting untuk saling support, menjaga mood, karena ngeblog itu perjalanan panjang, akan lebih berat rasanya jika jalan sendiri

    BalasHapus
  11. Mengikuti komunitas salah satunya bisa membuat kita konsisten ya kak. Beruntung sekali bisa dipertemukan dengan IIDN jadi bisa sama" berkembang

    BalasHapus
  12. q sebenarnya udah lama ikut grup iidn, tapi yang di fb, dulu yg kelola mbak vy yg jual sambal itu klo gak salah. Sejak ganti kepengurusan, saya gak aktif lagi eh...sekarang malah makin sukses ya mbak😊😊

    BalasHapus
  13. IIDN gak ada bandingnya deh.awal tau komunitas ini langsung terpikir pengen gabung padahal background pure ibu rumah tangga yg cuma doyan nulis buku harian🤭.dan niat awal pengen tambah temen dari seluruh ibu ibu yg punya hobi sama.sampai akhirnya sekarang berusaha merintis blog adalah sebuah pencapaian ter wow buat saya pribadi.thanks IIDN🥰

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger