Piramida Ibu profesional

Sabtu, 18 Juni 2022
Masuk pada pos 7 jelazah zona kali ini mengangkat tema tentang "Piramida Ibu Profesional". Webinar ini diselenggarakan pada hari senin tanggal 13 Juni 2022 pada pukul 20.00. Widyaiswara yang membeberkan materi kali ini disampaikan oleh Mba Farida Ariyani.

Bentuk piramida profesional yang bertumpuk bersatu antara piramida atas dan piramida bawah memiliki makna yang mendalam. Piramida atas menggambarkan pengembangan keprofesionalan wanita dari sisi internal dirinya dan pengabdiannya terhadap keluarga.

Piramida bawah adalah andilnya seorang wanita dalam ranah eksternal dirinya dan keluarganya, yaitu peran sertanya di dalam masyarakat. Digembleng agar mampu menjadi agen perubahan dan memberi dampak positif. 

Piramida atas dan bawah saling terkait dan berkesinambungan. Keduanya harus selaras dan sejalan agar seimbang. Dari sisi internal terus memperkaya diri dengan asupan gizi ilmu dan pengetahuan. Di sisi eksternal, mampu menjadi wanita yang produktif dan menjadi agen perubahan di lingkungan sosialnya.

piramida ibu profesional


Piramida Ibu Profesional


Piramida ibu profesional seperti yang telah dijelaskan di atas  merupakan piramida bertumpuk antara piramida atas dan piramida bawah, keduanya saling terkait dan saling berkesinambungan.

Piramida ibu profesional dirancang sedemikian rupa agar para wanita menyadari fungsinya yang sangat vital bagi keberlangsungan hidup di dunia dan berfek juga pada kehidupan akhiratnya. Saling selaras dan menunjang demi peran yang seimbang antara ranah internal dan eksternal, yang digambarkan melalui keterkaitan antara piramida atas dan piramida bawah.

Piramida atas


Modal utama seorang ibu adalah kemauan yang bersungguh-sungguh untuk mengembangkan dirinya menjadi ibu yang memiliki kaya ilmu. Piramida atas berbicara tentang ranah internal dari seorang wanita yang emiliki profesi ganda, menjadi seorang ibu sekaligus istri dan wanita dalam porsi umum.

Ranah internal seorang wanita harus terus memperkaya dirinya dengan ilmu dan pengetahuan. meningkatkan kapasitas diri dengan terus bergerak meluaskan wawasan dan menumbuhkan kecintaan pada dunia keilmuan.

Dalam perkuliahan berjenjang di program Institut Ibu Profesioanl Pengalaman ilmu ini akan diperoleh pada jenjang perkuliahan  Bunda Sayang dan Bunda Cekatan. Untuk penjelasan kurikulum dalam perkuliahan Bunda Sayang dan Bunda Produktif, bisa dijelaskan  pada sesi pertemuan selanjutnya.

Piramida Bawah


Ranah eksternal, seorang wanita harus terus maju dan bergerak. Menunjukkan eksistensi dirinya di ranah publik. Berusaha memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya, berbagi kebermanfaatan serta bisa menjadi agen perubahan, memajukan kesejahteraan umat.

Namun, tetap menjadikan keluarga sebagai prioritas utama, di samping menjalankan peran ganda untuk memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar, karena segala aktivitas yang dilakukan selalu berdampingan dan beriringan dengan tugas utamanya yaitu sebagai seorang istri dan seorang ibu.

Piramida bawah dalam ibu profesional ini menunjukkan seorang ibu yang produktif namun tak meluakan peran utamanya. Aktivitas merupakan ikhtiyar sebagai penjemput rizki dengan cara meluaskan networking atau jaringan kerja.

Ilmu dan pengetahuan tentang pemberdayaan ranah eksternal akan dikembangkan di dalam perkuliahan Bunda Produktif dan Bunda Shalihah. Kurikulum pada perkuliahan ini akan dijelaskan pada pertemuan yang akan datang.

Dalam perkuliahan Bunda Produktif dan Bunda Shalihah ini, ada revitalisasi makna seorang ibu. Makna revitalisasi di sini adalah menghidupkan dan menggiatkan kembali peran wanita sebagai ibu, istri dan juga wanita pada porsi umum sebagai individu. Ketiga peran ini harus difungsikan secara proporsional.

Misi Piramida Institut Ibu profesioanal


Piramida Institut Ibu Profesional yang terdiri dari piramida atas dan bawah, sebagaimana yang sudah dijabarkan di atas memiliki misi yang harus diemban oleh setiap wanita dan ibu. Kedua fungsi wanita di ranah internal dan eksternal bermuara pada  misi dan tujuan yang sudah dirumuskan. Misi ini terkait dengan misi yang ada di dalam Institut Ibu Profesional dan  juga misi yang terkait pengembangan diri sendiri. 


Misi Institut Ibu Profesional


Seperti yang telah dijabarkan pada pembelajaran tentang misi ibu profesionalCore value yang menekankan bahwa kita sebagai seorang wanita harus terus belajar, berkarya, berkembang, berbagi dan berdampak, sebagaimana yang telah diterangkan dalam nilai inti dari seorang ibu profesional.

Core value ini harus diimbangi dengan 5 karakter ibu profesional yang harus terus dilatih, dengan cara terus belajar menerapkan dalam keseharian kita. Karakter yang semangat terus untu belajar, tidak harus diminta untuk mengetahui suatu ilmu,  mengerti apa yang harus dilakukan sebagai prioritas utama, menghargai waktu, dan perduli terhadap sesama.

Semua itu harus ditekadkan untuk menjadi kebiasaan dan tidak merasa sulit serta berat ketika kita menjalankannya, sehingaa kelima karakter ibu profesional tersebut sudah mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari yang kita jalani.

Dalam menjalankan nilai inti  dan karakter ibu profesional, jalani dengan perasaan suka cita. Terapkan mantra ibu profesional, yaitu ngobrol bareng, diskusi bareng dan main bareng. Terapkan dengan pengamalan yang didasari dengan hari ikhlas dan saling pengertian. InsyaAllah segala kesulitan akan teratasi dengan baik.

Jangan Lupa untuk melakukan Core Value dan merepakan 5 karakter ibu profesional, selain menerapkan 3 mantra ibu profesional, juga mentaati peraturan dalam COC (code of conduct) peraturan atau etika dalam Institut Ibu Profesional (IIP)

Misi diri


Lihat kembali perjalanan misi diri yang sebelumnya pernah kita susun, lalu telaah, adakah ketrkaitannya dengan IP? Pasti ada dong, ya!

Lalu telaah kembali dan kai ulang apakah misi diri yang sudah kita susun sebagai bekal apakah berjalan sesuai dengan rencana? Jika belum atau tidak berjalan sesuai rencana,  apa yang harus direncanakan selanjutnya agar misi bisa tercapai?


Belanja Tacit Knowledge dari KAHIMA Tentang Jenjang Perkuliahan Di Institut Ibu Profesional


tacit knowledge hima banten


Belajar dari pengalaman para pendahulu juga merupakan modal bagi kemajuan taraf kehidupan kita ke depannya. Membentuk pribadai menjadi lebih kuat berdasar atas pijakan para pendahulu juga merupakan langkah yang harus diambil, agar kita bisa nerpikir lebih bijak lagi ke depannya.

Pada materi 7 kali ini, para peserta matrikulasi perkuliahan di Institut Ibu Profesional harus mengambil dan belajar dari pengalaman senior regional masing-masing.

Kebetulan saya berasal dari regional Banten, maka saya pun banyak mengambil pelajaran dari para pendahulu saya yang sudah terlebih dahulu mengenyam perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Para Kahima yang dengan cekatan menceritakan pengalaman belajarnya saya serap secara saksama.

Kebetulan Hima Regional Banten memiliki kegiatan yang sangat banyak dan para pengurusnya pun aktif dalam melancarkan program-program penunjang dalam perkuliahan Ibu Profesional.

Pertemuan Hima Regional dalam tema Tacit knowledge atau sharing pengalaman berlangsung pada hari kamis 16 juni 2022 melalui fasilitas Zoom Meeting. Pada kelas matrikulasi ini merupakan ajang persiapan para ibu untuk memasuk jenjang perkuliahan yang terdiri dari 4 jenjang, yaitu bunda sayang, bunda cekatan, bunda produktif dan bunda sholihah.

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa bunda sayang dan bunda cekatan merupakan pengayaan ilmu untuk meningkatkan ka[pasitas ibu di ranah internal yaitu piramida atas. Sedangkan perkuliahan pada Bunda Produktif dan Bunda Dhalihah adalah pengayaan ilmu serta aplikasinya dalam aspek eksternal yaitu berupa pengabdian di masyarakat dan berfungsi sebagai agen perubahan.

Jenjang Perkuliahan Institut Ibu Profesional


Saat ini Institut Ibu Profesional Batch 10 sedang dalam masa matrikulasi dan akan segera memasuki masa perkuliahan. Hasil sharing session dengan para mahasiswa di Hima Banten sangat menggugah semangat belajar kami yang masih di tahap matrikulasi.

Saya sendiri mengamati dan mencermati setiap pembagian jenjang perkuliahan dengan sangat antusias, ingin segera mewujudkan langkah ke arah sana. Perkuliahan Institut Ibu Profesional. Hasil sharing and caring para mahasiswa Hima Banten, diantaranya memperjelas pos-pos pembelajaran yang ada di setiap jenjang perkuliahan. Bisa teman-teman cermati seperti peta gambar di bawah ini:

jenjang perkuliahan institut ibu profesional
Sumber gambar: Grup Whats App Matrikulasi Batch 10 Hima Banten



Selamat berjuang teman-teman semua, semoga penjelajahan kita sampai pada titik akhir. Selalu semangat, meski banyak rintangan menghadang. Salam Semangat. Salam Ibu profesional.






Referensi


https://www.ibuprofesional.com/post/piramida-ibu-profesional

htpps://institutibuprofesional.com/tentang-iip

Webinar Piramida Ibu Profesional yang Berlangsung Hari Senin tanggal 13 Juni Pukul 20.00 WIB

Wbinar Sharing session Tacit Knowledge Kahima Banten Kamis 16 Juni 2022 pukul 19.30 WIB

3 komentar on "Piramida Ibu profesional"
  1. baru baca di blog sebelah tadi soal institud ibu profesional, jujur itu keren banget sih

    BalasHapus
  2. Semoga Allah mudahkan, Kak Nita. Wah, dilihat dari kurikulum perkuliahan Institut Ibu Profesional sangat menarik sekaligus makin menantang tiap naik jenjang, ya.

    BalasHapus
  3. Setiap orang bisa menjadi ibu, tapi hanya orang2 tertentu yang bisa menjadi ibu profesional.
    Materinya sangat menarik dan bermanfaat, untuk memcapai tahap bunda shaliha perlu sekali usaha dan kemauan apalagi ilmunya <3

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger