Tips Menjadi Ibu Bahagia Kebanggaan Keluarga Ala Ibu Profesional

Kamis, 02 Juni 2022
Menjadi seorang ibu merupakan idaman semua wanita. Hidup serasa sempurna jika wanita bisa menjalani perannya sebagai seorang ibu secara profesional. Apa makna profesional? Menurut Mba Rusna Meswari Profesional mengandung makna sungguh-sungguh. Sungguh-sungguh dalam menjalani perannya sebagai seorang ibu. 


Tips bahagia menjadi ibu



Makna Ibu


Ibu memiliki beberapa makna, diantaranya adalah seorang wanita yang telah melahirkan anak, atau seorang wanita yang telah memiliki suami. Ibu juga bisa berarti panggilan kehormatan bagi seorang wanita baik yang sudah bersuami maupun yang belum. Ibu juga memiliki makna sesuatu yang inti atau yang memimpin seperti penyebutan istilah pada ibu jari. Ibu juga memiliki arti yang utama yang pokok seperti halnya penempatan makna ibu pada kata ibu kota, ibu negeri dan lainnya.

Makna Profesional


Dalam Webinar pembekalan misi jelazah Zona pos 5 yang disampaikan oleh WI Rusna Meswari, dijabarkan bahwa makna profesional sendiri secara hakikat adalah bersungguh-sungguh. Dalam KBBI dijelaskan memerlukan kepandaian atau keahlian khusus untuk melakukannya. Maka bisa disimpulkan bahwa jika seseorang ingin dikatakan profesional, maka dia harus bersungguh-sungguh dalam memahami bidang yang dia tekuni, apapun bentuknya. Profesional dalam sebuah bidang  adalah menguasai dan memahami bidang tersebut dengan cara mempelajari makna dan berusaha menekuninya.

Makna Ibu Profesional


Dari kedua pengertian kata di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa ibu profesional adalah seorang wanita yang telah memiliki anak, dan juga telah memiliki status perkawinan dan menjalankan perannya sebagai ibu dengan bersungguh-sungguh. 

Sudah selayaknya ketika kita mengambil peran sebagai seorang ibu, kita harus sudah siap dengan segala resikonya. Menyadari dari awal bahwa keputusan yang kita ambil harus kita maknai dan pahami. memaknai dan memahami bagaimana sejatinya peran sebagai ibu. Peran ibu membutuhkan perhatian khusus, agar kita bisa sukses menjalani peran tersebut. Menjadi ibu profesional kebanggaan keluarga yang bahagia dalam menjalankan perannya.

Menjadi seorang ibu profesional memiliki artian bahwa kita harus siap belajar mengembangkan wawasan keilmuan kita terhadap berbagai keilmuan yang mampu menunjang profesi kita sebagai seorang ibu. Ilmu parenting, ilmu gizi, ilmu kesehatan, ilmu keuangan, ilmu sosial masyarakat, secara perlahan namun pasti harus terus kita tingkatkan kadar dan bobotnya demi melengkapai kesempurnaan wanita sebagai seorang ibu.

Kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga adalah prioritas utama bagi seorang ibu profesional, untuk itu membekali diri dengan berbagai disiplin ilmu, sepertinya merupakan sebuah keharusan. Caranya bagaimana? Tentunya menggunakan cara yang sangat menyenangkan, agar ibu bisa menjalankan perannya secara profesional dan menjalankannya dengan perasaan yang bahagia. Cara belajar yang  diambil bisa melalui sosmed lewat aneka platform yang disenangi seperti youtube, instagram, atau blog yang berisi artikel tentang pengembangan diri. 


Tips Menjadi Ibu Bahagia Kebanggaan Keluarga Ala Ibu profesional 


Bahagiaku sebagai seorang ibu adalah jika keluargaku bisa merasa aman, nyaman dan tentram di bawah kepengurusanku. Semua anggota keluarga bahu membahu dalam menjalankan tanggungjawab dan kewajiban. Kebahagiaan juga didapat jika diantara anggota keluarga bisa saling mengasihi, mencintai dan menghargai. Berasa sudah berhasil menanamkan konsep cinta di dalam keluarga jika bisa saling mencintai, mengasihi dan  saling support.

Menjadi ibu bahagia kebanggaan keluarga merupakan keinginan dan hasrat setiap ibu. Memiliki anak-anak yang tumbuh sehat dan cerdas dan menjadi generasi Qur'ani juga merupakan kebahagiaan yang tak terhingga bagi seorang ibu. Melihat anak menjadi anak yang penurut dan berbakti kepada kedua orangtua bikin hati meleleh dan menimbulkan kebahagiaan yang tak terkira. Dicintai anak-anak, dicintai suami, dicintai oleh orangtua dan saudara, dicintai lingkungan dan teman, menjadi penambah rasa bahagia. Cukup kiranya poin-poin tersebut menjadikan diri sebagai ibu bahagia kebanggaan keluarga.

Bagaimana cara menciptakan keluarga yang bahagia agar terbentuk keluarga yang dicita-citakan? Kita bisa merancang teknik dan aturan yang diterapkan untuk semua anggota keluarga, menciptakan pola interaksi yang baik diantara anggota keluarga. Bagaimana caranya? Ada tips yang disarankan oleh ibu profesional untuk menciptakan keluarga bahagia. Yuk kita telusuri bersama, sistπŸ‘‡πŸ’“

Mantra Ibu Profesional.


Mantra yang terdiri dari 3 unsur ini dikenal sebagai mantra ibu profesional. Ini saya terapkan dalam setiap kegiatan yang kami laksanakan.  Apa saja mantranya? Yuk Check it out! Dan jangan lupa diterapkan,yaaa 😘

1. Ngobrol Bareng.  

Melalui ngobrol bareng kita bisa saling memahami dan mengerti kebutuhan anggota keluarga , sesuai dengan versi masing-masing. Obrolan yang terarah dan intens yang diciptakan dalam keluarga dapat emnjadi ajang curhat dan sharing pengalaman serta keinginan anggota keluarga. Pada kesempatan ini masing-masing anggota keluarga bisa saling curhat dan memberikan tanggapan terhadap keinginan serta pengalaman yang didapatkan oleh masing-masing anggota keluarga. Moment ini bisa menjadi sarana mendeteksi dini apa yang menjadi kepuasan dan ketidakpuasan yang ada diantara anggota keluarga.

2. Main Bareng. 

Pada kesempatan main bareng bisa menjadi sarana pendidikan dan mengembangkan bakat serta kreatifitas seluruh anggota keluarga, bukan cuma anak-anak,  termasuk ayah dan ibu juga. Bentuk permainan bisa dengan bermain yang ringan-ringan, misal bermain ular tangga, bermain congklak, bekel, tebak kata, puzzle, petak umpet, masak bareng, dan aneka jenis permainan lainnya, tentunya dengan menyesuaikan umur dan kebutuhan anggota keluarga.

3. Diskusi Bareng. 

Mendiskusikan hal-hal yang membutuhkan keputusan bersama ketika menjalankannya, ini juga merupakan tips untuk menciptakan keluarga yang bahagia. ketika anggota keluarga sepakat dalam mengambil sebuah keputusan, maka seluruh anggota keluarga akan ikhlas dan merasa ringan menjalankannya.


Selain dari 3 mantra ibu profesional, hal lain yang bisa yang bisa menjadi tips menunjang keluwesan dalam meraih kebahagiaan ketika menjalankan tugas sebagai seorang ibu ada lagi, lho. Apa tuuh? kasih tau, ga, ya πŸ˜‰. Begini, nih ,sist, menurut founder Ibu Profesional, Ibu Peni wulandani dan Pa Dodi, kita harus mengetahui  dasar-dasar kebutuhan kita sebagai orangtua. Ketika kita mengetahui apa yang menjadi kebutuhan kita, mengenal diri kita sendiri, diharapkan kita bisa menjadi ibu bahagia dan selalu bahagia dalam menjalankan peran sebagai ibu. Ibu bahagia kebanggaan keluarga, karena ibu yang bahagia bisa menciptakan aura yang bagus untuk anggota keluarga lainnya. Kebutuhan dasarnya apa saja? Yuk, disimak

tips membentuk keluarga bahagia




4 Dasar Kebutuhan Orangtua


1.  Mengelola mental state atau kondisi kejiwaan


Sebagai seorang ibu harus pandai-pandai mengelola kondisi kejiwaannya dalam keadaan yang baik. Pikiran, perasaan, dan tindakan harus dioptimalkan dengan asupan yang positif. Pandai menyetel mood yang tidak baik berubah ke mood yang membangkitkan semangat. Misal ketika kejenuhan sedang melanda, coba cari hal yang membuat hati senang, misal dengan menjalankan hobi atau sekedar menyaksikan tontonan yang bisa menghibur.

2. Komunikasi sebaya


Komunikasi teman sebaya apa maksudnya, sih? Maksud pernyataan ini  adalah dengan cara memberikan kesempatan ruang dan gerak setiap anggota keluarga untuk membuktikan eksistensi dirinya dengan cara memberikan peluang mencari pengalaman dengan para teman sebayanya. Mengizinkan bergaul dengan orang di lingkunagn sekitarnya bagi anak yang masih usia dini, dan ruang bergaul yang lebih luas bagi anak yang sudah masuk ke usia teenagers atau remaja.

Begitupun ruang gerak pergaulan bagi masing-masing individu yang terlibat dalam sebuah keluarga, baik ayah maupun ibu. Kalo istilah zaman sekarangnya, harus punya "Me time" biar bisa dijadikan healing dari segala macam kepenatan.

3. Memperbaharui Status Belajar


Menambah berbagai macam ilmu dan keterampilan, ini lah yang dimaksud dengan memperbaharui status belajar. pengetahuan dan wawasan yang terus diperbaharui akan meningkatkan skill kita dalam berpikir dan menyelesaikan sebuah permasalahan. Mengelola hati dan pikiran agar bisa tetap seimbang dalam menanggapi arus dari luar.


4. Apresiasi Bukan Evaluasi


Saling memberikan apresiasi atas capaian yang diperoleh oleh masing-masing anggota  keluarga merupakan tips menjadi ibu bahagia. bagi ibu yang memiliki anak usia balita, ketika menyaksikan anak yang sudah terbiasa mengatasi kesulitan di permasalahan kegiatan sehari-hari, misal anak balita kita sudah bisa makan sendiri dengan menggunakan sendok secara baik dan benar. berikan apresiasi atau penghargaan dengan ucapan yang baik-baik, tanpa harus memberkan evaluasi. Terkadang evaluasi di awal akan berdampak rasa putus asa yang dialami oleh anak. Untuk itu apresiasi terlebih dahulu, evaluasi belakangan. Cara memberikan apresiasi bisa dengan memuji, memberikan hal yang dia idamkan, menjanjikan hal yang menarik, dan lainnya.

Ibu Bahagia Memberi Aura Positif bagi Keluarga


Ibu yang bahagia akan memberikan aura yang positif buat para anggota keluarganya. Untuk itu berusahalah untuk mencari kebahagiaan yang ditimbulkan dari dalam diri sendiri karena hakikatnya kebahagiaan itu bukan dicari namun diciptakan.

kebahagiaan itu bukan dicari namun diciptakan ~ Quotes ~

Beberapa tips yang saya jalankan untuk menciptakan kebahagiaan di dalam diri saya adalah dengan cara mencintai diri sendiri, karena betapa diri kita ini adalah hal yang sungguh berharga dan istimewa, saya selalu membisikkan mantra sakti untuk diri saya sendiri yaitu dengan cara memberikan pengakuan bahwa saya adalah pribadi yang hebat, ibu yang hebat, istri yang hebat, anak yang hebat, teman yang hebat, saudara yang hebat, yang telah mampu dengan sabar dan ikhlas bisa tetap menjalankan peran dan bertahan hingga hari ini.

Saya memberikan keyakinan pada diri saya, bahwa saya memiliki banyak anugerah yang berlimpah yang telah diberikan oleh Allah untuk diri saya baik berupa fisik dan psikis. Untuk menjaga segala apa yang diamanahkan oleh Allah kepada diri saya, saya melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Terus belajar hal-hal yang disenangi untuk meningkatkan skill
  2. Melakukan hal-hal yang sifatnya bisa menghibur diri, bisa dilakukan bersama keluarga.
  3. Meluangkan waktu untuk me time, bisa diisi dengan belajar hal-hal yang disenangi, maupun dengan bergaul bersama komunitas yang bisa menaikkan mood.
  4. Menghadiahi diri dengan makanan-makanan kesukaan.
  5. Nonton film, web series, baca buku yang digemari.
  6. berolahraga agar badan tetap  sehat dan bugar.
  7. Mengisi rohani dengan mengikuti ta'lim, tilawah al-Qur'an dan membaca tentang kaidah agama.

Itulah beberapa hal yang saya lakukan untuk menjaga hati dan pikiran agar tetap seimbang. Profesional dalam menjalankan peran sebagai ibu, istri, anak, dan  wanita secara umum yaitu sebagai tetangga, sebagai teman, sebagai pengajar dan lainnya. Ini saya lakukan untuk menciptakan diri menjadi ibu bahagia kebanggaan keluarga.

Beberapa tips di atas adalah bentuk realisasi dari kaidah yang diajarkan di komunitas ibu profesional. Ibu profesional didirikan dengan vis. Untuk menjadi komunitas pendidikan perempuan indonesia yang unggul dan profesional sehingga bisa berkontribusi kepada negara ini dengan cara membangun peradaban bangsa yang dimulai dari internal keluarga. Agar tercapai kebahagiaan selaraskan visidengan misi yang sudah dicanangkan. Misi-misi tersebut diantaranya: 


Misi Komunitas Ibu profesional: 


1. Meningkatkan kualitas dalam mendidik anak-anaknya.
2. Meningkatkan kualitas dalam mengelola rumahtangga dan keluarga.
3. Menngkatkan rasa kepercayaan diri dengan cara mau terus belajar dan berproses
4. Meningkatkan peran ibu menjadi agen perubahan dalam keluarga


Indikator Keberhasilan dan Makna Ibu profesional untuk Orang-Orang Terdekat


Indikator  kebahagiaan sebuah keluarga adalah berhasilnya seorang ibu membuat bahagia dirinya dan keluarganya. Keluarga yang bahagia diciptakan oleh ibu yag bahagia.Jadilah uswah bagi anak-anak kita, agar kita bisa mencetak anak-anak yang meiliki kepribadian yang unggul. Semua di awal dari diri seorang ibu. 

wahai para ibu ciptakanlah kebahagiaan, karena sesungguhnya kebahagiaan ada dalam diri, tidak harus mencari. Dengan dirimu berbahagia keluarga akan turut berbahagia. ~ Inspirasi Nita ~

Alhamdulilla saya belajar banyak dari komunitas ibu profesional, saya terbiasa menghargai waktu, dan terbiasa mengelola waktu dengan sangat terencana, walaupun perkembangannya secara sedikit demi sedikit saya terapkan namun mengalami kemajuan.  

Orang-orang sekitar saya memberikan tanggapan positif akan kegitan yang dilaksanakan di komunitas profeisonal. Mereka memberikan tanggapan bahwa komunitas Ibu Profesional adalah komunitas yang benar-benar serius dalam menangani program kerjanya dan mengaliri para pesertanya dengan aura dan semangat yang positif.

Ciptakan kebahagiaan terlebih dahulu untuk dirimu wahai para ibu, karena ibu bahagia menjadi kebanggaan keluarga. Selaraskan apa yang harus diselaraskan dari proses pembelajaran. Semangat berdedikasi menjadi seorang ibu. Salam ukhuwah.
6 komentar on "Tips Menjadi Ibu Bahagia Kebanggaan Keluarga Ala Ibu Profesional"
  1. Wahhh keren sekali tulisannya.. Kaya banget ilmu....

    BalasHapus
  2. Orangtua jadi orang pertama yang ternyata jadi pembentuk suatu keluarga yang baik atau sebaliknya. Alhamdulillah, belajar banyak dari sini secara gratis. Semoga nanti bisa diterapkan. 🀍

    BalasHapus
  3. Masya Allah tabarakallah. Terima kasih untuk tulisan kaka yang padat ilmu..

    BalasHapus
  4. tulisan kakak bermanfaat banget buat setiap wanita

    BalasHapus
  5. Ibu profesional selalu memberikan aura positif.. MasyaAllah nyentil banget untuk saya yang masih sering emosian mba nita 🀭

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah,
    banyak sekali yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang ibu yang profesional.

    seperti ibu saya juga selalu mendidik dengan sungguh sungguh,
    membimbing anaknya supaya bisa menjadi orang baik dan sukses.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger