Pentingnya Mendampingi Tumbuh Kembang Anak di Usia Golden Age secara Islami

Kamis, 02 Juni 2022

Buku pentingnya mendampingi tumbuh kembang anak usia dini merupakan kelanjutan dari buku tentang mendidik sejak dalam kandungan, dengan penulis yang sama yaitu Kak Deri dan Kak Yazid. Setelah membahas tuntas tentang bagaimana para orangtua mempersiapkan fisik dan psikisnya dalam mendapatkan buah hati secara lengkap, kini giliran melanjutkan dengan bagaimana mendidik anak di usia dini atau golden age.


Kehadiran anak adalah hal yang dinanti oleh para orangtua. Apapun rela dilakuakan demi mendapatkan buah hati. Setelah mendapatkan buah hati, sudah seharusnya orangtua menyiapkan  fisik dan jiwanya untuk mendidik anak secara optimal. Apa saja yang harus diberikan sebagai stimulasi yang akan diterapkan pada anak? Buku dengan tema mendampingi tumbuh kembang anak sejak usia dini ini bisa menjadi jawabannya.


Masa golden age adalah masa anak dalam usia 0-8 tahun menurut NAEYC (National Association and education for Young Children) sedangkan menurut Undang-undang, anak usia dini adalah anak yang usianya di kisaran 0-6 tahun. Buku tentang bagaimana mendampingi proses tumbuh kembang anak usia dini ini menyajikan bagaimana cara mendidik anak di usia 0-7 tahun sebagaimana yang tertulis di sampul bukunya. Pemaparan di dalamnya menyampaikan tentang bagaimana cara mendampingi proses tumbuh kembang anak. Memberikan motivasi kepada orangtua agar selalu emiliki perhatian yang ekstra dalam mengiringi tumbuh kembang anak demi memberikan stimulasi terbaik di masa emasnya.


mendampingi tumbuh kembang anak usia dini


Spesifikasi Buku


Judul: Happy Parenting with Qur'an dan Sunnah: Mengiringi Tumbuh Kembang Anak di Usia Emas

Penulis: Deri Rizki Anggraini dan Yazid Subakti

Penerbit: Ziyad Books

Tempat Terbit: Banyu Anyar, Surakarta.

Jumlah Halaman: 216

Jenis kertas: HVS Putih

Jenis Cover: Soft Cover

Cetakan: Pertama tahun 2020

ISBN: 978-602-317-604-5


Materi Buku


Buku parenting yang bertema pentingnya mendampingi tumbuh kembang anak ini berisi delapan bab pembahasan yang terdiri dari bab tentang Anak-anak Memiliki Hak Atas Orangtuanya, Menyambut Kelahiran yang barakah, Berikan Air Susu Ibu, Mengiringi Tumbuh Kembang, Merancang Kecerdasan, Pelajaran Mengenal, Memilih Sekolah, Membiasakan Ibadah.


Anak-anak Memiliki Hak atas Kedua Orangtuanya


Dalam bab ini dijelaskan bahwa rasa bersyukur dan keikhlasan orangtua dalam menerima anak apa adanya secara utuh sangat dikedepankan, berharap diberi kemudahan oleh allah Azza wa jalla dalam proses mendidik sangat dianjurkan. Begitupula setiap orangtua harus memiliki rasa khawatir anaknya akan dia tinggalkan dalam keadaan lemah jika tidak diberikan pendidikan yang cukup. Timbulnya rasa ini akan membuat orangtua berusaha dengan sungguh-sungguh menyiapkan anaknya agar tumbuh menjadi generasi yang tangguh.

Selain itu anak-anak dijabarkan dalam bab ini mempunyai hak yang harus dipenuhi oleh kedua orangtuanya, yaitu hak mendapat pendidikan, hak mendapatkan tempat tinggal yang layak, diberikan nafkah yang halal dan diberikan keteladanan, agar dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal di usia emasnya.


Menyambut Kelahiran yang Berkah


Melaksanakan segala rangkaian acara yang disunnahkan ketika menyambut proses kelahirannya untuk menjaga fitrah sang anak, seperti membacakan adzan ketika dilahirkan, mengadakan aqiqah, 1 kambing untuk anak perempuan dan 2 kambing untuk anak laki-laki, melakukan khitan, mencukur rambut lalu menimbangnya dan menshodaqahkan hasil timbangan rambut yang sudah ditukar nilainya dengan harga emas atau perak. Penjelasannya dicantumkan secara detail dalam buku ini. Selain itu juga dalam bab ini dijelaskan perilaku sunnah dalam berinteraksi dengan anak, dengan cara menciumnya, memeluknya, dan senantiasa mendo'akannya. Kelekatan antara orangtua dan anak harus dibentuk dari sejak dini agar tumbuh kembang anak bisa diupayakan secara optimal.


Berikan Air Susu 


Dalam buku ini dijelaskan agar sebaiknya setiap ibu memberikan ASi atau Air Susu Ibu kepada setiap anaknya selama ibu dalam keadaan sehat dan dalam kondisi yang memungkinkan untuk menyusui. Perintah menyusui termaktub dalam beberapa surat dalam Al-Quran, diantaranya adalah QS. al-Qashas: 7, yaitu tentang perintah Allah kepada ibu Nabi Musa agar menyusuinya sebelum dihanyutkan ke sungai. Ayat lain lagi yaitu termaktub dalam Al-Quran surat Luqman: 14.


Dalam bab ini dijelaskan secara lengkap bagaimana teknik menyusui, manfaat menyusui bagi fisik dan psikis anak. Kandungan gizi yang padat yang dimiliki dalam Air Susu Ibu. Makanan apa saja yang bisa memperbanyak produk ASI, lalu berapa lama masa menyusui dan bagaimana cara menyapih agar tidak mencederai hati anak. Proses menyusui yang dilakukan dengan waktu yang cukup akan mengoptimalkan tumbuh kembang anak secara optimal di masa emasnya.


Mengiringi Tumbuh Kembang Anak


Dalam bab ini wawasan orangtua diperluas dengan  bagaimana cara memahami proses tumbuh kembang anak, dan mendampinginya dari mulai 0 bulan sampai memasuki usia anak-anak, dan bukan lagi bayik.

Memahami gizi, tujuannya agar anak tak mengalami kekurangan gizi, orangtua paham akan kebutuhan gizi anaknya di kadar berapa. Bab ini juga dilengkapi dengan tabel pemberian varian makanan setiap harinya, dan juga jenis makanan yang bisa diberikan sesuai dengan rentang umur anak.


Hak anak atas orangtua


Merangsang Kecerdasan


Dalam bab ini dijelaskan bagaina proses perkembangan otak dan fungsi otak kiri serta otak kanan pada anak. Orangtua harus mengetahui kemampuan tumbuh kembang anak di setiap tingkatan umur anak. Tujuannya agar orangtua mengetahui tentang perkembangan anak dalam 3 ranah yaitu psikomotor, afektif dan kognitif.  .Sehingga jika terjadi hal yang tak diinginkan bisa diantisipasi dan dideteksi sejak dini. Hal ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan orangtua dalam mendampingi tumbuh kembang anak secara optimal sejak usia dini.


Pelajaran Mengenal dan Membiasakan


Dalam bab ini orangtua diarahkan untuk mendampingi tumbuh kembang anak dengan memberikan stimulasi pengenalan terhadap diri dan lingkungan serta penciptanya. Hal ini diupayakan agar anak mulai mengenal siapa dirinya dan asal usulnya dari mana, dalam konteks yang sederhana. Mulai dengan mengenalkan Allah, mengenalkan Rasulullah, mengenalkan ciptaan Allah, mengenal malaikat dan lainnya. Tak lupa juga melatih anak untuk mengenal shalat, puasa, shodaqah, thaharah dan hal kebaikan lainnya.


Tidaklupa juga untuk mengenalkan anak pada organ tubuhnya, identitas dirinya, menegenalkan pada orang-orang terdekatnya, mengenalkan jenis-jenis benda dan manfaatnya bahkan kenalkan juga kepada anak benda-benda yang mengandung bahaya. Upaya ini dilakukan untuk mengoptimalkan stimulasi yang akan memberikan dampai yang bagus bagi tumbuh kembang anak.



Biographi Penulis


Yazid Subakti dan Deri Rizki adalah sepasang suami istri yang memiliki minat besar pada dunia parenting Islam. Sang istri adalah seorang ahli gizi Kesehatan dan lulusan Universitas Gajah Mada Jogja begitupun sang suami merupakan sarjana Geografi di kampus yang sama.


Sepasang suami istri ini merupakan naras umber di radio MQ FM Jogja, dalam acara rutin Rumahku Syurgaku. Merupakan founder dari Yayasan Rumpun Nurani, Komunitas kepompong Educare, dan Komunitas Hijrah Cinta Keluarga Dahsyat. Deri juga merupakan salah satu pelopor berdirinya Komunitas Pendidik Gizi, dan aktif di kepengurusan Salimah.


Kelebihan Buku


Bahasanya yang mudah dicerna dan layout buku yang sangat menarik, saya rasa merupakan nilai plus dari buku ini. Dijamin insyaAllah para pembacanya tidak jenuh untuk menuntaskan lembar demi lembar tulisan dalam buku ini. Pembahasan yang lengkap dari berbagai aspek menjadikan buku ini cukup bisa dijadikan pegangan untuk para orangtua pemula bahkan juga yang sudah senior dan ingin menambah wawasan tentang parenting islami dalam rangka mendampingi tumbuh kembang anak di usia emasnya.


Buku ini disertai dengan ilustrasi penunjang yang sesuai dengan tema bahasan. Jenis tulisan yang imut dan lucu juga menambah menarik lay out dari buku ini. Lengkap sekali pembahasannya. Untuk itu saya sarankan para orangtua menjadikan buku ini sebagai salah satu referensi dalam mendampingi tumbuh kembang anak.


Kekurangan Buku


Tidak menyertakan referensi langsung dalam pernyataan-pernyataan yang tertulis dalam buku, namun mereka melampirkan daftar Pustaka pada bagian akhir dari buku ini, jadi apa yang dikaji dalam buku ini bisa dipertanggungjawabkan, hanya saja tidak dicantumkan di setiap pernyataan yang butuh penguatan.


Tidak ada tabel kegiatan harian yang bisa dilakukan anak juga sebagai kekurangan dari buku ini, jika dilampirkan pasti buku ini semakin lengkap sebagai panduan bagi orangtua dalam mendampingi tumbuh kembang sang buah hati.


Kesimpulan


Setiap buku umumnya memiliki kekurangan dan kelebihan, namun banyak sekali kelebihan lain di buku ini yang bisa menutupi kekurangannya, sehingga jatuh pada kesimpulan bahwa buku ini bisa dijadikan tambahan referensi bagi orangtua dalam usaha mendampingi tumbuh kembang anak di usia emas yaitu usia dini yang berkisar antara 0-8 tahun. Salam literasi. Salam Pengasuhan. Semangat mencetak generasi Qur'ani.

8 komentar on "Pentingnya Mendampingi Tumbuh Kembang Anak di Usia Golden Age secara Islami"
  1. Kalau dilihat dari reviu-nya, ini jadi rekomendasi buat bekal nanti, ya, Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, bisa dimasukkan sebagai salah satu referensi, selamat hunting ya

      Hapus
    2. penasaran kesini krn baca di blog Mba Monica. dan alhamdulillah jd dapet referensi cara ngereview buku di blog. Makasi Mba Nita, salam dari sesama peserta coaching blosgpedia :)

      Hapus
  2. Bukunya menarik sih, kira-kira Kak apakah buku ini cocok untuk single parent? Karena kalau ku baca reviewnya lebih ke menekankan peran ayah dan ibu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah cocok Ka Reza, Bisa dijadikan salah satu referensi dalam pengasuhan, peran keduanya bisa digantikan oleh salah satunya, semoga dimudahkan, ya, kak, bismillah:1

      Hapus
  3. Bukunya bagus.. Kak Nita menjelaskan dengan detail, setelah membaca blog ini jadi pengen beli bukunya untuk bekal saya mendidik anak-anak

    BalasHapus
  4. Penerbit Ziyad memang terkenal dengan buku anak-anak islaminya ya, Kak. Adanya buku ini menjadi pelengkap untuk membantu orangtua dalam mendidik anak.

    BalasHapus
  5. Baru main kesini, bagus banget view blog nya kak^^.
    Bisa masuk list rekomendasi buku buat nanti kalau ada umur buat ngerasain jadi bunda xixi.. Makasih buat review bukunya mbak ^^

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger