5 Permainan Untuk Melatih Kesabaran Anak

Minggu, 26 Juni 2022
Kesabaran pada anak merupakan hal yang harus dilatih dari sejak dini. Membiasakan berperilaku sabar pada anak bisa diterapkan melalui konsep bermain sambil belajar. Sebagai orangtua kita harus memahami bagaimana memilih permainan untuk melatih kesabaran anak.


permainan untuk melatih kesabaran anak


Tingkat Kesabaran pada Anak


Anak adalah manusia muda pemilik fase perkembangan kepribadian yang sangat pesat di usianya. Untuk itu sebagai orangtua kita harus mengupayakan untuk menanamkan sifat baik pada anak.

Sosok kecil yang sedang bertumbuh dan berkembang ini sedang melalui masa kritis. Gejolak emosi masih sangat labil, karenanya anak sering terpancing emosi jika ada hal yang kurang berkenan pada dirinya.

Otak anak sedang mengalami masa perkembangan yang amat pesat. Anak belum bisa berpikir matang dan memahami konsep-konsep yang merupakan sesuatu yang baru menurutnya. Bermain sambil belajar belajar sambil bermain bisa digunakan untuk melatih kesabaran anak.

Anak usia dini belum mampu berpikir masalah konsep, usianya hanya mampu berpikir secara faktual. Untuk itu anak belum mampu memahami konsep sabar untuk menunggu dan berbagi.

Dari sebuah penelitian seorang pakar psikolog anak Pamela Cole menyatakan bahwa seorang anak memiliki tingkat kesabaran yang berbeda-beda, dan ini disesuaikan dengan tingkat umur si anak.

Makin bertambah usia anak maka kesabaran semakin meningkat. Anak berumur 18 sampai dengan 24 bulan disinyalir tahan menunggu hingga 8 menit. Setelah itu dia akan mencari orangtua yang biasa selalu lekat dengan dia. Makin bertambah usia anak, maka tingkat kesabaran anak semakin bertambah.


Jenis Permainan Untuk Melatih Kesabaran Anak


Untuk melatih kesabaran anak bisa dilakukan secara menyenangkan tanpa harus menyulut emosi papmam. Bagaimana caranya? Tentunya dengan mengikuti fitrah kejiwaan anak yang menyukai bermain.

Banyak sekali jenis permainan yang bisa kita berikan kepada anak, beberapa diantaranya bisa kita jadikan sebagai media untuk melatih kesabaran anak.

permainan untuk melatih kesabaran anak



Bukan saja jenis permainan yang  lagi ngehits di kalangan para orangtua dan anak yang bisa melatih kesabaran. Namun, permainan tradisional anak bisa mengajarkan makna sabar kepada anak. Beberapa diantaranya juga bisa dibuat sendiri di rumah, tanpa perlu mengeluarkan biaya yang banyak.

Yuk, kita coba list beberapa jenis permaian Untuk melatih kesabaran anak, Papam bisa sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anak. Permainan tersebut diantaranya, yaitu:

Permainan Tebak Gambar


Melalui permainan tebak gambar anak akan dirangsang berpikir mengingat-ngingat nama dari binatang yang dia sedang lihat, bisa di kartu, di buku atau di majalah. Berbagai macam media bisa digunakan oleh ayah bunda untuk dijadikan alat bermain bersama buah hati.

Anak akan berusaha menyimak gambar, berlatih menanti papmam ketika memilih dan mengajukan pertanyaan tebak gambar. Terutama jika dilakukan berbarengan. Ananda akan dilatih bersabar untuk mendapatkan giliran menebak gambar.

Tentukan di awal tentang peraturan permainan yang harus di taati oleh sang buah hati. Permainan ini bisa mulai dicoba untuk anak di atas 3 tahun.

Permainan Tebak Kata dan Tebak Huruf


Begitu pun dengan permainan ini, anak akan dilatih kesabaran mengikuti aturan permaiann yang telah ditetapkan di awal. Terutama jika permainan ini dilaksanakan secara berkelompok. Anak juga akan dilatih bergantian menebak kata dengan temannya.

Anak juga akan dilatih kesabarannya dalam menyambung huruf-huruf yang tertera dalam kartu, kertas, buku atau media lainnya.

Usahakan untuk memilih kata-kata yang mudah untuk anak. Permainan ini selain berguna untuk melatih kesabaran anak, juga bisa membantu mempeerlancar anak yang sedang berproses belajar membaca.

Permainan ini bisa diterapkan bagia anak-anak dengan rentang usia di atas 5 tahun. Lebih tepatnya untuk anak yang sudah mulai belajar membaca dan mengenal huruf. Selain tebak kata, papmam juga bisa memulainya dengan tebak huruf.

Permainan Puzzle


Proses mencocokkan bentuk yang tepat di sebuah bidang, atau biasa kita sebut dengan permainan puzzle, sangat bermanfaat untuk melatih kesabaran.


Proses anak mencocokkan satu bentuk ke skema garis yang tepat, diharapkan akan membantu melatih kesabaran anak. Memilih bentuk membutuhkan waktu, mencocokkannya pun membutuhkan ketelatenan. Dengan ini Anak akan dilatih untu bersabar menikmati proses permainan puzzle.

Permainan Memancing


Jika Papmam senang mengajak anak bermain ke alun-alun kota atau ke pusat permaianan anak, papmam akan mendapatkan permaianan pancing ikan yang disediakan di arena bermain. Jenis permainan ini bisa menjadi sarana melatih kesabaran pada anak.

Selain menyenangkan permainan ini diharapkan mampu membentuk karakter sabar pada anak. Tidak melulu harus pergi ke tempat sara bermain anak, Papmam juga bisa menyediakannya di rumah. Di toko penjual alat bermain anak, sudah banyak yang menyediakan alat pancingan.

Papmam bisa mengaplikasikannya kepada anak kapan pun yang anak mau dan sesering yang anak suka. Proses memancing merangsang anak untuk berusaha mendapatkan barang yang dia inginkan. Anak dilatih untuk berpikir juga bersabar. 

Agar berhasil mendapatkan barang pancingan tentunya anak harus berusaha untuk terus mencoba. dalam usaha mencoba terus, kesabaran anak diharapkan bisa terbentuk menjadi sebuah karakter.

Berkegiatan bersama Orangtua


Permainan jenis ini bisa beragam penerapannya. Papmam bisa mengajak anak untuk masak bersama, berkebun bersama, mencuci bersama, bersih-bersih rumah bersama, melipat baju bersama, dan kegiatan rutinitas harian lainnya.

Papmam bisa selalu melibatkan ananda untuk mau ikut serta dalam membantu pekerjaan orangtuanya. walaupun anak belum terampil untuk memegang sapu, alat kain pel dan lainnya, di sinilah saat yang tepat bagi Papmam untuk membiasakan anak dengan barang-barang tersebut.

Selama barang yang diperkenalkan tidak mengandung bahaya, Papmam bisa mebiarkan anak mengeksplor sesering yang anak suka. Namun, untuk alat yang bisa membahayakan seperti penggunaan benda tajam yang bisa menciderai butuh perhatian dan pengawasan ekstra dalam melatihnya.

Proses belajar melakukan kegiatan rtinitas harian yang dilakukan bersama Papmam diharapkan dapat melatih kesabaran si kecil. Tentunya dengan diiringi kesabaran pula yang diterapkan oleh ayah bundanya.


melatih anak mengerjakan pekerjaan rumah


Permainan Tradisional


Permainan tradisional yang umumnya sudah banyak dikenal oleh banyak kalangan, semisal petak umpet, ular naga panjangnya, gobak sodor, dan beberapa perainan tradisional lainnya bisa juga dijadikan sebagai ajang melatih kesabaran anak.

Proses menjalani pemainan ular naga, melatih anak untuk mau bersabar dalam memasuki lorong tangan temannya, serta berusaha untuk tetap rapih dalam barisan. Hal ini diharapkan bisa membentuk karakter sabar pada anak.

Begitu juga dengan permainan petak umpet. Anak dilatih untuk bersabar menemukan teman yang sedang bersembunyi jika dia kebagian menjaga. 

Ketika dia mendapat giliran yang harus bersembunyi maka anak dilatih kesabaran untuk mencari tempat bersembunyi dan bersabar untuk tetap di tempatnya agar tak ditemukan oleh sang penjaga. Hal ini juga diharapkan bisa membentuk karakter sabar pada anak.

Permainan tradisional anak bisa mengajarkan   kesabaran dan berbagi antar sesama teman. Papmam tak perlu risau ketika anak ingin bermain keluar bersama temannya. Dalam proses bermain bersama teman, ada proses belajar yang anak lewati.

Permainan tradisional ini bisa mulai diperkenalkan pada anak dengan rentang usia 5 tahun ke atas. Anak 5 tahun ke atas sudah mulai mampu berkoordinasi dengan temannya. Mulai mengerti sebuah peraturan yang ditetapkan.


Demikianlah 5 jenis permaian untuk melatih kesabaran anak. Papmam bisa mencoba menerapkan untuk sang buah hati. Usaha orangtua dalam mendidik anak-anaknya akan membuahkan hasil jika dilakukan dengan kesabaran dan ketelatenan. Jangan lupa untuk menyelipka do'a dalam setiap usaha yang kita kerjakan.

Bagi sahabat insnita yang belum memiliki putra putri, bisa juga, nih, diterapkan kepada ponakan, atau adik, jika masih memiliki adik yang masih kecil. So keep spirit and happy. Salam pengasuhan.
11 komentar on "5 Permainan Untuk Melatih Kesabaran Anak"
  1. Permainan puzzle paling sering ku mainkan bersama adik ku, selain melatih kesabaran ku permainan itu juga melatih kesabaran ku

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya sih memang melatih kesabaran kita semua, yaa. Anaknya, ibunya, kakanya, pokoknya semua yang terlibat dalam permainan:1

      Hapus
  2. Sepertinya itu untuk melatiha semuanya ya hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, melatih kesabaran semuanya, bahkan seringnya ini diperuntukkan untuk kesabaran orangtuanya haha...sabar ya nak,..nanti kita perluas permasalan permainan pada anak ini...sekarang disesuaikan dengan judul dulu...hahahha

      Hapus
  3. Bisa jadi rekomendasi, nih, buat main bareng temen!-temen. Lumayan buat ngelatih kesabaran temen yang suka emosi wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa, nak yang suka emosi, yang orang Matematika itu, yaak..hahah

      Hapus
  4. Permainan di atas bukan hanya mengasah kesabaran ya mba, melatih motorik anak juga sepertinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sekali bahkan melatih hampir semua unsur perkembangan pada anak, sosial emosional, kognitif, psikomotor, bahasa, bahkan juga agama dan moral, bisa ditanamkan nilai-nilainya ketika memulai sebuah permainan.

      Hapus
  5. Selain melatih kesabaran sekaligus melatih fokus anak ya Kak. Orang tuanya pun ikut belajar sabar juga membersamai anak-anaknya. Bagus nih, supaya ada kegiatan di luar screen time.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali nak, banyak sekali manfaat yang didapat dari proses kegiatan bermain karena bermain merupakan pekerjaan anak, nah sebentar lagi insyaAllah ngerasain jadi ibu, yaa...

      Hapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger