Belajar Ngeblog dari Nol Di ODOP Blogger Squad

Minggu, 23 Oktober 2022

Dear Sains. Siapa diantara kalian di sini yang senang menulis tapi kadang bingung cari wadah yang tepat untuk menuangkannya? Menulis di buku tapi, kok eman-eman kalau hal yang ditulis itu sebenarnya bisa juga memberikan dampak positif buat orang banyak tapi cuma bisa dibaca sendiri gegara media penyampaiannya belum tepat. 


belajar ngeblog dari nol

Ssst ... atau jangan-jangan ada yang sudah bahkan sedang memakai blog sebagai tempat menyalurkan hasrat menulis, namun belum begitu paham mengoptimalkan fungsi blog dan ingin belajar ngeblog dari nol? Kalau begitu kita sama.


Saya juga awalnya mengenal blog karena ingin memiliki wadah untuk menyimpan tulisan yang bisa saya jadikan warisan untuk anak cucu. Pertama kali punya blog bikin akun di wordpress dan untuk nulis resep-resep yag saya buat di dapur sendiri.


Maklum Gess, saat itu baru serius ingin belajar masak. Jadi biar ada catatan yang mudah dibuka kembali dan jika kebetulan ingin mengulang resep yang sama tinggal cuss pergi ke blog sendiri. Saat itu belum paham manfaat blog itu bisa lebih dari sekedar media untuk menulis. 


Kala itu pun menulis di blog, hanya sekedar menulis saja tanpa mengerti kaidah dan aturan yang harus diikuti, seperti misalnya niche blog harus spesifik, atau bagaimana cara supaya blog kita bisa terkenal dan masuk ke page one google.


Bagaimana menulis dengan kaidah SEO, dan lain sebagainya sama sekali belum paham, nulis asal nulis saja, sambil belajar autodidak kenal dengan fiture-fiture yang disediakan wordpress saat itu. kegiatan ngeblog yang awal ini akhirnya sempat vakum karena satu dan lain hal.


Sampai akhirnya setelah sekian tahun berlalu jiwa belajar ngeblog saya terpanggil kembali dan Tuhan mempertemukan saya dengan komunitas-kkomunitas keren tempat belajar ngeblog dari nol dari mulai yang berbayar sampai yang gratis .. tis ...tiss juga ada.


Nah begitulah sekelumit perjalanan saya tentang awal mula ngeblog, teman-teman jika ingin tahu lebih lanjut latar belakang aku menyenangi dunia blogging, bisa baca juga di artikel Ngeblog mengubahku from Zero to Someone.


Sekarang Minsnita lanjutkan cerita tentang kelas belajar ngeblog yang bisa ngebimbing kita dari nol tanpa dipungut bayaran sepeser pun alias gratis. Sains tentu ingat, kan, kalau Minsnita pernah cerita tentang komunitas One Day One Post alias ODOP? Atau mungkin belum tau, ya?


Jika ingin mengetahui tentang komunitas ini lebih lanjut silahkan baca di artikel Bagaimana Cara Gabung di Komunitas One Day One Post ? Atau mau tau informasi tapi sekaligus berasa gabung dan mendapatkan aneka informasi lengkap tentang ODOP, Sains juga bisa langsung mengunjungi Ruang Bincang Komunitas ODOP.


Belajar Ngeblog dari Nol Bareng ODOP Blogger Squad


Nah, kelas belajar ngeblog dari nol bersama ODOP Blogger Squad adalah kelanjutan dari program Recruitment ODOP. Dalam program recruitment ada challange tentang menulis 1 artikel di blog untuk setiap hari selama kurang lebih 2 bulan.


isi blog tentang apa saja


Bagi setiap peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan dan lolos uji maka berhak mengikuti 3 program kelas kece dengan tutor-tutorkeren atau kami ODOP-ers menyebutnya sebagai PJ atau penanggung jawab yang disediakan oleh komunitas keren ini. 


Alhamdulillah Minsnita bisa lulus seleksi di OPREC ODOP Batch 10 dan menyandang titel ODOPers. Nah, para ODOP-ers ini berhak memilih atau bahkan bisa bergabung di 3 Program sekaligus dalam komunitas keren ini. 3 program tersebut diantaranya OTM (ODOP Tembus Media), ONB (ODOP Nulis Buku), OBS (ODOP Blogger Squad).


Minsnita, sih sebenarnya ingin ikut semua, ya Gess, namun apa daya, waktu dan tenaga tidak memungkinkan, masih ada tanggung jawab lain yang harus dipenuhi, tapi, next rencananya satu persatu akan coba dijajaki. Saat ini cukup menekuni OBS dulu, deh, alias ODOP Blogger Squad.


Alasan memilih gabung di kelas ODOP Blogger Squad ini tentu saja karena ingin belajar tentang seluk beluk blogging lebih mendalam lagi, dan tentunya ingin juga punya kesempatan manis yang sudah didapatkan oleh para suhu blogger. Bila perlu, belajar juga tentang bagaimana agar blog kita bisa menghasilkan uang, uupps, why not? Yee, kaan?


Masih pingin dilanjutin ceritanya? Okay, sekarang mari kita lanjutkan cerita tentang program ODOP Blogger Squad ini. Lanjut kita bahas tentang materi apa saja yang dipelajari di kelas belajar ngeblog dari nol ini, ya! 


Materi dalam Kelas Ngeblog ODOP Blogger Squad


Nggak seru kayanya kalau menceritakan sebuah kelas tanpa menjelaskan materi apa saja yang diberikan di dalamnya. Setelah sekitar hampir dua bulan lamanya kami peserta ODOP Blogger Squad belajar tentang blogging, lebih tepatnya lagi dimulai pada tanggal 1 september perekrutan para peserta untuk bergabung di Whatsapp Grup ODOP Blogger Squad.


Sejauh ini ada 8 materi yang terjadwal sekaligus menjadi tugas yang wajib dikerjakan oleh para ODOP Blogger Squad-ers, namun jangan salah, ya gaes, pada praktiknya bukan hanya 8 materi ini saja yang kami dapatkan di kelas ini, namun bejibun ilmu tentang blogging kami dapatkan melalui diskusi terbuka yang dilakukan lewat grup.


bagaimana cara membuat blog untuk pemula

Di kelas ODOP Blogger Squad diajari juga cara memasang template dan  juga diarahkan tentang blog bisa digunakan untuk apa saja. Yuk, deh tanpa panjang lebar, Minsnita rinci ya satu persatu materinya.


1. Materi tentang Menghubungkan Blog dengan Google Search Console (GSC)


Pada materi ini teman-teman di OBS diminta untuk menghubungkan blog atau websitenya dengan GSC. GSC bisa membantu blog kita cepat dikenali google dan masuk dalam pagenya google atau kata lainnya manfaat GSc ini membantu artikel blog kita cepat terindeks oleh google.


Selain itu GSC juga memiliki fungsi untuk mengetahui jumlah internal link dan eksternal link di blog kita. Selain itu juga melalui GSC kita bisa mengetahui keyword favorit dan jumlah total pengunjung yang pernah mengklik artikel organic dan juga total tayangan artikelkita di google.


Nah, karena harus pasang site map, akhirnya kita belajar juga basic dasar ilmu tentang html untuk menyambungkan blog dengan gsc dibagian template blog.


2. Materi tentang Google Analytic (GA)


Di OBS juga diajarkan tentang menambungkan blog ke GA. GA bermanfaat untuk mengetahui perkembangan blog atau website kita. Dari GA kita bisa mengetahui siapa saja pengunjung blog kita serta total page view blog atau website pada kurun waktu yang kita inginkan.


3. Materi tentang SEO On Page


Nah, materi ini penting banget untuk meningkatkan kualitas artikel blog. Menulis artikel blog menggunakan kaidah SEO juga sangat diwajibkan jika artikel kita ingin masuk halaman awalgoogle.


4. Materi tentang Riset Keyword


Pada materi ini kita diajarkan bagaimana kita mengetahui keinginan dan selera pembaca google. JAdi apa yang kita tulis di blog bisa disesuaikan dengan kebutuhan pencarian pengunjung melalui kata kunci yang sering digunakan. Tuh, asyik, kan.


5. MAteri tentang AIDA


Pada materi ini kita diajarkan bagaimana menulis artikel di blog yang baik, agar pembaca tidak bosan membaca artikel yang kita suguhkan. Gaya bahasa yang disarankan hatrus mengandung AIDA yang merupakan akronim dari Attention, Interest, Desire and Action.


6. Materi tentang Keyword Evergreen


Pada materi ini kita disarankan untuk sering mengisi blog kita dengan tulisan-tulisan yang evergreen alias selalu dibutuhkan dan tak lekang oleh waktu, tujuannya agar blog kita tidak sepi pengunjung. Tentu saja dengan terlebih dahulu melakukan riset katakunci.


7. Materi tentang Cara Memenangkan Lomba Blog


HHmm ... materi kereen banget, kan ini. Disampaikannya juga oleh para PJ keren, karena rata-rata tutor kami di OBS ini adalah para blogger yang memang sudah langganan dalam memenangkan lomba blog. 


8. Materi tentang memasang Meta SEO  Inspektor (MSI)


Pada materi ini kami diminta mengunduh sebuah aplikasi yang bisa memberikan petunjuk tentang kualitas artikel kita, apakah sudah mengikuti kaidah SEO atau belum. Lewat  MSI kita diberi aba-aba tentang maksimal karakter di judul, terus optimasi gambar juga tentang peletakan heading.


Nah sampai saat ini sudah 8 materi tersebut yang kami terima selama belajar ngeblog secara online di OBS. Seperti yang sudah Minsnita ceritakan di atas, materi tertulis memang 8 tapi pada praktiknya kami mendapatkan lebih dari itu, karena kaka PJ yang menjadi tutor kami tidak pelit ilmu.


Para kaka PJ dengan sukarela, mauuuu banget bagi-bagi ilmu kepada kami, bahkan sampai kadang lupa waktu, sampai malam pun dijabanin, kalau memang memungkinkan, masyaallah, berkah yaa, ilmunya kaka pije.


Siapakah Kakak Tutor di ODOP Blogger Squad?


Penasaran kan, siapa, sih, kaka-kaka tutor, atau kami sering menyebutnya dengan kaka pije yang memiliki hati bak malaikat tak bersayap inih? Yuk, Minsnita akan lanjut mengajak Sains untuk mengenali mereka satu persatu.


Di OBS kami belajar ngeblog dibimbing oleh lima orang pije handal yang tak kenal lelah dalam memberikan arahan. Lima pije ini diantaranya, Kak Jihan Mawaddah, Kak Nimas Achsani, Kak Karunia Sylviany Sambas, Ka Jihan Mayzura dan Kak Tya.


bagaimana cara blog kita agar terkenal


Jihan Mawaddah


Kak Jihan ini selain tutor utama kami di ODOP Blogger Squad beliau juga merupakan ketua dari komunitas One Day One Post. Banyak sudah memenangkan aneka lomba dari yang bergendre lingkungan, keuangan, parenting, sampai teknologi. 


Sains bisa kenal labih lanjut tentang kak Jihan melalui Instagramnya @jihanmw dan di blognya yang beralamat di https://jeyjingga.com/, https://pilihbuku.com/


Nimas Achsani


Kak Nimas Ahsani juga merupakan senior di dunia blogging, berasal dari Semarang. Beliau selain menjadi tutor di ODOP Blogger Squad juga menjadi tutor di Blogspedia, yang merupakan kelas belajar ngeblog dari dasar dan gratis juga.


Kak Nimas ini juga merupakan langganan memenangkan lomba blog. Baru-baru ini memenangkan lomba blog dari Polytron menjadi juara ke dua dan mendapatkan TV Polytron sebesar 32 inchi. Sains bisa mengenalnya lebih lanjut melalui instagramnya di @niimasachsanii_ dan blog pribadinya di alamat https://www.nimasachsani.my.id/ 


Karunia Sambas


Kalau Kakak yang satu ini sudah kenal sejak lama, saya ikut ODOP juga terinspirasi dari mojang Medan satu ini, selain itu juga beliau merupakan tutor saya di kelas blog dasar bersama PCW. Pernah juga satu kelas di kelas blog dasar bersama Mba Naqiy blogger asal Lampung.


Sekarang prestasi Kak Nia di dunia blogging sudah melesat jauh. Banyak prestasi yang telah diukirnya, pernah memenangkan kontes SEO, dan memanangkan lomba blog juga. Untuk mengenal lebih lanjut sosok beliau silahkan kunjungi instagramnya di @karuniasambas dan blog pribadinya yang beralamat di https://www.karuniasambas.com/, https://www.sylviany.my.id/


Jihan Mayzura


Nah sosok Kak Jihan ini adalah yang rajin memeriksa tugas-tugas kami di ODOP Blogger Squad. Kak Jihan selain seorang blogger beliau juga seorang content writer dan juga ghost writer, belasan karya  buku antologinya telah terbit.


Untuk kenal lebih lanjut dengan Kak Jihan Mayzura bisa kunjungi instagramnya di @jihanmayzura dan blog pribadinya di alamat https://www.jihanmayzura.my.id/


Setya Romana


Kak Setya Romana dara asal yogyakarta ini di OBS  juga merupakan Tim ceki-ceki tugas para peserta kelas ODOP Blogger Squad, beliau lah yang memeriksa tugas kami, apakah sudah terkumpul dan tepat waktu atau malah tidak mengerjakan beliau yang memeriksanya.


Kalau mau tanya tentang teknologi pangan, boleh nih, ke Ka Tya, secara beliau lulusan Teknologi Pangan. Pinter masak atuh, ya! Plus pinter menganalisa bahan makanan. Untuk kenal lebih dekat dengan Kak Tya begitu panggilannya, Sains bisa kepoin instagramnya di @setyaromana dan blog pribadinya di alamat https://www.setyaromana.my.id/


Kesan Belajar ngeblog di ODOP Blogger Squad


Kalau ditanya kesan tentang belajarbersama ODOP Blogger Squad gimana? PAstinya seruu, dong. kelas gratis, materi ekslusif. Selain itu banyak tambah teman dan saudara juga pastinya. materi yang diberikan benar-benar dasar, bahkan dari fungsi blog untuk apa dan diisi apasa ja pun masuk jadi pembahasan.

Pembekalan bahkan bukan hanya untuk platform blogger tapi juga para peserta kelas OBS yang menggunakan platform Wordpress. MasyaAllahu tabarakallahu. Di kelas ini juga dijelaskan apa itu website dan pengertian tentang blog bahkan sampai pembekalan menulis artikel SEO.

Kaka PJ yang memegang kelas OBS ini benar-benar telaten dan sabar dalam menjelaskan dan menjawab pertanyaan dari para peserta kelas yang notabene memang banyak yang mulai belajar ngeblog dari nol. Makanya kalau mau ikut kelas ini, selain rajin membaca materi yang diberikan PJ, harus rajin juga baca chat di WAG alias whatsapp grup, agar tak ketinggalan info-info penting.

o, iya, Memiliki blog yang sudah Top Level Domain adalah syarat mutlak untuk bisa mendapatkan materi dari kelas OBS ini. Nah, bagi para peserta yang blognya belum ber-TLD, dibimbing sampai blognya berhasil dipasang TLD. Keren, Kan? Untuk itu OBS adalah tempat yang benar-benar pas untuk memulai belajar tentang blog.

Sains berminat untuk gabung di ODOP Blogger Squad untuk belajar ngeblog dari nol? Ikutan tahun depan yak di OPREC ODOP batch 11. Semoga tetap berlangsung, dan dikasih kesempatan bisa ikutan jugaa. Jangan lupa follow Instagramnya di @komunitas.odop. Cuss buruan follow yaa...salam literasi. Happy blogging.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger