Padu Padan Kemeja Kotak-Kotak Buat Muslimah berhijab

Selasa, 23 Agustus 2022

Hayooo, siapa yang menghabiskan masa remajanya di tahun 90 an? Berarti kita sezaman. Ingat, kan dulu booming banget, nih, kemeja kotak-kotak. Sampe beberapa warna kemeja kotak-kotak jadi koleksi favorit kala itu. Kemeja kotak-kotak ini memang cocok sekali dipadu-padan dengan aneka rok, atau bahkan longdress.


ootd kemeja kotak kotak rok


Nah, buat anak generasi milenial, sekarang juga kembali gandrung, nih, motif kemeja kotak-kotak. Bedanya sekarang padu padannya lebih terkesan kekinian. Bagi yang berhijab maupun yang tidak, motif kotak-kotak menjadi pilihan setelan favorit yang memilki ciri khas si pemakainya.


Gimana dengan Sains? Suka juga dengan padu padan kemeja kotak-kotak plus hijab? Bagi yang ingin tetap berpenampilan  syar'i, kemeja kotak-kotak ini juga bisa dijadikan OOTD favorit harianmu. Kemeja kotak-kotak simpel bisa berkesan casual atau malah elegant sekalipun.


Makna Pada Aneka Motif Kotak-kotak


Motif kotak-kotak terbukti merupakan motif legendaris dan masih banyak digemari berbagai kalangan. Bukan hanya orang dewasa yang pantas mengenakan kemeja kotak-kotak, anak-anak pun jadi super cute kalau pake keja jenis kotak-kotak ini.


Minsnita kasih tahu, nih, sedikit pengetahuan tentang arti dari motif kotak-kotak yang banyak beredar. Dilansir dari beberapa sumber, bahwa beberapa motif kotak-kotak memiliki nama, diantaranya yaitu:


Motif Gingham


Fakta unik tentang motif ini adalah awalnya motif ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan baju, layaknya sebuah pola, sebelum diwujudkan pada kain yang sebenarnya. Kain ini berasal dari daerah prancis dari sebuah kota kecil di Paris yang bernama Guingamp.


Namun ternyata bahasa melayu mengartikan ginghamp sebagai motif bergaris. Sudah ada sejak tahun 1918. Biasanya berbahan dasar putih dipadukan dengan warna bold lainnya.


ootd baju hitam

Motif Tartan


Motif ini berasal dari skotlandia. Untuk itu pastinya Sain tak akan asing dengan motif tartan di bawah ini. Biasa digunakan oleh pria-pria Skotlandia sebagai pemanis, bentuknya seperti rok. Awalnya motif ini diperuntukkan bagi kaum lelaki, namun lama-kelamaan bergeser menjadi motif unisex, dalam artian bisa digunakkan kaum pria maupun wanita. Sudah eksis sejak abad ke 16.


ootd baju hitam


Motif Madras


Motif madras adalah motif yang bentuknya saling bertabrakan malang dan melintang. Motif ini lebih berkesan energik. Kalo menurut minsnita seperti kebanyakan digunakan di motif kain sarung, ya. Konon kain ini sempat naik daun karena dipakai menjadi ciri khas presiden kita Pak Jokowi. Kalo tidak salah warna motif yang jadi ciri khas Pa Jokowi mengandung unsur warna biru, putih dan merah sperti ini, nih.


ootd kemeja kotak kotak
Kredit: jakartakita.com


Berasal dari kota kecil di India yang bernama madrasrapatnam. Menjadi populer di seluruh dunia karena gubernur Madras mengirimkan kain motif ini untuk mahasiswa yang berada di universitas Yale. Namun keberadaannya juga telah eksis sejak tahun 1612.


motif madras


Motif Tattersall


Motif Taattersall ini adalah motif yang paling saya idolakan, motifnya sederhana dan kalem, cenderung lebih berarturan. Motifnya klasik dan bagi pemakainya jadi lebihterkesan casual. Biasanya satu motif terdapat beberapa warna, dengan garis vertikal yang ukurannya sama dan ukurannya berulang-ulang membentuk motif vertikal dan diagonal.


motif tattersall


Padu Padan Kemeja Kotak-Kotak Untuk Hijabers


Kemeja kotak-kotak sangat fleksibel pemakaiannya. Bisa dipadu padangkan dengan aneka rok, seperti rok plisket, rok sepan, rok payung atau palazzo sekalipun. Bahkan para hijabers kekinian biasa memadu padankan kemeja kotak-kotak ini dengan gamis, atau dijadikan semacam blazer sebagai pemanis penampilan, sekaligus juga menyamarkan bentuk tubuh.


Auto bikin penampilan jadi lebih syar'i, kan? Apalagi jika dipadukan dengan rok berjenis lebar dan kerudung yang menutup dada. pasti para akhwat sholihah akan tampil semakin menawan. Selain syar'i juga modis.


Beberapa contoh padu padan akan minsnita sertakan di sini, Biar Sains pada seger, nih, liat baju-baju ciamik, sebagai bahan OOTD kemeja kotak-otak dan rok atau untuk OOTD kemeja oversize untuk para hijabers biar penampilannya semakin chic.


ootd kemeja kotak kotak rok

Bisa dilihat padu padan kemeja kotak-kotak para hijabers muslimah sholihah, termasuk ka Icha Soebandono juga termasuk senang menggunakan baju kemeja bermotif kotak-kotak. keren-keren, kan? Gambar ini diambil dari pinterest milik Ka c!, elegant fashion. <3, Zhrhs. Silahkan kunjungi pinterest mereka untuk mendapatkan referensi yang lebih banyak lagi.


Untuk perkara fashion hampir semua wanita berantusias berlomba-lomba ingin berpenampilan sebaik mungkin. Nah bukan hanya model kemeja pendek. Padu padan OOTD kemeja oversize untuk kaum hijabers sangat pas untuk menunjang penampilan yang syar'i.


ootd baju kemeja rok


Nah bisa dilihat, penampilan para hijabers di atas, modis tapi tetap syar'i, kan? Meski bentuknya jubah tidak membuat pemakainya jadi terkesan old, namun tetap terlihat fresh dan berkesan awet muda.


Gimana Sains, setuju, ga, dengan penjabaran di atas?  OOTD kemeja kotak-kotak dengan rok, atau gamis setengah betis dipadukan rok berkesan lebih modis dan enak dipandang mata.


Selamat OOTD-an, yaa,  semoga berkenan dan cocok di hati para Sains. Artikel ini bisa menjadi inspirasi di saat kita ingin memadu padankan kemeja kotak-kotak untuk style hijabers. Kemeja kotak-kotak ini bisa bikin penampilan kita tetap terlihat fresh dan lebih muda 10 tahun dari usia sebenarnya.


Dah kaya mahasiswa aja, nih. hehe. Kalo minsnita sering disangka mahasiswa S1 kalau sedang OOTD pake kemeja kotak-kotak, tapi sayangnya dari tampak belakang. Haha. BTW Sains, menggunakan outfit bergaya muda juga bisa menjadi salah satu resep tatap awet muda, seriously. 


O, iya, jangan lupa juga untuk terus melakukan perawatan pada wajah dan terus menjaga kesehatan dengan rajin berolah raga dan memakan makanan sehat.


Jika kurang suka dengan kemeja, Sains bisa mengganti dengan OOTD kemeja oversize atau malah dengan gamis panjang plus palazzo atau rok. Bikin penampilan kita tampak lebih anggun dan elegant. Selamat mencoba yaa! Salam fashion kotak-kotak..


3 komentar on "Padu Padan Kemeja Kotak-Kotak Buat Muslimah berhijab"
  1. Baru tau kalau motif kotak-kotak banyak macamnya ada namanya sendiri. Dulu era 90an berasa keren kalau pakai kotak-kotak.

    BalasHapus
  2. Kemeja kotak-kota kecil jadi baju favorit saya dari masa remaja sampai sekarang udah punya anak dua😁😁

    Baru tahu nama-nama motif itu. Makasih infonya, Mbak😍

    BalasHapus
  3. Mantap mantap mantap. Artikelnya bagus mba. Semangat ya mba... Nulisnya bikin aku ngiri deh.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger