Tips Cara Membuat Artikel SEO. Lakukan! Jika Ingin Trafik Blog naik.

Senin, 22 Agustus 2022

Ingin menaikkan traffic blog? Letih dengan traffic yang tak kunjung naik? Biasanya hal ini terkadang membuat blogger pemula jadi malas ngeblog. Ikuti step by step cara membuat artikel SEO yang akan saya rangkumkan dari hasil mengikuti kelas optimasi artikel bersama Mba Malica Ahmad, salah satu blogger sukses yang sering membagikan kiat menjadi blogger sukses.


cara membuat artikel seo

 

Salut, nih sama kinerja beliau yang super banget, patut sekali dijadikan contoh dan pemacu bagi blogger pemula seperti saya. Kali ini saya akan membagikan pada Sains, hasil belajar ilmu blogging dengan Mba Malica Ahmad di kelas Optimasi artikel yang diadakan oleh joeragan artikel. Jujurly selalu tertarik banget kalo sudah bahas materi membuat ertikel sesuai dengan kaidah SEO.


Makanya ketika Chief marketing officer di perusahaan domain yang bernaung di bawah bendera Sahabat Hosting ini membuka kelas tentang cara membuat artikel yang sesuai SEO atau membuat artikel SEO friendly, maka tanpa pikir panjang saya langsung daftar ikutan. 


Pengalaman beliau di dunia blogging sudah sangat mempuni. Tulisannya sudah banyak dipinang oleh brand-brand ternama. Sudah banya tulisannya yang masuk page one google karena kepiawaiannya dalam menyusun kata dan menerapkan kaidah SEO dalam artikelnya.


Saya  pun belajar banyak, nih, di kelasnya beliau tentang cara menulis artikel SEO. Penasaran, kan, sama sosoknya? Yuk diintip.


cara membuat artikel seo

Gimana? Keren banget, kan? Sudah banyak sekali pengalaman beliau di dunia blogging. Makanya aku pingin banget belajar banyak dari beliau, terutama tentang bagaimana cara membuat artikel SEO. Maklum, nih Sains, blogger baru, jadi pingin terus banyak tahu.


Belajar SEO memang keinginan aku dari dulu. Karena buatku kaidah SEO itu unik dan bikin penasaran. Awalnya aku juga tidak paham tentang apa itu artikel SEO, namun seiring berjalannya waktu menjadi seorang blogger, aku akhirnya mengerti  artikel Seo friendly. Meski aku sendiri belum terlalu paham penerapan yang sempurna untuk menulis artikel SEO. Makanya aku belajar terus, nih, Sains.


Apa Itu SEO


Sebelum kita berlanjut dengan bagaimana cara membuat artikel SEO, ada baiknya kita paham dulu apa yang dimaksud dengan artikel SEO. Mungkin Sains pernah dengar kata-kata "artikel yang SEO friendly". Nah yang dimaksud dengan kalimat ini adalah, artikel yang menggunakan kaidah Search Engine optimasi dalam penyusunannya. 


SEO adalah sebuah teknik dalam penulisan artikel di blog, agar mendapatkan ranking di mata google. Sedangkan SEO writing adalah proses menulis itu sendiri.


SEO dibagi menjadi 2, yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on Page lebih kepada mengoptimalkan SEO melalui optimasi artikel. sedangkan SEO of page adalah menanam eksternal link di website lain atau akun media lain. Atau tukeran back link sesama teman blogger, sering disebut juga sebagai arisan back link.


Lalu kenapa kita harus menulis artikel dengan kaidah SEO? Manfaat membuat artikel yang SEO Friendly salah satunya adalah menaikkan trafik blog kita. Agar blog kita mendapatkan organic view yang diperoleh dari para netizen yang murni menemukan blog kita dari mesin pencarian google, bukan dari hasil share link. Untuk itu penting sekali menulis artikel yang SEO friendly.


Jika kita menulis artikel dengan menggunakan teknik SEO, ini merupakan teknik marketing yang akan jalan dengan sendirinya. Karena dengan menulis artikel menggunakan kaidah SEO, kemungkinan peluang artikel kita masuk page awal google, yang banyak menyedot pembaca akan besar. Untuk itu, yuk kita belajar nulis artikel menggunakan kaidah SEO. 


Enak, banget, ya, artikel kita bisa jalan-jalan kemana saja, tanpa kita sadari. karena ada teknik SEO yang membimbingnya pada para tuan pembacanya. Inilah enaknya jika kita menulis artikel yang SEO.


 Meski belajar SEO menurut para suhu bukan perkara yang instan, karena dibutuhkan jam terbang. Jadi seiring berjalannya waktu, kita bisa secara luwes menempatkan penyebaran keyword pada artikel kita. Perlu skill dan banyak latihan. Mengikuti step by stepnya dan apa saja teknik yang harus diterapkan dalam artikel yang seo friendly.


Cara Membuat Artikel SEO


Apa itu Artikel SEO? Bagaimana Cara membuat artikel SEO? Kita akan bahas dan kupas satu persatu, ya, Sains. Agar tidak ada dusta diantara kita, eaaa.


Mengoptimalkan Search Engine Optimasi atau SEO ada cara dan teknisnya. Seperti halnya kita ingin meraih hati seseorang agar nama kita tersemat dan hadir dalam hatinya, ada tekniknya juga, kan? Nah begitu juga dengan Mbah Google ini. Ada trip dan tips tersendiri untuk mengambil hatinya agar sudi kiranya dia menaruh artikel kita dalam halaman miliknya. 


Untuk meraih hati Mbah Google, buatlah artikel yang SEO friendly. Berikut ini  9 langkah tentang cara membuat Artikel  SEO yang disampaikan oleh Mba Malica Ahmad. 


1. Riset Keyword


Riset KW di sini adalah mencari kalimat yang banyak dicari orang di google. Kita bisa menggunakan tools yang disediakan. Biasanya saya menggunakan seyword tools dari neil Patel, dikombinasikan dengan whatsmyserp dan SEOquake.


Bagi pemula Cari  Keyword yang tingkat kesulitannya tidak terlalu tinggi. Parameter penilaiannya yaitu Keyword yang kita pilih memiliki volume tidak lebih dari 800, Keyword dificulty tidak lebih dari 60, usahakan yang memiliki cpc (cost per clik)


2. Optimasi Title Tag


Optimasi title yang dimaksud adalah wajib menyertakan keyword dalam judul artikel. Usahakan untuk meletakkan di depan agar tidak terpotong ketika terpampang pada page google. Maksimal penggunaan kata di batas 55 sd 60 kata saja.


3. Optimasi Keyword pada Heading


Langkah selanjutnya adalah optimasi keyword pada heading, hal ini dilakukan dilakukan dengan cara memasukkan keyword yang sudah ditentukan untuk artikel kita ke judul utama dan salah satu subjudul.


4. Masukkan Keyword relevan di URL


URL atau link artikel kita harus disematkan keyword pilihan. Gunakan custom permalink pada sisi kanan dashboard artikel blog pada blogspot.


5. Optimasi Image


Pada setiap gambar yang kita sisipkan dalam artikel harus dioptimasi dengan cara mengecilkan ukuran file gambar. Usahakan ukuran gambar tidak melebihi 100 kb. jangan lupa untuk memberi nama pada alt dan title sesuai dengan keyword utama dan keyword turunan. Optimasi gambar merupakan hal yang sangat urgent dalam membuat artikel yang SEO friendly.


6. Optimasi Meta Deskripsi


Masih pada bagian kanan dashboard artikel pada blogspot, ada kolom untuk penjabaran meta deskripsi artikel. Isi kolom tersebut dengan kalimat yang bikin menarik pembaca untuk masuk dalam artikel kita. Sertakan keyword  utama terpilih.


7. Masukkan Internal Link Pada Artikel


Apa yang dimaksud memasukkan internal link? maksudnya adalah kita menghubungkan artikel di dalam blog kita dan menyimpan link terkait dengan artikel yang dipublish. Contohnya bisa Sains liat pada artikel ini, ya. jika ada tulisan yang beda warna dan bisa diklik, ketika masuk ke artikel lain di blog Ruang Narasi dan Inspirasi Nita, itu dinamakan internal link.


Nah hal ini penting sekali dilakukan dalam rangka menjaga kesehatan blog. Selain itu juga penting sekali agar mempercepat DA (Domain Authority) PA (Page Autority) dan DR (Domain Rating) kita cepat naik. Apakah ketiga makhluk di atas? Next saya buat artikelnya tersendiri, ya. 


Bagi yang blognya belum dipasang domain, buruan, ya, pasang domain blognya. Supaya ga sia-sia hasil usahanya. Karena jika kita sudah serius ngeblog, trus DA PA naik ketika belum dipasang domain, maka angka yang sudah diperoleh akan hilang jika akhirnya kita memutuskan untuk memasang domain.


8. Masukkan Eksternal Link pada artikel.


Eksternal link kebalikan dari internal link. Manfaatnya juga sama seperti meletakkan internal link dalam artikel blog. Jika internal link mengaitkan artikel yang ada di blog, eksternal link adalah mengaitkan artikel dari luar blog kita di dalam artikel blog kita. Jika Sains bertanya tentang apa itu SEo off page? Nah, ini lah jawabannya. Link building merupakan bagian dari Seo off page.  


Nah untuk menyisipkan eksternal link  ini jangan sembarangan, ya, karena akan mengganggu kesehatan blog. Imbangi setiap 1 eksternal link dalam blog kita dengan 3 internal link, agar kesehatan blog kita tetap terjaga. Teman-teman bisa menjadikan artikel ini sebagai contoh artikel yang SEO friendly.


9. Optimasi Keyword Pada Artikel


Demikianlan apa saja yang harus dilakukan jika kita ingin membuat artikel yang sesuai dengan kaidah SEO alias SEO friendly.  Jika Sains telah memahami bagaimana cara membuat artikel SEO. Usahakan dalam membuat artikel di blog harus sudah menerapkan kaidah SEO, ya! Karena sekarang Sains sudah paham Apa itu artikel SEO.


Menulis di blok banyak sekali keuntungannya, baik dari sisi moril maupun materil. Selain untuk healing menulis di blog juga bisa dijadikan sebagai sumber paenghasilan yang cukup menggiurkan. Contohnya Mba Malica ini, nih, sudah banyak mendapatkan peluang job dan hal-hal yang menambah pengalaman seperti jalan-jalan ke berbagai tempat dari hasil ngeblog.


Awal ngeblog bisa saja menulis sesuka hati karena manfaat menulis  bagus untuk kesehatan. namun seiring berjalannya waktu agar prosesnya tambah bermanfaat dan menjangkau banyak pembaca, wajib kiranya kita terus meningkatkan skill nge blog kita. Bahkan jika kita sudah mahir membuat artikel SEO, bisa buka jasa penulisan artikel SEO, haha. 


Makin banyak mendapatkan ilmu tentang blogging, tantangannya makin seru dan makin asyik, bahkan kita bisa menghias blog sesuka hati, agar menambah penampilan blog tambah cantik dan user friendly serta SEO friendly. Selain membuat artikel  SEO friendly, usahakan juga mengupgrade Template blog kita menjadi SEO friendly. Termasuk ins-nita.com, masih harus terus melakukan optimasi blog selain optimasi artikel.


Jika ingin seperti Mba Malica yang sudah menjadi blogger sukses, mulai sekarang cuss menulisnya diseriusin lagi, gali lagi ilmu SEO nya dan langsung terapin, deh. Manfaatnya sudah dijelaskan di atas. Jika ingin artikelnya jalan-jalan mengunjungi netizen dengan cara yang cerdas. Yuk, optimasi artikelnya. Ikuti Tips cara membuat SEO artikel di atas ya!! Salam blogging.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger