Contoh Content Plan blog dan Manfaatnya. Kuy Kepoin!!

Sabtu, 20 Agustus 2022

 Hai Sains


Sudah tertarik untuk jadi blogger, atau masih senang berselancar saja di dunia maya cari bacaan yang bikin adrenalin semangat memuncak dan pikiran jadi terbuka? Tenang enggak papa, bangets, kok, jika masih betah di posisi itu tapi sudah tertarik untuk baca postingan ini. Lanjutkan!! Hehe


Atau malah Sains memang sedang cari contoh content plan untuk blog makanya ketemu dengan artikel ini? Yuk, ah, tentunya Sains sudah dalam posisi yang tepat dan ada pada chanel yang tepat.


contoh content plan


Membuat content plan bagi pelaku usaha merupakan sebuah keharusan jika ingin kegiatannya tertata dan terencana dengan baik. Selain itu tentunya jika ingin meraih kesuksesan dibutuhkan planning yang matang. Konon perencanaan yang baik adalah setengah jalan dari sebuah kesuksesan.


Artikel ini spesifik membahas tentang content plan untuk blog. Untuk itu jika Sains ingin sukses menjadi seorang blogger. Perlu kiranya membuat perencanaan yang matang untuk membuat konten blog. Di akhir akan saya sertakan contoh membuat content plan ala Ruang Narasi dan Inspirasi Nita.


Apa itu Content Plan


Sebelum lanjut pada contoh content plan, kita cari tau dulu ya, apa yang dimaksud dengan content plan itu sendiri. Jika ditilik dari pengertian secara bahasa Content plan berasal dari bahasa inggris yang terdiri dari dua kata, yaitu content yang artinya isi dan plan yang artinya rencana, perencanaan.


Jika digambarkan secara umum, content plan memiliki pengertian perencanaan untuk memperbaiki dan menyusun konten yang akan ditulis atau dibuat agar memiliki hasil yang maksimal dan sesuai harapan. Dengan membuat content plan akan terasa lebih manfaat menulis di blog.


Content plan merupakan strategi dalam sebuah permainan. Sebuah permainan atau apapun itu, membutuhkan teknik dan taktik. Apa jadinya jika kita dalam mengikuti sebuah permainan tidak menggunakan strategi. Tentunya permainan akan berjalan tanpa arah, dan biasanya mengalami kekalahan. Contoh dalam permainan bola basket misalnya.


Content planning blog sangat perlu dilakukan agar blog kita performanya bagus dan bisa dikenal google. Konon google senang terhadap blog yang teratur posting artikel. Jika kita merencanakan membuat srtikel untuk blog kita, setidaknya kita sudah paham apa saja tema yang akan kita tulis.


Kita jadi tahu mana label yang jumlah postingannya masih sangat sedikit. Termasuk aku, nih, rada pilih kasih kalau urusan posting untuk perkategori. Maka dari itu lebih tepat jika kita membuat content planning, agar pengaturan postingan lebih terencana penyebarannya. 


Pembagian dan Contoh Content Plan


Seperti yang telah dijabarkan di atas bahwa membuat content plan sangat penting. Sains bisa membuat content plan dengan mencontoh beberapa template yang disediakan di beberapa aplikasi. Bisa menggunakan Sheet atau excel. Bagi yang senang menggunakan tulisan tangan, bisa juga dengan mencatatnya dalam buku khusus. Pokoknya senyamannya saja.


Sedangkan saya lebih senang menggunakan Canva. selain banyak ragam pilihan, Canva juga sangat mudah penggunaannya.  Canva biasa digunakan dalam membuat infografis atau pun gambar pendukung untuk artikel blog. Seorang blogger harus bersahabat dengan Canva, karena Canva memiliki banyak fungsi.


Agar postingan blog kita progresnya makin meningkat dan terstruktur serta performa blog kita semakin baik di mata google. Buatlah perencanaan untuk konten blog. Ada beberapa langkah perencanaan yang bisa kita lakukan, diantaranya, yaitu:


Contoh Yearly Content Plan (Rencana Tahunan) 


Dimulai dari membuat rencana tahunan. Apa yang menjadi goal kita dalam satu tahun. Tentukan apa saja keinginan kita dan harapan kita dalam satu tahun ke depan untuk kehidupan blog kita. Mengharapkan terus tumbuh, sehat, tangkas, cepat, dan subur  agar sesuai harapan.


Atau kita ingin membiarkan blog kita berkembang seadanya? Tak terurus, layu, kering kerontang. Bisa dikatakan, hidup segan mati pun tak mau. Semua keputusan ada di tangan kita sang pemilik. 


Jika kita ingin blog yang kita tumbuh seperti keadaan yang pertama. Kita harus merawatnya dengan baik dan intens layaknya seorang bayi. Bayi yang dirawat dengan baik akan tumbuh sehat, gemuk dan subur.


Apa keinginan kita untuk blog kita yang baru saja tumbuh. Sebagai langkah awal tuliskan dalam yearly goal kita. Harapan kita apa saja, agar menjadi pemacu bagi kita untuk menyempurnakan sebuah harapan menjadi kenyataan. 


Aku kasih contoh  goal aku di tahun 2023. Sederhana, namun ke depannya akan aku coba wujudkan sekuat kemampuanku. Semoga Allah selalu beri kekuatan.Nah, ini,  harapannya, Sains!


contoh content plan


Monthly Planning (Rencana Bulanan) Beserta Contohnya


Setelah kita tulis harapan kita di satu tahun mendatang. Kita kerucutkan lagi content plan kita menjadi monthly planning. Tulis apa saja yang akan kita lakukan di bulan-bulan yang ada dua belas dalam satu tahun itu. Hehe. Yuk kita lanjut dengan monthly planning.


Misal untuk bulan januari kita ingin meningatkan skill menulis, agar tulisan lebih enak dibaca dan terstruktur tata bahasanya. Berapa artikel yang ingin kita posting dalam satu bulan. Ingin ikut lomba apa, ingin dapat job yang bagaimana. Silahkan ditentukan. Template content planer yang digunakan bisa seperti contoh di bawah ini.


contoh content plan


Nah, Sains bisa isi kotak-kotak bulan di atas dengan rencana yang disesuaikan dengan kebutuhan. Bisa ditulis tangan atau diketik sebelum di print. Saya ambil monthly planner template di atas dari Canva. Bisa diberi catatan, misal boleh melesat dari perkiraan namun hanya boleh maksimal 3 kali saja dalam sebulan.


Contoh Weekly Content Plan (Rencana Mingguan) 


Tahap selanjutnya lebih mengerucut lagi menjadi weekly planning. Saya akan beri contoh content plan yang penyusunannya secara lebih spesifik lagi. Dalam tahap ini harus lebih detail perinciannya, agar memilki gambaran yang lebih jelas.


Ketika menjalankannya pun akan lebih mudah. Tinggal melaju saja, enggak usah mikir terlalu banyak. Berikut ini contoh content plan yang mungkin bisa Sains gunakan, semoga memberikan gambaran dan bisa dipahami.


contoh content plan


Sains bisa lihat contoh content plan untuk mingguan yang sudah mimin Ruang Narasi dan Inspirasi Nita susun. Minimal KW alias keyword dari tulisan yang akan kita publish, kita tentukan dulu sebelumnya dalam perencanaan mingguan.


Content plan di atas akan memberikan gambaran,  apa yang akan kita tulis setiap harinya. Tentukan KW yang memiliki volume dan juga CPC alias Cost Per Click ini berlaku bagi teman-teman yang ingin mendaftarkan adsence bagi blognya.


Perincian yang sangat detail lagi bisa kita susun di daily planning. Template dan contoh bagaimana membuat content plan-nya pun akan saya sertakan.


Contoh Daily Content Plan (Rencana Harian)


Di daily content plan akan lebih mengerucut dan sangat detail lagi penyusunannya. Saya akan sertakan di sini, judul artikel yang sudah diriset KW sebelumnya. jangan lupa untuk mencantumkan content dari KW yang kita ambil yaitu volume, CPC, result serta keyword dificulty nya di catatan daily planning.


Pada daily content plan ini kita sudah mencoba menyusun outline tulisan kita secara garis besarnya. Jika ada kekurangan kita tinggal melengkapi, jadi apa yang akan kita tulis gambarannya sudah utuh.


daily planner printable


Nah, kalau pada bagian ini saya lebih senang menuliskannya dengan tulisan tangan, seperti merasa lebih dekat, dan lebh mengena. Hallah. 


Sains bisa  lihat, kan, ya, semoga terbaca hehe. Di Daily content plan ini Saya sudah mencantumkan beberapa item soal ketentuan menulis artikel blog yang baik, yang diantaranya yaitu, menggunakan keyword utama, dan menyebar keyword turunan di dalam postingan artikel. Ada KD, volume, CPC dan lainnya. Ini bermanfaat untuk menjadi patokan dalam menulis. Mengetahui KW turunan juga sangat penting agar menghindari penggunaan KW utama secara terus menerus. Tahutnya malah menjadi spam KW.


Demikian contoh content plan untuk blog. Selanjutnya apa, sih manfaatnya, pake repot-repot segala bikin perencanaan? Saya akan coba rangkumkan manfaat membuat content plan untuk blog dari Coach Marita dari laman blogspedia coaching.


Manfaat Membuat Content Planning


Setelah kita mengetahui bagaimana langkah pembuatan content plan, selanjutnya kita perlu juga mengetahui manfaat dari pembuatan content plan ini. Beberapa manfaatnya diantaranya:

  1. Agar kita bisa terus konsisten dalam mengisi postingan di blog, karena dengan membuat jadwal artikel yang akan ditulis dan ditayangkan akan memberi gambaran bagi kita. Persiapan bahan-bahan pun bisa lebih banyak didapat.
  2. Menulis konten tidak pilih kasih anta label yang sudah dibuat oleh kita. Biasanya memnag timpang sebelah jika tidak memakai jadwal.
  3. Menulis Konten yang banyak dicari orang. Kita bisa menggnakan goole trending jika ingin mengetahui kasus-kasus yang sedang viral. Biasanya kasus yang sedang viral banyak dicari orang.
  4. Membuat postingan artikel tentang hari besar. Misal Maulid Nabi, atau peringatan Muharram, Hari kartini, iedul fitri, iedul adha dan juga hari kemerdekaan yang baru saja dirayakan.
  5. Menulis artikel akan lebih cepat prosesnya, karena sudah mempunyai gambaran.
  6. Tidak akan kehabisan ide. Apalagi jika menggunakan tools pencarian KW. dari satu KW akan berkembang banyak tulisan. Bagaimana bisa kehabisan ide, coba? Masyaallahu.
  7. Menghemat waktu, karena sudah tidak perlu banyak berpikir. Tinggal ekseskusi, karena duah ada planning yang ditentukan.
Nah, demikianlah contoh content plan untuk blog Ruang Narasi dan Inspirasi Nita. Selamat mempraktikan, Sains. Semoga bermanfaat dan berguna. Salam blogging.
3 komentar on " Contoh Content Plan blog dan Manfaatnya. Kuy Kepoin!! "
  1. Nunggu tulisan rempah bikin awet muda deh, kak, hahahahaha

    BalasHapus
  2. Siap kak, semoga konsisten, ya,kitaa...:1

    BalasHapus
  3. bismillah mau buat content plan ah mumpung awal bulan, smeoga bisa konsisten, ga hanya buat tugas aja

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger