Aku Ingin Hijrah Karena Allah

Kamis, 04 Agustus 2022

 Hai, Sains,... Assalamu'alaykum!


Ruang Narasi dan Inspirasi Nita, kembali lagi dengan artikel resensi buku. Kali ini buku yang akan diresensi benar-benar cutie (imut ngegemesin) abies pokoknya. Warna covernya aja sudah lucu dan imyut bangetz, pakai warna kesukaan rerata anak perempuan, apalagi kalau bukan warna pink. Sengemeshin itu, kan, warna inih. Segemes tema yang diangkat buku ini yaitu aku ingin hijrah karena Allah.


aku ingin berhijrah karena allah


Maklum, yang milih buku ini si Adek, anak bungsu yang fanatik banget sama warna pink. Buku ini hasil oleh-oleh wisata edukasi ke Islamic Book fair yang diadakan sekolahnya. Ibunya, sih seneng-seneng aja lihat pilihan anaknya ini, semoga bisa bermanfaat untuk Adek, bocah kecil yang sedang belajar hijrah. Sekaligus menjadi wasilah mempermudah kita dalam mendidik generasi remaja.


Yang paling menyenangkan adalah isi bukunya itu, lho, tulisannya besar-besar dan mengandung banyak quotes syariat Islam dan juga nilai kebaikan. Pas banget buat anak-anak abegeh yang baru mau belajar hijrah. Sesuai dengan judul bukunya Hijrah Journey yang artinya perjalanan hijrah.


Kenal Buku Hijrah Journey Lebih Dekat


Buku cetakan pertama  berjumlah 134 halaman ini ditulis oleh Helidha S dan diterbitkan oleh Perseroan Terbatas Elex Media Komputindo dengan No ISBN 978-623-00-1570-0 dan dicetak oleh percetakan Persroan Terbatas, Gramedia Jakarta.


Kertas yang digunakan merupakan kertas HVS berukuran tebal dengan warna-warna yang Variatif di setiap halamannya. Buku ini berisi tentang pesan dan nasihat tentang sebuah nilai kebaikan yang harus diperbuat oleh seorang muslimah.


Dikemas sangat apik dengan dominasi ilustrasi gambar-gambar kartun lucu di setiap lembarnya. Tokoh yang divisualisasikan dalam buku ini adalah anak abegeh alias anak baru gede yang mengenakan hijab. Nilai yang disampaikan di dalamnya membahas seputar bagaimana muamalah yang baik dan menjelaskan tentang beberapa amalan yang dicintai oleh Allah dan Rasul.


Beberapa amalan yang dicintai Allah dan Rasul digambarkan melalui gaya anak remaja dengan menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Sanagt bermanfaat untuk putri sholihah yang baru beranjak besar.


Buku ini secara garis besar terdiri dari 3 nilai yang harus ditanamkan pembiasaannya pada anak remaja gadis, agar terbentuk menjadi seorang putri yang shalihah. 3 hal tersebut diantranya:


Yuk, Taati Syariat!


Nilai yang ditanamkan adalah menuntun putri shalihah untuk melakukan hal-hal baik dan mentaati apa-apa yang telah disyariatkan oleh Islam. Mengingatkan tentang perkara syariat dengan cara mengajak kepada para putri sholihah agar selalu menjaga shalat, rajin membaca Al-Quran, berdzikir, mengenakan hijab, bersedekah, menyempurnakan wudhu dan perkara syariat lainnya


Yuk, Coba Bermuamalah dengan Baik!


Selain mengingatkan tentang perkara syariat, buku ini juga mengingatkan putri sholihah agar menjauhi ghibah, bergaul dengan baik, selalu bersyukur, suka membantu. 


Yuk, Kuatkan Jiwa!


Selain itu juga berisi ajakan pada hal-hal yang akan menguatkan kejiwaan, seperti berlatih bersabar, terus bersyukur, istiqamah dan takut kepa Allah.


aku ingin berhijrah karena allah


Kelebihan dan Kekurangan Buku


Kelebihan buku ini penyampaian bahasa yang sederhana dan banyaknya ilustrasi gambar yang disertakan, membuar para putri sholihah jadi tertarik untuk membaca sampai selesai dan bisa dijadikan pengingat, karena bentuk buku yang kecil dan handy. Bisa dijadikan teman tidur dan dibaca berulang-ulang, saking senangnya melihat ilustrasi yang lucu-lucu. 


Disuguhkan sangat apik dan dengan gaya ilustrasi yang disukai oleh anak-anak Gen Z. Lucu, Cutie, imut, ngegemesin dan bikin anak-anak yang baru beranjak dewasa dan ingin belajar mengenal Islam pas sekali dibekali buku ini oleh para orangtua.


Adapun kekurangannya sebenarnya minim sekali. Saya rasa kekurangannya ada pada harga yang lumayan mahal. Buku imut ini dibandrol dengan harga 90.000 rupiah. Harga yang sangat lumayan untuk sebuah buku imyut. Namun, ya itu tadi, setiap buku yang banyak menyuguhkan gambar ilustrasi, bisa dipastikan harganya memang di atas rata-rata. tapi kalo hasilnya bisa membuat buah hati kita jadi tergugah, why not?  InsyaAllah uang bisa dicari lagi ya, bunda.


Kesimpulan


Buku Hijrah Journey semacam buku saku pegangan bagi putri sholihah kita yang sedang akan beranjak dewasa. Tidak banyak Keterangan tentang penulis dari buku ini. Namun dari bahasa yang digunakan, sepertinya Helidha merupakan penulis cilik, yang juga sedang dalam proses belajar hijrah. Heli berusaha untuk mengingatkan dirinya dengan cara mengajak teman-teman mayanya untuk melakukan kebaikan dan tetap semangat dalam menjalankan perintah Allah dan Rasul.


Buku ini tak seserius ituh, karena memang diperuntukkan untuk anak-anak abegeh, jadi disuguhkan secara santai, bahkan tak mengandung daftar isi, kata pengantar dan sejenisnya di dalamnya. Yang tertarik untuk membeli buku ini, mumpung Islamic Book Fair masih ada, bisa langsung meluncur, yaa!


Ada potongan harga spesial di event ini. Dari 90.000 di discount menjadi 70.000 rupiah saja. Bisa dijadikan untuk hadiah bagi putri sholihah kita yang sedang belajar istiqamah dalam menjalankan syariat Islam. Sok diserbu atuh, hehe. See u next Sains, dalam ulasan berikutnya.


 

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger