7 Tips Menjadi Blogger Sukses Ala Blogger Sukses

Senin, 22 Agustus 2022

Membaca judulnya jadi agak serem sendiri, pasti ada yang bertanya. Memangnya Blog Ruang Narasi dan Inspirasi Nita sudah bisa dikatakan blog sukses? Tentu tidak, hehe. Justru saya menulis artikel ini agar menjadi pemacu buat saya bisa menjadi seorang blogger sukses.


tips menjadi blogger sukses

Tulisan ini merupakan hasil rangkuman dan analisis, ketika saya  mengikuti beberapa kelas blogging yang diisi oleh para mentor keren. Saya menggolongkan para mentor ini sebagai blogger yang sudah sukses. Tips menjadi blogger sukses yang mereka bagikan kepada peserta kelas, baik secara tersurat dan tersirat menjadi catatan tersendiri buat saya.


Jadi arttikel ini lebih kepada sharing tentang apa yang sudah saya dapatkan dari cerita para senior saya di dunia blog. Senior di dunia blog yaa, belum tentu senior umurnya. Rerata Coach saya ini masih muda-muda tapi prestasinya sudah segudang. MasyaAllahu tabarakallahu.


Perjalanan  Blogging Insnita


Sejak masuk ke dunia blog, saya langsung jatuh hati walau pun bukan pada pandangan pertama. Karena seperti yang sudah saya ceritakan di artikel naikkan performa blogmu melalui site audit dan juga saya ceritakan lebih detail lagi di artikel IndiHome merubahku from zero to someone


Saya sudah kenal blog sejak lama, namun baru di tahun 2021 akhir menjelang tahun baru 2022 saya berkecimpung lebih serius lagi membangun blog dan menghadirkan blog Ruang Narasi dan Inspirasi Nita ini di dunia maya.


Sejak saat itu, secara maraton saya ikuti kelas-kelas kepenulisan dan kelas blogging. Dari mulai kelas berbayar sampai akhirnya bertemu dengan kelas-kelas gratis, tapi kerennya bukan main. Gratis tapi banyak ilmu bertebaran.


Awalnya saya ikut kelas dasar PCW, lalu lanjut ke kelas blog lanjutan yang dimentori oleh Mba Karunia Sambas. Ini termasuk ke kelas blog berbayar. Lalu masuk bulan Maret saya dipertemukan dengan kelas blogspedia. Nah, ini kelas blog dasar yang super keren, padat materi tapi gratis. 


Nah gratisnya ini tapi ada syaratnya, lho. Apa tuh? Syaratnya harus lolos membuat 14 artikel dalam satu bulan dengan 14 tema yang sudah ditentukan oleh sang owner dari blogspedia sekaligus juga mentor di kelas ini, yaitu coach Marita.


tips menjadi blogger sukses
Sejak memutuskan menjadi seorag blogger harus siap dengan konsekuensinya


Di kelas ini saya banyak dipertemukan blogger-blogger senior yang sudah pada sukses di dunia blogging sebagai Coach pendamping mengisi beberapa materi yang disuguhkan blogspedia.


Bersamaan dengan kelas ini saya juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas site audit yang di mentori oleh coach Irwin menemani Mba Karunia Sambas. Saat itu saya didaulat sebagai partner beliau sebagai tim seleksi untuk masuk kelas ini.


Bayangkan, dong, ya, anak ingusan di dunia blogging ini dapat kesempatan ikut kelas keren site audit, yang di dalamnya ternyata para blogger yang sudah pada senior, dan malah sudah menjadi mentor di dunia blogging. 


Tentunya termasuk Coach Karunia yang menjadi mentor di kelas blog dasar, dan beberapa mentor  blogspedia coaching. Melalui kelas blog yang saya ikuti saya belajar menjadi blogger pemula sejati. Kenapa disebut sebagai blogger pemula sejati? Karena ilmu blog itu ternyata luas dan tak berkesudahan, selalu terus berkembang. Kita dipaksa untuk terus upgrade ilmu.


Tips Menjadi Blogger Sukses


Menjadi seorang blogger sejati, ternyata harus banyak ilmu yang dipelajari, diperbaiki dan ditambah terus. Harus tahu bagaimana menulis artikel di dashboard blog. Harus tahu apa saja kaidah dasar menulis di blog, dan lainnya. Untuk itu, menjadi seorang blogger yang sukses perlu kiat-kiat khusus dalam menjalaninya.


Berikut akan saya bagikan beberapa kiat ngeblog yang saya dapatkan hasil dari kelas-kelas blogging yang saya ikuti. Ada beberapa skill yang harus kita kembangkan dalam proses blogging. Pengembangan skill tentunya dilakukan bisa sambil jalan mengisi blog. Beberapa hal tersebut diantaranya:


cara menjadi blogger pemula


1. Meningkatkan Skill menulis


Seorang blogger pasti tidak jauh-jauh dari menulis, karena kerjaannya ya menulis, hehe. Untuk itu perlu kiranya upgrade skill tentang menulis. Agar bahasa yang kita gunakan lebih mengalir dan enak dibaca. Tata bahasanya pun apik. Menulis sesuai dengan kaidah PUEBI yang baik dan benar.


Jika tata bahasa yang kita gunakan alurnya enak untuk baca, membuat pembaca betah berlama-lama di blog kita. Lakukan proof reading sebelum publish artikel. Duh spesial yang ini sebenarnya nyindir diri sendiri, nih. Karena saking banyaknya kelas yang diikuti, kadang dikejar Death Line makanya jadi ga sempat proof reading.


2. Manajemen waktu yang Baik


Nah perlu kiranya para blogger untuk mengatur waktu sebaik mungkin. Agar bisa maksimal dalam mengisi hari dengan hal yang positif dan bermanfaat. Salah satu mentor saya di dunia blogging bilang, kalau dirinya hampir kehilangan waktu berleha-leha untuk kegiatan yang tidak terlalu penting.


Semua dimaksimalkan pada kegiatan yang bermanfaat dan berkaitan dengan blognya. Dari mulai audit blog. Mengisi konten blog sesuai jadwal. Oh, iya, tentang konten blog. Nasihat dari para senior, sebisa mungkin kita upload konten sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Baik harinya maupun jam tayangnya.


Misal kita memutuskan untuk publish artikel sepekan 3 kali. Sebisa mungkin seterusnya kita lakukan publish artikel sepekan 3 kali di jam yang sama dan hari yang sama. Perlu ada catatan khusus.


3. Ikut Komunitas Blogger


Yang ini wajibun bin harus. Karena kalau tidak berkomunitas, agak sulit untuk berkembang. Banyak info bertebaran di komunitas blog, dan ini sangat membantu kita meningkatkan ilmu tentang ngeblog. Mengetahui peluang job. Mengetahui event-event keren dalam dunia blogging. Soo,..yang serius mau jadi blogger. Berkomunitaslah!!


4. Menentukan Judul Konten yang Banyak Diminati


Untuk point ini, kita perlu gali ilmu tentang riset keyword terlebih dahulu. Harus tahu topik yang sedang ngetrend dibahas di masyarakat. Bisa menggunakan google trends, tiktok trend, youtube trend. Setidaknya kita jadi mengetahui topik yang banyak diminati dan dikunjungi.


Setelah mengetahui topik yang sedang ngetrend kita bisa beranjak ke riset keyword lewat tool s yang sudah disediakan. Biasanya asaya menggunakan whatsmyserp, SEOquake dan terkadang juga menggunakan Neil Patel keyword tool, kombinasi ketiganya.


5. Upgrade Skill ilmu Ngeblog


Tidak bisa ditawar-tawar lagi, jika ingin menjadi blogger sukses harus mau gali ilmu tentang blogging. Seperti yang sudah dijelaskan, ilmu blogging ini tidak ada habisnya. harus terus di upgrade agar tidak ketinggalan info.


Banyak yang harus dipelajari, ilmu nulis di blog yang baik, ilmu riset KW, ilmu optimasi blog, ilmu optimasi artikel, site audit, dan lainnya.


6. Belajar Ilmu Desain Gambar Menggunakan Aplikasi


Seorang blogger bukan hanya dituntut bisa menulis, namun juga dituntut untuk bisa mendesain gambar. Karena ada job yang membutuhkan penyertaan info graphis di dalam artikel. Gambar dalam sebuah artikel selain menambah menarik tapi berfungsi juga untuk memperjelas artikel.


Gambar diperlukan agar tampilan blog lebih menarik dan merupakan bagian dari optimasi artikel dan juga SEO on page. SEO On page perlu dilakukan agar blog kita dikenal google. Saya biasa menggunakan Canva untuk mendesain gambar-gambar dalam blog saya. Canva sangat bermanfaat untuk para blogger.


7. Membuat Conten Plan


Nah yang terakhir ini juga harus kita lakukan. Terutama buat blogger pemula seperti saya. Saya jadi memiliki gambaran, artikel apa saja yang harus diposting. Tema-tema apa saja yang akan ditulis. Tentunya saya telah melakukan riset keyword ketika membuat content plan.


Untuk lebih jelasnya tentang content plan, Sains bisa kunjungi artikel tentang contoh content plan untuk blogger. Dalam artikel ini diterangkan bagaimana membuat content planning, dari mulai yearly planning, monthly planning, weekly planning dan daily planning.


Saya dapat ilmu bikin content planning ini berkat mengikuti kelas blogspedia coaching yang dimentori oleh Coach Maritaningtyas. Semoga teman-teman yang ingin mendapatkan banyak ilmu tentang blog, bisa berkesempatan ikut kelas ini.


Demikian 7 tips menjadi seorang blogger sukses ala blogger sukses. Semangat terus ngeblognya, yaa. Happy blogging, gaes.



7 komentar on "7 Tips Menjadi Blogger Sukses Ala Blogger Sukses"
  1. Judul adalah doa. Insya Allah bs jadi blogger sukses juga sebentar lg.. Aamiin. Terimakasih tipsnya, mba 🥰🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..aamiin, sama2 sukses kita, ya, mba

      Hapus
  2. Semoga sukses jadi blogger mbak. Allahumma aamiin

    BalasHapus
  3. Aamiin, sama-sama sukses kita, ya...

    BalasHapus
  4. semangat mbak Nita, belajar bareng ya, saling menguatkan, supaya ga merasa sendiri juga
    saling menyemangati

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger