Merdeka Belajar Membentuk Kebebasan Diri yang Bertanggung Jawab

Sabtu, 21 Mei 2022

Merdeka belajar memiliki pengertian berusaha untuk mengubah diri ke arah yang lebih baik dengan keluar dari segala tuntutan. Belajar untuk menguasai bidang keilmuan tertentu, tanpa harus terbelenggu oleh tekanan. Merdeka dalam belajar memilki artian independent yang artinya kebebasan yang bertanggungjawab. Merdeka dalam belajar bukan berarti memiliki artian freedom yaitu bebas sebebas bebasnya tanpa ada aturan.


merdeka belajar


Merdeka Belajar Bagi Pengembangan Diri


Menerapkan merdeka belajar bagi pengembangan diri, memiliki arti bahwa kita berhak menentukan apa yang hendak kita capai dalam kehidupan kita, sesuai dengan minat dan bakat. Jika kita mengerjakan sesuatu yang kita senangi biasanya mudah menjalaninya. Jikapun ada keletihan dan kebosanan maka akan mudah bangkit kembali, dikarenakan ada dorongan cinta yang membuat seseorang memiliki energi untuk memulainya kembali


Dalam proses pengembangan diri dibutuhkan proses belajar yang step by step tahapannya harus kita lalui satu persatu, agar kita mampu memaknai dan memahami diri dengan baik. Mampu berpikir kritis dan menentukan apa yang menjadi minat kita untuk dipelajari lebih dalam, ini masuk ke dalam konsep merdeka belajar.


Mengembangkan diri berbasis merdeka belajar sangat dianjurkan, jika kita ingin meraih kesuksesan. Merdeka belajar ini bisa diterapkan di semua kalangan dan jenjang usia, dari mulai anak usia dini sampai manusia dewasa.


Bagaimana Menerapkan Konsep Merdeka Belajar Bagi Diri


Dalam Webinar yang disampaikan oleh Ka Lulu dalam Program Matrikulasi Ibu profesional bertajuk Merdeka belajar, ada 7 poin yang bisa dijadikan landasan dalam menerapkan konsep merdeka belajar bagi pebelajar, diantaranya yaitu:

  1. Apa yang menjadi ciri diri dan kemauan diri, maka itulah yang patut dikembangkan potensinya. Tanya pada diri apa yang menjadi keinginan bagi diri, biarkan dia berkembang tanpa perasaan terbelenggu selama itu adalah kebebasan yang bertanggungjawab.
  2. Hendaknya kita harus mengetahui apa yang kita butuhkan, tanya pada diri sendiri, apa yang kita butuhkan sehingga bisa membuat kita bahagia dengan pilihan kita. Coba terus jika belum menemukan, karena terkadang harus berkali-kali mencoba sesuatu untuk mengetahui apa yang jadi kebutuhan kita.
  3. Mampu dan mau mempraktikan ilmu yang sudah didapatnya.
  4. Menguasai ilmu yang menjadi passion kita sampai lengkap.
  5. Semangat dalam belajar jangan tergantung kepada orang lain. Merdeka dalam bersikap ini sangat penting diterapkan.
  6. Bisa beradaptasi dengan materi pembelajaran.
  7. Tidak harus terkekang dengan jalan ilmu dari satu sosok guru. Banyak lain menuju Roma, terkadang masing-masing orang memiliki cara yang unik dalam menerapkan sebuah ilmu, mana yang pas buat kita itu yang kita kerjakan.

Alhamdulillah karena usia yang sudah matang, di posisi sekarang ini saya sudah berhasil menetukan apa yang menjadi kesenangan saya. Setelah berkali-kali mencoba hal-hal baru di setiap step kehidupan saya, akhirnya saya bermuara pada kesenangan dalam dunia tulis menulis. 

Banyak sekali hal yang saya coba, namun saya tidak pernah menyesali hal itu, semuanya bersambung dan menjadi wawasan pengetahuan yang akhirnya juga menjadi dasar pengambilan keputusan di setiap kasus yang berbeda.

Saya pernah belajar menjahit, ikut kursus memasak, ikut kegiatan parenting dan beberapa organisasi. Beberapa pengalaman tersebut saya jadikan landasan berpikir saya dalam menentukan keputusan pada beberapa kasus. Saya merasa setiap kegiatan yang saya ambil, seperti disiapkan untuk mengisi setiap celah diri yang memang harus diisi untuk membentuk jati diri.

Begitupun dengan keputusan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister, saya merasa bahwa ini adalah buah dari konsistensi pembelajaran yang saya lakukan, apapun itu bentuknya. Tidak ada kata terlambat untuk setiap hal kebaikan. Maju terus pantang mundur, jadikan apa yang telah lewat menjadi sebuah pembelajaran dan hari ini sebagai introspeksi diri serta hari esok sebagai lecutan untuk menjadi orang yang lebih semangat dalam berkarya.


Maju terus pantang mundur, jadikan apa yang telah lewat menjadi sebuah pembelajaran dan hari ini sebagai introspeksi diri serta hari esok sebagai lecutan untuk menjadi orang yang lebih semangat dalam berkarya ~ Inspirasi Nita ~

Agar proses belajar yang kita inginkan menjadi lebih fokus dan terarah, ada baiknya kita susun peta belajar kita. Hal ini diharapkan jika kita menuliskannya dan melihatnya akan mengingatkan kita agar tetap konsisten tehadap sesuatu yang menjadi cita-cita kita.

Peta Belajar Ala Insnita Berbasis merdeka Belajar


Peta belajar ini saya buat sebagai rencana belajar saya di beberapa waktu ke depan sebagai sebuah prioritas. Apa yang tertulis dalam peta belajar yang saya buat tentu saja bukan tidak ada hal-hal yang lainnya yang harus saya pelajari, namun inilah yang saya butuhkan dalam waktu sekarang ini. Semoga bisa tetap konsisten dan saya bisa menemukan ilmu yang saya inginkan dengan jalan yang mudah dan dilancarkan. Konsep merdeka belajar mengarahkan saya samapi ke titik saya bisa memutuskan apa yang ingin saya pelajari dan merupakan sesuatu yangsangat saya senangi.

Dunia blogging dan tulis menulis yang sedang saya minati saat ini membuat hari-hari saya selalu diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan terarah. Ada saja kegiatan keilmuan tentang blogging dan dunia tulis menulis yang ingin saya ikuti. Saya merasa hari-hari yang saya jalani penuh makna. Nah kegiatan ibu profesional ini juga menjadi salah satu ajang belajar bagi saya agar saya terus memperbaiki kualitas diri saya. Alhamdulillah 'ala kulli hal diberikan kesempatan oleh Allah ta'ala bertemu orang-orang yang selalu memiliki semangat yang tinggi untuk terus menjadi seorang pebelajar.


merdeka belajar


Peta belajar yang saya susun ini berusaha saya terapkan secara konsisten, walau terkadang rasa letih melanda, namun karena mencintai, rasa letih itu saya obati dengan berhenti sekejap melakukan hal-hal rileks seperti nonton film atau web series, liat chanel youtube favorit, atau sekedar jalan-jalan kulineran tipis-tipis bareng keluarga. 

Hidup itu sangat menyenangkan jika kita mengisinya dengan hati yang dibawa senang dan berpikir positif, namun akan menjadi memusingkan jika kita menghadapinya dengan perasaan kacau dan pikiran yang negatif ~ Inspirasi Nita ~

Lalu program apa saja yang saya jalankan untuk menjalankan peta belajar yang saya buat?Ada beberapa kegiatan yang saya ikuti disamping profesi saya sebagai seorang pengajar di salah satu lembaga pendidikan, diantaranya yaitu:

1. Belajar Ilmu Blogging.


Merealisasikan keinginan untuk meningkatkan ilmu blogging, saya mengikuti program kelas-kelas blog yang kebetulan saat ini masih bisa mengikuti melalui media online. Saya sempatkan waktu untuk belajar ilmu blogging di kelas blog dasar PCW dan kelas blog lanjutan yang masih diadakan oleh PCW atau Perkasa Creative Writing, ini merupakan kelas berbayar. 

Selain itu saya juga ikut kelas blog dasar yang diadakan oleh komunitas IIDN alias Ibu-Ibu Doyan Nulis, Saat ini juga saya sedang mengembangkan skill blogging dengan mengikuti kelas Blogging di Blogspedia Coaching yang digawangi oleh seorang blogger senior yang konon merupakan alumni dari Ibu Profesional juga, kedua kelas yang disebutkan belakangan adalah kelas gratis, namun sebelum masuk kelas ini ada challenge yang diberikan yang harus dituntaskan jika ingin diterima dalam kelas blogging yang diasuhnya. Teman-teman tertarik? Tunggu tahun depan yaa,...setiap setahun satu kali kelas ini dibuka.

Saya sedang mencoba untuk mengikuti kegiatan ODOP alias one day one post yang saat ini masih dalam masa recruitmen, so teman2 yang senang dalam dunia tulis menulis dan ingin ikut serta dalam challenge ini bisa cuss langsung kepoin persyaratannya di IG @komunitas.odop, siapa tau kita berjodoh, ya. 

Selain beberapa kelas yang saya ikuti, untuk menjaga konsisten dan komitmen saya dalam dunia blogging saya juga mengikuti beberapa komunitas blogging, diantaranya, bloggerhub, blogger perempuan, blogwalking asik, blogger PCW,  Ibu-Ibu Doyan Nulis, 1 minggu 1 cerita dan blogspedia. Semoga bisa tabah sampai akhir, hehe. Minat blogging juga? yuk, bisa diikuti jalan retas saya.


2. Meningkatkan Skill Menulis.


Untuk merealisasikan keinginan ini, saya juga sedang mencoba banyak belajar di beberapa komunitas menulis, salah satunya yaitu di Kelas Literasi Ibu Profesional atau disingkat KLIP. Alhamdulillah sejak masuk dalam keanggotaan KLIP saya bisa konsisten untuk tetap berada di grup telegram, yang memiliki persyaratan bisa menerbitkan 10 tulisan dalam tiap bulannya dengan jumlah minimal kata yang telah ditentukan. 

Selain itu saya juga mengikuti beberapa kelas penulisan berbayar yang diadakan oleh Perkasa Creative writing dari mulai kelas lay out buku, menulis buku antologi, kelas content writing, kelas Ghost writer, kelas buku aktivitas kelas mendesain ilustrasi buku, kelas menulis cerpen dan kelas menulis resensi. Selain itu juga saat ini saya tergabung dalam grup kepenulisan yang digawangi oleh Wonderland Publisher. 

3. Meningkatkan Ilmu Desain dan Photography


Meningkatkan ilmu desain dan photography saya realisasikan dengan belajar di beberapa komunitas. Untuk ilmu desain saya autodidak  belajar membuat desain di canva, dan pernah juga ikut kelas canva for microblogg, lagi-lagi kelas ini digawangi oleh PCW. PCW banget ya sayah...hehe.


Untuk kelas photography saya pernah ikut kelas online yang digawangi oleh tim upload kompakan, selanjutnya searching youtube dan sering praktik sendiri, walaupun samapai saat ini hasil fotonya belum memuaskan, masih jauh dari kata bagus, but lumayanlah aga enak dipandang mata, sedikit, hihi.

4. Meningkatkan Skill Ilmu Parenting


Meningkatkan pemahaman tentang ilmu parenting saya lakukan dengan membaca beberapa buku yang membahas tentang parenting, ikut webinar tentang parenting, dan mengikuti beberapa komunitas yang membahas tentang parenting, dari mulai usia baby, toddler, anak dan remaja. Saya sangat antusias dengan berbagai ilmu parenting, karena kebetulan latar belakang pendidikan saya adalah Magister pendidikan anak usia dini, untuk itu saya coba update terus pengetahuan saya tentang parenting.

Demikianlah sekelumit jalan cerita peta belajar saya, bukan hal mudah memang jika bukan dilandaasi karena minat dan kecintaan. Dengan dilandasi kecintaanpun terkadang singgah rasa letih dan jenuh, namun ya itu tadi kalo sudah cinta apapun terasa indah, istirahat sejenak, lalu buat waktu me time, lakukan self talk, bisiki hal-hal positif pada diri, insyaAllah kalo sudah dijalani kaidah-kaidah ini kepenatan akan mencair dan akan kembali terasa ringan.

Hal yang lebih utama, bahwa menjadi pribadi yang bermanfaat adalah sebaik-baik manusia yang diisyaratkan oleh Allah ta'ala. Beribadah dan berkegiatan ditujukan semata-mata hanya karena dan kepadaNya. Jika hal ini sudah tertanam maka hidup akan terasa ringan. By the way yang terakhir ini Self reminder juga ya gaes.

Selain itu saya bekali diri saya dengan mengikuti tausiyah dan kajian keagamaan yang saya ikuti di lingkungan tempat tinggal, ataupun yang saya dapatkan dari kajian online. Ini semua saya niatkan agar saya bisa menjadi hamba yang memposisikan dirinya secara seimbang dalam menjalani peran di ranah hablum minallah dan hablum minannas, sebagai istri, ibu, wanita dan juga pendidik.

Seorang pebelajar akan terus belajar selagi nafas masih bisa berhembus, karena pebelajar adalah orang yang senantiasa belajar tanpa mengenal sekat usia dan jenjang persekolahan. Mari kita terus belajar, selama hayat masih dikandung badan. Yuk belajar, terapkan konsep merdeka belajar sebagai landasan proses belajarmu saat ini. Yuk bikin peta belajarmu, biar kita bisa fokus pada step pembelajaran yang akan kita lalui. Semangat terus untuk menjadi seorang pebelajar!

11 komentar on "Merdeka Belajar Membentuk Kebebasan Diri yang Bertanggung Jawab"
  1. Aku baca tulisannya serasa membaca apa yg aku pengen i mbak, hehe aku juga mengajar, ingin belajar menulis lebih dalam dan ingin belajar photo juga nih

    BalasHapus
  2. Wah semangat belajarnya patut di acungi jempol kak. Saya setuju, kalau kita belajar juga harus menerapkan hasil pembelajaran kita, supaya tidak mandeg di dalam.

    BalasHapus
  3. Setiap waktu meningkatkan kapasitas diri dengan belajar, baik online maupun offline. Sekarang ini ada ragam pilihan untuk support kegiatan.

    BalasHapus
  4. hai kak Nita, 4 hal di atas juga aq lakukan akhir2 ini terutama upgrade skill menulis. nggak tau kenapa mood nulis suka naik turun bahkan kadang suka buntu kalo mau nulis, makanya harus banyak2 ikut kelas biar makin semangat

    BalasHapus
  5. Yuhuu, selalu semangat, ya, Mba. Setiap baca tulisan Mba Nita selalu ada insight luar biasa bagi saya. Seolah kasih tahu kalau semangat itu nggak bisa ditawar-tawar dalam hidup ini. Selalu ada peluang tetapi tidak semua pribadi pandai menangkapnya.

    BalasHapus
  6. Merdeka belajar ini kayak membebaskan kita akan memilih bidang ilmu mana yang ingin kita tingkatkan. Terus kita bertanggung jawab atas skill tersebut dengan memberikan manfaat pada orang lain. Mungkin kurang lebih begitu ya, Kak?

    BalasHapus
  7. Merdeka dalam belajar ternyata punya arti yang luas ya. memang betul sih, jika mengerjakan sesuatu yang kita senangi, biasanya akan terasa mudah untuk menjalaninya.

    Asyik nih tema webinarnya, Program Matrikulasi Ibu Profesional.

    Wah keren-keren banget program yang telah disusun. Semoga berjalan dengan lancar dan sukses ya, agar semuanya bisa terwujud dengan baik. aaamiiin...

    BalasHapus
  8. Wiih. Keren. Banyak aktivitasnya. Perlu juga mendokumentasikan skill atau aktivitas yang sedang kita lakukan atau kita tingkatkan. Josss

    BalasHapus
  9. mantap banget mbak nita ulasannya lengkap dan mantul. ini yang sedang saya pelajari dan memang tugas serta kewajiban seorang pengajar sekaligus pendidik semakin berat ya mbak. guru juga gak bisa diem aja sekarang, harus benar-benar bangkit dan tetap semangat.

    BalasHapus
  10. Semangat belajar mbak Nita, temukan banyak keseruan di IP, gamifikasinya seru ga berasa kalau kita sednag belajar dan bisa banget dipraktekkan di keseharian kita
    alhamdulillah sampai saat ini, peta belajar saya masih ontrack

    BalasHapus
  11. Kelas odop ini bisa menjadi motivasi agar bisa post blog tiap Hari kan ya mbak, next pengen ikutan ah

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger