9 Manfaat Menulis di Blog Nomor 8 Bikin giat

Selasa, 24 Mei 2022

Berbicara tentang dunia blogging sepertinya tidak akan pernah kehabisan topik pembahasan. Ada saja  bahan perbincangan yang menarik tentang hal ini. Beberapa bulan terakhir saya berkecimpung dalam dunia blogging banyak hal yang bermanfaat yang saya dapatkan.  Blogging adalah sesuatu hal yang menarik dan menantang.


Dari ketertarikan saya pada dunia blogging saya menemukan banyak hal baru. Manfaat Menulis di blog dengan menerapkan teori menulis sangat membantu peningkatan skill saya dalam menulis. Keterampilan saya menulis pun makin terasah.


Dengan ngeblog saya bisa mengoptimalkan fungsi buku yang selama ini terjajar cantik menjadi pajangan dinding. hehe. Karena buku merupakan sumber inspiratif yang saya bisa kembangkan menjadi tulisan ringan namun bermanfaat.


Bahkan melalui ngeblog, banyak sekali manfaat menulis yang dijabarkan para ahli bisa saya dapatkan. Memperkaya pengetahuan, dapat berpikir lebih kritis, bisa saya dapatkan dari membiasakan diri menulis. Blog membuat saya memiliki ruang curhat sendiri.


manfaat menulis di blog


Kecintaan saya pada ngeblog membawa saya ingin terus memperdalam keilmuan tentang dunia blogging. Beberapa kelas tentang blogging pun saya ikuti demi memenuhi hasrat ingin tahu yang tinggi dalam jiwa saya tentang dunia blogging.

Beberapa kelas yang saya ikuti adalah kelas blog dasar PCW, Mengikuti challenge di komunitas ODOP (one Day One post) dan juga mengikuti kelas  kelas blog dasar di blogspedia Coaching serta mengikuti komunitas ibu-ibu doyan nulis. Semua kelas ini memiliki andil besar dalam perkembangan keilmuan di dunia blogging.


Big why saya dalam ngeblog adalah untuk bisa menjaga ilmu lewat tulisan, serta bisa bermanfaat bagi banyak orang. Selain itu juga saya ingin mempunyai aktivitas yang bermanfaat, agar waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tersebut tidak sia-sia. 


Selain menfaat menulis secara umum kita dapatkan lewat kegiatan blogging. Ngeblog pun secara khusus bisa menghasilkan banyak manfaat. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Cus lanjut baca yuk!


Manfaat Menulis Di Blog, Apa saja, ya?


Menulis di blog banyak manfaatnya? Iya, dong! Saya rasa segala jenis kegiatan yang positif pasti membawa manfaat. Manfaat menulis di blog sangat variatif dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Banyak keuntungan menulis di blog yang bisa kita dapatkan, apalagi jika kita bisa konsisten dalam mengisi blog kita dengan berbagai artikel yang bermanfaat.


 Awal mengenal blog, mungkin teman-teman tidak perlu dulu memikirkan niche atau genre blog. Lambat laun ketika teman-teman ingin serius dan menekuni dunia blogging, pasti akan ketemu gairah ngeblognya akan difoluskan kemana.


Saya sendiri sangat menikmati kegiatan ngeblog ini. Bahkan menganggap blog ini sudah seperti anak sendiri. Tidak pernah luput dalam satu haripun alfa untuk menengok blog  yang masih unyu-unyu ini.  walau tak bisa menulis panjang, saya mencoba menuangkan ide gagasan yang saya punya dalam draft blog dan mengendapkannya untuk saya lanjutkan ketika berhasil mengumpulkan banyak ide, atau ketika tugas dan kewajiban saya sebagai istri, ibu dan pengajar sudah saya penuhi terlebih dahulu.


Beberapa manfaat menulis di blog yang sudah saya rasakan dan berhasil saya kumpulkan lewat ajang curhat di komunitas blog yang saya ikuti, bisa teman-teman coba telusuri, kira-kira yang paling sehati untuk teman-teman yang mana? Berikut beberapa manfaat menulis di blog diantaranya, yaitu:


  1. Mempunyai teman curhat dan wadah menuangkan ide pikiran ke dalam tulisan.
  2. Menjadi ajang healing yang positif dan murah meriah.
  3. Menulis sesuai dengan keinginan hati tanpa dibatasi oleh banyak aturan.
  4. Template blog yang cantik-cantik,bikin kita tambah semangat untuk menulis di blog.
  5. Menulis di blog bisa disisipi gambar dan video yang sesuai dengan tema yang kita angkat.
  6. Bagi yang senang desain, menulis di blog sangat cocok untuk memfasilitasi hobi desainnya. Gambar-gambar di blog bisa disisipi dari hasil desain  baik berupa hand desain maupun lewat aplikasi seperti canva, picarts atau yang sejenisnya.
  7. Tulisan bisa disetting sesuai keinginan. Jika tulisan bersifat privat bisa tetap tersimpan dalam draft. Jika tulisan ingin kita bagikan untuk khalayak umum bisa kita terbitkan.
  8. Bila ditekuni blog bisa menjadi sumber penghasilan tambahan, bahakan beberapa blogger senior menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama. Konon penghasilannya sangat menjanjikan.
  9. Menambah banyak ilmu dan teman jika sudah menemukan komunitas ngeblog.

Demikian beberapa diantaranya manfaat menulis blog dan juga keuntungannya. Berdasarkan hal tersebut,  akhirnya saya jatuh hati pada dunia blogging dan mencintai serta menikmati dunia ini.


Saya ingin apa yang ada di kepala saya, saya tuangkan lewat blog, dan hasil tulisan saya bisa menjangkau banyak pembaca. Semoga saja apa yang saya usahakan bisa memberikan manfaat positif bagi yang membacanya. Inilah yang menjadi BIG WHY saya dalam menulis di blog. 


Saya telah merasakan banyak manfaat yang didapat dalam menulis. Dengan menulis di blog saya merasa memiliki kemerdekaan dalam belajar dan menuangkan ide.  Sampai saat ini, saya merasakan keuntungan menulis di blog, bukan hanya dari sisi moril tapi merasakan juga dari sisi materil.


Saat ini, sedikit demi sedikit blog yang saya kelola sudah menghasilkan, dan sudah bisa dipake icip-icip berjajan ria bersama orang terdekat, alhamdulillah bi nikmatillahi tatimussholihat.


Tips menulis



Perlukah Blog Dirawat, Bagaimana Caranya?


Perlukah blog dirawat? Tentu perlu, dong. Segala sesuatu itu pasti perlu perawatan agar bisa bertahan, agar bisa terlihat indah, agar bisa terus berguna, agar umurnya panjang. Itulah beberapa kegunaan dirawatnya sebuah blog. 


Bagaimana cara merawatnya? Pada tahap awal kita bisa merawat blog kita dengan rajin menulis di blog. Layaknya sebuah rumah bila tidak dikunjungi, maka akan dipenuhi sarang laba-laba, rusak dan kotor. Begitupula dengan blog.


Blog yang tak pernah disinggahi dengan cara mengisi tulisan dan memposting, maka  performanya akan semakin menurun, dan blog pun kurang bisa terlacak oleh google. Bahkan konon katanya bisa menghilang dari peredaran. Untuk itu saya berusaha untuk rajin menulis di blog, rajin membuat postingan. 


Kalo kata Coach saya di salah satu kelas blogging, yaitu Mba Marita,  menulis blog itu bukan jika sempat dan ada waktunya, tapi menyempatkan diri dan menentukan waktunya agar bisa konsisten dalam ngeblog.


Lalu bagaimana caranya? Mungkin teman-teman bisa coba cara yang saya gunakan, walau sebenarnya saya juga ga konsisten-konsisten amat, sih, cuma kali aja sharing saya ini bisa bermanfaat dan dijadikan pelengkap atau setidaknya memberi ide schedul teman-teman yang saat ini pastinya juga sudah punya jadwal paten yang sudah tetap. Share di kolom komentar ya, apa saja tips dan trik yang biasa teman-teman terapkan.


Cara Menyiasati Waktu Agar Konsisten Menulis Ala Insnita


Saya sendiri mencoba menyiasati waktu-waktu yang saya punya dengan seefesien mungkin. Belajar mendisiplinkan diri mungkin lebih tepatnya, ya, karena saya juga pemain baru di dunia blogging. Saya juga berharap ini bisa konsisten terus selamanya, bukan hanya semusim sifatnya, atau istilah kebanyakan orang, anget-anget tai ayam, ups rodo jorse, nih.


Konon katanya kotoran ayam tuh panas tapi cepat hilang panasnya, jadi orang yang semangatnya hanya di awal-awal saja kadang diperumpamakan dengan hal ini, eaa... Semoga eike juga gak hanya semangat di awal-awal, terus blas pergi meninggalkan begitu saja.


Doakan, yaa gaes semoga saya masuk ke dalam kelompok orang-orang istiqamah dalam ngeblog, hehe. Kalau kendor semangatnya, perkencang lagi self talk nya, dan terus mengingatkan diri tentang  BIG WHY  dalam ngeblog dan mengkaji lebih dalam lagi tentang manfaat menulis, dengan meneladani para ulama.


Beberapa waktu yang seringkali saya buat untuk nulis di blog adalah ba'da sholat subuh dan ba'da sholat isya sebelum menjelang tidur,  atau juga di sela menjalankan rutinitas. Teman-teman juga bisa menyisipkan di sela rutinitas yang teman lakukan. Durasi waktunya disesuaikan saja dengan keadaan, fleksibel tidak harus kaku dalam penerapannya.


Waktu subuh adalah waktu yang paling optimal


Masa ini adalah masa dimana seluruh anggota tubuh kita masih dalam keadaan yang paling optimal. Mata masih dalam keadaan segar, udara masih sejuk, jiwa juga masih damai, karena baru akan memulai aktivitas, otak belum banyak dipenuhi dengan aneka urusan. Jiwa yang sudah dipersiapkan dengan ramuan guyuran air wudhu, sholat shubuh dan tilawah beberapa lembar Al-Qur'an, serasa menjadi siraman menyegarkan bagi jasmani dan rohani, masyaAllahu. waktu yang sangat ideal untuk memulai menulis dan melakukan aktivitas yang memerlukan konsentrasi dan fokus, seperti menulis di blog misalnya. 


Menjelang Tidur


Usahakan shalat isya terlebih dahulu ketika menyampatkan waktu menulis di malam hari, karena biasanya mata akan cepat lelah jika dihadapkan pada layar gadget. Saya pribadi kadang suka kebablasan langsung terlelap ngukur kasur. Belum mau pegang laptop jika belum  sikat gigi, cuci kaki dan cuci muka. Tentunya juga sudah rampung menyelesaikan urusan domestik yang lain. Saya pribadi lebih menikmati menulis ketika anggota keluarga semua sudah tertidur lelap. 


Malam hari juga merupakan waktu yang optimal untuk menulis, dengan catatan lakukan tidur siang, karena Rasulullah Muhammad Sallallahu 'alaihi wa salam selalu melakukan Qailulah atau istirahat siang, agar tenaga bisa pulih kembali. Jika kita melakukan Qailulah, selain baik untuk kesehatan juga mendapatkan pahala karena menjalankan sunnah.  MasyaAllahu, luar biasa, ya, dari ngeblog juga kita bisa mendapatkan banyak pahala-pahala penyerta yang lain. Nikmatnya...


Tidur siang sunnah Rasul


Di sela menjalankan rutinitas


Kesempatan lain yang sering saya manfaatkan untuk menulis di blog adalah mencuri di sela-sela waktu tenang ketika menjalankan rutinitas harian atau ketika sedang menjalankan tugas ngajar. Ketika ada waktu jeda, biasanya saya langsung buka laptop, dan ketak-ketik melengkapi naskah yang sudah ada,  atau memulai menulis menuangkan ide yang kadang suka datang tiba-tiba. atau bisa juga di noted handphone, atau langsung di dashboard blog yang sudah terhubung di handphone.


Itulah beberapa cara yang saya terapkan untuk menjaga konsisten menulis di blog, semoga bisa menjadi inspirasi untuk teman-teman semua. Yuk, coba ngeblog teman-teman, karena banyak sekali manfaat ngeblog yang akan kita dapatkan.


Keuntungan ngeblog akan kita dapatkan jika kita bisa konsisten dalam merawat blog kita, minimalnya dengan rajin menulis, dan kemudian memposting tulisan kita. Secara bertahap kita akan semakin mencintai blog, mencoba menjadikan blog kita cantik dan menjadikan blog kita bisa banyak dijangkau para pembaca dimanapun berada. 


Man jadda wa jadda barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkan ~ Mahfudzat ~


Man jadda wa jadda barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkan...

Makna kelanjutannya bisa mendapatkan apa yang kau mau, yang kau butuh, yang kau inginkan dan lainnya. Awali dengan bismillah dan niatkan dengan sesuatu yang baik, ikhlas lillah. Begitu banyak manfaat menulis di blog yang bisa kita rasakan, so jangan ditunda-tunda lagii.


Salam bahagia. Salam literasi. Ngeblog lagi, ngeblog terus, ngeblog ajah, karena manfaat menulis di blog ituuhh ternyata banyaknya pake bangetss, iye, khaan??

22 komentar on "9 Manfaat Menulis di Blog Nomor 8 Bikin giat"
  1. Siasat mengatur waktunya keren, nih. Sangat bisa diterapkan di aktivitas selain ngeblog. Maklum terikat tugas bukan pada blogspedia saja, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Ka Maria, ko saya jadi inget teman saya zaman kuliah dulu, namanya mirip dan punya panggilan sayang Maul:1 Saya juga masih berusaha mencoba mendisiplinkan diri,bismillah semoga bisa istiqamah. Aamiin

      Hapus
  2. Mbak kalo ngeblog di sela aktivitas biasa sediakan alokasi waktu berapa lama? Bisa langsung rampung atau draft dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung lamanya waktu, Ka, kalo di sela aktivitas kadang banyak distraknya, kan, ya, biasanya dalam bentuk draft dulu, ga bisa langsung jadi. kadang disela istirahat ngajar, saya desain2 canva buat pelengkap artikel. Selamat mencoba, ya ka.

      Hapus
  3. Waktu optimal nya banyak ya mba, hebat banget manajemen waktunya. Bada subuh memang paling oke buat blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAsih terus mensiasati sebenarnya, mba, mencoba konsisten:1

      Hapus
  4. Setujuuu banget, mantaat blog yang disebutkan jadi alasan aku ingin kembali aktif di blog. Memang agak capek otak-atik template blog, tapi enggak tau kenapa aku seneng banget, wkwk. Untuk tips, sih, mungkih ke manajemen waktu dan berpegang kuat padanya. Yang penting, tidak menunda-nunda waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, ngeblog memang asyik, yang penting pinter2 atur waktu:1

      Hapus
  5. Fontnya kayak frendly gitu, nggak kaku. Pakai font apa mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Font Neucha, kak, alhamdulillah jika suka.

      Hapus
  6. manfaatnya ngeblog bisa dapat sebanyak itu pasti karena dirimu banyak pengalaman ngeblog atau ikut kelas sana sini. saya suka. terima kasih karena enggak simpen sendiri ilmunya. semi=oga saya juga bisa menjadi sekeren dirimu. salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali ka Rian. Alhamdulillah jika bermanfaat :1

      Hapus
  7. Kita aja butuh perawatan biar tetep terlihat segar apalagi blognya ya.. Eaaa..... Perlu dirawat juga biar tampil maksimal dihadapan mbah google.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benuul, mba, biar tetap disayang terus sama si mbah, hehe :1

      Hapus
  8. Menulia sebagai bentuk merdeka belajar.. Setuju bnaget mba..

    BalasHapus
  9. Merdeka curhat ini itu, ya, Mba win...:1

    BalasHapus
  10. Aku setuju, subuh itu bener-bener emang fresh banget atmosfernya. Tapi aku gak pernah memanfaatkan waktu habis subuh buat nulis. Habis subuh langsung kegiatan domestik, wkwk. Kalo kegiatan domestik udah kelar, baru plong bisa ngeblog..

    BalasHapus
  11. Aku setuju banget mbak, habis subuh itu emang paling fresh atmosfernya. Tapi aku gak pernah pakai buat nulis sih. Habis subuh langsung kegiatan domestik. Kalo kerjaan rumah udah selesai, nah baru plong ngeblognya. Hehehe

    BalasHapus
  12. Setuju banget soal waktu-waktu menulisnya. Ba'da subuh dan isya emang paling oke sih buat nulis. Keren, Kak. Salam kenal dan semoga istiqomah yaa.

    BalasHapus
  13. Terperinci sekali kak. Jadi yang belum tahu alasannya jadi bisa tahu lebih spesifik kayak gitu.

    BalasHapus
  14. Siasat waktunya keren banget, kak
    Aku tim nulis menjelang tidur banget, apalagi menjelang deadline hihihi

    BalasHapus
  15. Setuju, Kak.. ngeblog itu banyak manfaatnya.
    Btw, rumahnya bagus banget... betah liatin tampilan blognya.. Eh, salam kenal ya, KAk.. sukses selalu

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger