Guru PAUD adalah Manusia Istimewa

Kamis, 02 Maret 2023

Guru PAUD adalah manusia istimewa. Kenapa saya katakan seperti itu? Karena hal pertama yang menjadi sorotan adalah tidak banyak yang ingin menjadi guru PAUD, tanggung jawab untuk sebuah pekerjaan yang cukup sulit saya rasa.


guru paud adalah

Butuh kesabaran, ketelatenan dan juga keikhlasan serta kecintaan untuk menjalankan profesi ini. Bagaimana tidak, seorang ibu yang mendidik satu anak saja terkadang merasa kelelahan dan kehabisan akal untuk menghadapi anak-anak yang mempunyai banyak keinginan.


Bagaimana dengan guru PAUD yang harus menjaga anak yang jumlahnya tidak sedikit. Satu guru malah terkadang bisa menghandle belasan anak. Apalagi guru-guru PAUD yang mengabdikan dirinya didaerah pedalaman atau di kota kecil. 


Guru PAUD adalah Manusia Istimewa


Julukan istimewa memang pantas disandang oleh guru PAUD. Di tangan para guru PAUD dititipkan manusia kecil yang akan dibentuk menjadi sosok hebat bagi masa depan.  


Hal apa saja yang menjadikan sosok guru PAUD menjadi istimewa? Beberapa hal ini diantaranya, yaa...


guru paud adalah





Guru PAUD adalah tenaga pendidik yang memiliki profesionalitas dalam merancang, merencanakan proses pembelajaran dan memberikan penilaian dari hasil pembelajaran yang dilaksanakan. 


Selain itu, guru PAUD adalah tenaga profesional yang melakukan bimbingan dan pengarahan, perawatan serta pengasuhan kepada anak didik.


Sebagaimana yang sudah saya kutip dalam artikel Konsep Dasar Pendidikan Anak USia Dini bahwasannya menurut Bloom seorang pakar Neurologi, otak manusia berkembang sangat pesat pada saat usia anak-anak, yaitu 0 sampai 8 tahun berkembang 80 % dan 20 % siasanya dicapai pada usia 8 - 18 tahun.


Dari data penelitian tersebut, anak-anak usia dini atau anak pada usia 0 - 8 tahun harus diberikan stimulasi edukatif agar potensi dalam dirinya bisa dikembangkan secara optimal. Untuk itu peran guru PAUD sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Tidak salah jika guru PAUD mendapat julukan manusia istimewa.


Para guru PAUD lah yang menyiapkan para manusia hebat dan tangguh untuk memakmurkan bumi. Di tangan guru PAUD lah diletakkan harapan pembentukan generasi awal yang kuat dan berkarakter unggul


Istilah Pendidik pada PAUD


Secara umum istilah pendidik pada lembaga PAUD adalah sama seperti pada lembaga sekolah tingkat dasar, menengah pertama maupun menengah atas. Istilah guru adalah hal yang umum digunakan. Sebagaimana identifikasi status guru yang memiliki posisi, diantaranya:


  1. Orang yang memiliki daya kharisma sebagai figur yang patut dijadikan contoh.
  2. Orang yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan pendidikan, pengajaran dan juga membimbing para peserta didik.
  3. Orang yang memiliki kemampuan dalam merancang program pembelajaran.
  4. Sebuah profesi yang membutuhkan keahlian khusus.


Namun, biasanya pada lembaga PAUD sebutan pendidik PAUD lebih fleksibel dibanding pada tingkatan sekolah lainnya.


Ada sebutan ummi, ustadz atau ustadazah, tante, atau bahkan kakak. Karena biasanya penyebutan para pendidik anak usia dini disesuaikan dengan kenyamanan perasaan anak. panggilan yang anak-anak sukai akan menimbulkan dan membuat dia merasa aman dan nyaman.


Kedudukan Guru PAUD Menurut Undang-undang


Guru PAUD adalah seorang pendidik yang memiliki kedudukan sama dengan para pendidik lain di tingkat yang lebih tinggi, mulai dari tingkat dasar sampai tingkat atas. 


Sesuai dengan undang-undang No 20 Tahun 2003 yang tercantum pada pasal 1 ayat 6 dinyatakan bahwasannya pendidik adalah orang yang memiliki kualifikasi guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara dan lainnya yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan.


Dalam undang-undang No 20 Tahun 2003 juga dijelaskan dalam pasal 39 ayat 2, bahwasannya para pendidik adalah tenaga ahli yang memiliki tugas untuk membuat perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, menilai, membimbing dan juga melatih serta melakukan penelitian juga pengabdian  masyarakat.


Untuk itu para pendidik PAUD juga dituntut untuk memiliki keahlian dalam bidang pengajaran, khususnya di tingkat anak usia dini, sehingga para pendidik PAUD bisa bekerja secara profesional. 


Adapun syarat menjadi seorang profesional dalam bidang pendidikan khususnya dan disegala bidang pada umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki kecintaan serta bakat pada bidang yang ditekuninya.
  2. Memilki komitmen mutu, iman dan takwa, juga akhlak yang baik.
  3. Mempunyai latar belakang akademik yang sesuai dengan posisi yang dijalani.
  4. Mempunyai kompetensi sesuai dengan tugas yang dijalani.
  5. Mempunyai tanggung jawab  terhadap profesi yang digeluti. dan terhadap tugas yang dijalani secara profesional
  6. Mempunyai kemauan untuk belajar sepanjang hayat pada profesi yang digeluti.
  7. Memperoleh penghasilan yang sudah ditentukan.
  8. Ada jaminan perlindungan hukum dan juga memiliki kode etik profesi.


Sebagai pendidik PAUD sudahkah kita memenuhi syarat keprofesionalan yang disebutkan di atas?


Kompetensi Guru PAUD


Untuk menjadi seorang guru PAUD yang handal dibutuhkan kompetensi yang sesuai di bidangnya. Profesi sebagai guru PAUD adalah profesi strategis dalam pembentukan sosok manusia seutuhnya. Untuk itu tugas sebagai pendidik PAUD bukan hal main-main. Profesi ini harus serius dijalani dan ditekuni.


gaji guru paud

Beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh para pendidik diantaranya kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dankompetensi sosial sebagaimana yang sudah tertera dalam peraturan pemerintah No 19Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pada Bab VI. Maksud dari kompetensi yang disyaratkan adalah sebagai berikut:


Kompetensi Pedagogis


Kompetensi pedagogis ini adalah kompetensi unik yang harus dimiliki oleh para pendidik, agar bisa menguasai teknik pembelajaran dan individu anak didik. 


Seorang pendidik harus mampu memahami perkembangan, karakteristik dan juga kebutuhan para peserta didik.


Selain itu juga seorang pendidik harus memahami konsep dan prinsip pendidikan, menguasai prosedur pengembangan kurikulum, memahami prinsip dan strategi pembelajaran, serta memahami bagaimana menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif, aman dan menyenangkan bagi peserta didik.


Pendidik juga harus mengerti bagaimana memberdayakan media yang tepat untuk setiap materi pembelajaran termasuk juga mengenal perkembangan teknologi, terutama yang terkait dengan pembelajaran. 


Selain itu para pendidik juga harus mengerti prinsip serta prosedur penilaian dari hasil sebuah proses pembelajaran.


Kompetensi Kepribadian


Sebagai seorang pendidik diwajibkan memiliki performa yang bagus di hadapan para muridnya. Kejujuran, kharismatik, dewasa serta bijaksana. Sebagai pendidik juga harus memiliki sikap dan komitmen bagi profesinya sebagai seorang pendidik.


Seorang pendidik juga harus memiliki kepribadian dan perilaku demokratis, menjunjung tinggi kode etik pendidik serta memberikan dampak positif bagi para muridnya dan juga orang di sekitar lingkungannya.


Kompetensi sosial


Kompetensi sosial bagi seorang pendidik mempertimbangkan beberapa aspek diantaranya para pendidik harus bersikap tterbuka, objektif dan juga tidak membeda-bedakan para peserta didik. Tidak memandang status dan kedudukan.


Mampu bergaul dan bekerjasama serta berkomunikasi dengan baik sesama tim guru, orang tua, masyarakat, tenaga kependidikan dan juga mampu beradaptasi dengan kondisi sosialbudaya setempat.


Kompetensi Profesional


Kompetensi profesional yang dimaksud adalah pendidik atau guru PAUD adalah orang yang memiliki penguasaan terhadap substansi aspek dan konsep perkembangan anak dan mampu mengaitkannya dengan berbagai bidang pengembangan lainnya.


Selain itu guru PAUD adalah sosok yang harus mampu mengaitkan berbagai aspek pengembangan pada peserta didik untuk diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan teknologi dan informasi.


Peran Guru PAUD


Guru PAUD adalah manusia istimewa yang diberikan amanah untuk membentuk manusia kecil pemilik masa depan cemerlang. Guru PAUD adalah manusia istimewa yang diberikan kesempatan oleh Tuhan semesta untuk menggali pemilik potensi pesat di masa pertumbuhannya, yaitu anak usia dini, 


Guru PAUD adalah sosok yang memiliki tugas agar dapat memberikan segala sesuatu yang anak usia dini butuhkan demi mengembangkan segala potensi yang dimilikinya secara optimal.


Mengutip pernyataan Rogers dan Catron Alley bahwasannya guru yang baik adalah guru yang mampu memfasilitasi anak berkembang secara optimal menjadi manusia seutuhnya.  Guru yang baik juga mampu menciptakan iklim belajar yang menyenangkan bagi peserta didik, selain itu juga peka terhadap minat dan bakat anak serta perasaan yang sedang dialami anak.


Guru PAUD adalah sosok yang bertindak sebagai fasilitator bagi anak didiknya, karena dalam proses pembelajaran bukan hanya sekedar mentrasfer ilmu kepada pendidik secara pasif, namun harus ada timbal balik yang aktif diantara pendidik dan peserta didik.


Guru PAUD harus memahami cara berpikir anak, menghargainya dan juga memberikan materi sesuai dengan kemampuan anak. Seyogyanya juga para guru PAUD memiliki kehangatan, humoris, mudah beradaptasi dan lain sebagainya sesuai dengan kriteria kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik.


Demikian artikel tentang kedudukan pendidik PAUD sebagai manusia istimewa. Semoga kita para pendidik bisa memenuhi kriteria yang sudah dijelaskan di atas. Profesi Guru adalah hal yang sudah kita pilih, hendaknya bisa kita jalani secara profesional. Semangat mendidiik...


Referensi


Sujiono, Yuliani Nuraini. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks, 2013.


Morrison, George. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks, 2012.


Mulyasa. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017.



19 komentar on "Guru PAUD adalah Manusia Istimewa"
  1. iyaappp saya setuju.
    jadi guru PAUD butuh kesabaran extra.
    kudu sabaarrr pol yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, mba, seorang ibu dengan satu anak pun perlu ekstra sabar ya, mba, apalagi menghadapai banyak anak.

      Hapus
  2. Setuju banget! guru paud itu luar biasa banget sih menurut saya, enggak mudah mendidik anak-anak kecil yang kebanyakan belum mandiri.
    Baru membayangkan mengurus pipis dan pup anak-anak ketika di sekolah, rasanya mau nangis aja hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, makanya nggak salah kalau dikatakan istimewa ya, mbak.

      Hapus
  3. Iya, guru paud itu istimewa
    Harus telaten ngajarin anak anak ya mbak
    Salam hormat untuk para guru paud

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga menaruh hormat sama mereka, masyaallah ada yang tergerak hatinya mengikhlaskan menjadi guru PAUD.

      Hapus
  4. Berani jadi guru PAUD=berani stok sabar sebanyak-banyaknya ya Mbak, karena yang dihadapi sehari-hari adalah anak-anak dan kompetensi guru PAUD di atas seyogyanya juga harus dimiliki oleh pendidik lainnya. Menginspirasi banget artikelnya Mba ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stok sabar yang terus diisi penuh ya nggak boleh kosong. Iya mbak betul sekali...

      Hapus
  5. Ibuku termasuk guru PAUD senior selama 37 tahun sampai sekarang masih semangat mendidik, Bu. Panggilannya macem-macem sampe Mbah bu guru juga ada :D. Meski kadang ibuku cerita melihat kondisi anak dan guru sekarang tidak seperti dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaallahu, jadi tambah referensi, nih, untuk sebutan Guru PAUD, bahkan ada yang panggil nenek, mbah dan sejenisnya. Salam sungkem yaa untuk ibunya Mbak Naqibah ...

      Hapus
  6. Setuju sekali Mbak, guru PAUD adalah manusia istimewa. Di tangan mereka anak-anak dengan usia yang terbilang golden age (1-5) akan banyak mendapat pengetahuan dan ilmu. MasyaAllah, saya baru tahu jenjang pendidikan yang perlu ditempuh untuk para guru PAUD ya. Semoga semakin ke depan, apresiasi untuk para guru PAUD pun selaras ya dengan pentingnya kehadiran mereka.

    BalasHapus
  7. Kakak iparku baru aja ikutna ngajar PAUD di daerah perumahannya.
    Dan ternyata, zaman sekarang..guru PAUD harus memiliki ijazah sekolah yang sesuai dengan bidangnya. Jadi kakak iparku beneran ambil S1 lagi di jurusan mengajar PAUD ini.

    Ternyata kompetensi yang harus dimiliki juga harus mumpuni ya..

    BalasHapus
  8. Jadi guru paud ternyata tidak bisa sembarangan ya ada beberapa kompetensi juga yang harus dimiliki. Memang sih kalau untuk anak usia paud itu kadang perlu kesabaran ekstra untuk menghadapinya karena mereka tingkat eksplorasinya tinggi banget

    BalasHapus
  9. Guru PAUD ini menurutku mirip ke ibu anak di sekolah. Soalnya kebayang kan anak usia segitu pasti lagi kreatif-kreatifnya. Aku ngajarin anakku satu aja udah semacam kewalahan, nah ini pegang banyak bocah krucils dongs

    BalasHapus
  10. Setuju sih mbaa, menurutku beban guru PAUD juga paling berat tapi biasanya gajinya malah lebih sedikit. padahal mereka yang menanamkan karakter kebaikan sejak anak2 masih kecil2 banget

    BalasHapus
  11. Aku selalu salut dengan profesi guru. Mereka sangat sabar banget, pernah aku jadi guru nahan sabar itu super sulit. Akhirnya aku keluar karena merasa ga cocok, kasian nanti anak-anak didik ku. Luar biasa para ibu guru, semangat terus yaa

    BalasHapus
  12. Aku ngerasa kalau guru paud itu beneran mirip kayak ibu kedua ya soal.y sabar banget negrawat para anak yg noatbenenya masih kecil banget dan butuh pengasuhan yg extra

    BalasHapus
  13. Setuju banget sih. Aku tau banget effortnya guru paud gimana, makanya sebelum masukin ke PAUD TK aku didik anakku untuk bisa mandiri biar nggak ngrepotin gurunya. Bahkan beberapa materi dah aku stimulasi duluan jadi gurunya tinggal develop aja. Karena aku interest sama home education juga. Jadi mengurangi beban sang guru PAUD wkwkwk. Kebayang kalau anak lain nggak distimulasi dari rumah, bahkan basic life skill kaya poop pee sendiri aja belum bisa. Sedih sih liatnya. Panjang umur guru PAUD ^^

    BalasHapus
  14. setuju banget... guru PAUD itu harus ekstra sabar dan ekstra pinter juga karena merekalah yang menjadi edukasi awal bagi anak-anak

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger