Belajar Bernyanyi Anak

Selasa, 21 Maret 2023

Kegiatan bernyanyi pada anak dapat membantu mengembangkan rasa keindahan dan jiwa pada anak, selain tentu saja anak akan merasa enjoy dengan aktivitas bernyanyi dan mendengarkan musik. Apa iya semua anak merasa nyaman, senang dan riang gembira ketika diminta bernyanyi dan mendengarkan musik?


belajar bernyanyi anak

Hmm,...sayangnya tidak semua, lho anak merasa senang ketika diajak bernyanyi atau mendengarkan musik. Ada yang sampai nangis, malah. Lalu bagaimana cara mengajak anak agar mau bernyanyi tanpa pemaksaan? Saya pernah menulis tentang ini di artikel Tips mengajak anak mau bernyanyi tanpa menciderai hatinya. 


Belajar Bernyanyi pada Anak


Bernyanyi merupakan suatu bagian yang penting dalam mempengaruhi aspek perkembangan pada anak. Karena apa? Karena ketika anak-anak bernyanyi, dia bisa mengekspresikan nyanyian sesuai dengan kepandaiannya dalam berekspresi. Mereka memiliki perasaan, pemikiran dan juga impian yang dirasakan secara individual.


Untuk itu setiap anak pasti memiliki ekspresi yang berbeda-beda ketika bernyanyi. Tugas guru adalah membimbing agar anak mau bernyanyi bukan untuk menjadikan anak didiknya sebagai seorang biduan. Namun lebih ditekankan pada keinginan anak untuk ikut serta bernyanyi untuk mengembangkan pola rasa, pola pikir dan pola karsa. 


Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mengajak Anak Bernyanyi


Melalui bernyanyi mereka akan bersentuhan dengan hal yang indah, dari sisi syair maupun irama musik yang mengiringi. Untuk itu ada dua hal yang harus diperhatikan oleh guru ketika mengajak anak bernyanyi, yaitu bagaimana memperkenalkan nyanyian kepada anak-anak dan kapan waktu yang tepat mengajak anak untuk bernyanyi.


Guru harus paham mood anak, apakah sedang bisa diajak bernyanyi. Biasanya jika anak-anak sedang dalam keadaan tenang dan gembira akan mudah bagi kita untuk mengajaknya bernyayi, namun jika anak sedang dalam keadaan rewel akan sulit untuk mengajaknya bernyanyi. 


Selain itu guru perlu memiliki gudang referensi aneka nyanyian yang bisa membuat anak tertarik dan membangkitkan minatnya untuk ikut bernyanyi. Disamping itu tentu saja faktor bakat atau  kemampuan seni serta minat pada anak mempengaruhi mudah atau susahnya anak ketika diajak bernyanyi.


Bernyanyi bisa dijadikan alat stimulasi bagi kelancaran berbicara dan berbahasa pada anak. Makin lancar anak berbicara maka makin mudah mengajak anak untuk bernyanyi. Mudah atau tidaknya anak ketika diajak bernyanyi juga disebabkan oleh beberapa faktor pemicu, diantaranya, yaitu sifat anak, kebutuhan anak untuk berekspresi, kepercayaan diri anak, dan juga jenis suara pada anak.


Pada anak yang periang tentu akan lebih mudah untuk diajak bernyanyi dibanding anak yang pendiam, karena anak yang periang biasanya butuh tempat dan waktu ekstra untuk mengekspresikan perasaannya. Dengan bernyanyi anak periang bisa mengekspresikan perasaan dengan leluasa. 


Pada anak yang memiliki jenis suara yang tinggi, tentunya kegiatan bernyanyi merupakan kegiatan yang menyenangkan, beda dengan anak yang memiliki tone suara yang rendanh atau cenderung serak-serak basah, pasti akan sedikit kesulitan untuk bernyanyi. Hal ini juga menjadikan anak malas untuk bernyanyi.


Untuk itu ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh para guru Taman Kanak-kanak ketika mengajak anak untuk berkegiatan bernyanyi. Hal-hal yang perlu diperhatikan diantaranya:


1. Ketinggian Nada


Ketinggian nada sangat menentukan proses bernyanyi pada anak. Semakin tinggi nada yang dituntut kepada anak, maka anak akan merasa kesulitan. Perlu kecerdikan guru dalam memilih nyanyian atau menyesuaikan dengan kemampuan suara pada anak.


Anak-anak yang memiliki bakat seni biasanya bisa mengikuti irama dan melodi lagu sesuai dengan lagu aslinya, bahkan bisa terdengar sangat merdu. Beda halnya dengan anak yang bakat seninya kurang, dia akan merasa kesulitan dengan perubahan melodi pada sebuah lagu yang harus diikutinya. Jika tidak mampu menyanyikan maka anak akan bernyanyi dengan nada sumbang.


Tugas guru adalah membantu anak agar bisa dengan mudah mengetahui pitch tinggi atau rendah pada sebuah lagu. Caranya adalah sebagai berikut:


  • Membedakan pitch (nada tinggi dan rendah) yang beragam. Caranya minta anak untuk memukul dua benda berbeda, yang satu terbuat dari kulit binatang semisal rebana, dan yang satunya terbuat dari besi semisal drumb. Selanjutnya tanyakan pada anak, mana suara yang lebih tinggi dan mana yang rendah, gar anak bisa jeli membedakan bunyi keduanya.
  • Menirukan Model. Misalnya guru meminta anak untuk mengikuti suaranya yang memanggil seseorang dengan nada tinggi, misal "Budiii ke sini!!" Selanjutnya minta juga anak untuk mengikuti suara guru yang memanggil seseorang dengan nada rendah dan tegas, "Budi, ke sana!". Selanjutnya terus latih anak dengan menggunakan kalimat-kalimat yang lebih panjang.

2. Alat Musik Pendukung


Alat musik pendukung sangat penting untuk melatih anak bernyanyi dengan menggunakan ketepatan nada. Pada alat musik piano, misalnya, nada do rendah tentu saja berbeda dengan nada re, mi, fa, sol, la, si, do. Pendengaran anak jadi terlatih untuk mendengarkan nada-nada yang berbeda dari setiap bunyi not nada yang dikeluarkan.


Usahakan menggunakan alat musik yang sekiranya sudah dikuasai oleh guru.Ada baiknya berlatih menghapal not-not angka dengan mempraktikan lagu-lagu sederhana untuk kemudian diterapkan untuk melatih anak bernyanyi dengan ketepatan nada. lakukan dengan rutin setiap kali menemukan kesempatan yang pas dan sesuai dengan mood anak.


3. Jenis Wilayah Suara


Guru Taman Kanak-Kanak perlu mengetahui wilayah suara dari anak usia dini. Wilayah suara anak usia TK biasanya berada di rentang nada rendah misalnya dari nada "e" sampai nada "d".


Warna suara anak biasanya ringan dan tipis, jika diibaratkan seperti suara suling. Hal ini menunjukkan bahwa pilihlah lagu yang mudah diikuti bagi semua anak. Jangan memberikan lagu yang terlalu rendah atau tinggi pada anak, karena akan menyebabkan anak merasa putus asa karena kesulitan dan malah tidak mau bernyanyi.

Adapun kualitas suara anak dilatar belakangi oleh beberapa faktor. Jika seorang anak biasa dilatih untuk bernyanyi di dalam keluarganya maka suaranya mudah terbentuk, karena seringnya mendengar nada serta nyanyian yang diperdengarkan.

Anak tidak bisa dipaksa untuk mengikuti kemauan kita orang dewasa, begitu juga dalam hal bernyanyi. Anak terkadang marah jika dipaksa, nah, untuk menghindarai hal ini, teman-teman bisa mencobanya dengan cara memperdengarkan lagu-lagu yang sedang digandrungi saat ini untuk menarik minat dan perhatian anak serta membangun mood bahagia serta nyaman pada anak.

Meski lagu yang diperdengarkan tidak sesuai dengan perkembangan anak, asal masih di bawah bimbingan orang tua dan guru, hal tersebut sah-sah saja dilakukan. Boleh dicoba, yaa, tipsnya. Apakah berhasil? bisa ditulis dikolom koment, ya!!

4. Pemilihan Lagu


Pemilihan lagu yang tepat untuk anak menjadi pertimbangan yang utama demi membantu anak mengembangkan dirinya. Lagu anak-anak tentu saja berbeda dengan lagu orang dewasa. Beberapa karakteristik lagu anak, diantaranya, yaitu:


  • Memiliki keutuhan dan kelengkapan sehingga menjadi sebuah lagu yang enak didengar.
  • Memiliki pola melodi yang sederhana, sehingga anak-anak bisa dengan mudah mengingat irama dan syairnya dengan mudah.
  • Wilayah nada yang digunakan disesuaikan dengan suara anak.
  • Memiliki pola ritme yang menarik tapi tidak sulit untuk diikuti.
  • Isi dari lagu tidak melulu hal yang mengandung nilai kebaikan, tapi juga bisa berisi tentang dongeng zaman dahulu yang bersifat lucu serta jenaka. Tema-tema yang variatif menambah pengalaman anak dalam mengembangkan kemampuan anak secara optimal dari aspek perkembangan yang dimilikinya. Biasanya anak-anak menyukai lagu yang temanya berkaitan dengan dirinya, seperti mobilku, mainanku, kucing kesayanganku dan ainnya.

Nah, pengetahuan kita tentang bagaimana memberikan pembelajaran bernyanyi pada anak tentunya sudah semakin kaya dan bertambah, dong. Mengajarkan anak bernyanyi bisa dilakukan sambil bermain dan harus menyenangkan.


Perlu diingat  beberapa hal yang harus teman-teman lakukan ketika mengajarkan anak bernyanyi diantarnya, yaitu bisa dengan cara menunjukkan titi nada kepada anak dengan cara sering bernyanyi di hadapannya, selain itu juga mulailah dengan lagu-lagu sederhana.


Bernyanyi sambil bermain dengan cara mencocokkan nada, memberikan hadiah di sela belajar bernyanyi juga bisa menjadi pemacu anak untuk giat bernyanyi dengan ketepatan nada. Gunakan lagu yang bersahutan antara anda dengan anak, atau antara anak yang satu dengan anak yang lainnya.


O, iya, meminta anak menciptakan lagu juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk membangkitkan semangat anak dalam berlajar bernyanyi. Gimana? Sudah siap menghadapi aneka respon dari anak ketika diajak bernyanyi? Jika ada kendala, yuk, kita berbagi, bisa dituliskan di kolomkomen yaa. Salam pengasuhaan...!!







Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger