Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini

Kamis, 23 Februari 2023

Masa usia dini adalah masa yang paling krusial dalam proses pertumbuhan dan perkembangan manusia, karena di tahap ini, otak anak berkembang secara pesat. Untuk itu masa ini disebut sebagai masa golden age, atau usia emas seorang manusia.


Karena di masa ini anak bertumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk itu pendidikan anak usia dini sangat penting guna mengoptimalkan enam aspek perkembangan pada anak secara terarah. sekaligus sebagai sarana untuk mendeteksi pertumbuhan dn perkembangan anak.


konsep dasar pendidikan anak usia dini


Konsep Dasar Pendidikan Anak USia Dini


Apa itu konsep dasar pendidikan anak usia dini? Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini merupakan landasan dasar dalam pendidikan anak di usia dini. Konsep dasar pendidikan anak usia dini sangat perlu diketahui oleh para pendidik PAUD agar bisa memahami bagaimana pendidikan anak usia dini secara menyeluruh. 


Pengetahuan tentang konsep dasar pendidikan anak usia dini merupakan pijakan atau pondasi dasar bagi seluruh bangunan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan  Pendidikan Anak Usia Dini yang membahas seputar sistem pembelajaran Pendidikan Anak USia Dini.


Kekeliruan pemahaman tentang konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini akan berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, dengan alasan inilah betapa pentingnya mempelajari dan memahami tentang konsep dasar Pendidikan Anak Usia dini.


Dengan mengetahui konsep dasar pendidikan anak usia dini kita jadi mengetahui bahwa dalam proses pengasuhan anak usia dini harus disertai dengan pengetahuan tentang memberikan stimulasi yang mendidik.


Perlu keterlibatan para ahli tentang stumulasi apa yang tepat yang diberikan untuk anak, agar bisa bertumbuh dan berkembang secara optimal. Hakikat pendidikan anak usia dini adalah memberikan stimulasi edukatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak secara holistik atau menyeluruh.


Aspek perkembangan anak yang dimaksud meliputi 6 aspek perkembangan moral  agama, sosial emosional, psikomotorik, seni, kognitif dan bahasa,  dalam kurikulum pendidikan anak usia dini sering disebut sebagai 6 Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan anak (STPPA).


Apakah Pendidikan Anak Usia Dini Penting?


Beberapa fakta keilmuan tentang perkembangan manusia menunjukkan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan fase penting yang harus dilalui oleh seorang anak. Berdasarkan fakta-fakta keilmuan yang isomorfis pada pendidikan anak usia dini yaitu di bidang psikologi, fisiologi, neurosains, pendidikan, ekonomi dan juga antropologi memberikan data yang akurat tentang Pendidikan Anak Usia Dini.


Beberapa faktor yang menjadi penguat bahwa Pendidikan Anak Usia Dini itu penting, diantaranya adalah:


1. Perkembangan Otak Anak Sangat Pesat pada Usia Dini


Perkembangan keilmuan tentang neurosains atau ilmu tentang otak, melalui hasil riset yang menyatakan bahwa ketika lahir sel otak bayi berjumlah sekitar 100 milyar, namun sel-sel otak ini masih sangat lemah dan belum saling terhubung.

Hanya saling terhubung pada bagian penting yang mengarah pada pengendalian detak jantung, alat pernafasam, gerak refleks, alat fungsi dengar dan sinyal kehidupan. Terus berkembang hingga pada usia tiga tahun sel otak terbentuk jaringan sebanyak 3 trilyun.


Jaringan koneksi ini akan semakin kuat jika ada stimulasi edukatif yang diberikan pada anak, karena setiap rangsangan yang diberikan kepada anak akan memperkuat setiap sinaps atau sambungan. 


Berdasarkan inilah adanya Pendidikan Anak Usia Dini, karena menurut para ahli menciptakan generasi berkualitas diawali dari pendidikan yang diberikan sejak dini. 


Stimulasi yang diberikan pada lembaga pendidikan anak usia dini akan menjadikan neuron-neuron berfungsi secara optimal dan memacu aspek perkembangan anak secara holistik, yaitu 6 aspek perkembangan yang diantaranya moral dan agama, psikomotor, sosial emosional, kognitif, bahasa, dan seni.


apa itu konsep dasar pendidikan


2. Mengurangi Dampak Putus Sekolah pada Anak


Menurut penelitian yang dilakukan oleh worl bank menyatakan bahwa anak-anak yang pernah mengenyak pendidikan anak usia dini dari sisi mental telah memiliki kesiapan untuk belajar pada jenjang yang lebih tinggi dibanding anak yang tidak masuk pada jenjang pendidikan anak usia dini.


Anak-anak yang sudah sempat mengenyam pendidikan anak usia dini berimplikasi pada kemampuan belajar anak dan juga memberikan peluang yang lebih besar bagi anak untuk bisa berprestasi. 


Pendidikan anak usia dini diibaratkan sebagai sumbu semangat untuk menyiapkan kobaran api semangat belajar pada jiwa anak-anak, sehingga mentalnya siap untuk menghadapi persaingan ke depannya, bukan hanya dipersiapkan untuk masuk SD atau jenjang selanjutnya.


3. Data Kecerdasan Anak yang ikut pada Lembaga PAUD


Data temuan di bidang psikologi menyatakan bahwa anak-anak yang sempat mengenyam pendidikan anak usia dini memiliki tiga kelebihan dibanding dengan anak-anak yang tidak mengenyam pendidikan anak usia dini. 


Tiga kelebihan dari temuan penelitian psikologi tentang pendidikan anak usia dini adalah sebagai berikut:


Pertama, anak-anak yang mendapatkan pembelajaran di usia dini yaitu pada usia 0-6 tahun akan mengalami pengalaman belajar yang berefek tahan lama atau dikenal dengan sebutan long term effect. Ini adalah hasil penelitian Hunt.


Anak-anak yang mendapatkan pembelajaran pada masa ini akan mendapatkan efek yang lebih tahan lama dan mampu menyimpannya samapaidewasa kelak. sesuai dengan pepatah yang mengatakan bahwa belajar di usia muda bagaikan mengukir di atas batu.


Kedua, Penelitian dari Boom, bahwa kecerdasan intelektual berkembang pesat dan puncaknya ada pada saat usia dini. Masih  menurut Boom bahwasannya sikap intelektual dan kemampuan membaca pada seseorang mulai terbina antara umur 4 sampai 9 tahun.


Ketiga, Pernyataan dari riset yang dilakukan oleh Piaget, bahwasannya anak yang mendapatkan stimulasi sosial secara baik maka akan memiliki sikap sosial dan hasil akademik yang cukup bagus dan juga bertindak secara baik juga pada akhir masa anak-anak bahkan sampai usia tua.


Stimulasi sosial yang paling efektif adalah stimulasi sosial yang diterima saat belajar pada lembaga PAUD. Selain itu hasil riset yang dilakukan oleh Osbon White dan Bloom di bidang neurosains tentang fakta perkembangan otak anak menyatakan bahwa perkembangan otak anak yang paling pesat terjadi pada saat anak dalam usia dini.


sistem pembelajaran paud

Perkembangan kecerdasan intelektual anak usia 0 - 4 tahun mencapai 50 %, usia 0-8 tahun mencapai 80 % dan usia 0 - 18 tahun mencapai 100 %.


Selanjutnya dilakukan penelitian tentang perkembangan fisik anak. Perkembangan fisik anak pada usia 0 tahun mencapai 25 %, pada usia 6 tahun mencapai 85 % dan pada usia 12 tahun perkembangan fisik anak mengalami final mencapai 100 %.


Berdasarkan beberapa pertimbangan hal di atas, untuk itu pendidikan anak usia dini perlu diselenggarakan dan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Begitu pula di Indonesia penyelenggaraan pendidikan anak usia dini aturannya telah jelas dalam undang-undang. Berikut ini akan saya paparkan tentang penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di Indonesia.


Landasan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini


Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini diselenggarakan, maka pemerintah telah menyusun landasan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Ada beberapa landasan yang menguatkan konsep dasar penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di indonesia diantaranya yaitu landasan yuridis, landasan filosofis, landasan religius serta landasan keilmuan secara teoritis maupun empiris.

sistem pembelajaran pendidikan anak usia dini



1. Landasan Yuridis


Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu dari tujuan pendidikan dalam skala nasional, sebagaimana yang termaktub dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003  tentang sisdiknas atau sistem pendidikan nasional, lebih tepatnya Bab 1, pasal 1, Butir 14 yang menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya pendidikan yang diberikan kepada anak dari sejak dilahirkan sampai usia 6 tahun demi mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan jasmani, mempersiapkan anak melanjutkan ke pendidikan ke tahap selanjutnya.

Selanjutnya dijelaskan secara rinci pada pasal 28 tentang Pendidikan Anak USia Dini, yaitu pendidikan Anak USia Dini diselenggarakan sebelum tingkat sekolah dasar, diselenggarakan bisa melalui jalur formal yaitu pada lembaga TK, RA dan sederajat, non formal dalam bentuk KB, TPA atau sederajat,  dan in formal adalah pendidikan anak usia dini yang dilakukan dalam keluarga dan lingkungan. 

Selain itu juga berdasarkan landasan UU RI Nomor 23 tahun 2002 pasal 9 ayat 1 tentang perlindungan anak yang berisi pernyataan bahwa setiap anak berhak memperoleh pendidikan untuk mengembangkan potensinya secara maksimal.

2. Landasan Filosofi dan Religi


Pendidikan  anak usia dini memiliki landasan filosofi dan juga religi sesuai dengan kepercayaan yang dipegang. Dalam Islam diterangkan bahwa anak dilahirkan dalam keadaan fitrah yang lurus. Dalam hadits Rasulullah Salallahu 'alaihi wa salam dijelaskan terbentuk menjadi seorang Majusi, Yahudi maupun Nasrani adalah tergantung orang tuanya.  Hal ini mengisyaratkan bahwa pembentukan karakter pada anak harus dilakukan dari sejak dini. 

Anak dalam Islam dikenalkan pada aqidah dan ibadah sangat dianjurkan diperkenalkan dari sejak dini seperti salat lima waktu, puasa, sodaqah dan lainnya. Pengamalan nilai-nilai agama tersebut diperkenalkan kepada anak dengan memperhatikan keunikan masing-masing anak.

Dasar-dasar Pendidikan sosial yang dibiasakan dalam Islam bahwasannya  dalam mendidik anak melalui metode pembiasaan untuk membentuk karakter baik pada anak dengan dilandaskan pada keimanan dan ketakwaan. 

Pendidikan anak usia dini juga perlu disesuaikan dengan nilai-nilai yang diterapkan oleh lingkungan disekitarnya baik dari sisi budaya, keindahan, kesenian dan kebiasaan-kebiasaan sosial yang dapat dipertanggungjawabkan.


Ada 3 aspek yang harus diperhatikan dalam menyelenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu

Ontologis. 

Aspek Ontologis merupakan dasar pemikiran dalam sebuah keilmuan. Apakah anak usia dini itu?
Perlu dipahami bahwa anak adalah sosok yang membutuhkan perhatian pada pertumbuhan jasmaninya maupun perkembangan psikologisnya, sosialnya dan juga sisi antropologis yang memperhatikan anak dibentuk juga dari sisi budaya yang biasa dia amati. 

Epistomologis

Epistemologi memandang keilmuan lebih dalam lagi yaitu bagaimana memahami suatu hal, dalam hal ini bagaimana mendidik anak usia dini?

Pembelajaran pada anak usia dini haruslah menggunakan konsep belajar sambil bermain (learning by playing), belajar sambal berbuat (learning by doing), dan belajat melalui stimulasi (learning by stimulating).

Aksiologis

 Aksiologis dalam keilmuan membahas tentang manfaat dari hal yang dibahas. Dalam hal ini pendidikan anak usia dini akan memberikan manfaat pada perkembangan dan pertumbuhan anak.harus mempertimbangkan seluruh aspek perkembangan anak yang meliputi moral dan spiritual, sosial emosional, bahasa, seni, psikomotorik, dan kognitif anak dengan konsep belajar sambil bermain dan membuat anak menjadi enjoy menikmati dunianya. 

3. Landasan Keilmuan dan Empiris


Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini seperti yang sudah dijelaskan di atas adalah imu yang isomorfis, yaitu ilmu yang terhubung satu sama lain, yaitu diantaranya ilmu kejiwaan ilmu kemanusiaan, ilmu budaya, fisiologi, ilmu parenting, kemanusiaan, kesehatan dan gizi. 

Keilmuan tersebut bahu membahu untuk membentuk anak menjadi anak yang berkualitas dan berkembang secara optimal. Dari sudut empiris dijelaskan dalam sebuah penelitian bahwa bekal 100 sampai sekitar 200 milyar sel otak bayi yang dibawa sejak lahir, harus diberikan stimulasi edukatif agar bisa berkembang.

Namun sayangnya dari hasil penelitian dikejutkan bahwa hanya 5 % potensi otak yang terpakai disebabkan kurangnya pemberian stimulasi yang mengoptimalkan fungsi otak anak.

Untuk itu mari bahu membahu antara orang tua, guru dan juga instansi terkait untuk membantu anak mengembangkan potensinya secara optimal dan maksimal. Happy parenting.




Referensi


Suyadi dan Maulidya Ulfah. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2016.

Sujiono, Yuliani Nuraini. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks, 2013.

Aisyah, Siti, DKK. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak USia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 2015.

Suyadi. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia, 2010.

Mansur. Pendidikan Anak USia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger