Tips Memilih Laptop Untuk Pelajar SMP

Minggu, 06 November 2022

Laptop untuk pelajar SMP? Memangnya anak Sekolah Menengah Pertama ini sudah butuh laptop, ya? Eits jangan salah!Di era digital saat ini para pelajar SMP pun sudah diarahkan dapat mengoprasikan jenis gadget ini.


laptop untuk pelajar smp


Lalu apakah laptop penting untuk anak SMP? Seperti halnya anak bungsu saya, si adik yag saat ini sudah masuk ke sekolah menengah pertama ini terkadang tugas yang diberikan membutuhkan laptop sebagai penunjang. Bahkan ulangan pun dilakukan secara online, meski pada saat ulangan tetap dilakukan di sekolah.


Terutama ketika masa pandemi sedang genting tahun lalu, sekolah dilaksanakan dari rumah dan dilakukan secara online lewat zoomeeting. Otomatis si adik harus dibekali laptop sendiri, daripada harus mengganggu aktivitas emaknya, yang memang notabene banyak juga di depan laptop.


Mau nggak mau, deh, kami sebagai orang tua akhirnya menyisihkan dana untuk membelikan adik laptop yang setidaknya bisa menunjang proses belajar dia di rumah maupun di sekolah. Supaya menambah semangat belajar. Ada beberapa hal yang harus kami pertimbangkan ketika memilihkan laptop untuk si adik ini.


Spesifikasi Laptop untuk Pelajar SMP Seperti Apa, Sih?


Ada beberapa hal yang kami pertimbangkan ketika akan membelikan laptop untuk si adik. Saya berpikir ada spesifikasi tertentu yang harus saya pertimbangkan ketika membelikan laptop untuk anak SMP yang menurut saya belum terlalu dewasa dan tubuhnya pun masih berukuran tanggung, belum terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil.


Belum lagi memikirkan tentang rasa tanggung jawab. Laptop untuk pelajar menurut pertimbangan saya dari soal harga juga harus dipikirkan. Jadi rekomendasi laptop untuk pelajar seperti apa, sih?


laptop buat anak sekolah ram berapa


1. Ukuran Jangan Terlalu Besar


Jika dilihat dari pengalaman dan ukuran tubuh yang masih tanggung, laptop untuk pelajar SMP saya rasa lebih baik berukuran kecil dengan layar sekitar 12 inch atau bila besar pun lebih baik di sekitar 14 inch.


Kenapa di ukuran ini? Alasan utama agar tidak merepotkan jika harus dibawa ke sekolah. Laptop untuk pelajar sebaiknya tidak berat dan bisa hand friendly. Bahkan jika memunginkan bisa dibawa di dalam tas perlengkapan buku. Agak riskan jika dibawa di tempat terpisah. takut lupa dan khawatir tertinggal.


Laptop jenis portable sangat tepat untuk pelajar SMP. Laptop dengan desain yang tipis dan tidak berat sangat pas digunakan oleh anak SMP yang sedang dalam masa pertumbuhan. Membawa beban yang terlalu berat tidak disarankan karena akan mempengaruhi pertumbuhan tulang.


Selain itu laptop yang terlalu berat untuk anak SMP bisa menimbulkan rasa malas serta trauma psikologis, cenderung malas ke sekolah dengan beban yang terlalu banyak.


2. Harga Terjangkau


Soal harga juga perlu dipertimbangkan. Bijaksananya laptop untuk anak SMP harganya di kisaran 4 sampai 6 juta. Menimbang hal di atas tadi. Rasa tanggung jawab belum terlalu besar. Walau mungkin sebagian anak usia SMP standar kedewasaannya di atas rata-rata. 


Namun di sini kita bicara dalam keumuman perilaku anak SMP.  Selain itu juga, konsentrasi laptop harus difungsikan untuk belajar sesuai dengan tingkatan yang diberikan. Makin mahal laptop spesifikasi makin tinggi. Alih-alih digunakan untuk belajar nanti malah dipakai untuk main game. 


3. Spesifikasi Disesuaikan


Meski mempertimbangkan dari segi harga dan ukuran harus ekonomis, namun bukan berarti laptop yang disediakan untuk pelajar SMP harus jadul dan bisa digunakan untuk jangka panjang.


Lebih bagus lagi laptop untuk anak SMP spesifikasinya juga dipikirkan untuk jangka panjang,  dalam artian masih bisa digunakan ketika dia sudah menginjak SMA kelak. Laptop untuk anak SMP spesifikasinya bila ingin digunakan sampai SMA bisa di spesifkasi Core i3 atau i5, atau di kelas intel Celeron pun sudah bisa mencukupi.


Untuk kapasitas RAM bisa di kisaran 4 GB sampai dengan 8 GB, ini kalau ada budgetnya, lho. Karena untuk ukuran RAM di 8 GB harga sekitar 5 jutaan. Untuk kapasitas bisa menggunakan kapasitas sebesar 320 GB sampai dengan 500 GB, sangat cukup digunakan di kegiatan IT anak SMP.


Hal di atas bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk spesifikasi laptop pelajar SMP. Selain masih ramah di kantong, spesifikasi di jenis ini sudah cukup memenuhi kebutuhan kegiatan pembelajaran yang membutuhkan laptop bagi anak SMP.


Rekomendasi Laptop untuk Pelajar SMP


Dari kriteria laptop yang pas untuk pelajar SMP di atas, maka minsnita berhasil mengumpulkan beberapa jenis dan merk laptop yang bisa dijadikan pertimbangan sebagai rekomendasi laptop untuk pelajar SMP.


laptop untuk anak sekolah dan harganya


Berikut ini 3 jenis laptop untuk anak SMP berikut dengan harganya yang bisa Sains jadikan alternatif pilihan sebagai laptop yang cocok untuk pelajar SMP.


1. Asus VivoBook E402BA


Asus VivoBook E402BA ini memiliki spesifikasi memori penyimpanan sebesar 500 GB dengan 4 GB RAM. Screen size layar sebesar 14 Inch dengan type 1366 x 768 pixels. Memiliki keunikan tampilan fitur Icecool technology yang menjaga mesin agar tetap dingi dengan temperatur tetap di bawah 35 derajat.


Layarnya ringkas dengan berat produk di sekitar 1,4 KG, CPU: AMD APU E2-7015. Graphics: AMD Radeon R2 Graphics. Kekurangan laptop ini masih menggunakan HDD.


Asus VovoBook E402BA ini memiliki kisaran harga sekitar 4 jutaan. Dengan spesifikasi yang telah dijelaskan, laptop ini sangat cocok untuk pelajar SMP. Harga bersahabat, spesifikasi cukup untuk standar pembelajaran anak SMP.


2. Acer Aspire ES1


Kelebihan laptop Acer Aspire ES1 ini sangat ringan dan nyaman. Spesifikasi baterai hemat daya, CPU menggunakan intel dual core N3350, Intel HD memori 500 GB dan 2 GB RAM. Screen dengan ukuran 14 Inch dengan tipe 1366 x 768 pixels.


Laptop Acer Aspire ES1 ini pas untuk pelajar SMP dengan spesifikasi yang telah dijelaskan di atas. Dibandrol dengan harga RP 3.750.000,-. Masih di bawah 4 juta. Dengan berat sekitar 1.2 KG, cukup ringan dan laptop ini pas untuk pelajar SMP.


3. Lenovo Ideapad S130


Laptop Lenovo Ideapad S130 ini juga sangat cocok digunakan untuk pelajar SMP. Dengan spesifikasi CPU Intel Celeron Processor N4000, menggunakan Intel HD Graphics 500 dengan kecepatan 2.60 GHZ. Memori 128 GB dengan besar RAM di 4 GB.


Layar berukuran 14 Inch, laptop ini cukup jika digunakan oleh pelajar SMP. Berat 1,2 KG dengan OS windows 10 home edition. RAM laptopnya sudah di kelas DDR4 jadi sudah di atas DDR 3. Kualitas dan kecepatan lebih bagus.


Harga laptop Lenovo Ideapad S130 ini dibandrol di angka 5 jutaan. Bodynya tergolong tipis dan ringan, sehingga bisa dimasukkan dalam tas berbarengan dengan buku-buku bawaan para pelajar SMP atau pun juga SMA.


Summary


Apakah laptop penting untuk pelajar SMP? Untuk saat ini, ya! Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pembelajaran anak smp membutuhkan laptop, karena anak SMP sudah diarahkan untuk berinteraksi dengan laptop. Ujian anak SMP pun dilakukan lewat gadget secara online.


Laptop yang pas untuk pelajar SMP adalah yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi namun cukup mewakili kebutuhannya. Jangan terlalu berat karena takut kerepotan ketika harus membawanya ke sekolah. Terutama si adik, anakku yang bungsu adalah perempuan, badannya lumayan kecil, jadi kasihan jika harus membawa laptop berukuran besar dan berat.


Pilihan rekomendasi laptop untuk pelajar  yang Minsnita berhasil kumpulkan di atas semoga bisa membantu ayah bunda untuk mempertimbangkannya ketika ingin membelikan laptop untuk putra-putrinya yang masih SMP.  


Dengan kita memberikan fasilitas pada proses belajar  anak, kita juga telah membantu meringankan tugas mulia para guru agar tidak terlalu berat dalam memberikan penjelasan pembelajaran kepada anak-anak yang tidak memiliki media yang disarankan. 


Selamat Hunting, ya, Sains.





Referensi


https://productnation.co/id/27962/laptop-terbaik-untuk-anak-sekolah-rekomendasi-indonesia/


https://www.arenalaptop.com/9862/laptop-untuk-anak-smp/


https://www.dkliknews.com/pendidikan/pr-3483888951/5-merk-laptop-yang-cocok-untuk-siswa-smp-berikut-spesifikasi-dan-harga?page=2


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger