Fortune Indonesia Summit 2022 Mencerahkan Iklim Perekonomian Bangsa

Minggu, 22 Mei 2022

Fortune Indonesia Summit adalah sebuah ajang bergengsi yang melibatkan para pebisnis dan penentu kebijakan. Fortune Indonesia Summit 2022 ini diselenggarakan oleh Fortune Indonesia. Acara ini bertujuan untuk memacu semangat para pebisnis tanah air serta menciptakan  iklim perekonomian Indonesia yang lebih cerah ke depannya. Acara ini digelar pada tanggal 18 dan 19 Mei bertempat di The Westin, Jakarta. Siapapun bisa menghadiri Fortune Indonesia Summit 2022 ini. Caranya gampang, tinggal berlangganan majalah Fortune selama satu tahun, sahabat insnita sudah bisa mendapatkan tiket masuk untuk menghadiri acara bergengsi ini.


fortune indonesia summit 2022




Dalam kondisi yang penuh serba ketidakpastian ini atau yang dikenal dengan istilah VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) yang dipicu dengan lahirnya komputer dan teknologi informasi, telah terjadi perubahan dalam berbagai aktivitas manusia baik dalam bersosialiasi, belajar, bahkan bisnis. Perubahan radikal dalam aktivitas manusia itu telah dimanfaatkan oleh orang-orang yang memiliki visi ke depan (future insight) dengan berbagai macam kegiatan bisnis. Salah satu kegiatan yang diadakan oleh Fortune Indonesia Summit 2022 adalah awarding sesion atau sesi pemberian award untuk para pengusaha muda yang berhasil meraih kesuksesan, dengan kategori award Fortune Indonesia 40 under 40.


Kita telah mengenal banyak sekali tokoh muda di dunia maupun tokoh tanah air yang telah berhasil memanfaatkan kondsisi VUCA ini menjadi peluang yang menjanjikan keuntungan yang tidak hanya berlipat tetapi eksponensial / kuantum. Dengan kegiatan itu akhirnya mereka menjadi milyarder bahkan trilyuner dalam periode waktu relative tidak terlalu lama. Bahkan keuntungan dari kegiatan bisnis mereka ini banyak yang mengalahkan keuntungan dari bisnis konvensional, seperti pembuatan mobil sekali pun.


Salah satu tokoh muda dunia tersebut adalah Marck Zuckerberg yang memanfaatkan perubahan interaksi dan bersosialisasi manusia dari cara konvensional menjadi cara digital. Di tangannya lahirlah platform media sosial Facebook, diikuti oleh inovasi-inovasi media sosial lain seperti Instagram, Whatsapp, dan sebagainya. Tidak hanya berformat cerita dan gambar, platform media sosial lain juga berkembang dengan format video seperti youtube dan Tiktok. Seluruh platform media sosial tersebut selain memberikan perubahan yang signifikan bagaimana kaum milenial (Y) dan generasi Z dalam berinteraksi sosial, tetapi juga menghasilkan keuntungan yang melimpah pada para pendirinya.


Fortune Indonesia Summit 2022 40 under 40 Award


Fortune Indonesia Summit 2022 40 under 40 adalah award yang diberikan kepada tokoh yang berhasil mendobrak dan membuka jalan baru dalam dunia bisnis Indonesia ke depannya, kekuatan ini berangkat dari situasi pandemi yang mengubah banyak hal. Di Indonesia sendiri banyak juga tokoh-tokoh muda yang berhasil memanfaatkan kondisi VUCA ini dengan berbagai kesuksesannya, bahkan tidak sedikit yang mereka capai sebelum mereka berusia 40 tahun. Fortune Indonesia summit 2022 ini memiliki 5 kategori award, yaitu diantaranya bisnis, hiburan, sosial, Pemerintahan & kebijakan publik serta olahraga.


5 kategori award ini diisi oleh orang-orang yang kebanyakan sudah tidak asing lagi. 40 posisi ini ditempati oleh orang-orang hebat yang memiliki prestasi yang tidak main-main. Beberapa nama diantaranya, Reza Rahardian, Rafi Ahmad dan Arif Muhammad yang memenangkan award di kategori hiburan. Ada Muhammad Fajrin Rasyid, John Riadi yang terpilih mendapatkan award di kategori bisnis. Gibran Rakabuming, Emil Dardak serta Nadiem makarim, memperoleh award untuk kategori pemerintahan dan kebijakan umum. Sedangkan di kategiri olahraga ada Gresia polli dan Eko Yuli Irawan serta Apriani Rahayu, sedangkan kategori sosial dipegang oleh Al-Fatih Timur.


Saya  kisahkan di sini beberapa pemenang award agar menjadi pemacu bagi kita untuk mau berkarya mengikuti jejak mereka. Nadiem Makarim contohnya. Sang pendiri Go-jek ini telah mengubah aktivitas bertransportasi manusia dari konvensional seperti taksi argo dan ojek pangkalan menjadi go-car dan go-jek. Sebuah bisnis yang bahkan tidak perlu menyediakan modal alat transportasi, tidak perlu mengurus pajak kendaraan, tidak perlu menyediakan anggaran servis kendaraan, tapi justru menghasilkan uang yang jauh mengalahkan bisnis transportasi konvensional yang penuh risiko.

 

Di bidang amal sosial, dahulu orang berpikir bahwa amal sosial identik dengan koropak masjid, gereja atau dalam bentuk lain di tempat-tempat ibadah. Amal sosial itu juga identik dengan uang recehan. Dahulu sulit rasanya mencari sumbangan dari orang-orang biasa untuk menyumbang dengan uang pecahan lembaran merah atau biru. Untuk mengumpulkan uang rehabililtasi masjid atau sumbangan bantuan kesehatan sebesar Rp 100 juta saja harus menunggu terkumpul selama 1 tahun. Tapi kini bahkan sumbangan lebih dari Rp 300 juta ada yang bisa terkumpul hanya dalam waktu 1 bulan saja atau bahkan kurang. Salah satu pengagas kegiatan amal sosial berplatform digital adalah M. Alfatih Timur, sang pendiri kitabisa.com. Inovasi ini benar-benar telah mengubah mindset orang dalam melakukan amal sosial dan telah menyatukan orang dalam berbagai suku, ras, dan agama dalam kegiatan sosial yang menjadi concern bersama.

 

Dalam dunia enternainmen, dahulu rasanya kita berpikir sulit rasanya untuk menjadi entertainer hebat dan influencer ternama jika tanpa adanya campur tangan orang atau lembaga yang mengorbitkan. Dahulu, jika mau terkenal, maka harus butuh modal dulu agar bisa masuk ke stasiun TV swasta, harus ada orang atau lembaga yang mempromosikan. Namun pada era teknologi informasi sekarang ini, tokoh-tokoh seperti Atta Halilintar, Baim Paul, Ria Ricis telah menjadi pebisnis super kaya dengan hanya menjual kegiatan sehari-hari mereka. Dan hebatnya, mereka dapat mencapainya sebelum usia mereka 40 tahun. Bahkan Raffi Ahmad yang telah dibesarkan namanya oleh media TV mainstream saja, lebih banyak mendapat kesuksesan dari platform yang dikembangkannya sendiri bersama sang istri.

 

Selain dalam bisnis media sosial, transportasi digital dan enternaiment, tokoh-tokoh pebisnis muda un teah lahir dalm bidang lain seperti politik dan pemerintahan, olahraga, online shop, dan bisnis lainnya. Di bidang politik dan pemerintahan, tokoh seperti Gibran Rakabuming Raka, Putri Indahsari Tanjung, Angela tanosoedibjo, dan Emil Elestianto dardak bisa menjadi contoh terbaiknya. Di bidang online shop di antaranya ada Achmad Zaky (founder Bukalapak) dan Ferry Unardi (founder Traveloka), dan sebagainya.


Di antara tokoh-tokoh yang disebutkan di atas adalah para pebisnis muda yang termasuk forty under forty (empat puluh orang yang sukses sebelum usia 4o tahun) dan masuk ke dalam kategori fortune Indonesia 40 under 40. Sebagian  dari tokoh-tokoh itu memang ada yang sudah memiliki modal tidak nyata (intangible assets), baik nama besar orang tua maupun kekayaan turunan dari orang tua. Namun tidak sedikit juga yang benar-benar mulai dari nol, seperti Raffi Ahmad dan M. Alfatih Timur.


Fortune Indonesia Summit 2022


Hal ini membuktikan bahwa faktor kesuksesan itu bukan melulu soal keturunan, tapi juga kegigihan, kepedulian serta kepekaan atas fenomena yang ada di sekitar. Kesuksesan itu telah mereka capai, karena memang mereka berhasil mendefinisikan kesuksesan itu sendiri sejak awal karirnya. Sebagaimana dikatakan oleh Achmad Zaky, seorang jebolan Institut Teknologi Bandng (ITB).


Zaky merupakan anak seorang guru di Sragen, namun berhasil menyandang status unicorn pada tahun 2018 atas digital business platform Bukalapak yang didirikannya. Menurutnya kesuksesan adalah bagaimana kita memberikan impact atau manfaat yang lebih banyak ke sebanyak mungkin orang. Jika kesuksesan kita dapat memberi manfaat ke banyak orang, pasti otomatis kesuksesan finansial akan mengikuti. Untuk orang-orang hebat seperti mereka Fortune Indoneisa summit memberikan penghargaan atas segala yang dicapai. Mereka memang layak masuk ke dalam Fortune Indonesia 40 under 40.


kesuksesan adalah bagaimana kita memberikan impact atau manfaat yang lebih banyak ke sebanyak mungkin orang. ~ Ahmad Zaky ~


Bila kita tilik dari beberapa penerima award ini, beberapa dari mereka adalah bukan terlahir dari keluarga kaya raya, artinya ketika mereka meraih kesuksesan itu adalah benar-benar murni dari hasil kerja keras dan do'a bukan hasil dari turunan warisan. Bila kita telaah lebih jauh, kiranya ini merupakan pola pendidikan dan pengasuhan dari kecil yang ditanamkan oleh kedua orangtua dan lingkungannya, menjadikan mereka orang-orang yang ulet dan tahan banting. sebagai pembelajaran sebagai orangtua sudah seharusnya kita mengajarkan anak-anak kita sedari dini untuk pandai mengelola keuangan dengan cermat agar mereka terbiasa memberlakukannya sampai dewasa.


Owner Tokopedia Penerima Award Fortune Indonesia Businessperson of The Year


Salah satu penerima award Fortune Indonesia Summit  businessperson of the year 2021 pebisnis yang menggerakkan bisnisnya dengan mengandalkan teknologi informasi. Perusahaan itu kini telah menjelma menjadi raksasa bisnis digital Indonesia. Penerima Award businessperson adalah pemilik Tokopedia. William Tanuwijaya, sang pendiri, yang pernah berkuliah Universitas Bina Nusantara dengan biaya kuliah dari hasil kerja sampingannya menjaga warung internet (warnet) ini, mengandalkan kecintaannya pada internet untuk kemudian membangun Tokopedia bersama Leontinus Alpha Edison.

 

Tokopedia kemudian semakin membesar jangkauannya, apalagi sejak Tokopedia dan Gojek melebur bersama menjadi GoTo pada tahun 2020, maka sejak saat itu GoTo menjadi perusahaan digital terbesar di Indonesia dengan lebih dari dua juta mitra driver dan 11 juta merchant. Kata-kata dari William Tanuwijaya selanjutnya menjadi fenomenal saat peleburan kedua perusahaan itu, dia menggaungkan sebuah quotes dalam Bahasa Inggris yang artinya “Seandainya kamu menginginkan pergi cepat, pergilah sendiri. seandainya kamu menginginkan pergi jauh, pergilah berbarengan”.


Seandainya kamu menginginkan pergi cepat, pergilah sendiri, namun seandainya kamu menginginkan pergi jauh, pergilah berbarengan ~ William Tanu Wijaya ~


Tak heran jika hal itu membawa William Tanuwijaya sebagai salah satu dari 20 tokoh bisnis yang dinobatkan menjadi Businessperson of the Year 2021 oleh Fortune Indonesia. William adalah satu-satunya dari 20 tokoh itu yang sukses dari bisnis digital informasi. Tokoh-tokoh lainnya berasal dari bisnis konvensional dan bisnis produksi seperti batu bara, minyak, baja, perbankan, makanan, rokok dan peternakan.

 

fortune indonesia summit 2022



Businessperson of The Year 2021 diberikan untuk para pelaku bisnis terbaik dalam hal pencapaian. Ada 20 nama yang masuk nominasi Business person of The year 2021. Para penerima award ini adalah orang yang gigih dalam berjuang, ulet dan punya visi yang jelas dan terarah. Selamat bagi para  penerima award, anda layak jadi bintang. Semoga keberhasilan anda menjadi penyemangat bagi kami untuk terus mau bekerja keras demi mencapai kesuksesan yang paripurna, yaitu kesuksesan di dunia dan di akhirat. Sampai jumpa di Fortune Indonesia Summit selanjutnya. Salam Sukses. 
4 komentar on "Fortune Indonesia Summit 2022 Mencerahkan Iklim Perekonomian Bangsa"
  1. Dengan adanya acara seperti ini, bisa memotivasi para pemuda untuk berani menjadi enterpreneur dan bergerak membangun Indonesia dengan cara positif. Keren acaranya

    BalasHapus
  2. yang dapat award ini kebanyakan emang udah gak asing lagi ya di masyarakat, secara emang pesona dan hasil kerjanya emang layak untuk dijadikan panutan buat yang lain agar bisa seperti mereka juga ya.

    BalasHapus
  3. Aku setuju banget dengan quote nya Zaky yang ini: kesuksesan adalah bagaimana kita memberikan impact atau manfaat yang lebih banyak ke sebanyak mungkin orang. karena kalau cuma kemenangan bagi diri sendiri dan tidak membawa dampak positif bagi lingkungan sptnya itu bukan sukses yaaaa tp sekedar bangga ajaaa

    BalasHapus
  4. ini jadi mood booster q mbak pengen sukses menjelang 40, semoga saja. aamiin...

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger