Klasifikasi, Karakteristik dan Layanan Pendidikan yang Tepat untuk Anak Tunarungu

Kamis, 16 Maret 2023

Tuna rungu merupakan gangguan yang berkaitan dengan pendengaran. Dari segi fisik anak penderita tunarungu nampak seperti anak normal lainnya, namun mengalami kendala dalam masalah pendengaran dan juga komunikasi.


Derajat gangguan tingkatannya bervariasi, ada yang masih dalam tahapan ringan maupun tahapan yang berat. Terlepas dari ringan atau berat ketunarunguan yang diderita oleh anak tetap memerlukan layanan pendidikan secara khusus disesuaikan dengan kebutuhannya.


karakteristik anak tunarungu

Anak tunarngu juga memiliki hak untuk mendapatkan pengajaran dan terapi pendidikan agar dia bisa tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, mampu bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan diharapkan juga bisa berdampak pada kehidupan sosialnya.


Layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus harus disesuaikan dengan jenis gangguan yang diderita oleh sang anak. Layanan pendidikan bagi anak tunanetra tentu saja berbeda dengan layanan pendidikan bagi anak tunarungu, karena kemampuan akademis anak tunarungu tentu saja berbeda dengan anak dengan gangguan yang lainnya atau dengan anak dalam kondisi normal.


Untuk itu perlu kita ketahui terlebih dahulu seluk beluk yang berkaitan dengan ketunarunguan, dari mulai klasifikasi tunarungu dan bagaimana karakteristik dari anak tunarungu bahkan juga faktor yang menyebabkan anak menjadi tunarungu.


Untuk itu mari kita ulas permasalahan tersebut satu persatu agar kita memiliki gambaran tentang seluk beluk ketunarunguan dan bagaimana cara yang tepat dalam memberikan layanan pendidikan bagi anak penyandang tunarungu.


Tunarungu dan Klasifikasinya


Telah  dijelaskan di atas bahwa tunarungu adalah sebuah gangguan pada pendengaran, tuna artinya kurang sedangkan rungu memiliki arti pendengaran, secara etimologi tunarungu memiliki pengertian orang yang memiliki gangguan kurang pendengaran.


 Anak tunarungu adalah anak yang kurang mampu mendengar suara, sehingga orang yang memiliki gangguan tunarungu mengalami kesulitan dalam mengartikan bahasa juga komuikasi. Ada beberapa tingkat pengelompokan ketunarunguan menurut Boothroyd yang perlu kita ketahui agar bisa memberikan layanan pendidikan kepada anak tunarungu secara tepat, sesuai dengan keadaan anak.


Klasifikasi Tunarungu Berdasarkan Tingkat Kehilangan Pendengaran


Klasifikasi Tunarungu Golongan 1 


Tingkat tunarungu yang mengalami kehilangan 15-30 desibel, golongan ini termasuk ke dalam tunarungu ringan. daya tangkap masih dalam kisaran normal. Jika diperumpamakan dengan besaran volume suara masih bisa mendengar volume suara tingkat 1.


Klasifikasi Tunarungu Golongan 2


Merupakan tingkat tunarungu yang mengalami kehilangan 31-55 desibel, golongan ini masuk kepada tingkat sedang. Daya tangkap terhadapa bunyi suara manusia hanya sebagian. Jika diperumpamakan dengan besaran volume suara masih bisa mendengar volume suara tingkat 2.


Klasifikasi Tunarungu Golongan 3


Tingkat tunarungu dengan mengalami kehilangan 56-70 desibel, golongan ini termasuk dalam tingkat ketunarunguan berat. Daya tangkap terhadap aneka suara,  jika diperumpamakan dengan besaran volume suara masih bisa mendengar volume suara tingkat 3.


Klasifikasi Tunarungu Golongan 4


Tingkat tunarungu dengan kehilangan 71-90 db, golongan ini merupakan golongan ketunarunguan total. daya tangkap terhadap suara perbincangan manusia jika diperumpamakan dengan besaran volume suara masih bisa mendengar volume suara tingkat 4.


Klasifikasi Tunarungu Golongan 5


Golongan 5 tingkat ketunarunguan telah kehilangan 91 desibel, disebut juga sebagai ketunarunguan total. Pada golongan ini daya tangkap terhadap percakapan manusia sudah tidak ada. Jika diperumpamakan dengan besaran volume suara masih bisa mendengar volume suara tingkat 5.


Klasifikasi berdasarkan tingkat kehilangan pendengaran di atas bisa dikarenakan tunarungu bawaan maupun tunarungu yang terjadi setelah kelahiran.  Bisa terjadi karena penyakit atau karena kecelakaan.


Anak-anak yang mengalami ketunarunguan sejak lahir akan semakin sulit menguasai bahasa, karena dari sejak dilahirkan tidak paham simbol bahasa berupa ucapan. Pengayaan tentang bahasa tidak didapatkan. 


Komunikasi dilakukan dengan menggunakan bahasa isyarat dengan cara menunjuk, meraih, menarik dan sebagainya, karena tidak memiliki kemampuan untuk mengungkapkannya melalui kata-kata. Anak-anak dengan kondsi ini dinamakan anak dengan tuli pra bahasa.


Sedangkan anak-anak yang mengalami tuli purna bahasa adalah anak-anak yang mengalami ketulian setelah mengenal bahasa, sehingga masih memungkinkan untuk mengerti lambang dan bahasa yang digunakan.


Bagian telinga yang mengalami kerusakan bisa terjadi pada beberapa bagian. Tuli konduktif disebabkan telinga pada bagian tengah dan bagian luar, mengalami kerusakan. Keadaan ini menyebabkan terhambatnya bunyi-suara bisa masuk ke dalam telinga.


Kerusakan juga bisa dialami pada bagian dalam telinga, sehingga mengakibatkan tidak bisa mendengar bunyi-bunyian. Keadaan ini dinamakan tuli sensoris. 


Faktor Penyebab Ketunarunguan


Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang menjadi penyandang tunarungu. ditinjau dari dua sisi, penyebabnya bisa karena dari internal (dalam diri) dan juga eksternal (luar diri). Mari kita urai kedua faktor tersebut:


Faktor dari Dalam Diri


Ada beberapa faktor dari dalam diri yang dapat menyebabkan seseorang menderita gangguan pendengaran atau tunarungu. Faktor penyebab diantaranya:


1. Faktor Keturunan atau Gen


Biasanya disebabkan dari garis keturunan ayah atau ibunya. Halini disebabkan ada gangguan gen yang represif. Jika diperumpamakan misal si ibu mempunya resus darah Rh- dan sang bayi mengandung resus darah Rh+, maka sistem pembuangan akan turut mengganggu pada sistem antibodi bayi. Virus yang ada dapat menghambat pertumbuhan sel-sel dan menyerang jarinagn-jaringan pada mata, telinga atau organ lainnya.


2. Penyakit Campak Jerman (Rubelia)


Jika ketika si ibu yang sedang hamil menderita penyakit Campak Jerman atau Rubella di tiga bulan pertama masa kandungan, maka kemungkinan hal ini akan berdampak pada janin yang sedang dikandung.


3. Mengalami Toxaminia atau Keracunan Darah


Jika sang ibu yang sedang mengandung mengalami keracunan darah maka hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada plasenta yang dapat menyebabkan pertumbuhan janin jadi terhambat. plasenta adalah sumber makanan dan oksigen bagi janin yang memiliki fungsi sangat vital. Keadaan ini kemungkinan bisa menyerang saraf pendengaran pada janin atau saraf yang lainnya.


Faktor dari Luar Diri


Ada beberapa hal dari luar diri anak yang menyebabkan terjadinya gangguan tunarungu, diantaranya yaitu:


  1.  Adanya infeksi pada anak saat dilahirkan, karena terkena virus harpes implex yang tertular darikelamin sang ibu. Penyakit yang ditularkan sang ibu jenis ini bisa merusak saraf bayi termasuk juga saraf pendengaran.
  2. Terkena radang pada selaput otak yang disebabkan oleh penyakit maningitis berupa bakteri yang merusak labrinth atau telinga bagian dalam.
  3. Radang telinga bagian tengah. biasanya radang yang mengenai otitis bagian tengah telinga bisa mengeluarkan nanah yang berkumpul di bagian tengah telinga dan mengganggu jalur masuknya bunyi. Radang ini biasanya terjadi dikarenakan penyakit yang menyerang pernapasan yang berat seperti influenza dan penyakit seperti campak. Bila tak segera ditangani bisa juga mengganggu sistem pendengaran.
  4. Kecelakaan. Penyebab kecelakaan bentuknya bisa banyak jenis, misalnya anak terjatuh sampai melukai tulang ekor dan berdampak pada pendengarannya.


Karakteristik Anak Tunarungu


Anak tunarungu memiliki karakteristik yang khas, sebagaimana dengan karakteristik pada anak ABK lainnya, meski dari kemampuan akademis antara anak tunarungu dan anak normal lainnya tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Menurut Sardjono, karakteristik anak tunarungu diantarnya yaitu:


  1. Tidak terlalu banyak perbedaan jika dari tampilan luar. Secara fisik anak tunarungu sama seperti anak lainnya.
  2. Daya ingatnya lebih rendah dibanding anak yang memiliki pendengaran normal, terutama pada informasi yang bersifat berurutan.
  3. Kemampuan kepintaran otak anak tunarungu sama seperti anak normal lainnya.
  4. Pada informasi yang berbarengan tidak terdapat perbedaan antara anak tunarungu maupun anak normal lainnya.
  5. Daya ingat jangka panjang tidak memiliki perbedaan yang signifikan dibanding anak normal lainnya, meski prestasi akhir biasanya lebih rendah.


Layanan Pendidikan bagi Anak Tunarungu


Negara menjamin hak setiap warga negaranya untuk mendapatkan pendidikan, tanpa terkecuali. Baik untuk anak-anak normal ataupun yang memerlukan penanganan khusus. Bagi anak tunarungu dan anak berkebutuhan khusus lainnya mendapatkan layanan pendidikan merupakan hal yang harus menjadi perhatian semua kalangan.


Anak tunarungu perlu mendapatkan layanan pendidikan agar dia bisa tumbuh menjadi pribadi mandiri. Diawali dengan memberikan keterampilan untuk mampu berkomunikasi dengan orang lain. Pembelajaran ini bisa dimulai dari lingkungan terdekat dengan dirinya, keluarganya dan lingkunganya. Berkomunikasi dengan anak-anak normal maupun dengan anak yang keadaannya sama dengan dirinya sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya.


Mengajarkan anak-anak tunarungu agar bisa membaca dan menulis  merupakan jalan awal yang bisa ditempuh sebagai sarana untuknya agar bisa mengekspresikan apa yang ada dalam jiwanya, meski belum mampu mengungkapkannya dalam kata-kata.


Layanan Pendidikan Sekolah Inklusi


Memberikan dukungan kepada anak tunarungu untuk bisa ikut di sekolah reguler tentu saja merupakan langkah yang sangat bagus, asal si anak telah dibekali terlebih dahulu dengan pemahaman bahasa anak yang cukup di rumah. Bisa dilakukan dengan cara memanggil guru privat atau dimasukkan terlebih dahulu ke sekolah anak berkebutuhan khusus.


Setelah anak memiliki bekal yang cukup untuk meluaskan wawasannya dan memberikan pengalaman baru padanya, maka memasukkan anak tunarungu ke sekolah reguler akan lebih mudah dilakukan. Pemerintah pun telah memfasilitasi hal ini dalam layanan pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus. 


Memberikan peluang pada anak tunarungu agar bisa sekolah di sekolah reguler memang tidak mudah, akan tetapi hal ini bukanlah hal yang tidak mungkin. Ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan jika memasukkan anak tunarungu ke kelas inklusi, beberapa hal tersebut diantaranya:


  1. Anak tunarungu harus sudah dibekali dengan cara berkomunikasi yang cukup agar memudahkan dia untuk berinteraksi dengan teman-teman sebayanya dan juga bisa menerima mencerna dan memahami pembelajaran di kelas.
  2. Sekolah yang membuka jalur anak tunarungu harus memiliki guru pendamping yang berlatar belakan PLB atau Pendidikan Luar Biasa. Lebih baik lagi jika guru PLB mempunyai latar belakang pendidikan khusus untuk anak tunarungu. 
  3. Untuk para guru reguler setidaknya mampu memahami karakteristik anak tunarungu, dan sebisa mungkin harus mampu berempati terhadap si anak, agar mampu memberikan pembelajaran.
  4. Guru reguler juga harus memahami prinsip-prinsip pembelajaran yang dikhususkan untuk anak penderita tunarungu, diantaranya; Prinsip Keterarahwajahan (interface), Keterarahsuaraan (intervoice) prinsip intersubjektivitas, dan prinsip kekonkretan.
  5. Lingkungan sekolah cukup kondusif dan bisa menerima anak berkebutuhan khusus.
  6. Tersedianya sarana dan prasarana yang bisa mendukung anak berkebutuhan khusus.


Setelah persyaratan di atas bisa dipenuhi, baru anak tunarungu bisa mengikuti pembelajaran di sekolah inklusi tersebut. Pembelajaran yang paling utama diberikan terlebih dahulu adalah memperlancar komunikasi.


Metode  Pembelajaran bagi Anak Tunarungu 


Agar anak tunarungu mendapatkan pembelajaran yang bermakna maka diperlukan metode yang tepat. Pembelajaran untuk anak tunarungu tentu saja berbeda dengan anak pada umumnya, karena keterbatasan pendengarannya, maka dibutuhkan sarana visualisasi agar anak dapet lebih mudah menerima informasi dari gurunya.


Metode yang selama ini biasa digunakan adalah metode MMR atau Maternal Reflektif. Melalui metode MMR anak diajarkan cara mengolah bahasa, bagaimana cara mengeluarkan suara, mengucapkan kata yang sesuai denganartikulasi dengan sangat jelas.


Secara garis besar metode MMR ini terdiri dari kegiatann percakapan yang terdiri dari menyimak, membaca, menulis, yang disajikan secara integral dan sistematis.


Ada dua jenis percakapan yang disajikan yaitu percakapan dari hati ke hati atau conversation from heart to heart, dan percakapan linguistik linguistic conversation.


Pembelajaran percakapan yang dilakukan oleh anak tunarungu dengan gurunya dilakukan dengan fleksibel. Ketika anak menyampaikan keinginan yang kurang jelas, guru melakukan pengulangan atau menerjemahkan maksud anak melalui bahasa tubuh, atau gerakan lainnya (Seizing method), kemudian meminta anak untuk memperjelas lagi apa yang dimaksud (Play a double part).


Pembelajaran membaca dan menulis pada anak tunarungu dilakukan melalui pengembangan hasil percakapan. Ungkapan yang belum bisa diartikan dengan benr melalui bahasa isyarat, bisa diungkapkan kembali melalui tulisan yang kemudian bisa dibaca juga oleh anak.


Kegiatan membaca yang dilakukan oleh anak-anak tunarungu bisa didapat juga melalui video visual. Pengenalan bunyi vonem yaitu cara pengucapan dan penulisan diberikan secara menyatu agar pada akhirnya anak dapat mengetahui huruf, kata serta cara penyebutan dan penulisan.


Media Pembelajaran Anak Tunarungu


Ada beberapa media pembelajaran yang bisa digunakan untuk mempermudah anak tunarungu dalam memahamibahasa komunikasi. Seiring dengan perkembangan teknologi media pembelajaran yang disediakan juga semakin canggih dan beragam.


anak tunarungu adalah


Ada media konvensional yang memang sudah sejak lama digunakan dan terus menerus diperbaharui, tetapi saat ini ada juga alat teknologi baru yang terus dikembangkan. Media yang bisa digunakan oleh anak tunarungu, diantaranya yaitu:


1. Abjad dengan jari


Abjad yang diciptakan dari bentukan jari-jari ini selain bisa digunakan untuk anak tunarungu,bisa juga digunakan untuk anak tunanetra. Dibentuk dengan menggunakan jari-jari dari tangan kanan dan juga kiri. Bentuk huruf dan angkany disesuaikan dengan gaya manual huruf yang ada di dunia.


2. Bahasa Isyarat


Kondisi anak tunanetra dengan keterbatasan pendengaran, menyebabkan mereka kesulitan untuk mengembangkan kemampuan berbicara, untuk itu bahasa isyarat yang telah diciptakan oleh para pakar, pada akhirnya harus digunakan juga oleh para penyandang tunanetra.


Ketidak sempurnaan penerimaan simbol percakapan pada kaum tunanetra menyebabkan terjadinya hambatan pada perkembangan kepribadian, kecerdasan dan juga performance sebagai makhluk sosial, karena tentunya para penyandang tunarungu juga diharapkan bisa berkecimpung dan berbaur dengan lingkungan sosialnya.


Namun memang perlu diakui, metode oral masih banyak hambatan dalam penggunaannya, sehingga seringnya menggunakan bahasa isyarat, sebagai sarana komunikasi.


Solusi dalam Penanganan Anak berkebutuhan Khusus


Semoga ulasan tentang pembelajaran untuk anak tunarungu di atas setidaknya memberikan gambaran singkat, bagaimana kita harus memberikan pelayanan pendidikan kepada anak tunarungu. Sebagai pendidik PAUD setidaknya kita memiliki gambaran dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus klasifikasi tunarungu.


Mungkin timbul pertanyaan di benak teman-teman jika di sekolah teman-teman ada orang tua yang hendak mendaftarkan anaknya di sekolah reguler tempat teman-teman mengajar, apa yang seharusnya dilakukan. Saya akan memberikan sedikit gambaran, bagaimana cara menyikapinya jika ini terjadi pada teman-teman. Ada beberapa langkah yang harus ditempuh, diantaranya:


  1.  Melakukan pendaftaran sebagaimana biasa sesuai dengan zonasi atau lembaga PAUD terdekat.
  2. Wali murid menceritakan kondisi anak apa adanya.
  3. Sekolah wajib menerima siapapun yang mendaftar sesuai dengan persyaratan.
  4. Sekolah memberikan gambaran tentang ketersediaan sumber daya manusia maupun sumber daya alam serta sarana dan prasarana di lembaganya, kaitannya dengan permasalahan penanganan ABK.
  5. Setelah kedua belah pihak saling bertukar informasi, keputusan akhir diambil dan ditentukan berdasarkan kemufakatan secara tertulis menggunakan materai.


Demikian ulasan tentang karakteristik anak tunarungu serta pelayanan pendidikan yang bisa diusahakan dalam memenuhi kebutuhan belajar anak penyandang tunarungu. Semoga segala usaha yang dirumuskan bisa kita terapkan secara maksimal, demi membantu para penyandang tunarungu lebih bisa beradaptasi dengan keadaan alam dan lingkungannya.


Membantu mewujudkan dirinya menjadi manusia seutuhnya, tetap bisa berkiprah di masyarakat sosial dan juga bertanggung jawab terhadap kelangsungan diri dan hidupnya. Salam semangat selalu.




Referensi


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Prosedur Operasi Standar Pendidikan Anak USia Dini Inklusif. Jakarta, 2018.


Putranto, Bambang. Tips Menangani Siswa yang Membutuhkan Perhatian Khusus. Yogyakarta: Diva Press, 2015


Smart, Aqila. Anak Cacat Bukan Kiamat: Metode Pembelajaran & Terapi untuk Anak Berkebutuhan khusus. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.


Somantri, Sutjihati. Psikologi Anak Luar Biasa: Karakteristik dan Masalah Perkembangan Anak Tunanetra. Bandung:Refika Aditama, 2007.




3 komentar on "Klasifikasi, Karakteristik dan Layanan Pendidikan yang Tepat untuk Anak Tunarungu"
  1. Masya Allah lengkap banget Mba. Baru tahu kalo tunarungu ada klasifikasinya juga. Alhamdulillah sekarang mereka bisa dapat perhatian khusus.

    BalasHapus
  2. artikel yang menarik mbak nita, jadi tahu nih kalau ternyata tuna rungu ada klarifikasinya, dan selain faktor genetik ada juga faktor lain yang mempengaruhi, untuk ibu-ibu yang hamil harus benar-benar dijaga nih kesehatan dan asupan gizinya.

    BalasHapus
  3. Artikel nya bagus sekali. Saya tertarik dengan pendidikan inklusi ini. Ingin sekali belajar bahasa isyarat dan menjadi pendamping bagi tuna netra

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger