Google Search Console Tutorial

Kamis, 15 September 2022

Hai para blogger hebat! Sudah siap lanjut terus berkarir lebih serius lagi di dunia blogging? Setelah belajar memasang Google Analytic dan pelan-pelan menerapkan  kaidah SEO dalam menulis artikel. Agar kita bisa lebih dekat lagi dengan blog yang kita cintai kita lanjut lagi untuk menghubungkan blog kita dengan Google Search Console, yuk!


google search console tutorial


Kenapa harus menghubungkan blog kita dengan Google Search Console? Apa manfaat dan Fungsinya? Bagaimana cara memasangnya? 


Akan saya sertakan di sini tutorial memasang Google Search Console, beserta manfaat dan fungsinya untuk blog. 


Google Search Console dan google analytics adalah dua hal yang blogger harus kenali fungsi serta mengerti bagaimana cara memasangkan serta menghubungkannya ke blog.


Google Search Console Itu Apa?


Google Search console adalah fasilitas gratis yang diberikan oleh google untuk mengetahui bagaimana sebenarnya trafik dari blog kita secara detail. Sebelumnya bernama Google Webmaster Tool.


Namun seiring berjalannya waktu karena fungsinya bukan hanya untuk pemilik web saja maka namanya jadi berubah menjadi Google Console. Google Search Console bisa digunakan sebagai bahan informasi bagi para SEO expert, pebisnis serta web developer.


Fungsi Google Search Console


Melalui Google Search Console kita bisa mengetahui artikel mana yang memiliki banyak pembaca, kita juga bisa mengetahui keyword yang memiliki banyak peminat. Selain itu juga kita bisa mengetahui beberapa kesalahan yang ada dalam blog kita.


Artikel postingan bisa cepat terindex oleh google melalu index URL di Google Search Console ini. Melalui tools ini kita bisa mendapatkan informasi tentang kinerja blog kita di pencarian organik.


Untuk itu kita jadi bisa mengetahui artikel mana yang diminati oleh pengunjung organik dan artikel mana yang sepi peminat. Ke depannya kita akan lebih fokus pada postingan yang banyak diminati dan dibutuhkan pengunjung.


Dilihat dari fungsinya, maka tools Google Search Console ini sangat penting keberadaannya bagi seorang blogger, terutama jika ingin menjadi blogger sukses.


Google Search Console juga bisa mendeteksi jumlah backlink dalam sebuah blog atau website.


google search console tutorial


Fitur Dalam Google Search Console


Setelah kita mengetahui apa itu Google Search Console beserta fungsi dan manfaatnya, maka ada baiknya kita mengetahui fitur apa saja yang ada dalam Google Console ini.


Fitur layanan yang ada di dalam Google search console diantaranya yaitu:


1. Tayangan


Fitur ini memberikan informasi tentang jumlah tayangan atau impression yang muncul di laman google.


2. Klik


Fitur ini memberikan informasi tentang berapa kali  postingan kita yang muncul di laman google dan diklik oleh pembaca.


3. CTR (Click Through Rate)


Fitur Click Through Rate ini menunjukkan prosentase total klik dibagi dengan tayangan yang muncul di laman google. Sebagai contoh misal total tayangan di laman google ada 100 kali dan mendapatkan klik 25 kali maka CTR nya adalah 25 %.


4. Performance


Fitur ini memberikan informasi tentang artikel mana yang menimbulkan banyak trafik dan keyword apa yang disukai.


5.  Index Coverage


Fitur ini memberikan informasi tentang halaman yang sudah terindex oleh google dan yang mengalami kesalahan. Untuk itu jika mendapatkan informasi tentang error di blog kita, maka harus segera diambil tindakan agar tidak terjadi error yang berlanjut.


Google Search Console Tutorial


Setelah mengetahui berbagai macam fungsi dan manfaat Google Search console bagi blog, pasti kita ingin blog kita terhubung dengan Google Console, ini, kan? 


Nah, bagaimana cara memasangnya? Berikut akan saya berikan tutorial secara ringkasnya dan garis besarnya. Langkah - langkahnya adalah:


Buka website Google Search Console 


Kita bisa mengakses website Google Search Console di alamat  https://search.google.com/search-console/ , simpan alamat tersebut di browser google maka Sains akan dibawa ke laman seperti di bawah ini.


google search console tutorial

Ketika muncul laman pertama maka masukkan alamat blog yang akan didaftarkan, lalu klik next/berikutnya. Nanti akan diminta verifikasi akun. Jika sebelumnya Sains sudah memasang Google Analytic maka otomatis akun yang didaftarkan di Google Search Console sudah terverifikasi.


Mendapatkan Kode pelacakan


Setelah melalui  step di atas selanjutnya kita akan diarahkan pada pemindaian kode pelacakan seperti gambar di bawah ini. Klik tanda panah yang ada pada kotak merah maka kita akan di bawa pada laman penunjuk yang di sebelahnya untuk menyalin kode. Salin kode yang akan kita pindahkan ke kode HTML pada template blog dengan cara meng-klik tombol salin/copy.


google search console

Memindahkan Kode Pelacakan 


Setelah kita salin kode pelacakan maka kita menuju blog selanjutnya buka dashboard blog, masuk ke bagian template dan klik bagian kode HTML. Kemudian ketik ctrl f maka akan muncul bar search lalu ketik <head>, pastekan kode yang kita dapatkan dari laman Google Search Console yang sudah kita salin tadi tepat di bawah <head>, seperti gambar di bawah ini.


google console

Pemasangan Site Map


Setelah proses pemasangan kode html selesai maka selanjutnya kita beralih lagi ke dashboard blog dan cari tombol setting lalu klik.


Scroll sampai menemukan tool crawl index site map lalu aktifkan dengan cara menggeser tombol yang tadinya berwarna abu-abu menjadi hijau, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.


google search console turial

lalu klik tool custom robots txt dan copy site map di bawah ini ke bar custom robots txt, maka nanti akan muncul sepeti gambar di atas. Tinggal ganti alamat URL yang tertera di bawah dengan alamat URL yang dituju.


User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: https://www.ins-nita.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500


Pasang Site Map Di Google Search Console



Setelah selesai memasang code crawl robots txt maka kita kembali lagi ke GSc dan isi peta situs atau site map dengan URL htpps://www.ins-nita.com/atom.xml pada kotak biru (ganti dan sesuaikan dengan alamat blog yang dituju) seperti petunjuk gambar di bawah ini:


google search console tutorial


Setelah submit lalu proses crawl selesai, maka akan muncul peta situs seperti pada gambar di bawah ini dalam kotak biru.

google search console tutorial

Alhamdulillah beres, deh proses  Google Search Console tutorial-nya, mudah, kan, ya..? Jangan khawatir jika teman-teman masuk ke dashboard GSC belum nampak data metrik blog yang teman-teman butuhkan.

Setelah 24 jam maka tampilan GSC kita akan menampilkan data metrik yang kita butuhkan, bisa dilihat tampilannya seperti gambar di bawah ini. 

Taraaa,....begini nih, performance blog ruang narasi dan inspirasi nita, masih banyak hal yang harus diperbaiki, masih banyak pekerjaan rumah dan harus terus belajar.

google search console


Penutup


Dari gambar di atas bisa terlihat jelas performance dari blog kita, apa saja yang harus diperbaiki, telusuri satu persatu fiturnya dan pahami. Jika tidak mengerti tanyakan pada suhu blogger atau coach pembimbing kita, bagaimana cara membaca fitur-fitur yang ada di dalam google search console lebih detail lagi.

Untuk itu betapa pentingnya seorang blogger mengikuti berbagai kelas pelatihan, baik yang gratis maupun berbayar. 

Untuk yang gratis teman-teman bisa coba untuk mengikuti challenge di blogspedia  agar bisa mengikuti kelas gratis bersertifikat bersama para coach handal untuk mendapatkan kelas gratis untuk blogging.

Teman-teman juga bisa mengikuti challenge di One Day One Post dan mengikuti ODOP Blogger Squad jika berhasil menyelesaikan tantangannya.

Nah, sudah mendapat gambaran, kan tentang pentingnya memasang google search console pada dan menghubungkannya dengan blog? Jangan tunda-tunda buruan pasang, yaa!

Selamat mencoba, semoga Google Search console tutorial yang minsnita suguhkan bisa bermanfaat dan dipahami teman-teman semua. Semangat ngeblog dan happy blogging.



Referensi


https://www.blogspedia.my.id/google-search-console/

https://www.layartambat.my.id/2022/09/google-search-console.html

https://www.logique.co.id/blog/2021/04/23/cara-menggunakan-google-search-console/

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger