Cara Daftar Google News

Jumat, 30 September 2022

Hai Sains, Assalmualaikum.


Jika Sains bertemu dengan artikel ini dan tertarik untuk membacanya, itu artinya Sains adalah seorang blogger sejati. Ciee...


Biasanya blogger yang sudah sampai ke tahap ini, mulai diselimuti rasa cinta pada dunia blogging, sehingga ingin terus melihat blog asuhan kesayangannya terus bertumbuh dan berkembang dengan baik.


Untuk itu agar pertumbuhan dan perkembangan blog dapat terpantau dengan baik, maka para blogger akan berusaha mendaftarkan blognya  terhubung dengan google news. Bagaimana Cara daftar google news untuk blogger?


cara daftar google news

Salah satu kepentingan seorang blogger mendaftarkan blognya ke google news atau pada saat ini familiar dengan sebutan google news publisher adalah untuk meningkatkan traffic organic.


Trafik organik atau pengertian mudahnya adalah traffik yang diperoleh dari pembaca yang menemukan artikel kita di mesin pencarian google melalui kata kunci.


Nah agar artikel blog kita bisa stay di laman google atau lebih bagus lagi bisa tembus di laman awal google, maka kita harus membuat artikel kita terindeks oleh google. Selain tentunya kita juga harus menulis artikel dengan menggunakan kaidah SEO.


Salah satu caranya adalah dengan cara menghubungkan blog kita dengan Google News. Nah artikel ini akan membawa Sains pada tutorial bagaimana cara daftar blog di Google News spesial untuk  pengguna blogspotCaranya sangat mudah. Yuk ikuti langkahnya!


Cara Daftar Google News Untuk Blogspot


Langkah pertama yang kita lakukan tentang bagaimana cara daftar google news di platform blogspot atau yang lainnya tentu saja masuk terlebih dahulu ke Google News Application atau masuk ke web site Google News Publisher


Oh,...ya, sebelumnya siapkan dulu gambar  kualitas PNG dengan ukuran 1000x1000 pixel atau 512x512 pixel. Kalau bisa gambarnya harus sama dengan gambar profil yang digunakan di blog kita agar mudah dikenali oleh google.


Setelah kita berhasil masuk ke Google News Publisher maka Sains akan disuguhkan dengan tampilan dashboard seperti yang akan saya sertakan gambarnya di bawah ini. Silahkan Sains ikuti langkah-langkah berikut:


1. Publish Center


Setelah kita berhasil masuk ke laman Google News Publisher maka kita akan disuguhi tampilan dash board seperti di bawah ini. Pada strip tiga di sisi kiri atas diklik kemudian nanti akan muncul pilihan. Pilih publisher center lalu klik.


Maka kita akan dibawa pada laman publish center. Setelah itu pilih add pulication lalu klik, maka nanti akan muncul bar pop up untuk pengisian data, isi nama yang akan dipakai, blog utama kemudian lokasi. Setelah lengkap, klik add publication.


cara daftar google news


2. Publication Setting Sesi General


Cara daftar blog di google news selanjutnya adalah setelah mengklik add publication, maka Sains akan dibawa ke laman selanjutnya, yaitu laman pulication settings. Arahkan pada personal info anda selanjutnya klik publication settings maka sains akan dibawa pada laman pulication settings sesi general/umum.


Pada laman ini silahkan isi data tentang nama yang akan digunakan, lalu pilihan bahasa pengantar, serta lokasi. Selanjutnya isi alamat website kita lalu klik tombol verify in search console, agar blog kita terverifikasi.


cara daftar google news

Selanjutnya setelah blog kita terverifikasi kita lanjutkan proses publication setting pada sesi menambahkan URL. Klik additional URL, maka akan muncul bar pop up yang menuntun kita untuk mengisi alamat blog lalu klik add/tambahkan. 


Selanjutnya klik add contact maka akan muncul bar pop up untuk mengarahkan kita mengisi alamat email lalu klik add, setelah alamat email tertera lalu klik save kemudian klik next/selanjutya. Maka proses publication settings pada sesi general telah selesai. Jangan lupa untuk selalu save/simpan hasil pengisian data.


google news verification

3. Publication Settings Sesi Visual Styles


Nah gambar yang disiapkan di awal tadi untuk dimasukkan pada bagian publication settings sesi visual styles ini. Setelah klik next pada langkah 2 maka Sains akan dibawa pada laman ini.


Klik tombol add Square logo maka akan muncul bar pencarian gambar ke file komputer kita, pilih gambar yang sudah disiapkan lalu sisipkan. Tara,... sudah muncul? Kalo sudah mari kita lanjut ke proses selanjutnya.


Klik bar add rectangular logo. bisa gambar berukuran rasio 10:1 atau menggunakan gambar yang sama dengan ukuran yang di atas. Hati-hati pada bagian gambar ini harus  sesuai dengan ukuran yang diminta, jika tidak sesuai maka tidak akan bisa publish biasanya.


google news premium

Jika proses upload gambar sudah beres kita lanjutkan dengan tahap selanjutnya. Di bagian bawah lanjutkan dengan klik add font family, maka akan muncul bar pop up pengisian jenis font yang kita inginkan.


Sains bisa menuliskan pilihan huruf yang diinginkan, misal "arial" atau "Times New Roman" dan sebagainya, selanjutnya klik tombol add/tambahkan. Lalu selanjutnya jangan lupa simpan, dengan klik tombol simpan/save.


google news premium

4. Google News Setting Sesi General


Nah setelah menyelesaikan tahapan di atas, kita akan melanjutkan tahap cara daftar google news selanjutnya. Tahap ini sudah masuk ke dalam tahap setting untuk masuk ke google news, menghubungkan blog kita dengan google news. Maka nanti akan diminta untuk memasukkan kode khusus.


Langkah pertama masuk kembali ke dashboard awal Google News Publisher, klik lambang strip tiga di pojok kiri atas. Akan muncul bar pilihan akses, klik bagian personal info kita atau nama kita. Selanjutnya klik publisher center.


google news id

Setelah mengklik tombol publisher center maka kita akan dibawa ke laman selanjutnya. Pada laman selanjutnya ada klik bar google news. Selanjutnya kita akan diarahkan pada laman pengisian basic information. Klik tombol edit di bagian kanan atas.


Kita akan diminta mengisi jenis niche blog kita, saya memilih Woman life style. Selanjutnya pada bar contries pilih world wide, dan pada bar google properties pilih allow all properties. Yup selesai pada sesi ini, jangan lupa simpan, ya! Klik tombol save, lalu klik tombol next/selanjutnya.


google news approval

5. Google News Settings Sesi Content Settings


Setelah selesai tahap sebelumnya, maka kita masuk pada tahap di google news setting sesi content settings. Langkah pertama ketika masuk ke laman ini adalah klik new section maka akan muncul beberapa tool pilihan, klik feed.


Setelah klik feed maka akan muncul bar pop up add feed, isi section title dengan nama yang kita inginkan, saya isi dengan "insnita", display nama ini harus sama dengan display nama yang diinginkan dari awal.


Setelah itu isi RSS atom feed URL dengan "https://www.ins-nita.com/feeds/posts/default?alt=rss", harus sama persis, dan ganti nama blog sesuai dengan nama blogyang Sains punya. Lalu klik add/ tambahkan.


Lanjut klik new access grup, saya isi grup name dengan nama saya dan user 1 dengan alamat email yang sesuai dengan alamat email blog. Klik add. Selanjutnya jangan lupa save lalu lanjut klik next/selanjutnya.


google news publisher center

6. Google News Settings Sesi Publisher and Review


Taraaaa....kita masuk masa akhir cara daftar blog di google news, nih, Sains. Setelah klik next pada tahap sebelumnya maka kita akan diarahkan pada laman review and publish. Jika masih ada yang kekurangan dari langkah-langkah sebelumnya maka kita diminta untuk melakukan review dengan megklik review.


Untuk itu agar prosesnya lancar gunakan gambar yang ukurannya sesuai dengan yang disyaratkan, selain itu gunakan email yang sesuai dengan email yang digunakan untuk blog atau website.


Jika langkahnya sudah lengkap dan tidak ada yang terlewat maka tombol publish akan berwarna biru pertanda bisa diklik. Maka beberapa artikel dari blog kita akan tampil di laman Google News. Selanjutnya klik publish. 


Yess, sudah siap, dong, ya, jadi blogger sukses, Bisa dibaca juga di artikel tips menjadi blogger sukses yang pernah minsnita tulis. Menjadi blogger sukses tentunya harus siap tahan banting dan siap mengikuti step by step tutorial yang akan menunjang pada perkembangan blog kita.


daftar google news



Lanjut dengan proses pendaftaran, ya! Setelah klik publish maka akan muncul kabar bahwa blog kita dalam tinjauan atau in review Google News Publisher.


Selesai, deh proses mendaftarkan blog kita di google news. kita tinggal menunggu review google terhadap blog kita, biasanya 2 sampai 3 minggu, baru blog kita akan diterima oleh google news publisher.


Selamat mencoba, ya, Sains, semoga tutorial cara daftar google news untuk blogger ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Sains semua. O, ya, jangan lupa untuk mendaftarkan blog kita di Google Analytics, tutorialnya bisa dilihat di artikel Cara memasang Google Analytics. Happy Blogging.


15 komentar on "Cara Daftar Google News "
  1. ohh.. baru ngerti aku.. makasih infonyaaa

    BalasHapus
  2. Wah.. Thanks ya berguna banget nih untuk para bloggers dan jadi pengen daftar juga google news publisher

    BalasHapus
  3. Noted, 2-3 minggu prosesnya...Makasih Mba untuk tutorial cara daftar google news untuk blogger
    Beneran detil, membantu dan bermanfaat nih:)

    BalasHapus
  4. Sangat terbantu sekalii..
    Secara aku belum pasang di google news dan traffic GA ku mogok.
    Sedih banget.. Tapi semoga dengan tutorial yang diberikan ini, aku bisa mengikutinya dan jadi bisa nongol di google news juga...

    BalasHapus
  5. Baru tau soal Google News ini, pasti bakal bermanfaat banget buat blog kita. Aku bookmark dulu ya, nanti mau aplikasiin kalau udah senggang

    BalasHapus
  6. Wow, asli baru tahu dan menggiurkan sekali ya . Pingin nyoba insyaallah kalau luang..biar blog kita bisa di deretan pertama google

    BalasHapus
  7. Jadi paham caranya.
    Bbrp kali aku jg notice ada bloger yg pakai google news ini
    Makasi ya

    BalasHapus
  8. Wah iya dari kemarin mau coba daftar google news gak jadi2.. thanks mbaa tutorialnyaa, harus segera dipraktikkan iniii

    BalasHapus
  9. Waw, terima kasih banyak infonya, Kak. Bermanfaat banget nih buat saya yang gaotek ini😍

    BalasHapus
  10. Memang sih blog harus dioptimasi agar artikel yang ditulis bisa masuk dalam page potensial di mesin telusur seperti Google, aku belum nyobain daftar Google News soalnya setelah aku liat-liat agak rumit ya. Makasih mbak untuk panduannya, bikin saya lebih tercerahkan dan semangat lagi buat optimasi blog.

    BalasHapus
  11. Waw... ilmu baru nih. makasih mba buat tutorialnya. pengen dftr nih

    BalasHapus
  12. Dulu pas daftar belibet banget rasanya krn otodidak, alhamdulillah sekarang udh keterima. Cuma yah tampilannya belim diperbaharui krn belum tahu, makasih mbak tutor.y

    BalasHapus
  13. Thanks artikelnya sangat bermanfaat, beberapa waktu yang lalu saya kesulitan daftar google news (ada yang terhambat dalam satu tahapan), tapi insyaallah sudah resolved. Informasi ini sangat berguna buat blogger-blogger yang ingin blognya terindeks gnews...

    BalasHapus
  14. Makasih banyak sharingnya mbak, aku belum pernah sih daftar google news, jadi penasaran juga pengen coba daftarin blog ke google news :D

    BalasHapus
  15. Terima kasih, kak
    Baca artikel ini jadi ingat belum tuntas hutangku buat tulisan bonus blogspedia huhuhu

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger