Membentuk Generasi yang Berkarakter Melalui Buku Antologi

Kamis, 29 September 2022

Farhah, bocah kecil bermata bulat berlari ke arah bundanya ingin menunjukkan hadiah yang dia dapatkan dari sekolahnya.


"Mamaaaah, Ade tadi di sekolah alhamdulillah dikasih hadiah tas dari Pa Ustadz Ali, tas warna merah muda, lho, Mah, bagus, khan?" Ade menunjukkan tas baru ke mamahnya.


"Memangnya ada acara apa, Dek, di sekolah?" Sang bunda bertanya.


"Acara pekan Al-quran, mah. Ade bisa sambung ayat surat an-Naba, tadi, karena ade bacanya bisa lancar dari awal sampai akhir, jadinya ade dapat hadiah, deh."


"Masyaallahu, bangganya mamah punya adek, ini karena adek selalu rajin menghapal dan muraja'ah Al-Quran, pastinya!"


membentuk generasi yang berkarakter

Membaca percakapan di atas pasti setiap orangtua akan merasa haru dan bangga bisa mendapatkan berita tentang prestasi anaknya. Begitu menyejukkan hati dan mata.


Untuk membentuk generasi yang berkarakter diperlukan ikhtiar dari para orangtuanya.Mendidik anak adalah kewajiban setiap orangtua. Alangkah sejuknya hati dan panca indra kita jika disuguhkan oleh hal-hal yang membuat nyaman di hati.


 Anak-anak yang berkarakter terbentuk karena hasil kolaborasi yang kompak dalam seni pengasuhan antara pendidik, orangtua serta lingkungan yang dilakukan sejak dini, bahkan pendidikan karakter dibentuk sejak dalam kandungan.


Bagaimana Membentuk Generasi yang Berkarakter?


Banyak cara yang bisa dilakukan para orangtua untuk membentuk generasi berkarakter, diantaranya, yaitu:


1. Memberikan suri Tauladan yang Baik Kepada Anak


Jika kita para orangtua ingin memiliki anak yang baik, tentu saja sebagai orangtua harus memberikan contoh yang baik. Terus mendampingi anak menjadi mitra yang bisa dijadikan contoh dan tempat bertanya. Kita para orangtua wajib mendampingi dan mendidik anak sampai akil baligh dengan intens.


2. Membatasi Pergaulan Anak


Menjauhkan anak dari pergaulan yang toksik dan memberikan dampak yang buruk dan hanya mendekatkan anak pada pergaulan yang berdampak baik.


3. Memberikan Bacaan yang Bagus 


Memberikan bahan bacaan yang berkualitas yang bagus juga merupakan salah satu usaha untuk membangun generasi muda yang berkarakter. 


Buku-buku yang berisi tentang dongeng dan cerita ringan yang berisi tentang contoh kebaikan juga sangat baik disajikan kepada anak.


Buku Anak Muslim Hebat Cinta Allah dan Rasulullah


membentuk generasi yang berkarakter

Memberikan bacaan yang baik merupakan salah satu usaha untuk membentuk generasi muda berkarakter.


Jika bunda ingin menyajikan bacaan yang berkualitas pastikan bacaan tersebut berisi tentang cerita-cerita hikmah yang bisa menggugah hati anak. 


Ada rekomendasi buku bagus, nih, Sains, untuk buah hati tercinta atau bisa juga untuk para ponakan jka belum punya anak. Bukunya berjudul 'Anak Muslim Hebat Cinta Allah dan Rasulullah'.


Buku ini ditulis oleh saya bersama teman-teman yang notabene rata-rata seorang pendidik di berbagai tingkatan, dari mulai jenjang anak usia dini, sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi.


Spesifikasi Buku


Buku antologi ini diterbitkan oleh Perkasa Creative Writing, memiliki tebal 120 halaman dan dilengkapi dengan lembaran mewarnai untuk anak. Kertas putih tebal atau book paper ukuran 72 gram, sehingga tulisan tampak jelas dan tegas. 


 Buku bersampul hijau muda ini berjenis soft cover dengan ukuran 14 x 20 cm. Hand friendly untuk anak-anak, membuat anak-anak nyaman ketika memegang buku ini untuk dibaca.


Isi Buku


Buku antologi anak muslim hebat cinta Allah dan rasulullah ini sangat tepat jika dijadikan pelengkap koleksi buku yang mendukung dalm membentuk generasi yang berkarakter menurut Islam.


Ada 13 cerita menarik yang dikemas apik oleh para penulisnya dengan menggambarkan cerita lucu dari celotehan riang ala khas anak-anak.


Ada cerita motivasi tentang seorang anak yang masih di bawah usia 5 tahun, namun sudah sangat bersemangat ketika mendengarkan adzan, seketika mengingatkan dia untuk segera berlari ke masjid. Cerita ini diadopsi dari kisah nyata sang penulis yang notabene seorang dosen di Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini


Ada lagi cerita tentang seorang anak yang menyayangi binatang peliharaan berupa kucing yang diberi nama Oreo. Oreo merupakan kucing kesayangan Rafaka yang sangat penurut, sehingga kemana pun Rafaka pergi asal masih di sekitar komplek perumahannya, pasti si kucing akan ikut serta.


Ada cerita yang membuat takjub dari kisah bocah penyayang binatang ini, wasilah rasa sayangnya kepada kucing bisa membawanya memenangkan lomba adzan. Bagaimana cerita selengkapnya? Bisa dibaca, yaa, dalam buku ini.


Ada satu cerita menarik lagi yang ditulis oleh Kak Yuni Ghaitsani seorang santri lulusan Pondok pesantren Dar Al-Qolam, Gintung dan kini mengajar di sekolah Islam Savana Tangerang, tentang seorang anak yang berdiskusi dengan ustadznya tentang muslim yang kuat.


Dengan lucunya anak ini berceloteh dan bertanya pada sang ustadz " Ustadz Muslim yang kuat itu seperti kuatya Hulk dan Spiderman, ya?!"


Sang Ustadz mesem-mesem menanggapi celoteh lucu bocah ini dan mencoba memberikan contoh dan hikmah dari para pahlawan Islam yang tangguh dan perkasa seperti Khalid bin Walid, Al-Fatih dan lainnya.


Kelebihan Buku


Sesuai dengan blurb yang tertulis di belakang sampul buku Anak Muslim hebat Cinta Allah dan Rasul bahwasannya setiap ayah bunda pasti memiliki cara dalam menanamkan nilai dan pendidikan pada putra-putrinya, malah seringkali orangtua  banyak belajar dari  sikap dan tutur kata para buah hati yang polos dengan keunikannya masing-masing.  


Seperti halnya cerita-cerita ringan yang dituturkan dalam buku ini, menggambarkan keceriaan dalam kepolosan anak-anak dalam mengekspresikan cintanya kepada Allah dan Rasululullah. Ini yang menjadi kelebihan buku ini. Banyak ibrah yang bisa orangtua ambil dalam memberikan ibrah/ pelajaran bagi anak-anaknya.


pendidikan berkarakter



Summary

 

Buah hati kita tercinta membawa fitrah yang lurus. Di tangan ayah bunda lah mereka akan diarahkan sebagai apa. Membentuk buah hati kita menjadi generasi tangguh dan berakhlak mulia adalah tugas kita. Yuk Papmam, didik anak-anak kita agar menjadi generasi penyejuk mata!


Lengkapi koleksi buku-buku Papmam untuk menyenangkan buah hati dengan buku Anak Muslim Hebat Cinta Allah dan rasul ini, ya, sebagai bahan untuk dongeng sebelum tidur bagi anak-anak yang masih usia balita alias bawah lima tahun atau untuk anak-anak yang belum mahir membaca.


Namun buku ini juga pas sekali untuk ananda yang sedang melancarkan kemampuan membacanya sambil membangun generasi yang berkarakter menurut pandangan Islam, karena cerita di dalam buku ini bernuansa Islami. 


InsyaAllah memudahkan Papmam dan ananda untuk menerapkan nilai-nilai Islami dan membentuk generasi yang berkarakter, generasi cinta allah dan rasul sehingga tumbuh menjadi buah hati penyejuk mata. Happy Parenting Sains dan salam literasi.


12 komentar on "Membentuk Generasi yang Berkarakter Melalui Buku Antologi"
  1. Inspiratif. Buku edukatif sekarang menjadi kebutuhan bagi anak dan menghindarkan dari ketergantungan gadget

    BalasHapus
  2. Membangun karakter anak sejak dini memang sangat penting karena mereka butuh tameng. Tantangan saya sekarang sebagai ibu anak cowok praremaja adalah pengaruh teman gaul Palung dan gawai.

    Perjuangan banget padahal sudah suruh anak baca buku agar pintar dan tahu banyak jendela dunia. Katanya sudah dibaca tapi tidak semuanya dibaca. Novel anak dan majalah Annida bekas punya saya tidak dibacanya.

    Bukunya bagus. Nanti kalau ada rezeki, insya Allah, akan beli. Untuk Palung dan Rana.

    Harus kembali ajak anak jajan buku. Saat hamil dan lahiran jarang jajan buku. Padahal harganya tidak seberapa dibandingkan manfaat yang bisa diperoleh anak.

    Semoga buku Anak Muslim Hebat Cinta Allah dan Rasul banyak dicari dan diminati para orang tua.

    BalasHapus
  3. Pendidikan karakter memang harus dimunculkan dari dini. Salah satunya adalah Dengan memberikan anak bacaan yang berkualitas dan edukatif.
    Jangan sampai anak-anak cuma kenal tokoh kartun fiktif. Tokoh Islam baik yang nasional dan mendunia juga sangat banyak

    BalasHapus
  4. Mendidik dan membangun karakter anak memang membutuhkan proses, selain berproses seperti anak pada umumnya. Namun juga perlu diperhatikan orang tua, bahwa proses terbaik itu adalah dengan keteladanan

    BalasHapus
  5. Betul sekali anak sekarang mulai banyak yg kecanduan gadget lho...nah sebagai orang tua juga harus mengajak anak.membaca buku kalau perlu di kasih reward

    BalasHapus
  6. MasyaAllah, boleh ini bukunya untuk bacaan anak.
    Bisa buat dibaca bareng pada saat waktu mahgrib. Untuk membentuk kepribadian yang baik memang harus dibiasakan dari kecil

    BalasHapus
  7. Anak-anak zaman sekarang perlu treatment khusus agar mau baca buku ketimbang main gawai. Memang kudu dilatih. Bagusnya sejak usia dini.

    BalasHapus
  8. Menarik sekali bun bukunya. Memang menjaga keinginan anak untuk membaca itu tidak mudah tapi harus terus kita usahakan y

    BalasHapus
  9. Saya sangat mendukung sekali bahwa anak-anak Indonesia harus diperkenalkan kepada buku dari sejak dini, balita atau bahkan batita karena memang itu sangat sangat bermanfaat untuk membentuk karakter yang kuat hingga mereka kelak dewasa.

    BalasHapus
  10. Wah menarik bukunya mbak, sepakat anak-anak butuh bacaan yang bagus, selain untuk menambah wawasan juga membentuk karakter

    BalasHapus
  11. Buku yang bagus, pas banget buat para orang tua untuk menanamkan pendidikan pendidikan karakter terbaik bagi anak dari segi agama

    BalasHapus
  12. Masyaallah tabarakallah, selamat atas bukunya untuk Teh Nita dan kawan-kawan. Semoga menjadi nilai kebaikan untuk semua. Aamiin.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger