Cara Memasang Google Analytics Di Blogspot. Mudah Sekali!

Sabtu, 10 September 2022

Ingin menjadi blogger profesional? Jika teman-teman sudah siap melangkah dalam dunia blogging dan menjadikan blog bagaikan sebuah perusahaan yang harus dirawat dan dirintis dai nol hingga bertambah nilainya, Sudah saatnya kita bukan hanya sekedar menulis dan menjadikan blog sebagai media curhat. 


Setelah memutuskan untuk memasang domain TLD pada blog, tahap selanjutnya adalah memasang Google Anaytics pada blog kita. Agar kita bisa mengambil langkah tepat guna menaikkan performa blog. Semoga saja dengan ikhtiyar ini kita bisa menjadi blogger sukses, ya?!Aamiin

 

cara memasang google analytics di blogspot


Yuk kenali lebih dekat blog kita dengan menghubungkannya pada google analytics yang telah disediakan oleh google. Bagaimana cara menghubungkanya? Apa yang harus kita lakukan? Baca terus, ya, nanti saya spill bagaimana cara memasang Google Analytics di blog. 


Berhubung saya menggunakan CMS atau Content Management System blogspot, jadi saya akan menjelaskan bagaimana cara memasang Google Analytics di blogspot pada artikel kali ini. Yuk baca lanjut, ya. hal ini juga menjadi salah satu langkah dalam optimasi blog.


Mengenal  Tentang  Google Anaytics (GA) Dan Fungsinya


Bagi seorang blogger meski pemula sekali pun pastinya sudah pernah mendengar istilah ini. Bagaimana cara mengetahui performa blogmu? Kita bisa menelusurinya melalui "Google Analytics".


Nah itulah kata-kata yang sering saya dengar kala itu ketika memasuki dunia blogging, bahkan dari sejak awal dahulu, sekitar 10 bulanan yang lalu, saat saya mulai mencicipi dan menjejakkan kaki di ranah blogging.


Lalu apa arti Google Analytics itu sendiri? Google Analytics adalah sebuah media yang disediakan google secara gratis sejak tahun 2006 silam untuk mengetahui bagaimana sebuah media digital kita berkembang. 


Media digital tersebut bisa berupa blog, youtube atau pun Google Adwards. Di dalamnya menyajikan data tentang seberapa banyak para pengunjung kita, seberapa intens pengunjung media digital kita mendatangi media digital kita, serta data medics yang lainnya. 


Artikel kali ini saya khususkan pada pembahasan Google Analytics dan kebermanfaatannya bagi sebuah blog, terutama google analytics pada blogger alias blogspot. Saya tunjukkan pada gambar di bawah ini, bagaimana Google Analytics menyajikan informasi data metrics pada sebuah blog.


cara memasang google analytics di blogspot


Dari gambar di atas kita bisa mengetahui seberapa banyak pengunjung di blog kita, seberapa banyak page views  baik harian, bulanan, atau pun mingguan. Berapa lama durasi waktu rata-rata para pengunjung berselancar di blog. Google Anaytics menggambarkan semua ini secara detail. 


Gambar di atas baru menunjukkan tentang  data metrics dari bagian audiens di over view. Masih banyak lagi data yang disuguhkan oleh Google Analytics pada fitur lainnya yang bisa kita telusuri, seperti pada fitur actribution, behavior dan acquitition.


Cara Memasang Google Analytics Di Blogspot


Setelah Mengetahui apa itu Google Analytics dan sekilas tentang fungsinya, pastinya sains akan merasa penasaran tentang bagaimana cara memasang Google Analytics di blogspot, dan bagaimana agar terhubung dengan blog kita.

Saya akan memberikan cara simpel dan cara mudah bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memasang Google Analytics. Berikut adalah hal yang harus dilakukan:

1. Buat Akun Google


Jika sudah mempunyai blog tentunya sudah memiliki akun google. Pastikan akun untuk Google Analytics disesuaikan dengan akun blog yang digunakan

2. Masuk ke web site Google Anlytics


Ketik alamat  https://analytics.google.com/ pada kolom pencarian, maka Sains akan diarahkan pada website Google analytics, lalu klik pada bar Mulai mengukur.

cara memasang google analytics di blogspot


3. Pembuatan Akun


Pada halaman pembuatan akun di site Google Analytics Sains akan disuguhkan term seperti pada gambar di bawah ini. Lalu isi nama akun dengan nama diri atau untuk lebih memudahkan mengingat sebaiknya diisi dengan nama blog kita. Lalu ceklist semua bagian opsi pilihan, lalu klik berikutnya/next.

cara memasang google analytics di blogspot


4. Penyiapan Properti


Pada bagian ini ada dua pilihan yang disuguhkan, ingin menghubungkan blog kiyta dalam versi Google Analytics 4 (GA4) atau sekaligus dalam versi Universal Analytics (UA). Jika ingin keduanya klik opsi lanjutan dan geser kursor menjadi tanda biru, laluisi negara tempat tinggal dan mata uang. Selanjutnya klik berikutnya.

cara memasang google analytics di blogspot

5. Pengisian tentang Data bisnis


Setelah selesai mengisi data properti dan klik berikutnya maka akan muncul halaman pengisian tentang bisnis. Pada kolom ini isi sesuai kebutuhan dan tema blog kita, lalu centang terms yang kita ingin dapatkan dari pelayanan Google Analytics. Saya centang semua lalu klik buat, maka nanti akan muncul bar pop up seperti di bawah ini. beri tanda ceklist sebagai tanda persetujuan tentang peraturan yang diberikan.


cara memasang google analytics di-blogspot


6. Menghubungkan Kode Pelacakan Google Analytics dengan Blog


Setelah selesai mengisi data bisnis, dan menceklist kolom persetujuan maka kita akan mendapatkan kode pelacakan yang akan dihubungkan pada blog kita. 

Cara menghubungkannya klik kode pelacakan pada bar lalu copy dan pastekan kode HTML-nya pada bar kode HTML template blog. langkah awal masuk terlebih dahulu pada dashboard blog, klik template dan klik bagian kode HTML, maka akan muncul bar kode java script. seperti gambar di bawah ini:

Pastekan kode pelacakan yang didapatkan ke kolom pas di bawah <head>. Biasanya ada diposisi sekitar  baris ke 4 sd 6 sesuai dengan jenis template yang digunakan. Cara mencari simpan kursor pada bar bagian dalam kode HTML laku klik CTRL F, maka nanti akan diarahkan ke <head>.


cara memasang google analytics di blogspot



Yeaay, alhamdulillah, Ruang Narasi dan Inspirasi Nita sekarang sudah terhubung dengan Google Universal Analytics .  Hubungkan juga, yuk blog kalian dengan Google Universal Analytics, biar makin dekat dengan para sahabat maya kita, dan mengerti keinginan-keinginannya. Cieee.

Menghubungkan Google Analytics 4


Berhubung ada kabar Google Universal Analytic (UA) akan habis masa berlakunya di bulan juli tahun 2023 nantidan beralih ke Google Analytics 4, maka, yuk kita coba menghubungkan blog kita ke Google Analytics 4. Kalo menurut hitungan waktu sudah tidak lama lagi, nih.

Caranya bagaimana? Sangat mudah, saya dapatkan ini dari blognya blogspedia. Saya temukan ada beberapa cara, namun saya menggunakan cara yang katanya paling gampang, dan ternyata memang beneran gampang banget, lho. Saya spill (kasih tahu) ya langkahnya.


1. Masuk ke Akun Google Analytics


Langkah pertama masuk pada akun Google Analytics yang telah kita buat sebelumnya dan sudah terhubung  Google Universal Analytics. Lalu klik admin, maka akan diarahkan pada halaman seperti gambar di bawawah ini.

Pilih property yang bertuliskan kode UA lalu klik maka nanti akan diarahkan pada halaman selanjutnya. Lalu pilih bar Google Analytics (GA4) set up assistant.

cara memasang google analytics di blog


2. Get Started


Setelah diklik bar Google Analytics 4 (GA4) set up assistant, maka akan muncul halaman get started seperti gambar di bawah ini. Klik bar get started maka setelah itu akan muncul pop up dan diarahkan pada laman selanjutnya. Klik Create Property.  

cara memasang google analytics di blogspot


3. Terhubung Ke Google analytics 4


Setelah klik create property, maka akan terhubung langsung ke laman yang mengarahkan ke GA4. Klik go to your GA4 property, maka kita akan diarahkan ke dashboard Google Analytics 4.


cara memasang google analytics di blogspot


Nah begini penampakan dalamnya dashboard Google Analytics 4 (GA4). Sedikit berbeda, ya dengan yang google Universal Analytics (UA). Awalnya ketika pertama kali terhubung kita tidak akan menemukan data metric, namun setelah 24 jam, data-data ini akhirnya bermunculan. Alhamdulillah.

Summary


Nah mudah, kan? Jika hanya dibaca saja tanpa dipraktikan maka akan terkesan berbelit-belit dan menyusahkan, karena langkahnya yang panjang. Namun jika sudah terjun langsung dan mempraktikan langkah-langkah cara memasang Google Analytics di blogspot ini, maka akan terasa mudah.

Lakukan dengan rileks dan  jangan gugup, ya. Selamat mencoba dan Go Profesional sebagai blogger. Happy Bloggig, semangat terus berkarya.



Referensi:


https://www.blogspedia.my.id/google-analytics-4/

https://www.blogspedia.my.id/google-analytics/

https://www.fahlevis.com/2022/09/cara-memasang-google-analytics.html


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat sehingga menjadi hidangan yang mengenyangkan. Silahkan meninggalkan komen positif untuk merekatkan tali silaturahmi. Jangan lupa sematkan nama, hingga tak ada unknown diantara kita. Mohon tidak meninggalkan link hidup, ya kawan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Barakallahu.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger