Orang Tua harus Tahu! Ini Permainan Sederhana dan Edukatif untuk Anak

Jumat, 01 Desember 2023

Menjadi orang tua itu tantangan dan tanggung jawabnya besar!!! Dari mulai memikirkan menu yang bernutrisi, menyediakan pakaian yang layak, menyediakan tempat tinggal yang aman dan nyaman, memberikan pendidikan yang berdampak bahkan sampai memilihkan permainan yang edukatif merupakan tanggung jawab orang tua. 


Tentunya kita sebagai orang tua ingin sekali mengupayakan berbagai kegiatan meskipun jenis permainan sederhana untuk anak, baik permainan anak-anak tradisional maupun jenis permainan anak modern.


permainan sederhana untuk anak


Singkatnya tiga aspek yang harus diupayakan oleh orang tua terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu asah, asih, asuh harus terpenuhi. Orang tua bertanggung jawab terhadap pendidikan dan perkembangan otak anak, selain itu orang tua juga harus memiliki rasa cinta dan kasih sayang agar anak bisa tumbuh dalam perasaan aman dan nyaman. 


Nah, perlu kita ketahui dunia anak usia dini adalah dunia bermain. Bermain bagi anak usia dini merupakan bekerja dan menjadi sarana bagi mereka untuk bisa bertumbuh dan berkembang dengan layak. Bergerak aktif demi mengembangkan kemampuan psikomotorik. Jenis pemainan apa yang bisa menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak? Tentu saja permainan yang bersifat memberikan edukasi pada anak.


Orang tua wajib memilihkan permainan-permainan yang berdampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan buah hatinya. Terutama di masa periode sensitif yaitu di usia 0 sampai 6 tahun. Dimana pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan anak sedang pesat-pesatnya.


Permainan yang dipilihkan untuk anak tidak perlu yang mahal dan rumit, namun bisa dipilihkan jenis permainan sederhana untuk anak namun memberikan edukasi dan juga seru. Intinya yang penting anak happy dan teredukasi serta terstimulasi.


Saya akan menyajikan pilihan permainan yang bisa Papmam kenalkan pada anak. Jika perlu Papmam juga terlibat permainan bersama anak. Anak pasti akan senang dan merasa diprioritaskan oleh ayah bundanya. Jenis permainan bisa permainan yang biasa dilakukan di indoor maupun outdoor, baik jenis permainan tradisional maupun modern.


Jenis Permainan Sederhana Di Outdoor


Banyak sekali jenis permainan outdoor yang bisa kita kenalkan pada anak, tapi biasanya jika anak sudah terbiasa bersosialisasi dengan teman-teman di lingkungannya, otomatis anak akan mengenal permainan yang memang sudah familiar dikalangan anak-anak. Beberapa permainan yang sudah familiar di kalangan anak-anak diantaranya:


games untuk anak SD



1. Main Petak Umpet


Permainan petak umpet adalah permainan legend yang sudah dikenal sejak zaman dahulu kala, bahkan bukan hanya zaman kita kecil, kalangan nenek dan buyut kita tahu dengan permainan petak umpet. Permainan ini bisa dimainkan mulai dari 3 orang atau lebih. Lebih banyak lebih seru.


Aturan mainnya:


Pertama sang pemain melakukan hompimpah, masing-masing anak menjulurkan telapaknya bagian dalam atau bagian luar yang diperlihatkan. Jumlah telapak yang diperlihatkan bisa yang sedikit atau yang lebih banyak yang memenangkan.  Kesepakatan bisa dibuat di awal. Biasanya tinggal tersissa dua orang dan dua orang tersebut melakukan suit. Yang kalah dalam suit dia yang menjadi kucingnya atau menjaga gawang. Penjaga gawang ini bertugas untuk mencari temannya yang ngumpet.


Manfaat Permainan: 


Banyak sekali manfaat yang didapat dari permainan anak tradisional yang sederhana tapi seru. Anak bisa melatih kemampuan perseptualnya atau lebih dikenal dengan insting. Psikomotorik kasar anak juga jadi lebih terlatih karena banyak berlari dan bergerak. Anak dirangsang untuk menentukan strategi agar tidak mudah ditemui oleh sang penjaga gawang, kegiatan ini memberi rangsangan pada kemampuan kognitif anak.


2. Main Loncat Tali, Enggrang, Loncat Gunung


Ketiga permainan ini sejenis permainan tradisional yang sudah tidak asing lagi untuk anak-anak di masaku. Namun untuk anak-anak zaman now sepertinya agak asing. Untuk itu harus disosialisasikan kembali, agar anak-anak mengenal jenis permainan tradisional asal negaranya.


Aturan Main:


Sebelum memulai permainan loncat tali, seperti biasa, sejumlah anak yang ikut serta diminta untuk hompimpah, yang kalah maka yang harus memegang tali karet. Biasanya tali karet dibentangkan oleh dua anak dari ujung kanan dan kiri. Permainan dimulai dari challenge termudah, yaitu karet terbentang seukuran pipis (Namanya lucu ya, karena memang karet dibentangkan mulai di ujung tempat keluarnya pipis), lanjut ke pinggang, ke dada, lalu serata telinga, ujung atas kepala, lalu meningkat ke sejengkal di atas kepala, ketinggian maksimal di posisi mi merdeka, yaitu posisi tangan diluruskan ke atas sambil memegang tali karet. Siapa yang mampu melampui loncatan seukuran tersebut maka dia memenangkan permainannya.


Permainan enggrang bisa dilakukan bergantian, bendanya terbuat dari bambu. masing-masing anak dibutuhkan kelihaian untuk menjaga keseimbangan. Challengenya, setiap anak harus mampu menggunakan enggrang sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Siapa yang sanggup maka dia yang menang.


Permainan loncat gunung bisa dimainkan minimal 2 orang anak, lebih banyak lebih seru. Pertama media tempat loncat digambar terlebih dahulu3 step pertama berbentuk tiga bujur sangkar yang posisinya berurutan. Lalu digambar lagi tiga bujur sangkar berderetan menyamping sama besar. kemudia di atasnya digambar lagi satu bujur sangkar, kemudian tiga bujur sangkar berderetan menyamping, setelah itu digambar setengah lingkaran bak gunung seluas ukuran tiga bujur sangkar yang telah digambar.


Selanjutnya anak-anak memilih batu gacoan untuk dilempar di setiap petak yang telah digambar. Petak yang terdapat batu gacoan dilarang diinjak oleh siapapun, baik oleh sang pemilik batu ataupun temannya. Permainan dimulai dari pelemparan gacoan di kotak step pertama, jika sang pemain berhasil meloncat sampai ke step kotak di dekat gunung tanpa menginjak garis batas, maka bisa melanjutkan ke step selanjutnya, yaitu batu dilempar di kotak step kedua. Begitu seterusnya. 


Tantangan dalam permainan ini adalah ketika melempar gacoan di kotak step daerah dekat dengan gunung, karena gacoan dilarang keluar garis ataupun menyentuh garis. Lumayan susah, kan? Dan ini tantangannya. Selain itu tantangan sulit lainnya adalah pada bagian meloncat. Kaki dilarang menginjak garis dan menginjak tempat yang terdapat batu gacoan. Bayangkan jika semua tempat terdekat terdapat gacoan milik sendiri atau kawannya?? Terpaksa harus langsung loncat ke daerah yang tidak ada gacoannya, lantas kalau jauh bagaimanaaaa? hehehe...itulah tantangannya.


Manfaat Permainan:


Ketiga permainan ini sama-sama mengandalkan kekuatan fisik dan kelihaian psikomotorik kasar anak. Melalui permainan ini kemampuan keseimbangan anak bisa terlatih, kemampuan psikomotorik kasar anak jadi bisa lebih berkembang.


karena ketiga jenis permainan ini membutuhkan partner permainan agar lebih seru, maka kemampuan sosial emosional anak pun akan terasah. Anak dilatih agar bisa mau berbagi, menahan emosi jika kalah dan berusaha membesarkan hati untuk sportif.


Gimana Papmam, seru-seru, kan permainannya. Zaman Papmam dulu pasti juga pernah memainkan permainan anak tradisional ini kan? Tapi di zaman anak kita sekarang belum tentu, lho. Boleh dicoba yaa, Papmam juga boleh ikut serta.


Nah selanjutnya kita kenalkan jenis permainan seru untuk anak yang bisa dilakukan di indor atau di dalam ruangan. Permainan ini juga tidak kalah serunya dengan permainan yang dilakukan di outdor. Apa saja sih, yuk kita ulas satu persatu, dijamin deh, papa mamanya juga kepingin ikutan main.


Jenis Permainan Sederhana Di Indoor



game anak-anak indoor


Banyak sekali permainan sederhana dan edukatif untuk anak yang bisa dilakukan di dalam rumah. Dan tentu saja permainan khas anak-anak yang dilakukan di dalam ruangan ini tidak kalah seru dengan permainan yang dilakukan di luar ruangan.


Tantangan bagi para orang tua untuk menyediakan jenis aktivitas di rumah yang bervariatif agar anak tidak bosan dan selalu ada yang berbeda. Bagi anak bermain adalah bekerja. Sebuah kebanggaan yang tiada tara buat anak jika dia bisa mengerjakan pekerjaan layaknya orang dewasa.


Aktivitas sehari-hari Papmam pun bisa menjadi ide permainan edukatif, seperti kegiatan memasak di dapur, mamah bisa melibatkan si kecil untuk turut serta di dalamnya. Membiarkan si kecil berkesempatan untuk memotong sayuran, bumbu dengan pisau yang disesuaikan dengan ukuran tangannya dan juga aman digunakan. Kegiatan memasak jadi tambah seru.


Ketika Papa sedang memperbaiki alat elektronik si kecil juga bisa ikut dilibatkan di dalamnya, misalnya dengan memintanya mengambilkan benda yang dibutuhkan. Selain anak bergerak beraktivitas banyak sekali pekajaran yang didapatkan di dalamnya, seperti mengenal nama benda, fungsi benda dan lainnya. Perbendaharaan kata pun jadi bertambah. Selain itu dari pengenalan ragam kegiatan kita pun akan mengenal bakat dan minat anak ke arah mana.


Kegiatan yang Papmam lakukan bisa menjadi inspirasi bagi anak dalam berimajinasi dan mengembangkan kemampuan psikomotor, kognitif, dan bahasa. Kita pun harus mengembangkan kemampuan kita di berbagai hal agar bisa menjadi orang tua inspiratif bagi anak-anaknya.


Kegiatan indoor lainnya adalah membaca buku di rumah, bermain bola bekel, bermain boneka kertas, bermain congklak, bermain lego, bermain puzzle, melukis, membuat prakarya bermain praktik sains dan masih banyak lagi yang lainnya. Semuanya sangat bermanfaat bagi perkembangan psikomotor, bahasa, kognitif dan juga afektif anak.


Nah selain jenis permainan tersebut, Papmam juga bisa mengenalkan anak pada permainan games online yang edukatif. Saat ini banyak sekali lho jenis games online yang sifatnya mengedukasi. Aman di mata, karena tidak memerlukan pergerakan bola mata yang berputar cepat.


Orang tua pun bisa lebih memiliki pilihan variatif dalam memberikan aneka jenis mainan yang edukatif kepada anak agar anak tidak jenuh dengan model permainan yang itu-itu saja. Nah, teman-teman bisa menemukan permainan online edukatif di web solitaire.org.


Jangankan anak-anak, aku sendiri sangat menyukai aneka permainan online yang disediakan di solitaire.org karena memang memancing kita untuk banyak berpikir. Aku sih berharap dengan memainkan beberapa jenis permainan online ini bisa mencegah kepikunan dini, hehe. 


Sebenarnya banyak sekali jenis permainan yang disediakan di solitaire.org, namun ada beberapa jenis permainan yang sangat aku sukai. Biasanya aku ajak si ade untuk ikut bermain demi mengembangkan kemampuan kognitifnya. Permainannya diantaranya:


1. Hidden Object Castle



permainan game online gratis
Permainan seru. Mencari angka-angka yang tersembunyi. Deretan angka yang tadinya banyak jadi berkurang karena telah berhasil ditemukan.


Aturan Main:



Langkah awal tentu saja masuk ke web solitaire.org nanti akan diarahkan pada laman beranda, selanjutnya pilih jenis permainan hidden object klik barnya nanti akan muncul pilihan "castle",  klik barnya, maka akan diarahkan langsung ke bar permainan. Klik tombol play maka nanti akan diarahkan pada beranda game. Pilih bar yang tak terkunci nanti akan muncul bar pop up yang akan mengantarkan kita ke ruang permainan. klik tanda silang. 


Selanjutnya kita akan disuguhkan pemandangan castle dan pohon-pohon dengan tumpukan harta karun. Nah setelah masuk pada ruangan permainan jangan bingung yaa, karena angka-angka yang harus kita cari begitu samar. Tuntun anak terlebih dahulu untuk mencari angka-angka yang bersembunyi. 


Selanjutnya anak akan paham cara memainkannya. Terus lanjutkan permainan sampai angka yang tersembunyi ditemukan semua. Apa petunjuk jika angka sudah di temukan? Bar biru tua yang terdiri dari sekelompok angka sudah bersih tidak ada angka lagi di dalamnya.  Selamat mencoba yaa, seru sekali bukan? Nah selain permainannya seru manfaatnya juga banyak, lho. Apa saja?


Manfaat Permainan



Permainan ini pas sekali untuk anak-anak yang sedang memperkuat ingatan terhadap angka-angka. Selain itu juga bagus sekali untuk melatih kecermatan dan ketelitian, karena angka yang bersembunyi ini bentuknya sangat kecil dan juga samar, mirip bayangan. 


Permainan hidden object ini juga bisa melatih daya konsentrasi dan fokus anak. Diharapkan anak bisa mindfulnes ketika belajar dan berkegiatan lainnya. Kemampuan kognitif anak pun akan lebih berkembang. Seru sekali, kan? Dijamin deh bukan hanya anaknya yang suka tapi mamahnya juga, hehe. Itung-itung hiburan dari kepenatan di dapur ya mah?!

2. Mahjong Cooking


Permainan Mahjong Cooking di web solitaire.org ini juga games favorit aku bareng si bungsu. Maklum ya sama-sama perempuan, jadi senang dengan hal-hal yang bernuansa cooking and baking. Lucunya kalau sedang main game ini jadi berasa lapar langsung pingin makan makanan seperti menu  dalam game ini, hehe. Gimana nggak terpesona, yang disajikan spagheti bologneise tabur bakso, steak salmon, Steak daging sapi lengkap dengan saus dan sayurannya, hhm so yummy. Buktiin sendiri, deh, dengan main Mahjong Cooking. Gimana caranya? Yuk aku kasih tahu.

game solitaire.org


Aturan Main: 


Langkah awal seperti biasa masuk ke web solitaire.org nanti akan diarahkan pada laman beranda, selanjutnya pilih jenis permainan Mahjong, nanti akan muncul menu pilihan permainan, pilih cooking, nanti kita akan diarahkan pada bar menu permainan, pilih play, dan kita akan disuguhkan pada aneka pilihan bahan makanan yang harus diracik sesuai dengan petunjuk menu hidangan pada pojok kiri atas.


Pilih bahan yang sesuai dengan sajian menu pada pojok kiri atas, biasanya satu hidangan terdiri dari 3 atau 4 bahan. Jika pilihan bahan sudah benar maka point akan bertambah, dan bahan yang dipilih akan berkurang. Lakukan terus sampai bahan habis sempurna dan kita memenangkan permainan ini. Horaaay, selamat mencoba yaa.


Manfaat Permainan:


Permainan Mahjong cooking ini sangat pas untuk anak-anak yang sedang belajar mencocokan benda yang sesuai pasangannya. Permainan ini melatih anak mengklasifikasikan benda, dan berpikir cermat dalam menentukan pilihan. Anak distimulasi untuk meramu bahan yang sesuai dengan menu sajian.


Melaui permainan ini diharapkan kemampuan kognitif anak akan berkembang, ketelitian, kecermatan, ketelatenan, ketangkasan berpikir dan daya fokus serta imajinasi juga dilatih melalui permainan Mahjong Cooking ini. Selain harus memasangkan bahan yang sesuai anak juga harus berpikir cepat karena terbatas oleh waktu yang diberikan.


Setelah bermain, boleh juga nih kalo mamah dan ananda langsung mempraktikannya di dapur, agar anak memiliki pengalaman konkret. Acara masak pun jadi makin seru karena terinspirasi dari permainan games favorit, yeaay.


3. Mahjong Animal Connection


Permainan Mahjong Animal terlihat mudah, tapi lumayan menantang juga, lho. Mamah bisa membantu ananda untuk mengajarinya terlebih dahulu. Animal Connection ini permainan yang mengarahkan anak untuk memasangkan hewan sejenis, alias mencari hewan yang sama jenisnya, lalu dihubungkan satu sama lain. Seru, kan? Bagaimana cara mainnya? Yuk disimak.


permainan Edukatif


Aturan Main:


Ketika kita sudah masuk di beranda solitaire.org, bisa pilih menu Mahjong lanjut pilih menu Animal Connection. Selanjutnya kita akan diarahkan pada bar menu permainan, pilih play lalu kita akan langsung diarahkan masuk pada ruang permaianan, nanti akan muncul pilihan dari level permainan yang mudah, sedang dan sulit. Pilih yang mudah dulu ya, agar anak bisa enjoy menikmati permainan ini. 


Mamah dan ananda bisa mulai main, deh. Hubungkan jenis hewan yang sesuai. Satu sama lain bisa terhubung jika tidak ada hambatan yang menghalangi, untuk itu menghubungkan hewannya harus yang jalannya terbuka, yaa. Selamat bermain. Awas jangan lupa waktu, hehe.


Manfaat Permainan:


Permainan Animal Connection membantu anak berkonsentrasi, mengklasifikasikan benda yang sama jenisnya. Kecermatan, ketelitian serta ketelatenan dan daya imajinasi dapat distimulasi melalui permainan ini. Selain itu, anak-anak mengenal lebih banyak lagi aneka jenis hewan. Kosakata pun jadi bertambah. Pengetahuan tentang warna, bentuk bisa distimulasi juga melalui permainan Mahjong Animal Connection ini. Yuk, ajak sikecil memainkan permainan ini, biar tambah pintar.


Nah, gimana Papmam, seru-seru, kan permainannya. Games anak indoor ini pas sekali untuk alternatif permainan anak SD kelas 1 sampai dengan kelas 3 dan juga menjadi permainan yang pas untuk anak Tk. Gimana Papmam, penasaran ingin mencoba? Kunjungi web solitaire.org sekarang, ya, dan temukan aneka jenis permainan edukatif lainnya. 


Summary


Dengan banyaknya pilihan permainan yang ada di lingkungan anak, kita sebagai orang tua harus bijak dalam membantu anak memilih jenis permainan yang akan dimainkan. Harus dipastikan bahwa permainan yang dimainkan oleh anak akan membawa manfaat pada beberapa aspek perkembangan anak.


Beberpa jenis permainan sederhana untuk anak-anak yang sudah dijabarkan di atas semoga dapat membantu Papmam untuk merekomendasikan jenis permainan yang tepat. Beberapa permainan bisa dijadikan games anak-anak dalam acara family gathering,  jika dilakuakn di outdoor.


Seperti permainan petak umpet, loncat tali, loncat gunung, bisa dijadikan permaian seru di acara kumpul keluarga besar. TAmbah seru, kan kalau anggota pemainnya tambah banyak. Semoga beberapa jenis permainan sederhana untuk anak-anak ini bisa menginspirasi, yaa. Happy Parenting.



Referensi


Bambang Sujiono, Metode Pegembangan fisik, Jakarta: Universitas Terbuka, 2015.


Rosalynn Tamara, Filosofi Montessori, Jogjakarta: Bentang Pustaka, 2023.


Trish Kufner, Play and Learn 280 Aktivitas Bermain dan Belajar Bersama Anak, JAkarta: Elexmedia Komputindo, 2003.


https://www.solitaire.org/


28 komentar on "Orang Tua harus Tahu! Ini Permainan Sederhana dan Edukatif untuk Anak"
  1. Saya di rumah kadang maen petak umpet sama anak-anak. kalau pulang kerja, mereka sudah auto ngumpet dan ibunya ngasih kode buat nyari mereka biar mereka amazed. Seseru itu ternyata maen sama anak-anak, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget pak, itung-itung menjaga kewarasan, ya, dan bisa awet muda juga tuh, hehe.

      Hapus
  2. Saya tuh merasa bersyukur sekali lahir di tahun 80an. Dimana masih bisa merasakan berbagai mainan tradisional. Hingga permainan modern dan sekarang yang semakin canggih dengan banyaknya bermunculan permainan asah otak alias game.
    Perjalanan hidup itu menempa saya, menjadi pribadi yang lebih kuat, secara anak jadul dengan anak sekolah sekarang tuntutannya jelas jauh beda
    Main game seru juga. Biasanya saya min game kalau lagi kejebak macet
    Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga kak dicoba permainan di solitaire.org pas kejebak macet, lumayan buat ngasah otak, kan:1

      Hapus
  3. Jadi inget pas jaman masih bocah. Seneng banget main petak umpet. Seru banget bagian mencari teman-teman yang ngumpet tuh.
    Pas jaman kuliah, aku sudah seneng main solitaire. Main ngurutin kartu gitu. Sekarang makin beragam ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Petak umpet memang permainan yang fenomenal yaa, selalu bikin bahagia. Sekarang ada game solitaire yang bikin permainan jadi tambah beragam:1

      Hapus
  4. Main petak umpet ini sudah ada dari jaman dulu ya alias sebelum daku lahir pun udah ada, dan jadi mainan yang mengasikkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betuk sekali kak, permainan sederhana tapi fenomenal petak umpet ini:1

      Hapus
  5. tak hanya permainan outdoor, ada juga permainan indoor yang bisa membuat anak bermain sambari belajar. Bisa dipilih saat cuaca tidak mendukung atau tidak ada teman bermain ya. Cocok nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. PAs banget, kak, di segala cuaca anak-anak tetap bisa happy ya:1

      Hapus
  6. Game baik online maupun offline emg hrs diperkenalkan ke anak ya kak biar mengasah kemampuan motorik dan psikomotorik mereka. Setiap game emg pny keunikan masing2 dan manfaat masing.

    Enaknya di Solitaire.org ini, kita ga prlu download game. Jd ga penuhin memori ponsel kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sekali kak, semoga permainan sederhana namun positif saja ya, yang bisa kita terapkan ke anak.

      Hapus
  7. Aku juga sering main solitaire, gamesnya seru-seru dan klasik. Jadi seperti main di masa kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaw...pantesan kak Anggita juga asyik orangnya suka main game juga ternyata di solitaire, sekarang makin beragam ya kak:1

      Hapus
  8. anak zaman now tuh ya mba, kaya anakku tuh ak ajarin sebentar dan kasih tau caranya pakai laptop eh skrg dia udh mulai bisa eksplore sendiri, boleh nih ak rekomen game2 ini buat hiburan di akhir pekan gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget, mba, kita malah kalah yaa sama anak-anak, apalagi model permainan online, mereka lebih cepat nangkap:1

      Hapus
  9. aku paling suka main lompat tali sekalian olahraga, anakku juga suka. tapi sekarang minta enggrang tapi aku nggak bisa membuatkannya. tapi anakku kadang juga main game online, pernah main game di solitaire juga, seru sih... heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata seru ya ka bermain bareng anak, meski bnyak drama. game di solitaire memang bnyk yang seru dan mengedukasi.

      Hapus
  10. Wah sebagai ibu rumah tangga. Game ini jadi perenda stress lho hehe. Tapi anakku juga main juga sih hihi. Suamipun ikut ternyata bisa semakin merekatkan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget kak Hamim, lah aku malah seneng juga main di soitaire yang Mahjong cooking, hehe:1

      Hapus
  11. Iya nih, jangan tahunya hanya belikan anak permainan dan biarkan mereka bermain sendiri. Justru orang tua harus bisa meluangkan waktu untuk bermain bersama anak karena aktivitas ini punya dampak yang positif bagi pertumbuhan anak. Nah, memarik nih ide permainan sederhana baik outdoor dan indoor yang disampaikan di atas. Btw ku juga uska nih ajak anak main game di solitaire karena game yang ada di sana seru2 dan bisa melatih otak anak.

    BalasHapus
  12. game di solitaire gak hanya untuk anak sih, saya juga sering bermain game disini, hehehe. anak saya paling suka bermain words sih, kalau saya tentu saja mahjong, hehe

    BalasHapus
  13. Kalau anak sekarang yang tinggal di lingkungan dengan sedikit populasi anak-anak, jadi agak sulit bermain bersama yaa.. Padahal permainan tradisional ini tuh menyenangkan sekali.
    Setelah mengenal web solitaire.org, uda happy aja sih.. ya orangtuanya, ya anaknya. Karena websitenya sesimple itu.. tampilannya enak, gak ada pop up iklannya juga.

    BalasHapus
  14. waah terimakasih referensi ide2 bermain yang sederhana. permainan bisa menjadi sarana perekat bonding orang tua dan anak, baik bermain bersama ourdoor ataupun bermain dengan gadget bersama.

    BalasHapus
  15. Permainan ini seru, melepas stress dan membuat kita refresh kembali. Aku ud lama main permainan ini

    BalasHapus
  16. wah game mahjong sekarang kok cute-cute ya, anak juga jadi bisa main hihihi. aku jadi inget dulu juga sering main game ini

    BalasHapus
  17. Boleh juga nih ide permainannya. Auti ingat masa kecil saya yang diwarnai dengan permainan tradisional. Oh ya dulu juga hobi main game kartu atau solitaire di komputer jadul. Nah, untuk memainkan game tersebut sekarang makin mudah dab praktis ya karena ada websitenya. Ada banyak jenis permainan lainnya juga. Menarik nih.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger