Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dalam Waktu Singkat

Sabtu, 16 Desember 2023

Melihat Andin yang sedang misuh-misuh di depan cermin sambil mengusap-usap wajahnya, Nana spontan bertanya, "Kenapa And, ko kayanya bete banget." Andin menoleh ke arah sobat satu kostnya ini dan menimpali, "Ini lho, gara-gara panas-panasan pas praktik lapangan kemarin, wajahku jadi kering dan menggelap, kusam pula. Kamu tahu nggak cara memutihkan kulit secara alami dalam waktu singkat?


cara memutihkan kulit secara alami dalam waktu singkat


Nana melihat Andin begitu khawatir dengan kondisi wajahnya, padahal menurut Nana itu bukan perkara serius masih jauh dari jantung gaes, jadi masih bakal aman-aman saja sebenarnya, nggak usah terlalu heboh gitu, kali, kaya dunia bakal kiamat saat itu aja, hihi, ups, astagfirullah. 


Kenapa dia begitu tenang? Karena sebenarnya Nana sudah pernah mengalami hal serupa seperti Andin, jadi dia paham bagaimana cara memutihkan kulit dengan cepat, terutama kulit wajah. Secara, lho, dia ini mahasiswa teknik sipil, anak teknik pangan macam Andin kalah kalau soal turun ke lapangan.


Bukan cuma sekedar panas-panasan, tapi harus naik menara pulak, coba bayangin, apa nggak semakin menantang matahari, tuh. Cuma, kok melihat wajah sobatnya merengut gitu jadi lucu, bawaannya pingin nyubit. Nana menyela dan bertanya,


 "Memangnya habis dari mana, sih, sampai mukanya kaya gitu, bukannya kamu bilang cuma kunjungan pabrik saja, kan kemarin?"


"Ternyata enggak cuma ke pabrik, tapi ke beberapa lahan petani bahan pokok. Ya terpaksa, deh , harus panas-panasan." Andin Menerangkan. "O, iya, kayaknya kamu juga pernah gini, kan, tapi cuma sebentar, kalau nggak salah dua hari sudah cerah kembali, ya? Nah, pasti kamu tahu, nih cara memutihkan wajah dengan cepat dalam waktu dua hari. Ayo kasih tahu, dong bagaimana caranya?' Andin merengek.


Nana senyum-senyum dan menampakkan mimik lucunya di depan Andin. Kasihan juga melihat sahabatnya yang terlihat khawatir ini, mungkin takut terlihat tidak cantik lagi ya. Secara kulit putih bersih cerah bersinar memang dambaan semua wanita.


Makanya ada istilah kalau mau cepat kaya bisnis skincare merupakan pilihan tepat. Kalau perlu bisa menemukan racikan skincare yang bisa dijadikan produk rekomendasi cara memutihkan kulit wajah dalam 1 malam, hehe.  Nggak ada satu pun wanita di dunia ini yang nggak pingin kulitnya terlihat segar dan sehat deh kayaknya. Iya apa iya??


"Ya udah sini-sini aku ceritain rahasia cara memutihkan kulit dengan cepat, kalau perlu bisa cepat putih dalam satu hari. Asal mau rajin dan berusaha, insyaallahu kulitmu bakal kembali pulih lagi, kok. Kuncinya jangan malas ngrjainnya plus mau cari dan menyiapkan bahan-bahannya. Kebetulan aku punya beberapa tips. untuk membuat kulit putih secara cepat." 


Nana menjelaskan panjang lebar dan Andin pun manggut-manggut sambil tersenyum lega. Mau tahu apa rahasia memutihkan kulit secara alami dalam waktu singkat cara Nana? Yuk disimak.


Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dalam Waktu Singkat dari Dalam


Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan jika kulit kita ingin selalu tampil segar, cerah dan putih bersih. Kita harus rajin melakukan perawatan baik dari luar maupun dalam. Apalagi jika kulit kita sedang bermasalah, hal berikut ini kalau bisa jangan sampai diskip. Aku akan mulai membagikan pengalaman dan tips bagaimana cara agar kulit cepat putih secara alami dari dalam atau inner treatment terlebih dahulu ya.


cara memutihkan kulit dengan cepat


1. Menjaga Kadar Cairan dalam Tubuh


Upayakan tubuh kita tidak kekurangan cairan. Air putih sangat baik bagi kesehatan kulit kita. Usahakan kita bisa mengkonsumsi air dalam satu hari minimal 2,5 liter. Air putih sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit dan juga kondisi kolagen dalam tubuh. Selain itu aliran darah akan berjalan lancar.


Selain minum air putih cairan di dalam tubuh juga bisa dicukupi dengan cara mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayur-sayuran.


"Nah, sekarang jadi tahu, kan kenapa artis kulitnya bagus-bagus? Karena mereka banyak mengkonsumsi buah. Meski harga buah mahal, mereka tetap bisa beli, wong duitnya buanyak, jadi nggak pernah skip jadwal makan buah." Nana berseloroh di tengah-tengah ceritanya.


2. Mengkonsumsi Vitamin C dan Makanan Kaya Nutrisi


Vitamin C bisa didapatkan dari suplemen vitamin C atau juga buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin contohnya lemon, jeruk, nanas, delima, strawberry, blueberry dan yang lainnya. Vitamin C sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit.


Jeruk lemon sangat kaya akan vitamin C, selain dikonsumsi secara langsung, jeruk lemon bisa juga dijadikan sebagai masker. Dilansir dari liputan6.com cara membuat masker lemon yaitu 2 sendok makan air jeruk lemon dicampur dengan 2 sendok makan madu dan dicampur dengan 1 sendok makan gula pasir, aduk rata lalu balurkan ke seluruh permukaan kulit. diankan sebenrat hingga meresap bilas dengan air. Lebih bagus lagi jika sekalian mandi yaa, jadi kulit terasa lebih segar.


Makanan dengan kaya nutrisi merupakan pasokan yang sangat penting bagi pembentukan jaringan epidermi kulit. Kulit akan menjadi cerah jika kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Begitupula jika kita rajin mengkonsumsi jamu herbal alami akan membantu memutihkan kulit secara permanen karena berfungsi sebagai detox racun dalam tubuh. Kulit pun akan kinclong, glowing dan cerah.


3. Olah Raga Rutin


Olahraga selain menyehatkan sistem metabolisme tubuh akan memberikan efek sehat, lembab dan cerah pada kondisi kulit. Menurut dokter kulit cindy bae, dalam egiatan olah raga kegiatan memompa darah akan terjadi lebih darah, dan ini akan meningkatkan sirkulasi oksigen dan membantu penyerapan nutrisi, untuk itu kulit jadi nampak cerah.


4. Istirahat yang Cukup


Ketika kita tidur, proses mengalirkan darah ke seluruh tubuh akan berjalan dengan sangat baik. Aliran darah yang lancar  menjadikan kulit lebih cerah keesokan harinya. Ketika bangun tidur kulit kita nampak cerah dan sehat. Untuk itu usahakan jangan banyak begadang.


Atur pola tidur dengan membeiasakan tidur maksimal jam 9 malam, kalaupun ada pekerjaan mungkin disarankan mengerjakannya di atas jam 2 malam setelah tubuh diistirahatkan. Akan jauh lebih baik tentunya, apalagi jika diselingi ibadah terlebih dahulu.


Mengelola Stress dengan Baik


Stress yang berkepanjangan juga akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan gelap, untuk itumemberikan hiburan dan juga relaksasi pada diri adalah hal penting. Lakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti nonton film, jalan-jalan, hang out bersama teman, pergi ke perpustakaan.


Lakukan hal-hal yang menyenangkan sesuai dengan minat dan bakat kita. Jika kita minat dalam dunia menulis, maka tentu saja menulis sebuah cerita akan menjadi me time dan kegiatan yang menyenangkan. So, keep positif thinking yaa.


Cara Memutihkan Kulit dengan Cepat dari Luar


Bagaimana cara agar kulit cepat putih secara alami dari luar? Hhm...mari kita lanjut obrolan ini. Faktor ekstern atau luar sangat mempengaruhi usaha memutihkan kulit kita. Caranya yaitu rajin menggunakan skincare dan menghindari faktor yang bisa merusak kulit. 


Produk skincare sendiri banyak ragamnya, ada yang buatan pabrik atau bisa juga membuat sendiri dari bahan-bahan herbal. Sesuaikan saja dengan budget, kondisi kulit dan juga keamanan produk. Asal penggunaannya tepat dan rajin dalam menerapkannya, rangkaian perawatan ini bisa memutihkan kulit secara permanen. Lalu perawatan dari luar apa saja yang perlu dilakukan agar kulit kita bisa terlihat cerah dan sehat?


cara memutihkan wajah dengan cepat dalam waktu dua hari


1. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung


Sinar matahari sebenarnya sangat baik bagi kesehatan jika terpapar disaat hari masih pagi dan matahari belum terlalu tinggi, yaitu sekitar jam 7 sampai dengan jam 9 pagi. Namun bila sudah terik matahari akan mengeluarkan sinar UVA dan UVB yang bisa membahayakan kulit. 


Untuk itu sebisa mungkin ketika keluar rumah di siang hari menggunakan sunscreen yang mengandung tabir surya sekurangnya 30 SPF dan PA+++, agar bisa menjaga kulit kita dari masalah kulit seperti terbakar, kusam dan juga kering.


2. Hindari Merokok


Asap rokok sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. menurut penelitian asap rokok dapat memicu stress oksidatif pada kulit bagian fibroblas. Keadaan ini akan menyebabkan kerusakan pada jaringan kolagen kulit dan menyebabkan kulit tidak kencang dan menjadi kendur. Perokok dinyatakan kemampuan yang kurang bagus pada sirkulasi vitamin D.

 

3. Melakukan Pengelupasan


Eksfoliasi atau pengelupasan sangat penting dilakukan agar kulit mati terangkat dengan sempurna. Waktu yang pling tepat dilakukan eksfoliasi adalah malam hari, sebab ketika menjelang tidur wajah harus dalam kondisi bersih dari bekas make up, debu dan juga kotoran lainnya.


Namun bagi kulit kusam dan cenderung berminyak, eksfoliasi wajah sangat baik dilakukan di pagi hari. Adapun berapa kali dilakukan eksfoliasi tergantung dengan jenis kulit, setiap jenis kulit berbeda-beda perlakuannya, meski umumnya dilakukan sekitar 2 atau 3 kali dalam seminggu menggunakan scrub atau skincare yang mengandung asam atau enzim tertentu. 


Biasanya di setiap kemasan produk skin care akan diberikan keterangan klaim fungsi produknya dan juga bahan-bahan yang digunakan. Ada baiknya kita memeriksa secara teliti bahan yang digunakan dan mencari tahu fungsinya, dan tentunya disesuaikan dengan jenis kulit.


4. Rajin menggunakan Skincare


Rajin melakukan rangkaian perawatan wajah akan sangat berdampak pada kesehatan kulit. Jika kulit kita sehat maka warna kulit pun menjadi cerah. Beberapa produk skincare yang bisa digunakan sebagai rangkaian pencerah wajah diantaranya:


Rajin mencuci muka


Cuci muka sebaiknya dilakukan dengan sistem double cleansing atau mencuci muka secara berlapis. Diawali dengan menggunakan susu pemberih lalu sabun pencuci muka.


Rajin menggunakan toner, serum


Rangkaian skincre selanjutnya adalah pengaplikasian toner pada kulit wajah. Bisa dengan menggunakan kapas yang diusap secara perlahan atau diusapkan dengan tangan sambil dipijat memutar dengan lembut. Selanjutnya menggunakan serum pencerah wajah.

Rajin menggunakan pelembab


Pelembab harus rajin digunakan setiap saat, dan kembali disapukan ke wajah setelah berwudhu, atau kulit terkena air dan keringat. Fungsinya agar kulit selalu terhidrasi dari luar. Gunakan pelembab juga pada kulit tubuh.


Rajin menggunakan masker


Masker wajah berfungsi untuk menutrisi kulit dari luar. Penggunaan masker pada kulit wajah juga memberi efek relaksasi setelah mengalami kepenatan karena aktifitas sehari-hari.


Rajin luluran


Untuk kulit tubuh bisa dilakukan luluran. Paling baik luluran dilakukan setidaknya 2 pekan 1 kali, agar sel-sel kulit mati bisa terangkat. Kulit pun akan kembali menjadi cerah.


"Nah, segitu dulu deh tipsnya mencerahkan kulitnya, langsung dipraktikan, yaa, biar wajahmu kembali glowing, sehat, putih dan bersih. Si dia pun dijamin nggak bakalan kabur, hihi."


Begitulah Nana mengakhiri ceritanya. Andin pun manggut-manggut mendengarkan penjelasan Nana yang menurutnya sangat gamlang. Sepertinya sangat mudah dipraktikan asal jangan mager alias malas gerak.


 "Cus ah...langsung eksekusi." Andin bergegas bersiap ke pasar untuk membeli perlengkapan perawatan wajah yang dibutuhkan.


Kesimpulan


Wajah sehat dan cerah adalah dambaan setiap orang baik laki-laki atau perempuan. Untuk itu kita perlu membuka wawasan pengetahuan tentang rangkaian perawatan agar kulit bisa terlihat putih bersih dan cerah walau habis panas-panasan sekalipun.


Perawatan kulit sejatinya harus dirawat secara intensif baik dari dalam maupun dari luar. Bagian dalam tubuh sehat maka akan memancarkan kesehatan pula di bagian luarnya. Biasanya kulit wajah dan tubuh menjadi indikator yang bisa menunjukkan keadaan seseorang apakah sedang baik-baik saja atau ada gangguan.


Perawatan dari dalam bisa dilakukan dengan istirahat cukup, olah raga, minum air putih yang banyak mengkonsumsi buah dan sayur serta vitamin yang kaya akan vitamin C.


Sedangkan perawatan dari luar bisa dilakukan dengan cara menghindari kulit terlalu banyak dan lama terpapar sengatan matahari, menghindari merokok, dan rajin menggunakan skincare setiap harinya. Tentunya dengan rangkaian skin care yang disesuaikan dengan jenis kulit. 


Selamat mencoba tips dari Nana ini semoga cara memutihkan kulit secara alami dalam waktu singkat ini bisa bekerja secara efektif pada kulit Sainers. Sehingga dambaan memiliki kulit putih, bersih, sehat dan glowing bisa terwujud. Sepertinya Andin juga bakal segera melakukan treatment ini, supaya rasa percaya dirinya bangkit kembali. Nantikan series selanjutnya tentang perawatan kulit dari Andin dan Nana yaa. See you Keep healthy and keep happy.


Referensi:


https://www.liputan6.com/health/read/3672039/8-cara-memutihkan-kulit-secara-alami-dalam-waktu-seminggu-permanen-dan-tanpa-efek-samping?page=8, diakses pada hari jum'at tanggal 15 desember 2023


https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/cara-efektif-memutihkan-kulit-secara-alami, diakses pada hari jum'at tanggal 15 desember 2023.


https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-cara-memutihkan-badan-secara-alami-dan-cepat, diakses pada hari jum'at tanggal 15 desember 2023.


https://www.fimela.com/beauty/read/3852565/21-cara-mencerahkan-kulit-secara-alami-dan-cepat, diakses pada hari jum'at tanggal 15 desember 2023.


https://www.orami.co.id/magazine/cara-memutihkan-badan?page=all, diakses pada hari jum'at tanggal 15 desember 2023.


https://www.alodokter.com/adakah-cara-memutihkan-wajah-dan-permanen, diakses pada hari jum'at tanggal 15 desember 2023.


https://www.realfood.co.id/artikel/cara-memutihkan-kulit-secara-alami, diakses pada hari jum'at tanggal 15 desember 2023.


https://pyfahealth.com/blog/aman-dan-efektif-ini-cara-memutihkan-kulit-secara-alami/, diakses pada hari jum'at tanggal 15 desember 2023.


8 komentar on "Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dalam Waktu Singkat"
  1. pemilihan produk skincare juga cocok-cocokan juga lo, selain itu cari produk yang aman juga untuk kulit

    BalasHapus
  2. Minum air putih yang cukup selalu menjadi tips utama dalam mendapatkan kulit sehat. Namun, kok sering lupa, ya. He-he. Jadi inget dua minggu yang lalu kami pergi ke pantai. Dalam beberapa jam kulit anak-anak langsung gosong, tetapi sampai sekarang masih belum balik ke warna semula. Bikin itemnya gampang, balikinnya susah banget.

    BalasHapus
  3. Mau tak mau semua hal di atas harus dilakukan bersamaan supaya "waktu singkat" itu tercapai ya .. sebenarnya proses juga sih tetapi bisa lebih cepat dicapai tujuannya ketimbang hanya melaksanakan satu saja (semisal skincare-an saja).

    BalasHapus
  4. Cara-caranya gampang semua ya mbak tapi konsistennya yang susah, hehe. Apalagi tidur cukup maksimal jam 9 aku nggak bisa mbaak anaknya masih minta begadang, huhu. Rajin menggunakan skincare juga kalau facial wash Alhamdulillah rajin, kalau yg lain-lainnya masih bolong-bolong, hiks.

    BalasHapus
  5. Waaa makasih tips²nya kak. Memang intinya sih rajin alias konsisten merawat kulit, dengan skincare yaa. Klo sekali² aja, mana mungkin kekucelan berubah jd glowing? Haha. Eh jd inget deh udh berapa abad gak sempat luluran.

    BalasHapus
  6. Honestly, aku prefer milih kulit cerah yang sehat alih² putih. Karena warna kulit tiap individu enggak semua putih. Dan semua yang disebutkan di atas memang bisa membuat kulit lebih cerah dan sehat secara alami. Yuk semangat cantik tanpa sakit.. ❤️❤️

    BalasHapus
  7. Bener banget nih, merawat kulit memang harus intensif dan konsisten agar kecantikan kulit terjaga. Perawatan minimal setidaknya membersihkan wajah secara rutin dan memakain sunscreen setiap beraktivitas di luar rumah

    BalasHapus
  8. Bener banget nih, merawat kulit memang harus intensif dan konsisten agar kecantikan kulit terjaga. Perawatan minimal setidaknya membersihkan wajah secara rutin dan memakain sunscreen setiap beraktivitas di luar rumah

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger