Cari Sekolah Yang Pas dengan Kebutuhan Anak? Yuk Ke Albata!

Rabu, 23 Agustus 2023
Sayup-sayup kudengar suara anak kecil sedang bersenandung melafadzkan huruf hijaiyah, dengan merdu dan terdengar lancar, meski agak sedikit terbata sesekali, karena diselingi batuk-batuk kecil. Hmm, aku langsung nebak, pasti ini suara Aya, anak bungsu Laras.

Laras sahabatku ini kalau soal pendidikan anak-anaknya memang tidak mau coba-coba. Dia selalu mengutamakan kualitas. Uang buatnya tidak masalah, selagi dia mampu memenuhinya, dia tidak akan sayang untuk mengeluarkannya.

sekolah montessori 


Ingat perbincanganku tempo hari dengan Laras, "Biarin, dah, enggak nambah koleksi tas baru, baju baru yang penting anak bisa mendapat pendidikan yang bagus. Aku pernah denger, nih ada sekolah yang berbasis metode Montessori, katanya bagus untuk perkembangan anak, anak jadi disiplin, mandiri, dan peka terhadap lingkungan sekitar. Aku pingin banget masukin Aya ke program kelas Montessori. Menurut informasi di Albata dibuka kelas Montessori online untuk toddler."

Termasuk tempat belajar Aya mengaji, sepertinya Laras memilihkan kelas Al-Qur'an yang bagus, makanya untuk anak seumuran Aya dengan kemampuan melafadzkan huruf hijaiyah secara fasih sungguh sangat luar biasa.

'Jangan-jangan Aya memang sudah dimasukkan ke salah satu sekolah Montessori Islam mungkin, ya.' Aku mengira-ngira, kemudian tersadar, ternyata aku sudah agak lama berdiri terpaku di depan pintu rumah Laras. Kuucapkan salam.

"Assalamu'alaikum."

suara merdu bocah cilik umur tiga tahun terdengar menjawab salamku, "wa'alaikumussalam" sesosok bocah mungil muncul dari kamar memakai mukena motif bunga-bunga pink. Sambil menggendong kucing dan mengelusnya.

"Duh, masayallahu, si sholihahnya ibu Laras, Ammah berebes mili ini dengar suara merdunya, lagi ngaji, ya, sayang?" Anggukan Aya bikin aku tambah gemesh melihatnya, ingin rasanya mencubit pipinya yang cabi. "Mamah ada, kan?" Aya mengarahkan telunjuknya ke arah dapur "Lagi di dapul."

"Pasti lagi bikinin kesukaan Ammah, nih" Sambil senyum bangga aku menimpali keterangan Aya. " Aisyah salaman dulu, dong sama Aya. Udah lama ya nggak ketemu?" Aya tersipu dan menyodorkan tangannya untuk bersalaman dengan Aisyah, yang berdiri di sebelahku.

"Ya, udah Ammah ke dapur, ya, lihat mama. Kalian bermain berdua dulu, nggak, papa, kan? Atau Aya mau nerusin belajarnya, boleh juga, kok. Sekalian, ya belajar ngaji bareng sama aisyah. Biar tambah disayang Allah." Aku berujar sambil mengelus kepala keduanya, dan langsung berlalu ke dapur untuk menyaksikan Laras yang sedang berkreasi, sedangkan duo salihah masuk ke kamar. Kubiarkan mereka agar bisa bermain sambil belajar.

Dari ruangan ini sudah tercium bau sambosa yang super menggoda. Teringat percakapan pagi tadi."Iya, tenang aja, udah aku bikinin, nih, sambosa isian daging sapi bukan daging kambing." Laras sahabat yang kukenal ketika di sekolah menengah atas ini mengabarkan dengan antusias dari seberang sana. " Iya deh, siap kalau begitu, aku datang agak sorean, ya, jemput Aisyah dulu dari sekolah, baru ke rumah kamu." Aku menimpali dengan nada suka cita.

Aku melihat Laras menata sambosa di atas piring. Hmm, aroma sambosa yang khas bikin perutku lapar. Tidak sabar rasanya ingin langsung mencicipi. Aku bantu Laras bawakan sepiring sambosa ke meja makan, sementara kulihat Laras menyiapkan minuman.

Kami berdua sama-sama duduk di meja makan. Ruang makan rumah Laras memang benar-benar nyaman dan aesthetic, ada ruang terbuka yang ditanami pohon-pohon hias, bikin uadara tambah sejuk, dan jadi tempat pas banget buat ngobras, alias ngobrol asyik!

"Ras, Aya sudah mulai ceriwis banget, ya, kudengar tadi dia lagi nyanyi lagu alif ba ta, fasih banget, calon pinter ngaji, nih." aku bertanya, sekaligus membuka percakapan, "By the way, belajar ngaji, dimana?"

"Iya, alhamdulillah, masyaallahu. Aku juga nggak nyangka. Jadi sekitar dua bulanan yang lalu, Neni teman satu pondokku dulu, nelp. Cerita-cerita ngalor ngidul, eh ujung-ujungnya cerita tentang anak. Dia bilang amaze banget sama perkembangan kemampuan ngajinya Tiara, setelah dimasukan ke sekolah Montessori Albata, perkembangannya lumayan cepat. Dan lagi katanya, selain Tiara dengan mudah menghafal huruf hijaiyah, Tiara juga terbentuk menjadi anak yang disiplin dan teratur juga mandiri."

Seksama aku mendengarkan cerita Laras, sambil sesekali memasukkan gigitan sambosa ke mulutku. Memangnya Neni sekarang tinggal dimana? Aku tertarik juga, nih, ingin masukkan Aisyah ke sana. Albata, sudah ada di sini belum, ya?"

"Sekarang Neni tinggal di Surabaya, suaminya dialih tugaskan ke sana." Laras menerangkan. lal melanjutkan ceritanya.

"Nah, enaknya, lembaga Albata ini, selain menyediakan fasilitas belajar on site, ada juga program belajar onlinenya. Jadi, buat yang minat belajar di Albata tapi tempat tingalnya jauh, bisa nih, ambil program ini. Termasuk Aya, aku ikutkan di program pop up class online. Selain pop up class ada juga program kelas tingkatan lainnya. Belajarnya intensif, kok meski online, anak juga dibimbing berhadapan langsung dengan gurunya lewat Zoom, jadi benar-benar bisa dipandu. Nggak terlalu beda jauh juga dengan belajar on site."

"Wah, Ras, kayanya aku bakal masukkan Aisyah ke Albata juga. Kayanya dia pasti mau, apalagi kalau dikasih tau belajarnya bisa bareng Aya."
islamic montessori
Antusias aku ingin sekali mengikutsertakan Aisyah di kelas Montessori Albata. Mungkin aku juga bakal ikutan program pop up class seperti Aya. Contoh nyata sudah ada di depan mata. Aya putri Laras sudah fasih dan hafal huruf hijaiyah dan juga doa-doa serta surat pendek. Makharijul hurufnya juga bagus, tajwidnya sudah diperhatikan. Tidak ada yang perlu diragukan lagi.

Bukankah anak merupakan amanah dari Allah, orang tua memiliki tanggung jawab yang besar untuk mendidiknya dan menjaga fitrah anak tetap lurus. Untuk itu memilihkan sekolah yang tepat bagi anak juga merupakan kewajiban orang tua. Menurutku sekolah yang bagus itu harus memenuhi beberapa kriteria nih, friends. Apa sajakah?

Kriteria Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak


Bagi kebanyakan orang tua, anak adalah pelita hidupnya, apapun akan dilakukan oleh orang tua demi anaknya. Termasuk memilihkan sekolah yang bagus adalah juga tanggung jawab orang tua. Ada beberapa hal yang bisa Papmam pertimbangkan, nih, ketika memilihkan sekolah bagi si buah hati, diantaranya aku spill, yaa:


1. Perhatikan Kurikulumnya


Jika kita ingin mencetak anak kita menjadi generasi Qur'ani, tentu saja kurikulum berbasis Al-Qur'an dan As-Sunnah akan menjadi prioritas utama menjadi sekolah pilihan tempat anak-anak kita menimba ilmu. Karena Al-Qur'an dan as-Sunnah merupakan sumber kebenaran yang absolut.

Membiasakan si kecil dengan nilai-nilai Islam tentu saja merupakan keharusan yang harus ditanamkan dari sejak kecil, sekolah merupakan salah satu faktor penentu yang mempengaruhi perkembangan nilai agama anak.

Untuk itu perlu kiranya Papmam ketika hendak mendaftar ke sekolah pilihan, meminta penjelasan tentang kurikulum yang akan dipelajari oleh anak kita.

2. Akhlak dari Para Gurunya


Jika kita jabarkan guru merupakan akronim dari digugu dan ditiru. Untuk itu, ketika kita memasukkan anak ke sebuah lembaga pendidikan perhatikan ahlak dari gurunya, karena anak kita sedikit banyaknya akan mengambil uswah akhlak dari para gurunya.

3. Kepedulian Sekolah


Sekolah yang memiliki program intensif serta perhatian yang ekstra dalam setiap kegiatan belajar anak akan membantu anak fokus dalam proses pembelajaran dan memperoleh stimulasi yang optimal, karena kurikulum yang bagus perencanaannya jika tidak didukung dengan kepedulian dari pihak sekolah dan segala unsurnya tidak akan mungkin terealisasikan dengan maksimal.


4. Jarak serta Biaya


Jarak sangat perlu sekali dipertimbangkan, demi kenyamanan dan keamanan anak. Jarak sekolah yang terlalu jauh akan membuat anak menghabiskan tenaga di perjalanan, ketika belajar cenderung tidak lagi efektif, karena memakan banyak tenaga dan waktu.

Tentang biaya lebih bijak disesuaikan dengan kemampuan. Orang tua harus jeli dalam memilih sekolah, dengan banyak bertanya kepada teman yang memiliki pengalaman terlebih dahulu dalam menyekolahkan anaknya, kita bisa memiliki pandangan yang luas.

Sekolah yang bagus belum tentu juga harus memiliki biaya yang sangat mahal, contohnya di Albata. Albata merupakan sekolah berbasis metode Montessori yang dipercaya sebagai pelopor metode Pendidikan Anak Usia Dini.

Ingin tahu lebih jelas apa itu Metode Montessori, saya akan kasih bocorannya, nih.

Kenalan, yuk! Apa itu Metode Montessori


Metode Montessori merupakan pendekatan dalam sebuah pembelajaran yang rumusannya ditemukan oleh Dokter Maria Montessori, seorang dokter perempuan pertama di Itali. Kecintaannya pada dunia anak membuat dia memiliki perhatian yang serius.

Wujud keseriusannya dia buktikan dengan membuat sekolah untuk anak-anak terlantar dan juga yang memiliki kebutuhan khusus. Nama sekolah pertama yang dia dirikan adalah Casa Dei Bambini.

Dari pengalamannya menghadapi anak dan latar belakang pendidikan seorang dokter neurologi yang memahami perkembangan otak, akhirnya dia merumuskan sebuah metode pembelajaran untuk anak yang akhirnya dikenal sebagai metode Montessori.

Dalam metode Montessori terdapat lima area eksplorasi yang bisa diterapkan pada pembelajaran bersama anak. Kelima area ini sangat membantu dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Apa saja lima area pembelajaran tersebut, yuk kita bahas lanjut.


islamic montessori

1. Area Practical Life


Area practical life adalah area kegiatan sehari-hari yang biasa anak-anak temukan. Area ini meliputi bagaimana cara menggunakan sendok, menuang air, menyendok makanan, memindahkan biji dari satu mangkok ke mangkok lain, melipat baju, menyortir, dan lainnya.

Melalui kegiatan ini dan penggunaan alat-alat sederhana yang bisa kita jumpai di dapur dan area rumah akan membantu melatih keteraturan, konsentrasi, koordinasi, dan kemandirian pada anak. Konsentrasi anak harus dilatih dari sejak dini. Hal ini dipersiapkan agar anak kelak mampu menerima pembelajaran dengan tingkatan yang lebih sulit karena membutuhkan daya konsentrasi.

Menurut Maria Montessori Stimulasi awal yang perkembangannya paling penting pada amasa anak-anak adalah melatih konsentrasi.

2. Area Sensorial


Nah untuk area sensorial ini. Montessori menekankan bahwa anak-anak harus distimulasi 5 area sensorialnya atau indranya, yaitu indra peraba, indra pengecap, indra penciuman, indra penglihatan dan indra pendengaran.

Semua area sosorial anak ini harus diberikan stimulasi secara optimal, agar jaringan dalam otak anak dapat saling terhubung dengan baik. Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali untuk perkembangan kognitif anak.

Kegiatan yang bisa diberikan diantaranya: Stimulasi indra penglihatan misalnya dengan membedakan besar atau kecil benda, stimulasi indra peraba misalnya dengan membedakan permukaan kasar dan halus pada benda, stimulasi indra pengecap misalnya memberikan pengalaman mencoba aneka rasa seperti asin, manis, asam, pahit atau hambar, stimulasi indra pendengaran misalnya dengan memperdengarkan aneka suara binatang atau benda dan meminta anak untuk mengidentifikasi.

3. Area Language


Masuk pada area languange. Area language adalah area kemampuan berbahasa pada anak, baik berbicara maupun menulis serta membaca. Montessori menganggap bahwa kemampuan berbahasa anak akan berpengaruh pada perkembangan yang lainnya.

Stimulasi yang diberikan agar kemampuan berbahasa anak bisa berkembang sesuai dengan tahapannya ala Montessori adalah dengan cara story telling, large picture card, dan juga membacakan buku. Kegiatan ini sangat pas diberikan pada toddler, yaitu usia anak dari 0 sapai 3 tahun.

Untuk anak usia 3 tahun ke atas, montessori memiliki media dan metode yang khas dalam memberikan stimulasi area language pada anak.

4. Area Math


Area math atau matematik, kaitannya dengan menghitung bilangan. Walaupun begitu tidak terbatas hanya sekedar mengenalkan hitungan, tapi lebih luas dari itu. Anak-anak bisa diajarkan mengenal jumlah hari dalam seminggu dalam sebulan dan setahun. Diajarkan mengenal nama-nama hari, bulan dan tahun. Mengetahui waktu salat, juga berat dan panjang benda. Untuk toddler bisa diperkenalkan hitungan sederhana.


5. Area Culture


Area culture dalam Montessori mempelajari tentang lingkungan dan alam semesta. Mulai dari mengenal diri sendiri, keluarganya, teman, kerabat, dan pada area yang lebih luas yaitu lingkungan. Mengenal benda langit, tumbuh-tumbuhan, hewan, geograpi juga sejarah

Metode Montessori memiliki cakupan lima area dalam proses berkegiatan bersama anak. Seiring dengan berjalannya waktu, metode ini makin berkembang tersebar di banyak negara, sampai ke negara-negara muslim.

Untuk itu metode Montessori yang sejatinya terdiri dari lima area dikembangkan lagi. Islamic studies serta art and kraft ditambahkan dalam area yang harus diperkenalkan pada anak.

Cakupan materi di atas tentu saja disesuaikan dengan usia anak, tanpa ada paksaan. dan mengedepankan filosofi pembelajaran ala Montessori tentunya. Apa saja, sih filosofi pembelajaran untuk anak ala Montessori? Ayook kita lanjut lagi cerita tentang Metode Montessori yang lagi happening saat ini.

Filosofi Metode Montessori


Metode Montessori merupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak atau biasa disebut dengan children centered learning selain itu juga pembelajaran ala metode Montessori diterapkan berdasarkan pada pengamatan ilmiah terhadap psikologis anak.

Untuk memenuhi kebutuhan anak, metode Montessori meyakini filosofi ataupun prinsip dalam menghadapi anak. Beberapa prinsip tersebut di antaranya:

  1. Anak berada dalam masa Absorbent mind atau otak penyerap.
  2. Masa anak-anak adalah masa sensitive periods.
  3. Mempersiapkan lingkungan belajar yang tepat untuk anak.
  4. Menyesuaikan dengan keinginan anak atau follow the child.
  5. Kebebasan yang terbatas atau Freedom within limits
  6. Anak adalah individu yang berbeda.
  7. pembelajaran dari konkret menuju abstrak
  8. Belajar harus melalui pengalaman memegang atau hands on learning
  9. Tidak cepat mengoreksi kesalahan anak control of error
  10. Menghargai anak dan pilihannya

Pembahasan tentang prinsip-prinsip metode Montessori cukup secara garis besarnya saja, ya. Penjabaran secara lengkap bisa kita bahas pada artikel selanjutnya.

Nah, gimana nih Papmam, setelah mengetahui tentang apa itu Montessori, kesan apa yang tertinggal dalam benak Papmam? Aku pribadi sangat terkesan dengan metode pembelajaran Montessori ini. Makanya aku berencana memasukkan Aisyah ke sekolah Montessori Islam. Ditambah anak-anak yang dididik dengan metode Montessori cenderung tumbuh menjadi anak yang tertib disiplin dan mandiri.

Untuk itu saya juga tertarik untuk memasukkan Aisyah ke program pop up class yang ada di Albata. Kenapa harus Albata? Nah sekarang giliran saya bercerita tentang sekolah Montessori pilihan yang bisa Papmam jadikan acuan. Info ini saya dapat dari Laras yang sudah terlebih dahulu memasukkan Aya ke kelas Montessori Toddler di Albata. Papmam berminat dan ingin tahu ada program apa saja di Albata? Kuy disimak.

Kenapa Harus Sekolah Montessori Islam Albata?


Albata merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang bergerak dalam bidang pendidikan anak usia dini dengan berbasis Metode Montessori. Metode Montessori terkenal dengan metode yang fun learning dan disesuaikan dengan kebutuhan anak. Berpusat di Surabaya.

Memperbanyak materi tentang keislaman seperti Tauhid, Adab, Fiqih, Sirah, Tahsin dan juga Tahfidz. Program kelas yang disediakan Albata beragam, mulai dari Pop up class untuk toddler dan juga baby class. Kelas dibuka secara online dan ofline.

Ada TPQ kids online group, TPQ kids online privat, TPQ kids offline private. Selain itu ada juga TPQ teens online group dan private serta TPQ teens offline private. Ada juga kinder garten offline. Untuk lebih jelasnya Papmam bisa mendapatkan info di program kelas Montessori Albata.

Nah kalau untuk kelas montessori Islam untuk toddler online, saya akan jelaskan sedikit lebih detail nih Papmam, karena sekalian cari informasi untuk sekolahnya Aisyah. Toddler Class Online atau thematic class adalah program pembelajaran yang diperuntukkan bagi anak di kisaran usia 1 sampai 3 tahun. Program pembelajarannya 4 kali pertemuan dalam 1 bulan dan berlangsung selama 45 menit. Kegiatan pembelajaran menggunakan aplikasi Zoom. Biaya pendidikan perbulan dikenakan Rp 299.000,-

Pengajaran yang diberikan sesuai dengan Al-Qur'an dan Sunnah, pengajaran dilakukan dengan metode Montessori biasanya satu kelas maksimal berisi 10 anak dengan didampingi oleh dua orang guru. Pengajar adalah lulusan dari universitas ternama. Akan diberikan digital report yang berisi materi serta ada learning kit yang akan dikirimkan ke rumah. Dan pastinya kelas ini bisa diikuti dari mana saja. Termasuk aku yang notabene jauh dari Surabaya.

Bagaimana kurikulumnya? Papmam pasti penasaran ingin tahu juga kan tentang apa saja yang akan anak kita terima? Nah ini gambaran besarnya ya, Papmam.


pop up class albata



Apalagi, nih yang bikin Papmam penasaran. Minat memasukkan buah hatinya ke sekolah Montessori Islam Albata? Kalau minat dan ingin tambahan informasi lebih lengkapnya bisa di temukan di info tentang baby class dan pop up class Kelas Montessori Toddler Albata di website Albata.

Yuk kita beri pendidikan terbaik buat buah hati kita, agar mereka terbentuk menjadi generasi Qur’ani yang cinta Allah dan Rasul. Tunggu apalagi? Yuk, Papmam daftarkan anak-anak kita sekolah ke Albata.



Referensi:


Buku: Islamic Montessori Activity ditulis oleh Zahra Zahira, diterbitkan Bentang Pustaka Yogyakarta, 2019.

Buku: Jatuh Hati pada Metode Montessori, ditulis oleh Vidya Dwina Paramitha, Diterbitkan BFirst, Yogyakarta, 2017.

Islamic Montessori untuk Anak Usia 0 sampai 3 tahun, ditulis oleh Zahra Zahira, Diterbitkan anak kita, Jakarta, 2019.

Website Albata di alamat https://www.albata.id/
94 komentar on "Cari Sekolah Yang Pas dengan Kebutuhan Anak? Yuk Ke Albata!"
  1. Untuk ortu yang peduli dengan pendidikan anak, Metode Montessori ini tepat, karena ada pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak, pembelajaran ala metode Montessori, ada sentra pendidikan, sentra macam-macam yang disesuaikan dengan kebutuhan anak.

    Anyway tulisannya bagus banget, jadi betah berlama-lama bacanya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, trimakasih Mba Tanti jika bermanfaat. Betul sekali, Mba, kita bisa menerapkan metode ini untuk anak-anak kita, karena metode ini menyesuaikan dengan kesukaan dan kebutuhan anak:1

      Hapus
  2. Seneng sih kalau nemu sekolah yang bagus kurikulumnya, guru2nya baik dan perhatian, fasilitas lengkap, dan jaraknya dekat dari rumah.

    BalasHapus
  3. Dulu waktu anakku TK aku menyekolahkan di sekolah yang memang mengajarkan dengan metode montesori juga mak. Sekarang pas SD memang pemilihan sekolah tuh harus benar-benar detail, mulai dari kurikulum, keadaan lingkungan sekolah, guru-guru yang mengajar dan latar belakang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,...masyaallahu jadi mandiri ya mak buah hatinya:1

      Hapus
  4. Barakallahu fiik Aya..Aisyah sholihah ya Nak. Semoga makin rajin ngaji kalau jadi belajar ngaji di Albata.
    Aku ada teman anaknya belajar ngaji di Albata. Aku sering ngintip postingan teman itu. Waah aku ngiler sama fasilitas montessori di Albata lho. Kelas ngaji dengan kurikulum montessori, ini sih aku udah lama nyarinya. Ada yang online juga ya. Mantaplah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kakak, ada yang onlinne juga, hadi lebih fleksibel yaa, dari manapun bisa ikutan:1

      Hapus
  5. Masyaallah, seseruuu itu yaa belajar di pop up class albata, belajarnya bisa online lagii.. rekomendasi banget buat kami-kami yang ada di daerah nih..makasii mbak Nita pengalaman serunya, btw, jadi pengen sambosa juga nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh mba iya seru banget, apalagi kalo mama-mamanya ngumpul sambil bawa camilan yaak, hehe...:1

      Hapus
  6. wah masya Allah, Aya cocok yah dengan online class di Albata
    ini belajar mengaji aja atau ada kegiatan lain berbasis Montessori?
    soalnya kalau Montessori on site gitu kan apparatus sudah disediakan oleh pihak sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Online sehingga bisa tetap di mana saja asalkan ada koneksi internet
      Saya juga jadi makin penasaran mau coba kan ke anak
      Siapa tahu suka

      Hapus
    2. iya betul mba, bisa dicoba, siapa tahu cocok ya:1

      Hapus
  7. Alhamdullilah, ini bisa menjadi solusi orangtua dalam memilih sekolah dengan kurikulum yang lengkap, dimana anak bisa belajar tentang agama dengan cara yang menyenangkan dan tentunya sesuai dengan usia anak, memilih jenjang pendidikan dasar seperti KB dan TK tidak boleh sembarangan karena di fase ini anak cepat sekali belajar banyak hal baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah tepat sekali kak, sekolah yang tepat juga sangat menentukan untuk pembentukan aspek perkembangan pada anak:1

      Hapus
  8. Bagus sekali Metode Montessori ini ya, Mbak. karena lebih pada pendekatan ke diri anak secara psikologi. Metode Montessori ini lalu dikembangkan lagi lebih islami oleh Albata. banyak kelasnya juga, termasuk online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah kak, makin marak sekolah yang berbasis Islam sekarang.

      Hapus
  9. Rp 299.000 per bulan itu relatif terjangkau banget ya mba, sependek pengetahuan ku biasanya sekolah2 dengan program montessori itu lumayan pricey sih. Itu biaya kelas online-nya kah mba? Lengkap banget sih klo diramu jadi islamic montessori

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mba, biaya kelas onlinenya untu sebulan 4 kali pertemuan:1

      Hapus
  10. MasyaAllah sekolah Montessori Islam Albata ini bagus, ya. Saya dengar metode Montessori ini terkenal dengan metode yang fun learning dan disesuaikan dengan kebutuhan anak. Pastinya tenang menitipkan anak belajar di sana ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, metode Montessori berpusat pada anak dan mengutamakan mengedepankan kebutuhan anak yang memang unik:1

      Hapus
  11. Metode montessori yang dipadukan dengan nilai-nilai Islami, pasti bakal bikin anak jadi generasi unggul ya mbak. Dan sekarang jarak bukan menjadi alasan untuk memberikan pendidikan terbaik buat anak-anak, karena di Albata kegiatan pembelajaran bisa dilakukan secara online

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallahu mbak, itu yang diharapkan, yaa, bismillah semoga usaha kita meraih hasil:1

      Hapus
  12. Untuk kita selaku Muslim, tentu saja kurikulum seperti di Albata ini yang dicari. Ada tentang ketauhidan, fikih, dan semuanya lengkap. Karena dalam mendidik anak, bukan hanya nilai akademis yang dicari, tapi juga karakter terbaik diri anak itu sendiri ya

    BalasHapus
  13. Ahh, jadi belajar-belajar lagi soal montessori... Dulu nggak banyak yang memadukan pedoman montessori dengan ajaran islam, jadi sempat ragu.. alhamdulillah sekarang sudah banyak berkolaborasi...

    Bagus banget sekolah Albata ini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener nih mbak. Alhamdulillah sekarang dikembangkan konsepnya berbasis Islam:1

      Hapus
  14. Metode Islamic Montessori bagus untuk pendidikan anak usia dini belajar huruf hijaiyah ya. Selain itu, jenis montessori di Islam juga banyak, ada art and kraft-nya juga. Ini menarik biar anak makin kreatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, alhamdulillah anak jadi makin enjoy:1

      Hapus
  15. Metode Montessori emang lagi digemari oleh para ortu yang akan menyekolahkan anaknya.
    Dan, solusinya di Alibata ini, menarik banget, enaknya lembaga Albata ini, selain menyediakan fasilitas belajar on site, ada juga program belajar onlinenya. Jadi bisa flexible

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, fleksible sekali, yang di daerahnya belum ada sekolah Montessori juga bisa gabung.

      Hapus
  16. Lengkap ya Metode Islamic Montessori ini, ada tambahan Art & Craft serta Islamic Studies. Memang harus sejak usia dini sih dikenalkan adab perilaku sebagai Muslim/Muslimah. Pengen tahu lebih detail nih soal Albata...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, boleh mba untuk detailnya bisa langsung kunjungi websienya:1

      Hapus
  17. Aku baru baca-baca soal Montessori ini. Belum cek sih apa di daerahku ada sekolah kaya Albata ini. Siapa tahu malah ada cabangnya. Kalau punya uang, maunya pilih sekolah yang terbaik juga. Apalagi kalau metodenya oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. bismillah semoga keinginannya dipermudah dan terwujud ya mba:1

      Hapus
  18. Aku baru baca-baca soal Montessori ini. Belum cek sih apa di daerahku ada sekolah kaya Albata ini. Siapa tahu malah ada cabangnya. Kalau punya uang, maunya pilih sekolah yang terbaik juga. Apalagi kalau metodenya oke

    BalasHapus
  19. Setuju aku ketika memilih sekolah penting ya untuk melihat akhlak para guru dan rasa kepedulian sekolah pada anak kita, keren nih Montessori Islam Albata
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, akhlak guru memang penting ya, karena anak meniru dari akhlak para gurunya:1

      Hapus
  20. Metode Montessori sendiri itu uda luar biasa ya..
    Kini dilengkapi dengan falsafah islami, sehingga Metode Montessori Islam menjadi salah satu pilihan belajar anak di usia tumbuh kembang bermain dan belajar.
    Sepupuku anak-anaknya pada sekolah dengan Metode Montessori, rapiiih banget.
    Kalau main ada alasnya dan setelah main, dikembalikan lagi ke tempatnya. Jadi gak berantakan dan anaknya cerdas banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, masyaallahu, berdampak sekali ya kak, konsep metodenya:1

      Hapus
  21. Sekolah yang menggunakan metode montessori membuat anak belajar dengan nyaman ya, karena menyesuaikan dengan kondisi masing-masing anak. Di Albata belajar huruh hijaiyah jadi menyenangkan.

    BalasHapus
  22. Bener yaah kalau pendidikan bagus dan pas cocok untuk anak selalu pengen mengusahakannya, ngeliatnya Masya Allah banget dari kecil udah gemoyyy seperti ini semoga lancar selalu pendidikannya dan tulisan ini semoga sampai ke semua parents yaa

    BalasHapus
  23. Masya Allah Aya sudah bisa melafadzkan hijayah dengan fasih, Insya Allah ke depannya akan bertambah lagi kemampuannya nij. Aku juga suka terenyuh banget kalau mendengar alunan ayat suci yang suaranya merdu. Alhadulillah sekarang ada sekolah montessori Islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...alhamdulillah Aya berhasil menghafal dan melafadzkan huruf2 hijaiyah dengan lancar kak:1

      Hapus
  24. Mupeng baca metode Montessori Islam Albata ini...setuju jika memberi pendidikan terbaik buat buah hati kita, penting sekali, agar terbentuk generasi Qur’ani yang cinta Allah dan Rasul-Nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga berkesempatan juga dedeknya ikut sekolah ke albata ya kak:1

      Hapus
  25. Semua tools montessori ada
    Sayangnya waktu dan tenaga tidak ada
    Saya jadi merasa perlu ada teman untuk memulai

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, masyaallahu, ayok kak dimulai, anak-anak pasti suka:1

      Hapus
    2. Iya nih Kak
      aku juga lagi atur waktu sama kesibukanku jadi freelancer, haha
      Takutnya keganggu dua duanya
      Jadi butuh diskusi lagi sama suami

      Hapus
  26. Kalau gurunya berakhlakul karimah jadinya bisa memberikan efek manis dalam mengajar peserta didik ya kak. Boleh juga ini metode Montessori nya jadi rekomen ke keponakan daku yg paling kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sekali kak. Boleh kak, metodenya bagus masayaallahu:1

      Hapus
  27. Dulu waktu masih kuliah di PG PAUD, belajar beberapa metode pembelajaran anak, salah satunya metode Montessori ini. Memang rekomended supaya anak aktif secara fisik, motorik dan sosialnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, kak. waah sealmamater berarti kita yaa...:1

      Hapus
  28. Penting banget memilih sekolah untuk anak ya. Harus sreg sama guru dan lingkungan juga. Hmm. Baru paham soal metode montessori, bagus banget pastinya buat menstimulasi anak ya.

    BalasHapus
  29. Dengan banyaknya sekolah negeri dan swasta dengan berbasis kurikulum yang berbeda membuat orang tua harus pinter memilih, karena terkadang sekolah tak hanya menyesuaikan kebutuhan zaman juga menyesuaikan kemampuan dan kenyamanan anak untuk beradaptasi dengan sekolah dan lingkungannya

    BalasHapus
  30. Albata ini saya lihat di website nya lumayan lengkap ya layanan pendidikannya, mulai dari toddler sampai teenager, semuanya ada, apalagi dengan kurikulum Montessori dan pengajaran Islam dengan berbasis pada Qur'an dan Sunnah, cocok banget sepertinya untuk referensi keluarga muslim Indonesia

    BalasHapus
  31. Bagus banget sekolahnya udh pake kurikulum internasional. Apalagi metode Montessori ini. Plus dikombinasikan dgn konsep Islami. Jd baratnya dpt, agamanya jg dpt. Kombinasi yg klop demi buah hati ya bun.

    BalasHapus
  32. Wah, aku bisa banget nih coba yang online. Meskipun rumah di Surabaya, tapi jauh sama tempat Albata yang offline

    BalasHapus
  33. Mba Laras sama saya sepemikiran. Saya ga ada tas atau barang2 lain. Baju aja saya jarang beli. Saya lebih ke pendidikan anak. Karena itu bekal buat mereka kelak dewasa. Apalagi kalau didikan agamanya bagus. Bekal di akhirat dah.

    Dalam memilih sekolah kalau saya jarak dulu paling utama, lalu lihat kurikulum dan lingkungan sekolah plus akhlak guru dan karyawannya. Habis itu baru deh liat biaya.

    BalasHapus
  34. Buat kami yang tinggal di pelosok, sepertinya menghitung jarak dan biaya jadi hal utama dalam menentukan sekolah untuk anak.
    Hem... Andai sekolah Albata sudah ada cabangnya di Cianjur Selatan. Hehehe

    BalasHapus
  35. Konsep belajar dengan Montessori ini juga lagi hits ya , banyak yang nyari tahu juga, saya juga ada beberapa item jualan media belajarnya di tiktok, hehehe

    BalasHapus
  36. Saya berharap di daerah saya ada nih Sekolah Albata. Mengingat anak saya rada-rada bikin pusing gurunya. Mungkin perlu metode montessori yang mantap kayak Albata ini deh.

    BalasHapus
  37. Aduh Mbak Nit, aku serasa ada ikut dalam obrolan sambil nyemil sambosa, lho, xixixi.. Ngomongin soal metode belajar montessori nih memang seru yah, apalagi sekarang udah ada Sekolah Montessori Islam Albata. Biaya pendidikannya juga tergolong murah dan dimaksimalkan yah.

    BalasHapus
  38. Albata sudah hadir di Malang belum sihh? Udah lama aku nungguin mau ikutan pop up classnya.

    BalasHapus
  39. saya setuju memilih sekolah untuk anak gak bisa asal atau sekadar asal bisa masuk sekolah. Tapi terkadang kalau tidak terkendala jarak ya pasti soal biaya. pengalaman nih nyekolahin anak di MI yayasan, banyak kecewanya, hehehe. pengen banget nyekolahin anak ke sekolah yang better lah. tertarik nih dengan sekolah montessori islam albata. selain sekolah online anak usia dini, apa ada untuk SD juga kah? ada di kota mana saja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba justru anak usia dini itu lingkungan harus bagus sebagai pondasi jejang berikutnya. Albata ini udha banyak cabangnya kok hampir di seluruh Pulau besar Indonesia ada

      Hapus
  40. Penting juga mencari tau rasio antara guru dan murid jangan sampai kelebihan siswa sehingga guru kurang perhatian ke siswa

    BalasHapus
  41. Masyallah jadi pngn daftarin anak ke Albata, paket lengkap dan harga terjangkau.

    BalasHapus
  42. anakku ikutan pengajiannya Albata nih, so far sih bagus ya walaupun ngajinya tuh online, tp anakku happy ngikutinnya dan metodenya juga oke

    BalasHapus
  43. Mengenalkan anak-anak Al-Qur'an dan Sunnah sebagai landasan pendidikan ini penting.
    Apalagi bagi anak-anak tempat pondasi pertama mereka. Di Albata, diajarkan dengan baik oleh pengajarnya sekaligus menggunakan metode Montessori.

    BalasHapus
  44. Albata ini memang lengkap sekali ya layanan pelengkap pendidikan dasar bagi anak kita. Anak tidak hanya sekedar memahami secara kognitif tapi ada penanaman nilai spiritual juga

    BalasHapus
  45. untuk usia berapa ya mam? ada kelas offline nya ga ya? aku juga tertarik metode motessori ini untuk anak 4,5 th

    BalasHapus
  46. Pilihan kelas di Albata banyak juga, ya. Mulai dari batita sampai remaja. Kini orang tua yang menyekolahkan anak di sekolah umum tidak akan merasa khawatir lagi, karena ada Albata yang menyediakan sekolah agama dengan kurikulum lengkap.

    BalasHapus
  47. Penasaran sekali dengan metode montessori ini...kalau baca2 memang bagus ya terlebih lagi di sekolah islam albata

    BalasHapus
  48. Setuju, membiasakan anak dengan nilai-nilai Islam merupakan keharusan yang harus ditanamkan dari sejak kecil, dan sekolah merupakan salah satu faktor penentu yang mempengaruhi perkembangan nilai agama anak. Maka pilihan sekolah seperti Montessori Islam Albata ini bisa jadi opsinya

    BalasHapus
  49. wah jadi penasaran nih sama metode montessori di albata ini gimana. sekarang metode montessori ini memang lagi banyak banget ya mbak peminatnya karena berbagai kelebihan yang dimilikinya, semoga saja nanti ada juga nih sekolah islam albata ini di kotaku

    BalasHapus
  50. Terima kasih tipsnya mbak, betul seklai sebelum memilih sekolah banyak yang perlu dipertimbangkan karena tentunya kita menginginkan pendidikan yang terbiak untuk anak-anak

    BalasHapus
  51. Metode Montessori memang baik diterapkan ke anak, sayangnya agak sulit menggunakan metode bagi sekolah-sekolah negeri karena keterbatasan sekolah menyediakan guru yg paham.dengan metode ini. Syukurlah ada Albata yg menerapkanmetide Montessori yg berbasis Islam.

    BalasHapus
  52. Memilih sekolah anak memang harus teliti ya. Terutama muatan pelajaran agamanya. Alhamdulillah sekarang ada sekolah montessori bagi anak muslim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keren nih, ada metode perpaduan Montessori dan Islam. Jadi lengkap deh memberikan dasar-dasar pendidikan anak sejak usia dini. Cari tahu ah lebih jauh ah tentang Albata...

      Hapus
  53. Ketika mencari sekolah orang tua harus benar-benar teliti. Kurikulum apa yang diberikan disekolah. Keren banget kurikulum sekolah Montessori Albata ini top banget

    BalasHapus
  54. Sejauh ini aku paling tertarik sama Islamic Montessori dan masih baca baca buku juga soal itu. alhamdulillaah yaa zaman skrg menuntut ilmu sesuai metode yang kita harapkan mudah ditemukan

    BalasHapus
  55. Jarang ya mbak, ada sekolah Montessori berbasis islam
    Albata ini nggak jauh dari rumahku

    BalasHapus
  56. Yup metode Montessori sangat cocok dikenalkan kepada anak-anak..seru nih ikut kelasnya

    BalasHapus
  57. Emang beda kalo yang nulis tentang metode Montessori gini bloger yang ahli pendidikan anak, lebih dalam dan lengkap euy. Jadi wawasah baru nih tentang metode Montessori. Selama ini taunya standar aja, kalau metode ini intinya menitik beratkan di anak. Kalo mbak Nita yang bahas jadi lengkap deh, ternyata seluas itu cakupan pembelajaran dari metode ini.. Nggak heran sih ya makanya banyak orang tua yang suka metode Montessori ini, huwawww!! Nah, sekarang malah ada poo up class Albata kan aku jadi kepo yak. Padahal sama2 di Surabaya, tapi kenapa Albata jauh lokasinya dari rumah huhuhu...

    BalasHapus
  58. Duh sayangnya baru baca info ini sekarang. Metode pembelajaran montessori ini memang menarik banget ya Mbak untuk diikuti. Pembelajaran dari konkret menuju abstrak, di mana rasanya berbanding terbalik dengan proses belajar anak-anak di sekolah umum sekarang ini. Seringkali belajar justru dari abstrak dulu, sehingga penerapan atau praktiknya jadi bingung.

    BalasHapus
  59. sebagai emak millenial, dulu ketika tahu metode montessori ini buat diri ingin praktik dalam pengasuhan anak di rumah. Sedikit-dikit memahami relevan juga dengan tantangan mengasuh anak era sekarang. Dan Albata merespon akan hal itu dg menerapkan di kelas online/offlinenya. Bisa menelusur lebih lagi nih buat kepoin Albata

    BalasHapus
  60. Metode Montessori yang terbukti sangat bagus untuk anak. Dari dulu seneng banget dengan metode ini. Apalagi sekarang ada islamic Montessori.... Pas deh buat belajar mengaji. Albata emang gak kaleng-kaleng ya buat ngasih yang terbaik buat kita semua... Thanks ya kak

    BalasHapus
  61. point ahlak para guru ini sangat penting banget, karena anakku pernah ngalamin sekolah bagus tapi ahlak gurunya ada yang bikin anak trauma. Meski sekolah biasa kalau ahlak gurunya bagus, Insallah pengaruh bagus ke anak-anak luarbiasa

    BalasHapus
  62. Kata orang, mencarikan sekolah itu seperti mencarikan jodoh, karena akan memberikan pengaruh ke seluruh unsur kehidupan anak. Dari awal kalau memilihkan sekolah untuk anak, saya dan suami sangat cerewet dan sangat detil mencari info tentang sekolah. ini berlaku dari mulai TK - SMA, kalau kuliah sih saya serahkan sepenuhnya ke anak-anak.

    BalasHapus
  63. Benar-benar mantap metode pembelajarannya. Sayangnya, anak-anak saya sudah pada gede dan sekolah metode begini sepertinya belum ada di kota kami.

    BalasHapus
  64. Aku tuh ngerasa amaze banget kalau dengan sekolah berbasis islam apagi yg udah dari dini bgini. Memang ya islam itu harus ditanamkan ke dalam diri anak sedini mungkin.

    BalasHapus

Trimakasih sudah berkunjung ke ruang narasi Inspirasi Nita, semoga artikel yang disuguhkan bisa memberikan manfaat.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature

Custom Post  Signature
Educating, Parenting and Life Style Blogger